iklan banner

Cara Merubah Agenda Keberangkatan (Reschedule) Tiket Kereta Api Secara Online Maupun Offline/Manual

Cara merubah agenda keberangkatan  (reschedule) tiket kereta api secara online maupun offline/manual

Berpergian memakai kereta api menjadi pilihan bagi sebagian orang yang ingin melaksanakan perjalanan dengan lancar tanpa terhambat kemacetan jalanan. Bagi setiap orang yang telah membeli tiket kereta api pastinya menginginkan perjalanannya hingga di tujuan dengan sempurna waktu. Namun ada kalanya seseorang berhalangan untuk berangkat ke stasiun keberangkatan sebab ada suatu hal mendadak yang harus segera diselesaikan. Nah kalau sudah tidak jadi berangkat ke stasiun pada jam keberangkatan yang telah ditentukan apakah harus membatalkan tiket nya ? atau ada cara lain ?. Nah kali ini admin punya solusi bagaimana cara mengubah jam atau agenda keberangkatan kereta api. Mau tau solusinya ? Silahkan baca lanjutannya oke.

Kembali lagi ke pembahasan bagaimana cara mengubah jam keberangkatan kereta, sebelum melaksanakan pengubahan jadwal/reschedule ada hukum penting yang wajib diketahui bagi penumpang yang ingin mengubah jadwalnya.

Aturannya yaitu:

1.Perubahan agenda sanggup dilakukan pada Kereta Api dengan kondisi sbb :
  • Kereta Api yang sama pada hari keberangkatan yang berbeda.
  • Kereta Api yang berbeda dengan hari keberangkatan yang sama.
  • Kereta Api yang berbeda pada hari keberangkatan yang berbeda
2.Perubahan agenda dilayani di loket stasiun (manual/offline). Atau sanggup juga melalui aplikasi KAI Access Terbaru.

 3.Dilakukan selambat - lambatnya 60 menit sebelum agenda keberangkatan Kereta Api sebagaimana tercantum pada Boarding Pass penumpang.

4.Dikenakan biaya manajemen sebesar 25% dari tarif Kereta Api diluar biaya pemesanan.

5. Perubahan agenda sanggup dilakukan apabila daerah duduk kereta api yang gres (pengganti), masih tersedia.

6.Jika Kereta Api agenda yang gres tarifnya lebih rendah, maka tidak ada pengembalianbiaya atas selisih tarif.

7.Jika Kereta Api agenda yang gres tarifnya lebih tinggi , maka penumpang membayar selisih tarif.

Nah kalau kalian sudah tau aturan-aturannya kini kita lanjutkan ke cara reschedule tiket kai secara online, untuk reschedule secara online agan harus mend0wnl0ad terlebih dahulu aplikasinya. Aplikasi sanggup di d0wnl0ad di sini. Setelah aplikasi terinstal silahkan buka dan ikuti petunjuk di bawah ini.

1. Login memakai data diri anda. Jika belum mendaftar sanggup daftar terlebih dahulu dan samakan data identitas ibarat yang ada pada ktp.

2. Jika sudah login kemudian pilih more >> check book / pay code >> masukkan instruksi booking atau instruksi pembayaran tiket kai agan.

3. Kemudian kembali lagi ke home >> my trips >> pilih instruksi booking yang ingin dirubah agenda >> scroll ke bawah dan pilih ubah jadwal.
 tiket kereta api secara online maupun offline Cara merubah agenda keberangkatan  (reschedule) tiket kereta api secara online maupun offline/manual
4. Centang nama penumpang dan syarat ketentuan dan lanjutkan >> pilih tiket kereta gres agan.
 tiket kereta api secara online maupun offline Cara merubah agenda keberangkatan  (reschedule) tiket kereta api secara online maupun offline/manual
5. Ketika sudah di pilih kemudian klik lanjutkan >> pilih metode pembayaran (kalau saya menganjurkan pilih atm atau minimarket sebab yang paling gampang atau simpel) >> klik bayar >> lanjutkan ke instruksi pembayaran.
 tiket kereta api secara online maupun offline Cara merubah agenda keberangkatan  (reschedule) tiket kereta api secara online maupun offline/manual
6. Setelah mendapat instruksi pembayaran kemudian bayar sesuai pilihan metode bayar yang sudah di pilih.

7. Jika sudah di bayar lihat dan check di my trip >> pilih instruksi booking yang sudah di reschedule tadi dan taraaa tiket agan kini sudah di reschedule. Untuk reschedule ini dikenai biaya 25 % dari harga tiket awal namun berdasarkan pengalaman saya kalau harga tiket yang diganti lebih murah dari tiket sebelumnya maka tidak ada kembalian uang dari tiket sebelumnya. Tetapi kalau harga tiket pengganti lebih murah dan selisih antara tiket awal dan tiket pengganti melebihi biaya fee 25 % dari tiket awal, maka agan tidak dikenai biaya fee dan tidak ada kembalian uang dari tiket yang sebelumnya

Nah gimana gampang bukan ? Cara yang ini lebih gampang dilakukan sebab agan tinggal pilih agenda keberangkatan lagi dan agan sanggup membayarnya secara online. Lalu gimana caranya merubah agenda kereta secara offline / manual ? Merubah agenda kereta secara online sanggup dilakukan dengan mendatangi di loket stasiun pada jam 09 pagi - 04 sore. Dengan hukum tiket boleh dirubah tanggal keberangkatannya maksimum 24 jam sebelum jam keberangkatan

Selain itu yang perlu agan perhatikan adalah, kereta pengganti juga harus tersedia untuk di pesan supaya ada pengganti untuk tiket yang akan diganti jadwalnya.

Nah sehabis itu agan tiba ke loket stasiun dengan jam layanan 9 pagi - 4 sore dan ambil nomor antriannya kalau terdapat banyak orang yang ingin mengganti agenda kereta.

Kemudian isi formulir berwarna merah untuk peniadaan tiket dan reschedule  (rubah jadwal). Jika agan berhalangan untuk hadir agan sanggup diwakilkan orang lain, namun untuk peniadaan tiket harus agan sendiri yang tiba kalau tidak sanggup hadir sanggup pakai surat kuasa untuk diberikan kepada yang mewakili.

Langkah selanjutnya tulis formulir merah tadi dan isi instruksi booking tiket yang mau dirubah agenda kemudian isi kereta pengganti, tanggal keberangkatan, nama kereta, dan jam keberangkatan. Kalau agan belum mengetahui agenda keberangkatan kereta dan nama kereta. Agan sanggup melihatnya di daftar agenda keberangkatan kereta api di stasiun atau agan sanggup tanya ke petugas.

Nah itulah cara ganti agenda keberangkatan kereta api, supaya bermanfaat ya. Selamat mencoba supaya berhasil, sekian dan terimakasih.

Sumber http://mmustanger.blogspot.com

0 Response to "Cara Merubah Agenda Keberangkatan (Reschedule) Tiket Kereta Api Secara Online Maupun Offline/Manual"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel