iklan banner

Tips Cara Pembuatan Pupuk Kompos Cair Untuk Meningkatkan Produksi 3X Lipat!

Pada artikel kali ini kami akan megupas mengenahi cara pembuatan pupuk kompos cair dari limbah buah – buahan. Pembahasan ini merupakan rujukan aksesori pada pembahasan sebelumnya yang telah kami sajikan ibarat tips cara menciptakan pupuk organik cair, cara pembuatan pupuk kompos dari kotoran ternak dan cara menciptakan pestisida organik.


Pada artikel kali ini kami akan megupas mengenahi cara pembuatan pupuk kompos cair dari li Tips Cara Pembuatan Pupuk Kompos Cair untuk Meningkatkan Produksi 3x Lipat!
Tips cara pembuatan pupuk kompos dari limbah buah-buahan

Menyulap limbah sampah buah menjadi pupuk kompos cair intinya bukalah hal yang sulit. Seperti pengalaman cara pembuatan pupuk kompos cair yang dilakukan oleh Edy Wahyudi. Beliau ini yakni seorang penyuluh kontrak yang terdorong untuk melaksanakan penemuan cara pembuatan pupuk kompos dengan memanfaatkan potensi yang ada dilingkungan daerah tinggalnya.


Edi menyampaikan “pada mulanya muncul inspirasi kreatif ini berasal dari keprihatinan dirinya melihat sisa-sisa limbah buah yang menumpuk  di pasar raya bersahabat rumah, yaitu di Kota Tengkongan  Aceh Tengah. Pada awalnya Edi sempat kebingungan bagaimana cara menciptakan pupuk kompos cair dengan memanfaatkan limbah buah ini. Setelah berfikir lama, karenanya dia mencoba mencari referensi-referensi mengenahi kandungan buah dan zat-zat yang ada didalamnya.


Untuk mencari pengetahuan mengenai cara pembuatan pupuk kompos tersebut Edi mencoba mencari  informasi melalui aneka macam media, baik internet, buku, majalah dan sumber-sumber lainnya. Pada karenanya Edi pun menemukan jawabannya, dimana zat yang terkandung buah-buah mempunyai enzim yang sanggup mendorong pertumbuhan tumbuhan dengan secara cepat.


Tanpa ragu, karenanya penyuluh pertanian tersebut mulai mencoba mempraktekan inspirasi kreatifnya dengan cara pembuatan pupuk kompos cair berbahan limbah buah-buahan. Buah merupakan materi organik yang banyak mengandung air, sehingga untuk mengubahnya menjadi pupuk cair lebih mudah. Tutur Edi


Proses Cara Pembuatan Pupuk Kompos Cair


Dengan memanfaatkan peralatan seadaanya, Edi mencoba menjelaskan cara pembuatan pupuk kompos cair tersebut kepada Kami. Langkah yang harus terlebih dahulu Anda lakukan yakni mencuci higienis sisa-sisa buah, dengan tujuan untuk menghilangkan zat-zat kimia yang menembel pada limbah buah tersbut. Kemudaian menghancurkanya menjadi bubur lembut dan sesudah itu disaring utuk diambil sari buahnya.


Untuk mengubahnya menjadi cairan pupuk maka selajutnya dilakukan proses fermentasi selama kurang lebih 2-3 minggu. Cara pembuatan pupuk kompos cair tidak hingga disitu saja, diharapkan activator dan stimulator untuk merangsang pembentukan enzim, caranya dengan menambahkan gula merah secukupnya.


Cara pembuatan pupuk kompos cair juga membutuhkan proses fermentasi. Dalam tahapan ini Edi mengunakan air kelapa yang berfungsi untuk mendorong pembentukan zat Giberalin, Sitokinin dan Auksin. Ketiga zat tersebut merupakan zat yang dibutuhkan tumbuhan untuk merangsang pertumbuhan pada perakaran, pertumbuhan batang, daun, serta untuk mempercepat tumbuhan berbunga dan berbuah.


Proses  selanjutnya cara pembuatan pupuk kompos cair yaitu menjaga PH cairan supaya setabil dan tidak terkontaminasi oleh basil merugikan yang justru sanggup mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Dalam hal ini Edi tidak kehabis akal. Berbekal rujukan pengetahuan yang Ia dapatkan, Edi  pun menambahkan air sisa basuh beras (tajin) kedalam cairan buah yang telah dibuatnya.


Ringkasan Cara Pembuatan Pupuk Kompos Cair Berbahan Limbah Buah Sebanyak 40 Liter



  1. Alat :



  • Ember plastik/tong plastik ukuran 50 Liter

  • Plastik untuk penutup

  • Saringan



  1. Bahan :



  • Limbah buah 20 kg

  • Air kelapa 10 liter

  • Air cucian beras 5 liter

  • Gula merah 1 kg

  • Air 20 liter (hindari pengunaan air PAM)



  1. Cara pembuatan pupuk kompos



  • Langkah pertama cara pembuatan pupuk kompos cair yakni menghancur sisa-sisa buah, kemudian disaring dan masukan kedalam bejana yang sudah disediakan.

  • Selajutnya larutkan air kedalam bejana tersebut. Tambahkan kelapa, air beras dan gula merah.

  • Lalu diaduk-aduk hingga benar-benar tercampur semua hingga merata.

  • Setelah itu tutup bejana dengan plastik 12-15 hari supaya mengalami proses fermentasi. Cara pembuatan pupuk kompos ini baiknya dilakukan diruang yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, supaya tidak terpengaruh suhu udara yang panas.

  • Setiap 5 hari sekali lakukan pengontrolan secara rutin, serta larutan diaduk kembali supaya tidak mengalami pengendapan, sesudah itu ditutup kembali.

  • Tanda-tanda pupuk kompos cair sudah jadi, yaitu pada dikala aroma yang awalnya berbau busuk sudah bermetamorfosis aroma ragi serta ditandai dengan munculnya buih-buih putih diatas larutan, itu pertanda bahwa pupuk  kompos cair sudah sanggup digunakan.

  • Untuk memudahkan Anda mengunakan pupuk kompos cair tersebut Edi menyarankan, untuk memindahkan larutan kedalam botol-botol kecil, dengan cari disari kembali dan disimpan ditempat yang sejuk.



  1. Dosis dan Cara Pengunaan



  • Aplikasi pengunaan pupuk kompos cair ini harus sesuai dengan takaran serta kebutuhan tanaman. Untuk merangsang pertumbuhan pada batang, akar, dan buah takaran yang dipakai yaitu : 10 cc larutan pupuk kompos cair dicampur dengan 1 liter air. Sedangkan untuk perakaran dipakai 30 cc berbanding 1 liter.


Metode cara pembuatan upuk kompos cair hasil kajian Edi ini, telah mengalami uji coba selama 1 musim. Dan fakta yang mengejutkan hasil panen yang diperolehnya meningkat cukup pesat, mencapai tiga kali lipat lebih tinggi disbanding biasanya. Hingga sekarang karya kreatif Edi Wahyudi sudah mulai disebar luaskan dan banyak dipraktekan oleh desa-desa binaannya. Selain itu,  “dengan cara menciptakan pupuk kompos cair sendiri biaya produksi yang dikeluarkan menjadi lebih ekonomis hanya Rp. 15rb/lt, dibandingkan dengan membeli pupuk sejenis  dari pabrik yang harganya dipasaran Rp 40rb – 80rb/liter”. Ungkap Edi


Pada dasarnya inspirasi kreatifitas cara pembuatan pupuk kompos ini sanggup dilakukan oleh siapa saja, kapan saja serta dimana saja. Semua tergantung dari Anda yang memulainya. Itulah tips yang sanggup kami bagikan untuk Anda mengenai cara pembuatan pupuk kompos cair. Silahkan bagikan dan aplikasikan jikalau bermanfaat untuk Anda…


Sumber gambar : americanresidentialwarrantyr.co




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Tips Cara Pembuatan Pupuk Kompos Cair Untuk Meningkatkan Produksi 3X Lipat!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel