iklan banner

Cara Menanam Kacang Panjang Di Pot, Mudah

 


Cara menanam kacang panjang di pot akan menjadi gampang dan menguntungkan jikalau kita memang serius untuk menekuni dalam membudidayakan tumbuhan kacang panjang ini. Cara menanam kacang panjang di pot juga merupakan cara sempurna yang sanggup kita lakukan sendiri di rumah, apabila kita memang tidak memiliki lahan yang cukup luas. Dari sini kita semua sanggup mengetahui bahwa untuk menanam sayuran tidak harus memiliki lahan luas.


Dengan cara menanam kacang panjang di pot maka kita sanggup memenuhi kebutuhan sayuran kacang panjang untuk keluarga sendiri, sehingga kita tidak perlu membeli di pasar. Kacang panjang merupakan salah satu jenis sayuran yang bergizi dan biasanya ibu ibu sering memakai kacang panjang ini untuk memasak tumis kacang panjang, untuk adonan sayur asem, dan untuk adonan pecel.


Kacang panjang memiliki nama lain vigna sinensis dan merupakan jenis tumbuhan yang berasal dari India serta Afrika Tengah bahkan tumbuhan kacang panjang ini sudah menyebar ke wilayah tropika dan Indonesia. Untuk menanam kacang panjang ini tidak membutuh perawatan yang sulit dan pertumbuhannya juga cepat, sehingga banyak petani yang menentukan untuk membudidayakan kacang panjang ini sebagai perjuangan bisnis mereka alasannya ialah merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan.


Supaya kita sanggup menghasilkan tumbuhan kacang panjang yang berkualitas anggun maka kita harus memperhatikan media tanam yang akan kita gunakan untuk menanam tumbuhan kacang panjang tersebut. Media tanam yang baik ialah media tanam yang subur alasannya ialah hal ini sangat berkhasiat untuk memberi asupan nutrisi pada tumbuhan kacang panjang yang kita tanam, sehingga nutrisi yang terdapat dalam tanah yang subur sanggup menjaga kelangsungan dari pertumbuhan tumbuhan kacang panjang untuk sanggup tumbuh optimal.


Tanaman kacang panjang ada 2 macam jenisnya yaitu kacang panjang usus dan kasang panjang biasa. Jika kita berminat untuk mencoba membudidayakan kacang panjang ini maka ada beberapa tip yang sanggup kita jadikan sebagai anutan untuk berguru mempraktekkan cara menanam kacang panjang di pot sehingga sanggup menguntungkan. Berikut tip yang sanggup kita pelajari :


Cara menanam kacang panjang dan persiapan pemilihan bibit


Cara menanam kacang panjang di pot akan menjadi gampang dan menguntungkan jikalau kita memang s Cara menanam kacang panjang di pot, mudah
Bibit kacang panjang

Pemilihan bibit kacang panjang yang berkualitas anggun sangat perlu kita lakukan sebelum kita mulai menanam kacang panjang alasannya ialah bibit kacang panjang yang anggun akan mempengaruhi hasil panennya menjadi anggun juga. Bagaimana cara kita sanggup menentukan bibit kacang panjang yang bagus? Kita sanggup melihat ciri ciri dari bibit kacang panjang yang anggun yaitu bibit akan berkecambah diatas 90 %, bibit terlihat kusam atau bemas, bibit tidak dalam kondisi rusak dan tidak terkena hama atau penyakit.  Dalam menanam kacang panjang maka bibit kacang panjang tidak memerlukan penyemaian bibit terlebih dahulu, sehingga kita sanggup pribadi menanam di media tanam yang sudah kita siapkan.


Cara menanam kacang panjang dan persiapan media tanam


Dalam menanam kacang panjang maka media tanam yang akan kita gunakan harus kita persiapkan terlebih dahulu yaitu dengan memakai tanah yang gembur dan subur. Tanah yang gembur dan subur ini, sebaiknya kita ayak terlebih dahulu biar diperoleh tanah yang halus dan tidak menggumpal. Setelah itu tanah yang sudah kita ayak tadi kita campurkan dengan kompos dan sekam arang dengan perbandingan 2 : 1 : 1.  Jika media tanam yang kita buat sudah tercampur rata maka masukkan media tanam tersebut  ke dalam pot yang sudah kita persiapkan.


Cara menanam kacang panjang dan proses penanamannya


Setelah media tanam sudah siap dan sudah dimasukkan kedalam pot  maka langkah selanjutnya ialah proses menanam kacang panjang ke dalam pot. Sebaiknya waktu terbaik untuk menanam kacang panjang ialah pada ketika awal ekspresi dominan hujan, hal ini dilakukan biar tumbuhan kacang panjang mendapat suplay air yang cukup.


Sebelum menanam kacang panjang di pot maka kita sanggup menciptakan lubang pada media tanam terlebih dahulu kemudian masukkan biji kacang panjang sebanyak 2 biji tersebut kedalam lubang yang kita buat tadi pada setiap lubangnya. Hal ini biar pertumbuhan kacang panjang lebih bagus, dan selanjutnya tutup kembali lubang yang sudah kita masukan bibit kacang panjang tadi.


Cara menanam kacang panjang dan perawatannya


Untuk sanggup memperoleh hasil panen kacang panjang yang anggun dengan cara menanam kacang panjang di pot, maka semuanya ini tidak akan terlepas dari cara perawatan yang telah kita lakukan terhadap tumbuhan kacang panjang yang kita tanam. Berikut ada beberapa proses perawatan yang harus kita lakukan yaitu :



  • Penyulaman tumbuhan kacang panjang


Apabila kita melihat ada bibit kacang panjang yang rusak atau mati maka kita harus segera melaksanakan penyulaman dengan cara menggantikan bibit yang rusak tadi dengan bibit kacang panjang gres biar tumbuhan kacang panjang sanggup tumbuh secara serentak. Penyulaman harus kita lakukan secara rutin setiap 5 s/d 7 hari sesudah masa penananam kacang panjang.



  • Penyiangan tumbuhan kacang panjang


Kita harus melaksanakan penyiangan secara rutin terhadap gulma atau tumbuhan pengganggu lain yang tumbuh disekitar tumbuhan kacang panjang. Gulma atau tumbuhan liar yang tumbuh disekitar tumbuhan kacang panjang akan mengganggu pertumbuhan kacang panjang alasannya ialah nutrisi yang seharusnya untuk tumbuhan kacang panjang akan diserap oleh gulma atau tumbuhan liar tadi.



  • Penyiraman tumbuhan kacang panjang


Penyiraman harus dilakukan secara rutin setiap harinya yaitu penyiraman sanggup kita lakukan setiap pagi dan sore hari dan dengan jumlah penyiraman secukupnya saja serta jangan hingga berlebihan.



  • Pemasangan media rambat


Untuk menanam kacang panjang maka kita perlu memasang turus atau lanjaran yang gunanya untuk media rambat bagi tumbuhan kacang panjang kita. Turus atau lanjaran sanggup kita buat dari batang kayu atau kepingan bambu dengan panjang 50 s/d 200 cm dan lebarnya 3 cm. Pemasangan turus atau lanjaran ini sanggup kita lakukan sesudah tumbuhan kacang panjang berumur 2 ahad atau sesudah tumbuhan kacang panjang mencapai ketinggian kira kira 25 cm.


Pemupukan tumbuhan kacang panjang


Proses perawatan tumbuhan kacang panjang selanjutnya ialah dengan cara memperlihatkan suplemen pupuk terhadap tumbuhan kacang panjang. Pemupukan tumbuhan kacang panjang sanggup kita lakukan pada ketika tumbuhan kacang panjang berumur kira kira 3 minggu. Pupuk yang kita gunakan ialah pupuk urea, pupuk sp-36 dan pupuk KCL dengan takaran sesuai dengan kebutuhan. Penyemprotan tumbuhan kacang panjang dengan memakai pupuk daun sanggup kita lakukan pada ketika tumbuhan kacang panjang mulai berbunga dan pada ketika tumbuhan kacang panjang berumur 4 minggu.


Cara menanam kacang panjang dan proses panennya


Cara menanam kacang panjang di pot akan menjadi gampang dan menguntungkan jikalau kita memang s Cara menanam kacang panjang di pot, mudah
Panen kacang panjang

Setelah melalui tahap tahap dari cara menanam tumbuhan kacang panjang di pot maka kini kita sanggup menikmati proses panennya. Setelah kacang panjang berumur 30 hari sesudah masa tanam maka tumbuhan kacang panjang sudah mulai berbunga dan sesudah umur kacang panjang sudah merumur 45 hari maka kita sanggup melaksanakan panen kacang panjang.


Lalu menyerupai apa ciri ciri dari tumbuhan kacang panjang yang sudah sanggup kita panen? Ciri ciri dari kacang panjang yang sudah sanggup di panen ialah kacang panjang sudah terisi penuh, kacang panjang gampang dipatahkan dan warnanya hijau merata hingga hijau keputihan. Untuk memanen kacang panjang ini, sebaiknya dilakukan pada pagi hari alasannya ialah kondisi kacang panjang masih segar dan cara memanen kacang panjang ini dengan memotong bab unjung pangkal dari kacang panjang.


Demikianlah cara menanam kacang panjang di pot yang sanggup kita pelajari tahapannya dari menentukan bibit yang baik, proses menanam, perawatan dan proses panennya biar kita sanggup memperoleh pengetahuan untuk mulai berguru membudidayakan tumbuhan kacang panjang dirumah kita.



Sumber https://kebunbelakang.com

0 Response to "Cara Menanam Kacang Panjang Di Pot, Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel