iklan banner

Cara Melatih Kelincahan Kaki Dengan Cepat

Cara melatih Kelincahan Kaki
Kelincahan kaki merupakan salah satu unsur kebugaran yang harus dimiliki  oleh seorang atlet bahkan serang yang bukan atlet untuk menunjang kegiatan sehari hari. Banyak cara melatih untuk mendapakan kelincahan ini, dalam cabang olahraga basket, sepakbola, futsal sangat perlu untuk mendapat kaki yang lincah. 
Sedangkan berdasarkan andal manfaat kelincahan yaitu :
Menurut Suharno HP (1985:33) menyampaikan kegunaan kelincahan adalah untuk mengkordinasikan gerakan-gerakan berganda atau stimulus, mempermudah penguasaan teknik teknnik tinggi, gerakan gerakan efisien dan hemat serta mempermudah orientasi terhadap lawan dan lingkungan.
Kelincahan adalah kemampuan untuk merubah arah dengan cepat dan tepat  dan pada ketika bergerak masih dalam keadaan seimbang.
Dalam kelincahan ada beberapa faktor yang kuat besar untuk mendapat kelincahan kaki diantaranya yaitu
1                      .    Kelentukan
2                      .    Keseimbanngan
3                      .    Kelentukan
4                      .    Koordinasi
Namun banyak latihan yang melakukanya secara terpisah sehingga hasil kurang maksimal, saya akan share bagaimana cara melatih kelentukan dengan meliputi eksklusif beberapa faktor tersebut dan mungkin ditambah kekuatan kaki. Bagaimana caranya ?
Berlatih dengan memakai media pasir pantai, berlatih dengan pasir pantai banyak diggunakan untuk mendapat kelincahan kaki dan power secara cepat  jika dilakukan dengan maksimal, alasannya yaitu kerja kaki akan dua kali lebih berat sehinggan hasil akan lebih cepat didapat.
Tempat latihan :
   Cari daerah yang berpasir pantai yang berstruktur pasir dalam, biasa didalam lapangan voli pantai.
Cara Latihan :

  1.   Lakukan pemansan dinamis dan statis secara benar alasannya yaitu proses pemanasan ini akan mendapat anda pada kelentukan. Lakukan cium lutut dan banyak variasi gerakan lainya guna mendapat kelentukan ketika pemanasan ini. Lakuaknlah banyak pemanasan pada kaki dan punggung anda.
  2.   Lakukan pemanasan kaki anda dengan jogging selama 15 menit dalam pasir.
  3.     Setelah jogging lakukan jalan biasa di daerah biasa bukan pasir jalan biasa selama 3 menit, disini sudah mulai sedikit terasa perbedaanya.
  4.   .   Lakukan latihan kelincahan menyerupai biasa sperti lari zig zag untuk pertama kali. Lari zig-zag lakukan secara maksimal walau didalam pasir akan terasa berat, usahakan rubah arah secara cepat.
  5.     Lakukan gerakan kombinasi dengan beberapa kombinasi menyerupai latihan kelincahan kaki pada umumnya. Seperti gambar dibwah.
  6. Kelincahan kaki merupakan salah satu unsur kebugaran yang harus dimiliki Cara melatih Kelincahan Kaki Dengan Cepat
  7. 6  Setelah Zig-Zag lakukan latihan shutle run menyerupai biasa didalam pasir. Terakhir latihan lari dengan 6 titik dan 1 titik tengah, buat 6 titik dengan jarak masing masing 3 meter, lari dimulai dari titik tenggah dan menunju kesamping kembali laki ke titik tengah dan usahakan gerakan kakai untuk merubah arah secara cepat dan paksan alasannya yaitu ini akan terasa berat. Laukunan dengan beberapa variasi misalnya dengan menyerupai pertama namun ketika kembali lakukan dengan back pedall secara cepat, yang ketiga lakukan berlari secara melingkar di titik 6 yang telah dibentuk lakukan sprint secara maksimal, alasannya yaitu berlari melingkar membutuhkan kelincahan kaki yang kuat.
  8. 8.    Jogging untuk pendinginan 10 menit dan jalan menyerupai biasa di daerah biasa.
  9. 9.    Lakuakn pendinginan secara benar untuk proses terahir ini yang lakukan secara benar alasannya yaitu dalam recovery anda akan berjalan baik jikalau dalam proses pendingginan dan peregangan berjalan baik.
  10. Demikainlah Poses latihanya dan latihan ini tidak hanya memperoleh hasil kelincahan kaki namun sanggup memperoleh kekuatan kaki juga.anda akan mendapat hasil secara maksimal jikalau anda nelakukan secara dengan maksimal lakukan aktivitas ini jauh jauh hari jikalau anda berlatih untuk kompetisi atau suatu pertandingan, buat aktivitas latihan dengan memperhatikan prinsip frekuensi, intensitas, tipe dan waktu dengan memilih DNM(denyut nadi maksimal) anda  Semoga bermanfaat.

Sumber http://olagragasport.blogspot.com

0 Response to "Cara Melatih Kelincahan Kaki Dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel