Rpp Penjas Smp Kurikulum 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP N 2 X
Mata Pelajaran : PENJAS ORKES
Kelas/semester : KELAS TUJUH SMESTER SATU
Materi Pokok : BOLA BASKET
Alokasi Waktu : 2 PERTEMUAN (6 JP )
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan tragedi tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No. | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
1. | 1.1 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melaksanakan acara jasmani, permainan, dan olahraga | 1.1.1 Bedoa sebelum dan setelah pelajaran 1.1.2 Bersyukur dengan ucapan atas berlangsungnya pembelajaran 1.1.3 Selalu berusaha maksimal dan tawakal dengan hasil ahir dalam pembelajaran 1.1.4 Berperilaku baik dalam pembelajaran 1.1.5 Menghagai siswa yang bebeda agama dikala pembelajaran 1.1.6 Berperilaku baik dikala pembelajaran 1.1.7 Menaati peraturan agama dengan kesungguhan |
2. | 2.2 Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar. | 2.1.1. Mengembalikan alat-alat praktik ke daerah semula/penyimpanan dengan baik. 2.1.2. Mendengarkan presentasi sahabat sekelas dengan penuh perhatian. 2.1.3. Tidak menganggu / merusak lingkungan sekitar 2.1.4. Bertanggung jawab memakai alat pembelajaran dengan merawatnya 2.1.5. Berperilaku jujur dalam pembelajaran terhadap guru ataupun terhadap teman |
3. | 2.5 Toleransi dan mau membuatkan dengan sahabat dalam melaksanakan aneka macam acara fisik | 2.5.1. Mau bergantian dalam pengunaan sarana dan prasarana pembelajaran 2.5.2. Mau menjelaskan ketrampilan / pengetahuan bagi sahabat yang kurang memami |
4. | 3.1 Memahami konsep keterampilan gerak mendasar permainan bola besar | 3.1.1. Mengetahui macam – macam teknik permainan bolabasket 3.1.2.Mengetahui cara melempar bola permainan bolabasket 3.1.3. Mengetahui cara menangkap bola permainan bolabasket 3.1.4.Mengetahui cara menggiring bola permainan bolabasket |
5. | 4.1 Mempraktikkan teknik dasar permainan bola besar dengan menekankan gerak dasar fundamental. | 4.1.1. Mampu melakukan gerakan mendasar bola basket melempar dan menangkap kembali bola dengan sasaran 4.1.2. Mampu melaksanakan gerakan mendasar bolabasket mengiring bola melewati rintangan 4.1.2. Mampu melekukan gerakan fundanebtal bolabasket menembak bola ke ring dengan waktu yang ditentukan |
6. | 2.1 Disiplin selama melaksanakan aneka macam acara fisik. | 2.1.1. Datang tepat waktu 2.1.2. Mengikuti pembelajaran sampi selesai dengan sunguh – sungguh 2.1.3 Berpakaian rapi dan sopandalam pembelajaran sesuai ketentuan |
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran:
1. Peserta didik sanggup melaksanakan berdoa sebelum dan setelah pelajaran
2. Peserta didik sanggup melaksanakan bersyukur dengan ucapan atas berlangsungnya pembelajaran
3. Peserta didik sanggup melaksanakan selalu berusaha maksimal dan tawakal dengan hasil ahir dalam pembelajaran
4. Peserta didik sanggup menghargai pemeluk agama lain dalam pembelajaran
5. Peserta didik sanggup berperilaku baik dikala pembelajaran
6. Peserta didik sanggup berperilaku jujur dalam pembelajaran
7. Peserta didik sanggup manaati peraturan agam dengan kesungguhan
8. Peserta didik dapat berperilaku baik dalam pembelajaran
9. Peserta didik dapat melaksanakan mengembalikan alat-alat praktik ke daerah semula/penyimpanan dengan baik
10. Peserta didik sanggup mendengarkan presentasi sahabat sekelas dengan penuh perhatian
11. Peserta didik tidak menganggu / merusak lingkungan sekitar
12. Peserta didik sanggup Mau bergantian dalam pengunaan sarana dan prasarana pembelajaran
13. Peserta didik dapat mau menjelaskan ketrampilan / pengetahuan bagi sahabat yang kurang memami
14. Peserta didik dapat mengetahui macam – macam teknik permainan bolabasket
15. Peserta didik sanggup mengetahui cara melempar bola permainan bolabasket
16. Peserta didik sanggup mengetahui cara menangkap bola permainan bolabasket
17. Peserta didik sanggup mengetahui cara menangkap bola permainan bolabasket
18. Peserta didik sanggup mengetahui cara menggiring bola permainan bolabasket
19. Peserta didik sanggup melakukan gerakan mendasar bola basket melempar dan menangkap kembali bola dengan sasaran
20. Peserta didik sanggup melakukan gerakan mendasar bolabasket mengiring bola melewati rintangan
21. Peserta didik sanggup melekukan gerakan fundamental bolabasket menembak bola ke ring dengan waktu yang ditentukan.
D. Materi Pembelajaran
Permainan Bolabasket
1. Pertemuan 1
- Gerakan mendasar bolabasket menembak dan mengiring bolabasket
- Variasi gerakan mendasar bola basket menembak dan mengiring bolabasket
- Permainan bola basket yang dimoidifikasi
2. Pertemuan 2
- Gerakan mendasar melempar dan menangkap bolabasket
- Variasi Gerakan mendasar melempar dan menangkap bolabasket
E. Metode Pembelajaran
Metode Saintifik yang diperkaya dengan pendekatan berbasis komunukasi
F. Sumber Belajar
1. Buku siswa: Muhajir. 2001. Pendidikan olahraga. Jakarta: Erlangga (34-47
2. Narasumber : Teman lulusa FIK ( Teman alumni tim basket UNY )
G. Media Pembelajaran
Video : Teknik Permaina bolabasket( www. Youtube.com/php.
Teknikpermainanbasket.url.
Artikel : Teknik shoting Bola basket ( www.olagraga sport.blogspot.com)
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan ( 10 menit )
- Berbaris, berdoa, berhitung (presensi), apersepsi, dan memotivasi penerima didik.
- Menjelaskan tujuan pembelajaran.
- Menjelaskan bahan pembelajaran yang akan dilakukan
- Melakukan pemanasan dengan bentuk veriasi permainan dengan mengarah ke permainan bolabasket
-
Kegiatan Inti (90 menit)
Mengamati:
· Berdoa sebelum dan setelah pelajaran
· Membaca informasi ihwal gerak mendasar permainan bola basket (menggiring, dan menembak ke ring)
· Mencari informasi ihwal gerak mendasar permainan bola basket (menggiring, dan menembak ke ring) dari aneka macam sumber media cetak atau elektronik, atau
· Mengamati pertandingan sepak bola secara pribadi dan atau di TV/Video dan menciptakan catatan ihwal gerak mendasar permainan bola basket (menggiring, dan menembak ke ring) dan menciptakan catatan hasil pengamatan.
Menanya:
· Mempertanyakan ihwal gerak mendasar bola basket, misalnya : bagaimana jalannya bola bila titik perkenaan bola dengan tangan dirobah dikala melaksanakan menggiring? Apakah posisi togok mempengaruhi peregerakan bola dikala melaksanakan menggiring, melempar, menangkap, dan menembak ke ring?, Apakah perkenaan bola dengan tangan mempengaruhi jalannya bola dikala menggiring, melempar, menangkap, dan menembak ke ring? Apakah jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan menggiring, melempar, menangkap, dan menembak ke ring?
· Mempertanyakan ihwal manfaat permainan bola basket terhadap kesehatan dan otot-otot yang lebih banyak didominasi yang dipergunakan dalam permainan bola basket.
Nb: siswa yang bertanya buka guru yang bertanya
Eksplorasi:
· Menggiring bola dengan aneka macam cara dalam posisi membisu dan bergerak secara individual dengan menunjukkan nilai disiplin
· Menembak bola ke ring dari aneka macam sudut dalam posisi membisu dan bergerak dengan menunjukkan nilai disiplin.
· Mendiskusikan setiap gerak mendasar permainan bola basket (driblle, shooting) dengan benar dan menciptakan kesimpulannya.
· Mendiskusikan kekuatan dan kelemahan yang sering dilakukan dikala melaksanakan gerak mendasar permainan bola basket (driblle, shooting) dengan benar dan menciptakan kesimpulannya.
· Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan dikala melaksanakan gerak mendasar permainan bola basket (driblle, shooting) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mengasosiasi:
· Menemukan gerak mendasar permainan bola basket (driblle, shooting) yang paling sesuai untuk kebutuhan sendiri
· Mencari hubungan antara titik perkenaan bola dengan tangan dan jalannya bola
· Mencari hubungan antara jenis lemparan dengan target yang hendak di capai
· Mencari hubungan antara permainan bola basket dengan kesehatan dan kebugaran tubuh
Mengkomunikasikan :
· Melakukan permainan bola basket dengan memakai peraturan yang dimodifikasi dengan menerapkan gerak mendasar permainan bola basket (driblle, shooting) serta menunjukkan sportif, kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
· Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam memakai dan merawat peralatan peramaian
· Menunjukkan sikap mendapatkan kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada sahabat selama melaksanakan permianan
.
Kegiatan Penutup (15 menit)
Pendinginan (colling down) dengan melemaskan otot-otot tungkai dan punggung.
Melakukan refleksi dan tanya-jawab bahan pembelajaran yang telah dipelajari, memberi kiprah pengayaan bagi yang tuntas dan remidial yang belum tuntas, dan memberitahu bahan yang akan dipelajari pada ahad yang akan datang.
Guru menugaskan kepada penerima didik untuk mencatat teladan gerak mendasar permainan bolabasket yang telah dipelajari dalam buku tugas/kerja, dan dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.
Berbaris dan berdoa, kembali ke kelas dengan penuh disiplin.
Pendahuluan (10 menit )
- Berbaris, berdoa, berhitung (presensi), apersepsi, dan memotivasi penerima didik.
- Menjelaskan tujuan pembelajaran.
- Menjelaskan bahan pembelajaran yang akan dilakukan
- Melakukan pemanasan dengan bentuk veriasi permainan dengan mengarah ke permainan bolabasket
Kegiatan Inti (90 menit)
Mengamati:
· Berdoa sebelum dan setelah pelajaran
· Membaca informasi ihwal gerak mendasar permainan bola basket (melempar dan menangkap )
· Mencari informasi ihwal gerak mendasar permainan bola basket (melempar dan menangkap) dari aneka macam sumber media cetak atau elektronik, atau
· Mengamati pertandingan sepak bola secara pribadi dan atau di TV/Video dan menciptakan catatan ihwal gerak mendasar permainan bola basket (melempar dan menangkap) dan menciptakan catatan hasil pengamatan.
Menanya:
· Mempertanyakan ihwal gerak mendasar bola basket, misalnya : bagaimana jalannya bola bila titik perkenaan bola dengan tangan dirobah dikala melaksanakan melempar? Apakah posisi togok mempengaruhi peregerakan bola dikala melaksanakan melempar, menangkap, dan ?, Apakah perkenaan bola dengan tangan mempengaruhi jalannya bola saat melempar, menangkap? Apakah jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan melempar, menangkap?
· Mempertanyakan ihwal manfaat permainan bola basket terhadap kesehatan dan otot-otot yang lebih banyak didominasi yang dipergunakan dalam permainan bola basket.
Nb: siswa yang bertanya buka guru yang bertanya
Eksplorasi:
· Menembak bola ke ring dari aneka macam sudut dalam posisi membisu dan bergerak dengan menunjukkan nilai disiplin.
· Mendiskusikan setiap gerak mendasar permainan bola basket (driblle, shooting) dengan benar dan menciptakan kesimpulannya.
· Mendiskusikan kekuatan dan kelemahan yang sering dilakukan dikala melaksanakan gerak mendasar permainan bola basket (driblle, shooting) dengan benar dan menciptakan kesimpulannya.
· Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan dikala melaksanakan gerak mendasar permainan bola basket (driblle, shooting) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mengasosiasi:
· Menemukan gerak mendasar permainan bola basket (driblle, shooting) yang paling sesuai untuk kebutuhan sendiri
· Mencari hubungan antara titik perkenaan bola dengan tangan dan jalannya bola
· Mencari hubungan antara jenis lemparan dengan target yang hendak di capai
· Mencari hubungan antara permainan bola basket dengan kesehatan dan kebugaran tubuh
Mengkomunikasikan :
· Melakukan permainan bola basket dengan memakai peraturan yang dimodifikasi dengan menerapkan gerak mendasar permainan bola basket (driblle, shooting) serta menunjukkan sportif, kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
· Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam memakai dan merawat peralatan peramaian
· Menunjukkan sikap mendapatkan kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada sahabat selama melakukan permianan
. Kegiatan Penutup (15 menit)
Pendinginan (colling down) dengan melemaskan otot-otot tungkai dan punggung.
Melakukan refleksi dan tanya-jawab bahan pembelajaran yang telah dipelajari, memberi kiprah pengayaan bagi yang tuntas dan remidial yang belum tuntas, dan memberitahu bahan yang akan dipelajari pada ahad yang akan datang.
Guru menugaskan kepada penerima didik untuk mencatat teladan gerak mendasar permainan bolabasket yang telah dipelajari dalam buku tugas/kerja, dan dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.
Berbaris dan berdoa, kembali ke kelas dengan penuh disiplin.
H. Penilaian
1.Sikap Spiritual
Teknik : Observasi
No | Nama Siswa | Aspek Sikap Yang Dinilai | Σ | NA | |||||||||||||||||
Selalu berdoa sebelum pelajaran dan setelah pelajaran | Slalu nerusaha maksimal dalampembelajaran | Mengucapakan syukur dengan ucapan setelah ppembelajaran | Menghagai siswa yang bebbeda agama dikala pembelajaran | Berperilaku baik dikala pembelajaran | Menaati peraturan agama dengan kesungguhan | ||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | ||||
1. | |||||||||||||||||||||
2. | |||||||||||||||||||||
3. | |||||||||||||||||||||
4. | |||||||||||||||||||||
5. | |||||||||||||||||||||
dst | |||||||||||||||||||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18 |
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif = —————————————– X 100%
Jumlah skor maksimal
2. Sikap Sosial
Teknik : Kuis Soal
No | Pertanyaan | Nilai 1 – 3 1 2 3 | Ket | ||||
1 | Jujur dalam menghitung hasil menembak | ||||||
2 | Jujur dalam Melekukan Pelanggaran permainan | ||||||
3 | Jujur dengan sahabat terhadap kondisi ketrampilan yang dimiliki | ||||||
4 | Datang tepat waktu | ||||||
5 | Mengikuti pembelajaran hingga selesai | ||||||
6 | Berpakaian Rapi sesuai ketentuan | ||||||
7 | Mengembalikan alat-alat praktik ke daerah semula/penyimpanan dengan baik | ||||||
8 | Mendengarkan presentasi sahabat sekelas dengan penuh perhatian. | ||||||
9 | Tidak menganggu / merusak lingkungan sekitar | ||||||
10 | Bertanggung jawab memakai alat pembelajaran dengan merawatnya | ||||||
jumlah | |||||||
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Sosial = —————————————– X 100%
3. Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format evaluasi pembelajaran teknik dasar permainan bolabasket dengan metode resiprokal :
No. | Nama Siswa | Butir-butir Pertanyaan | Σ | NA | ||||||||||||||
Soal No.1 | Soal No.2 | Soal No.3 | Soal No.4 | Soal No.5 | ||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | ||||
1. | ||||||||||||||||||
2. | ||||||||||||||||||
3. | ||||||||||||||||||
4. | ||||||||||||||||||
5. | ||||||||||||||||||
dst | ||||||||||||||||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20 |
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif = —————————————– X 100%
Jumlah skor maksimal
Contoh Butir Pertanyaan
No | Butir Pertanyaan |
1. | Sebutkan macam-macam teknik permainan bolabasket! |
2. | Jelaskan cara melempar bola permainan bolabasket! |
3. | Jelaskan cara menangkap bola permainan bolabasket! |
4. | Jelaskan cara menggiring bola permainan bolabasket! |
5. | Jelaskan cara bermain bolabasket! |
4. Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket, unsur-unsur yang dinilai yakni kesempurnaan melaksanakan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melaksanakan gerakan (penilaian produk/prestasi).
- Contoh evaluasi proses teknik dasar permainan bolabasket (Penilaian keterampilan kecabangan)
No | Nama Siswa | Lempar tangkap | Menggiring | Menembak | Jml | Nilai Proses | Nilai Produk | Nilai Akhir | ||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | Σ | 1 | 2 | 3 | 4 | Σ | 1 | 2 | 3 | 4 | Σ | ||||||
1. | ||||||||||||||||||||
2. | ||||||||||||||||||||
3. | ||||||||||||||||||||
4. | ||||||||||||||||||||
5. | ||||||||||||||||||||
dsb | ||||||||||||||||||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12 |
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = —————————————– X 100%
Jumlah skor maksimal
- Contoh evaluasi produk/prestasi teknik dasar (melempar dan menangkap
bolabasket) bola dilempar dan ditangkap ke arah target dinding selama 30 detik.
Perolehan Nilai | Krite ria Pengskoran | Klasifikasi Nilai | |
Putera | Puteri | ||
……. > 30 kali | ……. > 25 kali | 100% | Sangat Baik |
25 – 29 kali | 20 – 24 kali | 90% | Baik |
20 – 24 kali | 15 – 19 kali | 80% | Cukup |
15 – 19 kali | 10 – 14 kali | 70% | Kurang |
…… < 15 kali | …… < 10 kali | 60% | Kurang Sekali |
- Contoh evaluasi produk/prestasi teknik dasar (menggiring bola) melewati rintangan selama 30 detik.
Perolehan Nilai | Kriteria Pengskoran | Klasifikasi Nilai | |
Putera | Puteri | ||
……. > 15 rintangan | ……. > 12 rintangan | 100% | Sangat Baik |
12 – 14 rintangan | 10 – 12 rintangan | 90% | Baik |
9 – 11 rintangan | 7 – 9 rintangan | 80% | Cukup |
6 – 8 rintangan | 4 – 6 rintangan | 70% | Kurang |
…… < 6 rintangan | …… < 4 rintangan | 60% | Kurang Sekali |
- Contoh evaluasi produk/prestasi teknik dasar (Menembak ke ring basket) selama 30 detik.
Perolehan Nilai | Kriteria Pengskoran | Klasifikasi Nilai | |
Putera | Puteri | ||
……. > 17 masuk | ……. > 15 masuk | 100% | Sangat Baik |
14 – 16 masuk | 12 – 14 masuk | 90% | Baik |
11 – 13 masuk | 9 – 11 masuk | 80% | Cukup |
8 – 10 masuk | 6 – 8 masuk | 70% | Kurang |
…… < 8 masuk | …… < 6 masuk | 60% | Kurang Sekali |
Rekapitulasi Penilaian
No. | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Jumlah | Nilai Akhir | Kriteria | ||
Psikomotor | Afektif Sosial,Sepiritual | Kognitif | |||||
1. | |||||||
2. | |||||||
3. | |||||||
4. | |||||||
5. | |||||||
6. | |||||||
7. | |||||||
8. | |||||||
9. | |||||||
10. | |||||||
NIlai Rata-rata |
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA) = —————————————–
Tiga Aspek Penilaian
0 Response to "Rpp Penjas Smp Kurikulum 2013"
Posting Komentar