iklan banner

Keutamaan Membaca Al Qur’An Dibulan Ramadhan



Keutamaan membaca Al-Qur;an - Al-Quran yang berarti bacaan yakni dipercaya sebagai kitab suci agama islam yang merupakan puncak dan epilog wahyu Allah SWT yang diperuntukkan bagi manusia, yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril.

Alhamdulillah bulan Ramadhan sebentar lagi tiba, semoga kita masih diberi kesehatan oleh Allah Swt. semoga hingga pada Syahrut Tilawah (bulan membaca Al-Qur’an atau bulan menekunkan diri untuk memahami makna-makna Al-Qur’an). Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh kita semua, alasannya yakni Allah Swt. memperlihatkan discount besar-besaran, mengobral pahala, Allah Swt. melipatgandakan pahala kebaikan yang dilakukan setiap insan hingga 10 hingga 700 kali lipat. Sebagaimana Hadits Nabi Saw. yang artinya:

“Semua amalan anak adam akan dilipatgandakan (balasannya), satu kebaikan akan dibalas dengan 10 hingga 700 kali lipat.” Allah Swt. berfirman: “Kecuali puasa, bergotong-royong itu untuk-Ku, dan Aku yang eksklusif membalasnya. Hamba-Ku telah meninggalkan syahwat dan makanannya alasannya yakni Aku.” (HR. Muslim)

Selama bulan Ramadhan kita diperintahkan untuk selalu menegakkan ketaatan kepada Allah Swt, di samping melakukan kewajiban puasa. Banyak amal ibadah yang kita lakukan sebagai wujud menegakkan bulan Ramadhan, di antaranya yaitu shalat qiyamul lail dan membaca Al-Qur’an. Sebagaimana yang dituliskan oleh Imam Al-Shan’any dalam kitabnya Subulus Salam:

“Menegakkan bulan Ramadhan, yaitu menegakkan malam bulan Ramadhan dengan shalat atau membaca Al-Qur’an.” (Juz II, hlm: 173)

Ketika sudah masuk pada bulan Ramadhan menyerupai yang kita ketahui semua setiap habis shalat ashar, shalat tarawih, dan bahkan shalat subuh orang-orang berlomba-lomba untuk membaca Al-Qur’an. Di surau dan masjid bunyi membaca Al-Qur’an silih berganti. Memang membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan berbeda saat dibaca di sebelas bulan yang lain. 
Baca Juga : Keutamaan Bulan Ramadhan dan Keutamaan Berpuasa di Bulan Ramadhan

Di bulan-bulan biasa saat membaca satu huruf, kita akan diberi akibat pahala dengan sepuluh kebaikan. Rasulullah Saw. bersabda:

“Barang siapa yang membaca satu abjad dalam kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Saya tidak menyampaikan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Seperti Hadits yang diriwayatkan oleh Muslim di atas, saat bulan Ramadhan pahalanya akan dilipatkan hingga 700 kali lipat. Semisal, kita membaca ayat pertama dari Surah Al-Baqarah, yaitu alif lam mim (3 huruf), kita memiliki potensi pahala sebanyak 3 x 700 = 2.100 lebik banyak dibandingkan hari-hari biasa yang hanya 3 x 10 = 30.

Al-Qur’an merupakan kalamullah yang terdiri atas 30 juz, 114 surah, 6.236 ayat dan 1.027.000 huruf. Jadi, bila kita menghatamkan Al-Qur’an selama bulan mulia kita memiliki potensi pahala sebanyak 1.027.000 x 700 = 718.900.000 

Sebagai muslim sejati tentunya kita tidak akan menyia-nyiakan akan datangnya bulan Ramadhan yang tiba setahun sekali, dan belum tentu juga bulan Ramadhan tahun depan kita masih diberi umur panjang oleh Allah Swt. Dengan itu, tidak cukup jikalau hanya mengkhatamkan Al-Qur’an hanya sekali saja dalam bulan Ramadhan. Terlebih-lebih saat malam lailatul qodar. Jangan hingga kita tidak membaca Al-Qur’an saat malam itu, alasannya yakni malam lailatul qodar yakni malam yang baik dari pada seribu bulan (83 tahun 4 bulan atau sama dengan 30.415 malam-malam biasa).

Lantas, berapakah potensi pahala yang kita peroleh bila kita membaca Al-Qur’an satu juz saat malam lailatul qodar?. Kita anggap jumlah abjad dalam satu juz sama, maka 1.027.000 abjad : 30 juz = 34.233 huruf. Jadi, bila kita membaca Al-Qur’an satu juz pada malam lailatul qodar potensi pahalanya yakni 34.233 x 700 x 30.415 = 728.837.686.500. Subhanallah angkanya mencapai ratusan milyar.

Rasulullah bersabda dalam Hadis riwayat Tirmidzi, "Barang siapa yang membaca satu abjad dari Alquran maka baginya mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut dilipat-gandakan menjadi sepuluh kalinya."

Pahala membaca Alquran pun semakin bertambah apabila bisa membaca sebanyak 100 ayat. Sabda Rasulullah dalam Hadis riwayat Ahmad, "Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam, dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam."

Hadis tersebut memperlihatkan betapa besarnya keutamaan membaca Alquran, apalagi bila dikerjakan di bulan Ramadhan yang merupakan bulan diturunkannya Alquran.
Selain itu, orang yang membaca Alquran akan mendapat syafaat di hari simpulan zaman nanti. Sesuai Hadis riwayat Muslim, Nabi Muhammad bersabda, "Didatangkan pada hari simpulan zaman (yaitu) Alquran dan para pembacanya yang mereka itu dahulu mengamalkannya di dunia, dengan didahului oleh Surat Al-Baqarah dan Surat Al-Imran yang membela pembaca kedua surat ini."
Sungguh banyak pahala yang diobral oleh Allah Swt. dalam bulan Ramadhan. Membaca Al-Qur’an saja memiliki potensi pahala hingga ratusan milyar. Sungguh sangat merugi bila bulan Ramadhan dibiarkan begitu saja berlalu tanpa membaca Al-Qur’an. Mari kita jadikan bulan Ramadhan yang sebentar lagi tiba, kita jadikan ladang ibadah kepada Allah Swt.


Sumber http://inspirasi-dttg.blogspot.com

0 Response to "Keutamaan Membaca Al Qur’An Dibulan Ramadhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel