Contoh Sop Anggaran Perusahaan Beserta Cara Membuatnya
Daftar isi
SOP Workshop Penyusunan Anggaran yaitu standar mekanisme yang dibentuk oleh perusahaan sebagai anutan dan panduan untuk menyusun budget perusahaan.
SOP Workshop Penyusunan Anggaran merupakan salah satu dari 4 (empat) SOP perusahaan perihal anggaran yang kami bahas di sini.
Dua teladan SOP sudah dibahas sebelumnya, yaitu :
Pembahasan 4 teladan SOP perusahaan ini kami lakukan secara gradual dan sistematis alasannya ke-empatnya mempunyai hubungan yang erat dan PENTING
Sehingga akan menunjukkan persepsi dan pemahaman yang utuh terhadap proses penyusunan anggaran, semenjak persiapan hingga penerapannya.
01. Cara Membuat SOP (Standar Operasional Prosedur)
Bagaimana cara menciptakan SOP Workshop Anggaran Perusahaan?
Lngkah pertama untuk menciptakan SOP perusahaan yaitu memilih bentuk SOP.
Dan ibarat contoh-contoh SOP sebelumnya, maka bentuk yang saya gunakan untuk menyusun SOP Anggaran yaitu narasi dengan menyajikan mekanisme dalam flowchart (diagram alir).
Langsung saja mari kita susun SOP Workshop Penyusunan Anggaran…
#1. Langkah-Langkah Membuat SOP Workshop Penyusunan Anggaran
A. Membuat Header atau bab atas Standar Operasional Prosedur
Bentuk bab atas dari SOP Workshop Penyusunan Anggaran perusahaan yaitu sebagai berikut:
Dalam teladan format header di atas terdiri dari:
- Nama & Logo Perusahaan,
- Judul SOP, Nomer Dokumen,
- Tanggal mulai berlakunya SOP,
- Jumlah Revisi, dan
- Jumlah halaman SOP.
B. Isi Standar Operasional Prosedur – SOP Workshop Anggaran
Isi SOP Workhsop Penyusunan Anggaran terdiri dari :
Latar Belakang:
- Manajemen dalam menjalankan aktivitas perjuangan perlu anutan yang disusun secara sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter.
- Anggaran perusahaan merupakan pendekatan yang formal dan sistematis daripada pelaksanaan tanggungjawab administrasi di dalam perencanaan, koordinasi dan pengawasan seluruh aktivitas perusahaan untuk jangka waktu tertentu di masa yang akan datang.
- Kebijakan administrasi dalam penyusunan anggaran yaitu adonan antara bottom up dan partisipasif di mana penyusunan anggaran sepenuhnya disusun dari bawah lalu didiskusikan bersama untuk memutuskan anggaran yang terbaik.
Tujuan:
Mendapatkan akad mengenai sasaran semua departemen dan cabang-cabang perusahaan tahun yang akan tiba dan tahun berjalan yang optimis dan realistis dengan tetap mengacu pada perkiraan yang telah ditetapkan.
Ruang Lingkup:
- Pembahasan omset
- Pembahasan planning investasi
- Pembicaraan planning deretan karyawan
- Editing data
- Evaluasi
- Pengesahan
Satuan Kerja Terlibat:
- Bagian Anggaran
- Cabang-cabang perusahaan
- GM Consumer & Industrial
- GM SDM & Umum
- Manager IT
- GM Akuntansi & Keuangan
- Manager Akuntansi & Keuangan
Dokumen yang dipergunakan:
- Formulir pembahasan omset, biaya, investasi dan deretan karyawan
- Kertas kerja pendapatan dan biaya
Referensi:
- ISO 9001
- Quality Management System
Prosedur Pelaksanaan:
Prosedur #1:
Cabang melaksanakan pembahasan omset produk distribusi, marketing & trading dengan departemen terkait (misalnya departemen Health Care )
Dan kesepakatannya ditandai dengan tanda tangan Kepala Cabang dan pimpinan departemen.
Prosedur 2:
Cabang-cabang perusahaan melaksanakan pembahasan omset produk consumer & industrial dengan departemen Consumer & Industrial.
Ddan kesepakatannya ditandai dengan tandatangan kepala cabang perusahaan dan pimpinan departemen Consumer & Industrial.
Prosedur #3:
Pembahasan planning investasi dan deretan karyawan antara cabang-cabang perusahaan dengan bab SDM & Umum yang kesepakatannya ditandai dengan kepala cabang perusahaan dan pimpinan bab SDM & Umum pada form pembahasan investasi dan deretan karyawan.
Prosedur #4:
Khusus untuk akad planning investasi perangkat IT, kepala cabang melaksanakan pembicaraan dengan manager IT.
Prosedur #5:
Cabang melaksanakan editing file anggaran berdasarkan akad pembahasan, lalu mencetak kertas kerja anggaran yang diperlukan.
Prosedur #6:
Bagian Akuntansi melaksanakan penilaian terhadap hasil editing anggaran cabang-cabang perusahaan yang mencakup KEWAJARAN MARGIN, BIAYA serta PERTUMBUHAN sesuai dengan perkiraan yang ditetapkan.
Persetujuan ditandai dengan paraf GM Akuntansi & Keuangan.
Prosedur #7:
Cabang-cabang perusahaan memintakan persetujuan prinsip anggarannya kepada direksi yang persetujuannya ditandai dengan paraf eksekutif operasional pada kerja kerja keuntungan rugi.
Prosedur #8:
Setelah mendapat persetujuan dari eksekutif operasional, cabang-cabang perusahaan menyerahkan kertas kerja yang sudah diparaf eksekutif operasional berikut kertas kerja pendukung dan soft copy ke bab anggaran.
Flow Chart atau Diagram Alir SOP Workshop Anggaran:
Elemen dalam flow chart terdiri dari dua bab utama yaitu, bab cabang dan bab akuntansi – anggaran.
Pada bab cabang dimulai dari form pembahasan/nego dengan bab operasional, SDM & Umum, IT.
Dan berakhir dengan kertas kerja keuntungan rugi yang sudah mendapat pengakuan dari direksi.
Sedangkan pada bab akuntansi dan anggaran dimulai dari mekanisme penyusunan workshop.
Dan form-form pembahasan hingga kertas kerja keuntungan rugi yang sudah mendapat pengakuan dari GM Akuntansi Keuangan.
Perhatikan flowchart klarifikasi mekanisme berikut ini :
C. Pengesahan Standar Operasional Prosedur
Bagian pengakuan memuat:
- siapa yang menciptakan SOP Workshop Penyusunan Anggaran Perusahaan,
- siapa yang menyidik memeriksa SOP Workshop Penyusunan Anggaran Perusahaan, dan
- siapa yang menyetujui menyetujui SOP Workshop Penyusunan Anggaran lengkap dengan nama, jabatan dan tandatangan.
Contoh bentuk bab pengakuan SOP Workshop Penyusunan Anggaran Perusahaan ibarat berikut ini :
02. Contoh SOP Anggaran Perusahaan
Contoh SOP ini merupakan penggabungan dari bagian-bagian yang sudah dibentuk pada proses penyusunan SOP.
Setelah menuntaskan langkah-langkah menciptakan SOP Anggararan Perusahaan, selanjutnya digabungka menjadi sebuah SOP Anggaran Perusahaan yang bentuknya ibarat berikut:
Halaman #1:
Halaman #2:
Halaman #3:
02. Kesimpulan
Demikian pembahasan lengkap perihal teladan SOP Anggaran Perusahaan, khususnya workshop penyusunan Anggaran beserta cara menciptakan SOP perusahaan lengkap.
Dan, bila Anda ingin mengetahui teladan lainnya lengkap dengan perangkat pendukund pelaksanaannya, silahkan meluncur ke: SOP.
Bagaimana berdasarkan Anda? Terima kasih
***
Sumber https://manajemenkeuangan.net
0 Response to "Contoh Sop Anggaran Perusahaan Beserta Cara Membuatnya"
Posting Komentar