iklan banner

Ini Lah Analisis Lengkap Perjuangan Udang Windu

Udang windu ialah salah satu komoditi unggulan di Negara kita dan telah menjadi komoditi ekspor. Sampai dikala ini udang windu terus menjadi idola bagi para pengusaha tambak sebab tingginya undangan pasar pada jenis udang ini. Hal inilah yang menciptakan banyak petani yang tidak kapok untuk budidaya udang windu meskipun bisnis udang ini sering turun naik atau tidak stabil.


Udang windu ialah salah satu komoditi unggulan di Negara kita dan telah menjadi komoditi  Ini Lah Analisis Lengkap Usaha Udang Windu


Ukuran yang besar dan rasa udang yang anggun menciptakan komoditi udang windu banyak disenangi oleh pasar dalam negeri dan luar negeri. Kisaran harga 1 kg udang windu mencapai 150 rb dengan isi kurang lebih 10-15 ekor. Seiring dengan perkembangan jaman dimana masyarakat dunia mulai menyukai makanan-makanan organik, berdampak pada peningkatan undangan hasil budidaya udang windu di tambak.


Konsumen


Udang ialah salah satu masakan yang mengandung vitamin, mineral dan protein tinggi yang baik bagi badan manusia. Selain itu, rasanya yang anggun dan gurih menciptakan orang banyak menyukai udang jenis ini. Harganya yang terbilang cukup mahal menimbulkan pasar dari udang ini ialah kalangan masyarakat menengah ke atas.


Memulai Bisnis Budidaya Udang Windu


Pastikan tambak yang Anda gunakan ialah tambak yang mempunyai produktivitas lahan dan kualitas lingkungan yang baik bagi udang. Caranya ialah dengan mengeliminasi hal-hal yang tidak menunjang kelangsungan hidup udang jenis ini, serta mengoptimalkan faktor-faktor lainya yang sanggup menunjang budidaya udang windu.


Selain itu tambak juga harus diupayakan sanggup menahan air, sanggup menjaga kualitas air, sanggup membuang limbah dan sanggup dikeringkan dengan tepat dan mudah. Agar poin-poin ini sanggup terrealisasi secara baik perhatikan 6 tips dibawah ini:



  1. Pilih lokasi tambak yang tidak tercemar, mempunyai air higienis dan jernih dengan ph 7-8, suhu 25-30, salinitas 15-30 dan oksigen terlarut paling tidak 3 ppm.

  2. Siapkan peralatan-peralatan pembantu yang dibutuhkan, diantaranya tes kit untuk kualitas air, thermometer, pH meter dan salinometer.

  3. Buatlah tambak Anda dengan ukuran 2500-3000 m2.

  4. Cangkul dasar tambak Anda, dibalikan dan dikeringkan. Langkah selanjutnya tambahkan pupuk urea 5 gram/m2, TSP 5 gram/m2 dan pupuk sangkar 250 gram/m2.

  5. Isi tambak Anda dengan air payau setinggi 80 cm.

  6. Langkah terahkir, tebarkan benih udang windu beberapa hari kemudian. Anda harus melaksanakan penebaran benih dengan kepadatan antar 15 hingga 20 ekor/m2.


Keuntungan Bisnis


Seperti yang kami sampaikan diatas, udang windu ialah salah satu komoditi andalan dunia agribisnis di Indonesia. Dengan luas lahan yang dimiliki oleh Indonesia dan undangan udang windu yang semakin besar, menciptakan pengembangan ekspor udang windu menjadi salah satu perhatian pemerintah dikala ini.


Tiga laba niscaya budidaya udang windu apa kalau dilihat pada segi manfaat:



  1. Mengandung vitamin, mineral dan protein tinggi yang baik untuk badan manusia.

  2. Dapat diolah dengan majemuk cara, semisal kerupuk, terasi, kaleng, udang kering dan beku.

  3. Budidaya udang jenis windu banyak ditekuni sebab masa panen yang tidak begitu usang (sekitar 4 bulan)


Hambatan Bisnis


Beberapa hal yang mengakibatkan budidaya udang windu menjadi tidak maksimal ialah keterbatasan teknologi dan pengetahuan para pelaku perjuangan budidaya udang. Keterbatasan inilah yang mengakibatkan para petani udang tidak sanggup meningkatkan hasil produksinya.


Kemungkinan lain yang menjadi penghambat para petani udang adalah:



  1. Tingkat hidup udang di tambak sangat rendah sebab kerusakan lahan dan pencemaran.

  2. Serangan hama yang sanggup menciptakan maut pada udang.

  3. Dan yang terakhir, pemeliharaan yang tidak dilakukan dengan intensif sehingga pertumbuhan udang menjadi lambat.


Strategi Pemasaran


Kurang lebih selama lima tahun kebelakang produksi udang nasional menyerupai halnya udang windu relatif sangat stabil. Fakta ini menandakan udang windu mempunyai prospek bisnis yang sangat strategis. Di dalam dunia pemasaran, udang ini juga telah menjadi komoditas perikanan yang sanggup memberi manfaat yang cukup besar bagi perekonomian di Indonesia.


Baca Juga:



Untuk seni administrasi pemasaran sendiri, Anda sanggup memulainya terlebih dahulu dengan cara yang mudah. Anda sanggup berkerjasama dengan para pelaku bisnis makanan, menyerupai restoran seafood, para pelaku bisnis katering dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga sanggup menjual hasil panen udang ke pedagang-pedagang ikan di pasar.


Kunci Sukses



  1. Berikan masakan alami menyerupai pelet dan plankton sebanyak 3-6% dari berat udang dengan porsi tiga kali dalam sehari.

  2. Disarankan Anda memakai sistem petak tendon atau sitem petak biofilter dan resirkulasi tertutup.

  3. Lakukan upaya pencegahan, menyerupai penggunaan imunostimulan, vitamin serta desinfektan dari mulai pembenihan, pemeliharaan hingga pemanenan.

  4. Pastikan Anda memanen hasil budidaya udang windu sesudah 3 hingga 4 bulan.


Analisis Ekonomi


Modal Untuk Usaha

Pengolahan dan tambak 4.000 m2 Rp 4.000.000

Peralatan untuk budidaya, termasuk alat tes kit Rp 1.500.000+

Total Rp 5.500.000


Biaya Untuk Produksi / 4 Bulan

Benur atau tokolan 40.000 ekor: Rp 1.000.000

Pakan udang : Rp 12.096.000

Tenaga kerja 1 orang: Rp 3.200.000

kapur 500 kg, Pupuk 1.000: kg Rp 4.000.000

Obat-Obatan: Rp 3.000.000

Biaya lain-lain dan penyusutan: Rp 1.800.000+

Total Biaya: Rp 25.096.000


Pendapatan serta Keuntungan

Hasil jual udang windu

= 40.000 ekor x 80% SR x 0,02 kg/ekor x Rp 60.000,00 = Rp 38.400.000,00


Keuntungan

= Pendapatan – Biaya Produksi

= Rp 38.400.000 – Rp 25.096.000

= Rp 13.304.000


Artikel Penting yang Terkait: Cara Lengkap Budidaya Udang Windu | Wajib Anda Baca!


Baiklah, sekian dulu yang sanggup kami berikan untuk Anda, biar artikel budidaya udang windu ini sanggup memperlihatkan ilham dan semangat yang positif. Ada yang mau ditanyakan? 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Ini Lah Analisis Lengkap Perjuangan Udang Windu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel