iklan banner

Budidaya Tomat Skala Komersial Dengan Analisis Bisnis Lengkap !!

Tomat terkadang hanya menjadi sayuran embel-embel ataupun sekedar hiasan pada makanan yang disajikan di warung makan atau restorant. Meskipun demikian buah tomat ini merupakan buah sayur yang banyak dicari oleh pembeli. “Rasanya bumbu dapur kurang lengkap tanpa ada buah yang satu ini“. Anda sanggup menghitung jikalau kebutuhan dalam setiap rumah tangga ialah 1 buah tomat saja per hari, maka berapa banyak jumlah buah tomat yang dibutuhkan dalam 1 hari tersebut? Tentu jumlah yang cukup banyak bukan.


Dari analisa sederhana diatas menandakan bahwa tomat merupakan sayuran yang mempunyai potensi bisnis setara dengan tanaman cabai. Makara budidaya tomat sanggup dikatakan sebagai perjuangan budidaya yang mempunyai nilai komersil yang dibutuhkan oleh pasar.


Tomat terkadang hanya menjadi sayuran embel-embel ataupun sekedar hiasan pada makanan yang di Budidaya Tomat Skala Komersial dengan Analisis Bisnis Lengkap !!
budidaya tomat skala komersial

Dalam menjalakan perjuangan budidaya tomat tidaklah berbeda dengan komoditas sayuran lainnya. Untuk mengubahnya menjadi perjuangan agribisnis yang bernilai tinggi, maka sebenarnya diharapkan penanganan yang lebih serius. Karena umumnya budidaya tomat hanya dilakukan dipekarangan, dengan sekala kecil dan perlakuan yang sederhana.


Sebelum Anda memulai perjuangan budidaya tomat, Anda butuh pengetahuan dasar dari tumbuhan tomat itu sendiri. Budidayakan tomat tergolong relatif gampang di bandingkan cabe dan harga tomat dipasar juga lebih stabil, dibandingkan sayuran lainya.


3 Tahapan Budidaya Tomat


Berikut ini 3 tahapan penting dalam mejalankan budidaya tomat skala komersil dengan sampel lahan percontohan yang dipakai ialah 2000 m2.


1. Tahapan Memulai Budidaya Tomat



  • Langkah pertama, yang perlu Anda lakukan yaitu mempersiapkan lahan penyemaian, dalam mengolah lahan penyemaian Anda perlu menambahkan dengan pupuk kandang, untuk menambah unsur hara tanah. Luas lahan penyemaian cukup 500 m2.

  • Langkah kedua, Anda menyemaikan benih pada lahan penyemaian yang sudah diolah, biji tomat yang disemai sekitar 300-400 g biji tomat. Biji tomat yang disemai akan tumbuh sehabis 5 – 7 hari sehabis disemaikan.

  • Langkah ketiga, pindahkan tumbuhan ke polibag sehabis 2 ahad sehabis disemai.

  • Langkah keempat, menyiapkan lahan tanam, pengolahan lahan tanam yaitu dengan mencangkul kedalam 40 cm, fungsinya untuk mengatur sirkulasi udara dalam tanah pada lahan budidaya tomat, selanjutnya Anda buat bendengan dengan lebar kurang lebih 1,40 – 1,60 m. Setelah itu bendengan ditutup memakai mulsa.

  • Langkah kelima, buat lubang tanam. Jarak tanam ideal budidaya tomat yaitu 50 – 60 cm, dengan jarak antar baris 70 – 80 cm, sehingga dalam satu bendengan terdiri dari dua baris.

  • Langkah keenam, masukkan pupuk sangkar yang sudah matang kedalam lubang dengan komposisi ½ – 1 kg untuk tiap lubang.

  • Langkah keenam, masukkan bibit yang siap tanam, kami merekomendasikan Anda menentukan bibit yang berkualitas, artinya sebelum budidaya tomat dipindahkan pada lahan, bibit semai harus diseleksi, mana yang pertumbuhan tepat dan tidak.


Setelah Anda mengetahui langkah-langkah budidaya tomat. Selanjutnya Anda juga pahami pula kendala-kendala yang akan menjumpai Anda ketika proses budidaya tomat itu berlangsung. Tujuannya biar Anda sanggup mengantispasi kesulitan yang akan dialami dan tahu bagaimana cara menanggulanginya.


2. Kendala dalam Budidaya Tomat



  • Tomat tidak tahan terhadap guyuran hujan yang berlebihan.

  • Tomat juga harus lebih banyak membutuhkan cahaya matari, maka sesuaikan lahan tanam Anda dengan arah terbitnya matahari.

  • Sering timbul penyakit yang menyerang pada daun dan buah, maka Anda sanggup menyemprotkan pestisida alami/organik.


Dalam sebuah pribahasa klasik, lebih baik mencegah dari pada mengobati, itulah mengapa dalam budidaya tomat dibutuhkan perawatan yang intensif, alasannya ialah mencengah terjadinya serangan penyakit terhadap tanaman, dan mencegah timbulnya tumbuhan yang tidak dikehendaki disekitar tumbuhan yang Anda budidayakan, maka kami juga akan memberi seni administrasi jitu dalam budidaya tomat tersebut.


3. Strategi



  • Anda sanggup memakai hibrida atau berkualitas.

  • Mulailah menanam pada trend kering atau kemarau.

  • Segera ganti tumbuhan yang tidak tumbuh dengan tumbuhan baru.

  • Pemberian pupuk TSP, urea dan KCl, biar nutrisi tumbuhan terpenuhi dengan baik, dengan komposisi 3 : 2 : 1 dengan jumlah 12 gram untuk satu tanaman, dukungan pupuk pada ketika tumbuhan berumur 1,5 bulan.

  • Lakukan kembali dukungan pupuk sehabis 3 minggu.

  • Anda sanggup memetik karenanya pada umur 2 bulan, hasil yang maksimal yang sanggup anda peroleh yaitu 10 hingga 25 ton untuk 1 hektar.

  • Lakukan perawatan dan pengobatan yang baik, semprotkanlah pestisida, kami menganjurkan Anda memakai pestisida alami dalam budidaya tomat, alasannya ialah buah tomat membutuhkan nutrisi yang sempurna.

  • Dan setrategi yang juga wajib Anda lakukan sebelum menjalakan budidaya tomat ialah Anda berkunjung ke lokasi pusat budidaya tomat terlebih dahulu, untuk memberi Anda citra yang niscaya dalam menjalakan perjuangan budidaya tomat. 


Ketika anda lebih banyak mempunyai seni administrasi maka probabilitas hasil panen anda akan lebih menjanjikan, makanya kami menganjurkan anda untuk mengenal gres terjun kelapangan, sebenarnya dalam budidaya tomat tidak membutuhkan biaya yang sangat besar, tapi anda akan mendapat laba yang menjanjikan dari membudidayakan tomat, pada kesempatan ini kami juga menunjukkan analisis perjuangan sebagai pandangan anda kedepannya.


Analisis Usaha Budidaya Tomat




















Biaya Tetap
Sewa lahan 2.000 m2Rp.    500.000
MulsaRp. 2.000.000
JumlahRp. 2.500.000

 
































Biaya Variabel
Bibit 4.000 batangRp. 550.000
PupukRp. 3.300.000
Tenaga KerjaRp. 2.475.000
Pestisida/obat-obatanRp.    750.000
Penyusutan dan biaya lain – lainRp. 1.500.000
JumlahRp. 8.575.000

Total Biaya Tetap + Biaya Variabel = Rp. 11.075.000


Penjualan 5.000kg(hasil panen) x 2.500kg(harga) = Rp. 12.500.000


Keuntungan :


Hasil Penjualan – Modal = Rp. 12.500.000 – Rp. 8.575.000 = Rp. 3.925.000


Keuntungan yang menjanjikan dari bisnis perjuangan budidaya tomat, dalam jangka waktu yang pendek yaitu cukup 2 bulan Anda sudah sanggup memanen hasil dan meraih laba tersebut. Yang terpenting perjuangan dan doa yang besar lengan berkuasa menjadi kunci utama, di tambah dengan pengetahuan dasar yang Anda miliki. Itulah tips dari kami, semoga sanggup menambah wawasan Anda.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Budidaya Tomat Skala Komersial Dengan Analisis Bisnis Lengkap !!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel