iklan banner

Cobaan Bisnis Yang Tengah Aku Alami Ketika Ini Sungguh Membingungkan!

Bisnis takkan menarik bila tidak ada cobaan dan ujian yang tiba kepada pelakunya sehingga itulah salah satu hal wajib yang niscaya ada dalam perjalanan bisnis. Jangankan kita yang masih gres dalam bisnis, mereka yang sudah usang dan sukses saja bisa mengalami duduk kasus parah yang bisa membuatnya gulung tikar dan jatuh miskin. Itulah kehidupan yang penuh dengan kejutan untuk manusia, sehingga kita harus tetap bergantung kepada Allah semata sebab hanya Dia yang maha menguasai segala sesuatu.


Akhir-akhir ini saya jarang sekali update goresan pena di blog ini dan beberapa komentar tidak eksklusif tayang dan tidak bisa saya jawab. Sebenarnya saya merasa gatal sendiri ingin menjawab dan membantu pertanyaan dari para pengunjung, namun apalah daya tangan saya hanya dua, otak saya satu, mata saya dua dan kemampuan saya terbatas sehingga saya mohon maaf bila ada beberapa pertanyaan yang belum terjawab.

Perlu diketahui bahwa bekerjsama saya menjalani bisnis yang terbilang sangat berat dan saya menjalankannya sendirian tanpa ada pertolongan yang niscaya dari orang lain. Saya punya 1 toko yang 100% dihandle sendiri, saya punya bisnis fotocopy dan print dokumen yang juga saya jalankan sebisa saya, kemudian ada warung kelontong yang dijalankan orang renta namun saya masih ikut mengurusinya. Belum lagi ditambah bisnis online yang saya jalankan, rasanya sangat lelah dan saya hingga meriang ketika pekerjaan menumpuk banyak sekali.

Di bisnis online sendiri, saya harus mengurusi akun IG, akun twitter, akun FB 2 biji (yang lain sudah saya tinggalkan), kemudian ada 2 gmail beserta isinya mirip spreadsheet, drive, youtube, google plus, google bussiness dan lain sebagainya. Semua itu saya kerjakan sendiri sebab memang tidak ada yang membantu dan kalau dikerjakan orang lain tentu saya belum tentu bisa membayar mereka.

Jangan tanya alhasil berapa!

Pekerjaan yang memakan waktu, pikiran dan tenaga tersebut belum menghasilkan maksimal dan kalau dibandingkan honor agan-agan semua tampaknya masih kalah jauh. Lalu kenapa saya tidak meninggalkannya dan bekerja saja?

Saya menjalankan bisnis yang berat ini sebab saya menyukainya dan tidak ada yang memaksa saya mengerjakannya, sehingga ada kesenangan sendiri dalam mengerjakannya. Hasil bukan segalanya untuk saya, pasalnya saya pernah mengerjakan proyek selama 1 tahun dan tidak menghasilkan uang selama itu. Mungkin bagi orang lain itu yaitu pekerjaan yang sia-sia dan bodoh, namun bagi saya tidak sama sekali.

Saya mengibaratkan mirip ini, contohnya seorang laki-laki menyukai perempuan dan ia berusaha keras untuk mendekatinya dan mendapatkannya, apakah ia dibayar? tidak sama sekali! Bahkan laki-laki itu akan mengeluarkan banyak biaya dan perjuangan untuk melakukannya, padahal belum tentu perempuan itu akan jadi miliknya, bukan?!

Kira-kira mirip itulah keadaan saya ketika ini yang masih kerja keras tanpa hasil yang maksimal, namun sebab itu yaitu suatu hal yang saya sukai maka tetap saya jalankan.

Bicara duduk kasus cobaan bisnis, ketika ini bisnis saya mengalami kemunduran dan kurangnya modal sebab kebutuhan mendadak yang cukup banyak. Akhirnya saya hanya bisa menjalankannya dengan alakadarnya dulu, yang penting jangan tutup aja dulu. Sebenarnya saya sudah mulai keteter menjalankannya sebab banyaknya hal yang harus saya kerjakan, kadang saya mengecewakan pelanggan dan tidak melayani mereka dengan baik sebab sudah lelah sekali.

Bisnis online yang saya jalankan juga mengalami banyak sekali duduk kasus sebab perubahan sistem dan penurunan pendapatan yang saya dapatkan. Belum lagi beberapa duduk kasus lain yang mengakibatkan kepala saya semakin pusing saja, namun mau gimana lagi itu resiko yang harus saya hadapi ketika ini.

Bagi saya pribadi, cobaan bisnis yaitu hal yang masuk akal sebab semua orang juga niscaya akan mengalaminya. Tinggal bagaimana kita bisa bertahan menghadapinya, bila kita lemah dan menyesali duduk kasus itu maka kita akan jatuh dan bangkrut, namun bila kita siap dan berpengaruh mendapatkan ujian, maka ada kesempatan untuk bertahan dan bangkit!

Sumber http://wirausahakan.blogspot.com

0 Response to "Cobaan Bisnis Yang Tengah Aku Alami Ketika Ini Sungguh Membingungkan!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel