iklan banner

Fungsi Exact Pada Microsfot Office Yang Perlu Kita Ketahui

Apa itu Fungsi Exact ?
Dalam Ms. Offcie ada fungsi berjulukan “Exact”. Nah, fungsi atau kegunaan dari fungsi/formula Exact ini yakni untuk membandingkan dua buah string teks satu dengan yang lain, untuk mengetahui bahwa teks tersebut sama (identik) atau tidak sama.

Fungsi Exact ini akan memperlihatkan nilai TRUE bila teks yang hendak dibandingkan dengan teks pembanding sama atau identik.

Namun, bila ternyata sehabis dilakukan pembandingkan kedua teks tidak sama, maka akan diberikan nilai FALSE.

Sintaks Fungsi EXACT pada Ms. Office
Untuk penulisan rumus fungsi/sintaks Exact ini cukuplah sederhana, yaitu :

=EXACT (teks1, teks2)

Ket :
Teks1 : yakni strings teks pertama yang hendak ingin dibandingkan dengan teks pembanding
Teks2 : yakni strings kedua yang berkedudukan sebagai pembanding
Apa Kegunaan dari Fungi EXACT ini ?

Seperti pada fungsi Exact, kegunaan Exact ini tak lain hanyalah untuk membandingkan kata satu dengan kata yang lain apakah sama atau tidak. Jika sama maka bernilai TRUE, dan bila salah maka bernilai FALSE. Fungsi Exact ini sangat mempunyai kegunaan sekali, dikala kita menggunakan fungsi formula lookup, baik hlookup ataupun vlookup.

Contoh Fungsi Exact

Pada gambar di bawah ini, kita hendak ingin melaksanakan rumus vlookup pada table kedua (table yang berada di bawah) terhadapat table pertama (table paling atas).
formula Exact ini yakni untuk membandingkan dua  buah string teks satu dengan yang lain Fungsi Exact Pada Microsfot Office  Yang Perlu Kita Ketahui

Nah, pada item 1 berwarna biru (table kedua) terjadi kesalah. Nilainya tidak muncul, tidak terdapat pada waktu dilakukan rumus vlookup, padahal sama-sama satu item, item 1.

Kenapa ini sanggup terjadi ? Padahal dengan rumus yang sama dan dengan table yang sama (item 2 dan item 3) tidak terjadi kesalahan, nilai tetap muncul.

Kemungkinan besar, salah satu factor permasalahannya yakni kedua kata tidak sama. Jadi, penulisan kata pada item 1 table atas tidak sama pada penulisan kata pada item 1 tabel bawah. Bisa alasannya yakni kelebihan spasi atau yang lain.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka digunakanlah rumus fungsi Exact ini. Dengan menggunakan fungsi Exact ini maka kata tersebut akan diketahui apakah sama atau tidak.

Cara Menggunakan Fungsi Exact
Untuk menggunakan rumus Exact pada Ms. Office cukuplah mudah, dan juga simple. Ada dua cara untuk mengetahui apakah kedua kata tersebut sama atau tidak. Cara pertama dengan menggunakan insert function, dan cara kedua dengan mengetikkan pribadi rumus formulanya.

Pada artikel ini kami akan menggunakan cara kedua, yaitu mengetikkan pribadi rumus fungsi Exact, semoga lebih mengerti.

Di sini, hasil perbandingan kita taruh pada sel C2, sempurna disebelah kanannya. Dengan demikian :
Sel C2 : =EXACT (A2,A7)
Sel C3 : =EXACT (A3,A8)
Sel C4 : =EXACT (A4,A9)

Maka risikonya yakni menyerupai gambar berikut ini

formula Exact ini yakni untuk membandingkan dua  buah string teks satu dengan yang lain Fungsi Exact Pada Microsfot Office  Yang Perlu Kita Ketahui

Nah, dari gambar tersebut diketahui ternyata kata item 1 pada table pertama tidak sama dengan kata item pada table kedua, makanya nilai FALSE.

Jika diperhatikan, penyebab ketidak samaan antara kedua kata tersebut yakni pada item 1 kolom kedua adanya spasi dibelakang angka 1.

Kesimpulan Penggunaan Fungsi Exact
Dengan menggunakan fungsi Exact sanggup diketahui bila suatu strings teks belum tentu sama atau identik meski dilihat dengan mata terlihat sama persis.

Ini akan kuat dikala menggunakan fungsi lookup, alasannya yakni data sanggup terlewatkan.

Sumber http://excelbelajar.blogspot.com

0 Response to "Fungsi Exact Pada Microsfot Office Yang Perlu Kita Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel