iklan banner

Bijaksanalah ! Pengaruh Jelek Suka Membentak Anak Ini, Akan Sangat Merugikan Anda Dan Mereka


Dampak jelek jikalau suka membentak anak, yaitu penting untuk diketahui kita selaku para orangtua. Sebab tidak sedikit dari orangtua, yang sangat suka membentak anak-anaknya, memarahinya, bahkan hingga berteriak-teriak padanya. 


Lebih parah dari itu, penulis sendiri bahkan beberapa kali menjumpai orangtua yang membentak anaknya, dengan aneka macam sebutan yang sangat tidak pantas. Sebagai orangtua hendaknya kita selalu berupaya menjaga kata-kata terhadap anak kita, sehingga bawah umur kita tumbuh menjadi pribadi yang baik.

Membentak anak selain tidak pantas, juga tentu saja sanggup mengganggu tumbuh kembang mereka, termasuk di dalamnya sangat kuat jelek terhadap psikologinya. Agar lebih memahaminya, mari kita bahas bersama akan apa saja dampak jelek jikalau suka membentak anak ini.

Dampak Buruk Jika Suka Membentak Anak

Dampak jelek jikalau suka membentak anak itu bergotong-royong cukup banyak, selain menciptakan kita dipandang tidak baik orang lain, anak bisa membenci kita dan lainnya. Ternyata dampak jelek tersebut sangat berakibat tidak baik pada anak, diantaranya yaitu sebagai berikut :

Anak Menjadi Agresif


Dampak jelek jikalau suka membentak anak yang akan pertama kali kita bahas yaitu agresif. Jika hingga usia 4-5 tahun seorang anak sering dibentak oleh orangtua, atau orang-orang yang ada dilingkungannya, maka lambat laun anak tersebut sanggup pertanda sikap yang sangat agresif. Perasaan tertekan akan membuatnya gampang unytuk memukul, mendorong, menggigit, hingga menyerang temannya.

Tentu ini sangat tidak baik untuk diri dan teman-teman sepermainannya. Sebab teman-temannya akan merasa tidak aman, dan anak tersebut sanggup badan menjadi pribadi berperangai kasar.


Dalam hal ini, memori anak juga akan merekan segala hal yang terjadi pada dirinya. Dengan seringnya ia merasa mendapat kekerasan dari orang-orang yang ada di sekitarnya, maka ia kemudian akan menjiplak dan menerapkannya dalam kegiatan kesehariannya. Ia akan mengalami kesulitan untuk mengendalikan emosi, hingga akhirnya ia sering berteriak dan gampang sekali marah. Parahnya lagi, dampak jelek ini juga akan  kuat jelek pada psikisnya, hingga akhirnya sanggup menciptakan kejiwaannya terganggu. Hal ini terutama dikarenakan membentak anak, sanggup merusak sel-sel saraf mereka.

Anak Menjadi Penakut

Anak yang sering dibentak atau dimarahi akan  cendrung menimbulkan dirinya pribadi yang takut. Selain sanggup menciptakan anak tumbuh menjadi pribadi yang penakut, hal ini pun kemudian akan menciptakan anak sulit untuk sanggup bersosialisasi. Selain itu,anak pun akan sangat mengganggu kemampuan anak untuk sanggup mengatasi aneka macam duduk kasus yang dihadapinya.

Hal ini kemudian akan menciptakan anak gampang menyerah,  sehingga ia akan dengan gampang mundur dari aneka macam kesulitan yang dihadapinya. Sobat tentu tidak ingin anaknya menjadi anak yang penakut dan gampang mengalah bukan ? Jika demikian hindarilah semaksimal mungkin membentak anak.

Menurunkan Rasa Percaya Diri

Tidak sedikit dari orangtua yang paham, bahwa membentak anak dan memarahinya akan sangat kuat terhadap rasa percaya dirinya. Sebab rasa percaya diri hanya akan tumbuh dengan baik, dikala kita melihat diri sendiri sebagai pribadi yang bernilai dan dicintai.


Selain menurunkan rasa percaya diri, anak yang suka dibentak juga akan mempunyai kekurangan dalam hal inisiatif. Seringnya dimarahi dan dibentak akan membuatnya merasa takut bersalah dikala hendak melaksanakan sesuatu, sehingga kemudian menciptakan ia mengurungkannya.

Mengganggu Konsentrasi

Membentak anak merupakan salah satu penyebab kekerasan emosional, dimana salah satu kesannya yaitu sanggup menurunkan daya konsentrasi. Dengan menurunnya daya konsentrasi, tentu prestasi anak di sekolah pun sulit untuk maksimal.

Mengganggu Pendengaran

Seringnya memarahi anak akan sanggup mengakibatkan telinga anak mengalami gangguan. Selain itu orangtua yang sering berbicara dengan keras, sering memarahi dan membentak anak juga akan menciptakan bicaranya tidak begitu di dengar anak. Parahnya, dampak ini bisa berlangsung usang hingga anaknya sudah menjadi dewasa.

Oleh lantaran itu berhati-hatilah dalam bersikap terhadap anak sahabat, alasannya yaitu kesuksesan bawah umur sobat salah satunya sangat dipengaruhi oleh masa tumbuh kembangnya, yang juga sangat ditentuakn oleh perlakuan kedua orangtua terhadapnya.

Ingat selalu sobat, menjadi orang renta tegas bukan berarti harus dengan nada tinggi, apalagi dengan marah-marah hingga memaki. Sikap tegas orangtua terhadap anaknya, sanggup dilakukan dengan cara mengingatkan, dan konsisten dengan peraturan baik dan mendidik,

Pesan penulis, janganlah jadi orangtua yang ditakuti anak. Jadikan anak merasa nyaman bersahabat dengan kita, hingga kita bisa menjadi sahabat curhatnya hingga dewasa. Sungguh itu yaitu salah satu cara terbaik biar kita bisa mengarahkannya menjadi bawah umur yang baik, bawah umur yang sholeh yang menyayangi orangtuanya. Sehingga kita pun bisa dengan gampang mengarahkannya menjadi pribadi-pribadi yang sanggup menciptakan Allah dan Rasul-Nya bangga.

Insya Allah ... aaaamiiiin...

Sumber http://inspirasi-dttg.blogspot.com

0 Response to "Bijaksanalah ! Pengaruh Jelek Suka Membentak Anak Ini, Akan Sangat Merugikan Anda Dan Mereka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel