iklan banner

Cara Menanam Bunga Matahari Di Pot, Paling Mudah

 


Cara menanam bunga matahari di pot paling gampang dan sanggup kita lakukan sendiri di rumah. Tanaman bunga matahari selain sanggup dinikmati keindahan bunganya untuk menghiasi  halaman rumah kita alasannya ukuran kelopak bunga matahari yang cukup besar dan berwarna kuning cerah, sehingga akan menyegarkan pandangan mata kita. Bunga matahari juga sanggup dimanfaatkan bijinya dan bunganya. Biji bunga matahari sanggup dipakai sebagai materi untuk menciptakan kudapan enak yang berjulukan kuaci, sedangkan bunganya sanggup dipakai untuk lalapan. Bunga matahari termasuk kedalam jenis bunga tahunan yang sanggup tumbuh dimana saja  yaitu sanggup tumbuh di kawasan dengan ketinggian 0,5 s/d 4,5 meter atau untuk menanam bunga matahari akan tergantung dari jenis varietas bunga matahari yang akan kita tanam.


Untuk sanggup ikut melaksanakan cara menanam bunga matahari paling gampang maka kita sanggup mempelajari bagaimana cara menanam bunga matahari di pot yang benar, cara memelihara dan cara memanen bunga matahari tersebut dengan baik, sehingga bunga matahari yang kita tanam sanggup tumbuh subur. Berikut akan kami bahas petunjuk tahapan tahapan dari cara menanam bunga matahari di pot yang sanggup kita jadikan sebagai ajaran untuk menanam bunga matahari tersebut di rumah kita.


Cara menanam bunga matahari dan mempersiapkan pot


Cara menanam bunga matahari di pot paling gampang dan sanggup kita lakukan sendiri di rumah Cara menanam bunga matahari di pot, paling mudah
Ukuran pot

Untuk menanam bunga matahari kita harus menentukan jenis pot yang berukuran besar, dan jangan hingga kita memakai pot yang kecil terlebih dahulu dan gres dipindahkan ke pot yang besar. Karena cara pemindahan ini sangat tidak disukai oleh tumbuhan bunga matahari alasannya kondisi pot gres biasanya akan mengandung tanah yang  masih dingin.


Kondisi pot yang akan kita gunakan harus dalam keadaan higienis dan steril dan pilihlah pot dengan diameter kira kira 30 s/d 40 cm untuk jenis bunga matahari kerdil, sedangkan untuk jenis bunga matahari varietas besar (mammoth) maka kita membutuhkan pot berukuran sekitar 18 liter atau 5 galon, atau untuk menentukan ukuran pot yang akan kita gunakan sanggup diadaptasi dengan berapa banyak bunga matahari yang akan kita tanam dalam 1 pot. Pot yang sudah ditanami bunga matahari sebaiknya diletakkan ditempat yang terkena sinar matahari langsung.


Sebelum pot diisi dengan media tanam maka masukkan terlebih dahulu watu batu kecil, kerikil, pecahan genting yang berfungi sebagai drainase untuk sanggup mengeluarkan air. Setelah itu masukkan media tanam berupa gabungan antara tanah dan kompos kedalam pot hingga penuh, hingga mencapai kira kira 2,5 cm dari bibir pot dan lakukan penyiraman pada media tanam tersebut supaya lembab.


Cara menanam bunga matahari dan persiapan menanam serta media tanam


Cara menanam bunga matahari di pot paling gampang dan sanggup kita lakukan sendiri di rumah Cara menanam bunga matahari di pot, paling mudah
Bibit bunga matahari yang sudah bertunas

Media tanam yang akan kita gunakan untuk menanam tumbuhan bunga matahari sebaiknya mempunyai pH tanah kira kira 6,0 s/d 7,5. Namun demikian tumbuhan bunga matahari juga sanggup mengikuti keadaan dengan keadaan tanah sehingga sanggup ditanam dimedia tanah dengan pH tanah kurang dari yang seharusnya. Jika pH tanah kurang dari 6,0  maka kita sanggup menambahkan kompos asam atau gabungan tumbuhan namun bila pH tanah diatas 7,5 maka kita sanggup mencampurkan butiran welirang untuk menurunkan kadar pH tanah tersebut. Secara rutin sanggup diperiksa kondisi drainase pot, apakah sanggup mengeluarkan air dengan lancar atau tidak alasannya genangan air didalam pot sanggup menimbulkan tumbuhan bunga matahari akan mati alasannya membusuk.


Gemburkan media tanah yang akan kita gunakan untuk menanam tumbuhan bunga matahari sebelum kita menaburkan benih bunga matahari kedalam media tanam tersebut dan bila kondisi tanah kurang bagus maka kita sanggup menambahkan 6 – 10 cm kompos.


Sebaiknya pot yang gres kita isi dengan media tanam, jangan eksklusif dipakai untuk menanam bunga matahari, tetapi dibiarkan terlebih dahulu supaya kondisi tanah menghangat secara merata. Tanamlah bunga matahari pada awal trend panas dan biasanya disekitar pertengahan bulan April dan tamat bulan Mei.


Setelah pot sudah terisi dengan media tanam maka kita sanggup menanam biji bunga matahari 2 hingga 10 biji bunga matahari secara berpasangan, dan tergantung dari tempat atau pot yang kita gunakan. Jika bibit bunga matahari sudah mucul tunasnya maka kita sanggup menentukan tunas yang bagus dan tunas yang tidak bagus akan kita buang. Kemudian tanamlah biji bunga matahari yang sudah bertunas kedalam pot yang sudah kita persiapkan sedalam 2,5 cm dan jarak satu dengan yang lain kira kira 10 cm, sesudah itu siramlah secukupnya saja untuk menjaga media tanam tetap lembab.


Cara menanam bunga matahari dan menentukan bibit bunga matahari


Cara menanam bunga matahari di pot paling gampang dan sanggup kita lakukan sendiri di rumah Cara menanam bunga matahari di pot, paling mudah
Bibit bunga matahari

Sebelum kita menanam bunga matahari maka kita sanggup menentukan terlebih dahulu jenis bibit bunga matahari yang akan kita tanam. Meskipun sebagian besar dari jenis bunga matahari akan tumbuh hingga ketingginya hingga mencapai beberapa meter, namun demikian ada juga jenis bunga matahari yang tingginya dibawah 1 meter.





Berikut ada beberapa jenis tumbuhan bunga matahari :


Cara menanam bunga matahari di pot paling gampang dan sanggup kita lakukan sendiri di rumah Cara menanam bunga matahari di pot, paling mudah
Jenis bunga matahari


  • Jenis Mammoth:


Bunga matahari jenis Mammoth ini ternyata  sudah usang punah, namun demikian kita sanggup membudidayakannya lagi apabila masih ada yang mempunyai benihnya, sehingga kita sanggup membantu untuk menumbuhkan bunga matahari jenis mammoth ini dan dengan demikian kita sanggup membantu membangkitkan bunga matahari jenis mammoth ini dari kepunahan.



  • Jenis Autumn Beauty:


Bunga matahari jenis Autumn Beauty ini sanggup menghasilkan bunga dengan ukuran besar dan dapat  tumbuh hingga berdiameter 15 cm. Bunga matahari jenis Autumn Beauty ini namanya sesuai dengan tampilan spektrum bunganya yang hampir menyerupai dengan trend gugur. Warna bunga matahari jenis ini berwarna merah renta dan cokelat kemerahan dan banyak ditemukan dengan ukuran batangnya yang besar dan tingginya sanggup mencapai 2 meter ini.



  • Jenis Sunbeam:


Bunga matahari jenis Sunbeam ialah jenis bunga matahari yang mempunyai ukuran sedang, dan sanggup tumbuh dengan keinggian sekitar 1,5 meter. Bunga matahari jenis Sunbeam sanggup menghasilkan bunga dengan diameter sekitar 12 cm. Bentuk daun bunga Sunbeam yang panjang dan tidak simetris, pecahan tengah bunga matahari jenis ini berwarna kuning sehingga sangat indah bila dipakai sebagai bunga pemanis untuk buket bunga.



  • Jenis Teddy Bear:


Bunga matahari jenis Teddy Bear, mempunyai bentuk bunga kecil dan tingginya hanya mencapai 1 meter sehingga jenis bunga matahari ini sanggup ditanam di halaman rumah kita yang mempunyai ruang tanam yang sempit.


Cara menanam bunga matahari dan perawatannya


Jika kita sudah mulai mencoba cara menanam bunga matahari di pot ini, maka sebaiknya pot diletakkan ditempat yang sanggup memperoleh sinar matahari penuh serta terhindar dari terpaan angin. Karena tumbuhan bunga matahari sangat menyukai dan sanggup tumbuh subur ditempat yang mempunyai iklim hangat hingga dengan panas, sehingga sangat bagus bila terkena sinar matahari penuh pada siang hari.


Supaya tumbuhan bunga matahari sanggup terlindung dari terpaan angin maka tumbuhan bunga matahari sanggup kita letakkan dibelakang barisan pohon yang kuat, atau tumbuhan bunga matahari sanggup kita letakkan disepanjang pagar rumah kita.


Lakukan penyiraman terhadap tumbuhan bunga matahari secara rutin alasannya akar dari tumbuhan bunga matahari akan tumbuh jauh kedalam sehinga tumbuhan bunga matahari lebih menyukai disirami air dalam jumlah banyak tetapi jarang dibandingkan dengan disirami dengan sedikit air tetapi sering dilakukan. Didaerah yang mempunyai 4 trend maka bunga matahari akan mekar pada pertengahan hingga tamat trend panas, diantara 2 hingga 3 bulan sesudah penanaman.


Pemupukan sanggup diberikan dengan memperlihatkan lapisan mulsa di permukaan tanahnya dan sesudah tumbuhan bunga matahari tumbuh cukup tinggi maka sanggup diberikan lapisan jerami atau mulsa lainnya supaya sanggup menjaga kelembaban tanah dan sanggup mencegah pertumbuahn gulma. Apabila suatu saat terjadi hujan lebat maka kita sanggup menambahkan lagi lapisan mulsa kedalam media tanam dan sesudah tumbuhan bunga matahari tumbuh mencapai 0,5 meter maka kita sanggup memperlihatkan pemanis pupuk kompos kotoran binatang setebal sekitar 4 cm.


Jika kita tinggal ditempat yang berangin maka kita sanggup menambahkan tiang pancang dari kayu atau bambu, untuk sanggup menambah kekuatan batang dari tumbuhan bunga matahari tersebut.


Cara mengatasi hama dan jamur yang menyerang tumbuhan bunga matahari ialah :



  • Jika terjangkit serangga menyerupai ngengat bubuk abu kecil yang bertelur dipermukaan bunga maka kita sanggup mengambilnya secara manual untuk membasminya.

  • Jika tumbuhan bunga matahari terjangkit jamur atau penyakit maka kita sanggup menyemprotkan fungisida bunga untuk mengatasinya.


Cara menanam bunga matahari dan cara memanen


Cara menanam bunga matahari di pot paling gampang dan sanggup kita lakukan sendiri di rumah Cara menanam bunga matahari di pot, paling mudah
Bunga matahari yang sudah sanggup dipanen bijinya

Jika kondisi biji biji bunga matahari yang sudah renta akan terlihat dari bunga matahari yang mulai mengering dan berwarna kecoklatan, kepala bunga matahari sudah mulai terkulai maka kita siap untuk melaksanakan panen biji bunga matahari. Caranya potonglah bunga matahari dengan batangnya sepanjang 5 cm, kemudian gantung dan letakkan kepala bunga matahri hingga benar benar mengering di tempat yang berventilasi cukup.


Cara memproses biji bunga matahari supaya menghasilkan biji bunga matahari panggang yang enak ialah dengan merendam biji bunga matahari semalaman kedalam air yang sudah dicampur dengan garam. Kemudian tiriskan dan letakkan didalam loyang dan panggang dalam panggangan panas dengan temperatur antara 90 derajat celsius s/d 120 derajat celsius, biarkan hingga warna biji bunga matahari sedikit kecoklatan.


Kelopak bunga matahari juga sanggup dipakai sebagai pemanis untuk salad, kuncup bunganya sanggup direbus atau dikukus selama 3 menit dan dicampur kedalam mentega dan bawang putih maka akan menjadikan cita rasa yang lezat. Akan tetapi sebelum dikukus, kuncup bunga matahari sanggup disiram dahulu dengan air panas untuk menghilangkan rasa pahitnya.


Cara menanam bunga matahari dan beberapa tip tipnya :



  • Jenis tanah yang dipakai untuk menanam bunga matahari tidak terlalu menjadi duduk kasus sehingga kondisi tanah kering juga sanggup digunakan, dengan cara menambah banyak gambut, kompos, atau pupuk sangkar sehingga akan membantu bunga matahari sanggup tumbuh tinggi dan kuat.

  • Bunga matahari paling baik tumbuh di tempat kita pertama menanamnya, dan jika  kita memindahkan tempat menanamnya maka menciptakan bunga matahari tidak sanggup tumbuh dengan baik.

  • Sebelum menanam bunga matahari maka perlu dipikirkan tempat yang benar benar sempurna alasannya bunga matahari akan tumbuh sangat tinggi dan sanggup menutupi flora lainnya serta selalu mengarah ke arah matahari terbit.

  • Peliharalah supaya area disekitar bunga matahari terbebas dari rumput dengan cara secara rutin melaksanakan pencucian dari flora liar atau rumput liar.

  • Jika halaman rumah kita sempit maka kita menanam bunga matahari secukupnya saja supaya bunga tidak dipaksa untuk bersaing mendapat nutrisi, alasannya akan tidak bagus terhadap pertumbuhan bunga matahari tersebut.

  • Gunakan dan tempatkan bulu epilog taman polyspun di kepala bunga matahari untuk mencegah benihnya dimakan oleh burung maupun oleh hama.


Selain biji bunga matahari sanggup dibentuk kudapan maka bunga matahari sanggup menghasilkan biodiesel dan minyak goreng. Mekarnya bunga-bunga matahari yang manis akan sanggup menghiasi dan memperindah halaman rumah kita sepanjang musim. Selama matahari masih bersinar terperinci maka bunga matahari sanggup selalu memperlihatkan keindahan bunganya tersebut kepada kita. Sehingga tidak ada salahnya kalau kita sanggup membudidayakan tumbuhan bunga matahari ini dengan cara menanam bunga matahari di pot dan sanggup kita kerjakan secara mudah, cepat dan menyenangkan.



Sumber https://kebunbelakang.com

0 Response to "Cara Menanam Bunga Matahari Di Pot, Paling Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel