iklan banner

Cara Mengatasi Hama Uret Tanah Pada Tanaman Karet

Cara Mengatasi Hama Uret Tanah Pada Tanaman Karet


Sedulurtani.com. Hadirnya hama dalam proses budidaya tumbuhan karet menjadi ancaman yang serius bagi petani. Pasalnya apabila serangan hama tidak segera diatasi, maka akan menyebabkan penurunan produktivitas bahkan kehilangan hasil.


Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Karet Secara Lengkap


Selain hama rayap dan kutu tanaman, jenis hama yang sering menyerang tumbuhan karet yakni uret tanah. Uret tanah merupakan fese larva dari beberapa jenis kumbang. Kumbang tersebut mempunyai moncong atau tanduk dan merupakan hama berbahaya bagi tumbuhan karet.


Ada beberapa jenis uret tanah yang biasa menyerang tumbuhan karet, antara lain Helotrichia serrata, Helotrichia rufoflava, Leocopholis sp., Exopholis sp., dan Lepidiota sp. Uret tanah mempunyai bentuk ibarat karakter C dengan warna putih sampai kuning pucat.


Uret tanah mempunyai ukuran tubuh besar, gemuk, tubuh tembus cahaya dengan kepala warna coklat dan taring yang besar. Selain itu, kaki uret  berwarna coklat dan terdapat pada rongga dada.


Tanaman karet yang terjangkit hama ini akan menjadi layu dan berwarna kuning, dan bahkan tumbuhan sanggup mati alasannya yakni akarnya habis diserang. Hama uret tanah ini terutama menyerang tumbuhan yang masih dalam pembibitan.


Cara Mengatasi Hama Uret Tanah Pada Tanaman Karet Cara Mengatasi Hama Uret Tanah Pada Tanaman Karet
Cara Mengatasi Hama Uret Tanah Pada Tanaman Karet

Pengendalian hama uret tanah sanggup dilakukan secara mekanis dan juga kimia. Berikut ini yakni cara mengatasi hama uret tanah pada tumbuhan karet :


  • Secara Mekanis


Pengendalian uret tanah secara mekanis dilakukan dengan cara mengumpulkan uret-uret tersebut dan memusnahkanya, selain itu kumbang dikumpulkan dan dimusnahkan biar tidak sanggup berkembang biak lagi.



  • Secara Kimia


Sedangkan pengendalian secara kimia sanggup dilakukan memakai Furadan 3 G atau Basudin 10 G dengan ditaburkan disekitar pohon karet dengan takaran sekitar 10 gram/ pohon. Selain itu, pengendalaian sanggup dilakukan dengan cara menyemprotkan Endosulfan atau Furadan dengan takaran yag bijak.


Baca juga :



Demikian artikel tentang, Cara Mengatasi Hama Uret Tanah Pada Tanaman Karet. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari info terkait hama tumbuhan karet.




Sumber https://www.sedulurtani.com

0 Response to "Cara Mengatasi Hama Uret Tanah Pada Tanaman Karet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel