iklan banner

3 Cara Memperbaiki Memory Card Rusak Atau Tidak Terbaca Tanpa Format

Cara Memperbaiki Kartu Memori Yang Rusak Tanpa Memformat – Kendala yang paling menjengkelkan ialah saat suatu hal yang penting contohnya ingin membuka Dokumen yang tersimpan di SD Card namun tidak terbaca, pastinya semua rencana menjadi Gatot alias gagal total apalagi yang berafiliasi dengan kiprah kuliah, sekolah atau kerjaan yang memang harus di cetak mau tidak mau anda harus membuka kembali Laptop, kalau file tersebut masih ada kemudian bagaimana data tersebut minta dari teman dan belum sempat di pindahkan ke Laptop? Greget Banget…. Arghhhhh.


Cara Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca di HP Android



Eitsss jangan panik apalagi pusing bagi anda yang mengalami problem ini, sebab bukan hanya anda saja yang mengalami hal ini pasalnya banyak pengguna Android di luar sana mengalami hal yang sama. Sebelum kita membahas mengenai bagaimana mengatasi Memory Card Tidak Terbaca di Android, sebaiknya anda ketahui lebih dahulu apa yang menjadi penyebab hal ini sanggup terjadi.


Faktor umum yang mengakibatkan Memory Card anda tidak terbaca di Android ialah sering melepas atau memindahkan Memory Card ke Ponsel lainnya. Tanpa anda sadari dan ini sanggup di bilang merupakan hal yang biasa saja tapi tahukah anda gotong royong dengan sering mencopot kemudian memindahkan dengan mengisi data sanggup menggores kuningan dari segi fisik Memory Card tersebut, sehingga sanggup menjadikan Memory Card tersebut tidak sanggup terbaca dengan baik.


Walaupun intinya Memory Card sanggup di perbaiki, tentunya dalam hal ini tidakn semua jenis kerusakan sanggup di atasi di antaranya menyerupai kerusakan pada Fisik yakni terlipat, patah, terpotong, melonyot kena panas. Selain dari kerusakan fisik pada MMC yakni hanya kerusakan dari segi kerusakan data maka kemungkinan sanggup di perbaiki. Lalu, bagaimana data yang ada di dalamnya menyerupai Foto, Video, Musik Dokumen apakah sanggup kembali kalau di Format? Kemungkinan sebagian sanggup kembali dengan proteksi Aplikasi komputer berupa Recovery Data.


Cara Memperbaiki Memory Card Yang Minta Diformat Tanpa Hilang Datanya Tanpa Pc


Ada 3 cara yang sanggup anda lakukan untuk mengatasi atau memperbaiki Memory Card tidak terbaca di Hp Android atau sama sekali tidak terdeteksi. Cara ini di kutip dari banyak sekali sumber terpercaya dan sesuai pengalaman admin yang juga pernah mengalami hal semacam ini. Silahkan eksklusif saja anda simak Cara Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca di Android sebagai berikut.


1. Cara Memperbaiki Memory Card Rusak di Hp Samsung


Sesuai judul kenapa di Hp Samsung, sebab cara ini hanya sanggup di lakukan di Ponsel Samsung saja, tetapi tidak menutup kemungkinan sanggup di terapkan di brand Ponsel Lainnya, sebab sebenarnya sama saja. Sehingga anda sanggup menyesuaikan sendiri.



  1. Pada layar Ponsel Samsung anda buka sajian Settings

  2. Kemudian anda Scroll kemudian cari Opsi penyimpanan (Lihat Gambar)

    Cara Memperbaiki Kartu Memori Yang Rusak Tanpa Memformat 3 Cara Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca Tanpa Format

  3. Pada Opsi ini kita sanggup memperbaiki SD Card/Memory dengan melaksanakan Format, jadi cara ini sama halnya dengan menghapus semua data anda yang ada di dalamnya termasuk Foto, Video, Musik dan Dokumen.

    Cara Memperbaiki Kartu Memori Yang Rusak Tanpa Memformat 3 Cara Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca Tanpa Format


2. Memperbaiki SD Card yang Rusak dengan Menggosok Menggunakan Penghapus Pensil


Mungkin anda akan bilang ini merupakan cara yang konyol tapi sesuai dengan pengalaman yang mana waktu itu RAM pada Komputer tidak terbaca dengan menggosokan kepingan kuningnya sanggup terbaca kembali. Tentu ini sanggup di terapkan pada Memory Card yang juga mempunyai Kuningan. Yang menjadikan hal ini cara yang ampuh ialah sebab pada kuningan tersebut kotor dan menjadi kerak sehingga Slot pada MMC tidak sanggup membaca.



  1. Matikan Ponsel Android anda

  2. Copot atau lepaskan MMC dari Ponsel, pastikan ponsel tersebut benar-benar dalam keadaan mati.

    Cara Memperbaiki Kartu Memori Yang Rusak Tanpa Memformat 3 Cara Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca Tanpa Format

  3. Selanjutnya, silahkan anda bersihkan kuningan di MMC dengan memakai penghapus Pensil (Warna Putih). Gosok secara perlahan.

  4. Jika anda merasa kuningan tersebut sudah bersih, maka masukan kembali MMC ke Ponsel dan hidupkan Ponsel apakah sudah terbaca?


3. Memperbaiki Memory Card Tidak Terdeteksi dengan Bantuan Software di PC


Jika dengan memakai kedua cara di atas tetapi masih belum teratasi maka cara terakhir dengan memakai PC sanggup anda lakukan.



  1. Sambungkan Ponsel Android ke PC/Laptop memakai kabel data

  2. Pastikan terhubung dan terbaca oleh PC/Laptop pada Mode “Mass storage mode (MSC)” bukan “Media transfer mode (MTP)”

  3. Kemudian buka Windows Explorer, Klik kanan pada Drive MMC, pilih Properties > Tools > Error Checking, Silahkan anda tunggu hingga proses scanning selesai.

    Cara Memperbaiki Kartu Memori Yang Rusak Tanpa Memformat 3 Cara Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca Tanpa Format

  4. Jika sudah selesai, cabut kabel data dai PC dan Ponsel kemudian cek MMC tersebut, apakah sudah terbaca?


Seperti yang di katakan di awal paragraf di atas bahwa tidak semua MMC sanggup di perbaiki, kalau masih terkait sebab problem data kemungkinan besar dengan menggunaan ketiga cara di atas sanggup mengatasi Memory Card Tidak Terbaca di Android. Apabila MMC anda mengalami kerusakan dari segi fisik maka solusi terbaik ialah dengan mengganti gres alias membeli kembali. Semoga Bermanfaat 🙂


[su_spoiler title=”Baca Artikel Lainnya” open=”yes” style=”simple”]



[/su_spoiler]


0 Response to "3 Cara Memperbaiki Memory Card Rusak Atau Tidak Terbaca Tanpa Format"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel