iklan banner

Mengenal 4 Abjad Insan ( Plegmatis, Sanguinis, Melankolis, Koleris)

Manusia intinya mempunyai huruf yang berbeda-beda dengan insan lainnya. huruf inilah yang menciptakan insan mempunyai kepribadian unik dan menarik. Di dalam dunia psikologi, banyak membahas wacana bermacam-macam huruf seseorang. Banyak juga terdapat teori-teori yang membahas wacana beberapa kepribadian dan huruf manusia. Teori yang populer dikala ini yaitu teori Karl Jung yang membahas wacana 16 kepribadian manusia. Teori Karl Jung ini memang sangat populer dikalangan masyarakat. Akan tetapi sebelum teori Karl Jung ini berkembang, jauh sebelum lahirnya teori tersebut ada teori yang sudah lahir dan dipercaya kalangan masyarakat pada zaman dahulu . Teori tersebut berjulukan teori empat huruf manusia. Teori ini dikemukakan oleh Hipocrates yang lahir 460-370 Sebelum Masehi. Sama halnya dengan namanya, Teori ini digolongkan menjadi 4 huruf dasar yang mencakup Plegmatis, Melankolis, Sanguinis, Koleris.

4 Karakter Manusia

Nah, di bawah ini akan diulas beberapa pembagian terstruktur mengenai terkait dengan keempat huruf berdasarkan Hipocrates. Termasuk yang manakah kepribadian anda? Yuk Simak!

Manusia intinya mempunyai huruf yang berbeda Mengenal 4 Karakter Manusia ( Plegmatis, Sanguinis, Melankolis, Koleris)

Sumber : http://2.bp.blogspot.com/

Plegmatis

Plegmatis ini sering disebut sebagai seseorang yang menyayangi kedamaian. Seseorang berkepribadian plegmatis cenderung jarang marah. Oleh lantaran itu, plegmatis paling disukai banyak orang. Plegmatis juga termasuk seseorang yang simpel diatur alias penurut, simpel mengalah, mempunyai perilaku toleransi yang sangat tinggi, dan yang paling penting orang dengan berkepribadian plegmatis yaitu orang yang tidak menyukai konflik. Tipe Seseorang dengan kepribadian plegmatis apabila memilik suatu masalah, maka mereka akan mencari jalan keluar dengan cara yang tenang dan dan diselesaikan dengan tenang. Mereka juga bisa bersabar dalam hal apapun. Jadi, berbahagialah anda kalau mempunyai pasangan seseorang tipe plagmatis. Sebab, akan ada banyak cinta yang selalu dihadirkannya.

Namun, ada beberapa kelemahan yang terlekat pada orang plagmatis. Seperti halnya bersifat pendiam ketika berada di ruang lingkup sosial. Mereka cenderung pendiam, lantaran terlalu fokus pada acara dalam dirinya. Orang tipe plegmatis ini cenderung lebih fokus apa yang ada pada dirinya saja. Sehingga ia sangat jarang mencampuri urusan diluar urusannya. Cenderung dibilang egois, hirau tak hirau dan pemalas. Sifat jelek lainnya yaitu penakut dan suka panik. Orang berkepribadian plegmatis juga sangat menghindari konflik dan tanggung jawab.

Nah, itulah beberapa ulasan wacana kepribadian plegmatis. Apakah anda termasuk seseorang berkepribadian plegmatis? Untuk anda yang mempunyai kepribadian ini, mungkin pekerjaan yang cocok untuk anda yaitu pekerjaan yang ruang lingkup masyarakatnya luas. Seperti halnya sebagai pengajar atau guru. Anda akan berguru lebih bersosialisasi tinggi dan peduli sesama untuk menghindari perilaku egois yang dimiliki. Selain pengajar, pekerjaan perawat juga sangat cocok untuk kepribadian plegmatis lantaran seorang perawat mempunyai jiwa sosial yang tinggi untuk berinteraksi dengan banyak orang.

Melankolis

Melankolis yaitu kepribadian yang dikenal sempurna. Sosok mirip melankolis ini tergolong seseorang pekerja teratur. Ia selalu berpenampilan rapi dan ingin tampil sempurna. Ketika dalam urusan pekerjaan, ia selalu bekerja dengan tekun dan fokus secara mendetail. Perfectionist dan idealis yaitu julukan lain darinya. Ia juga diibaratkan seseorang yang cukup kreatif lantaran mempunyai sifat sanggup berpiki dari banyaknya sudut pandang yag berbeda. Melankolis ini cocok untuk dijadikan ketua atau pimpinan lantaran sifat dasarnya yaitu seorang pelopor yang tangguh. Ia bisa memikirkan cara terbaik untuk menuntaskan duduk kasus yang dihadapinya. Orang berkepribadian melankolis selalu berorintasikan jadwal. Jadi, ia tidak sembarangan dalam melaksanakan sesuatu tanpa memikirkan terlebih dahulu. Selain itu, orang berkepribadian melankolis juga mempunyai rasa tenggang rasa yang tinggi serta bisa menjadi seorang pendengar yang baik.

Nah, selain banyaknya kelebihan yang dimiliki orang berkepribadian melankolis. Ternyata, terdapat beberapa kekurangan yang wajib anda ketahui kalau anda seorang yang mempunyai kepribadian melankolis. Jika seorang yang berkepribadian mempunyai impian yang terkadang tidak teratur sesuai rencana, maka ia akan cenderung murung dan duka sepanjang hari. Sebab, seorang yang berkepribadian melankolis sangat simpel tersentuh perasaannya. Selain itu, kelemahan yang dimilikinya yaitu sulit untuk bersosialisasi. Mereka lebih nyaman menjadi seorang pendiam dari pada harus bersosialisasi dengan banyak orang. Sedangkan kelemahan yang sulit dihilangkan melankolis yaitu terlalu berpikir teoritis dan mempunyai banyak rencana.

Sanguinis

Sanguinis sering disebut sebagai kepribadian super star, lantaran ia cenderung ingin sekali disenangi oleh orang banyak. Orang-orang dengan huruf sanguinis ini, mempunyai kepribadian yang selalu optimis. Hidupnya penuh dengan warna. Sehingga ia sangat senang berbicara tanpa harus ada orang yang menghentikannya. Namun, emosionalnya terkadang sulit untuk ditebak. Terkadang kalau ia merasa sangat bangga pada dikala ini, kemungkinan beberapa jam yang akan tiba beliau juga akan sangat merasa sedih. Ia juga mempunyai kebiasaan pelupa dan sulit untuk berkonsentrasi tinggi dalam mengerjakan sesuatu. sama mirip plegmatis, seorang sanguinis juga mempunyai kepribadian yang cenderung egois. Sifat buruknya lebih banyak bicara dari pada bekerja. Terkadang sering ikut campur urusan orang lain. Ia juga cenderung membesar-besarkan duduk kasus dan pendengar yang buruk. Tak jarang, banyak yang menyampaikan kepribadian sanguinis ini tidak mempunyai pendirian lantaran dianggap simpel ikut-ikutan dan sering terpengaruh keadaan.

Akan tetapi, kepribadian sanguinis ini yaitu pembicara yang hebat. Ia bisa menguasai ilmu retoric dalam sesaat. Ia juga termasuk orang yang simpel memaafkan dan tidak menyimpan dendam. Kepribadian sanguinis cenderung sangat cekatan dalam mengambil inisiatif. Mereka juga mempunyai sifat optimis yang tinggi. Serta banyak menginspirasi orang yang ada disekitarnya dengan banyaknya kelebihan yang mereka miliki. Nah kalau anda termasuk orang yang berkepribadian sanguinis, sebaiknya hindari perilaku jelek yang merugikan orang lain. Jadilah langsung yang sanggup menciptakan orang lain nyaman berada di samping anda.

Koleris

Kepribadian koleris sering dianggap sebagai seseorang yang kuat. Hal yang paling menonjol dari kepribadian koleris yaitu mempunyai jiwa pemimpin yang kuat. Mereka cenderung menyukai tantangan dan akan menuntaskan tantangan dengan cara yang berdasarkan mereka yang terbaik. Dengan mengandalkan pertimbangan kebijaksanaan yang matang, ia suka memerintah orang lain dan mempunyai jiwa yang tegas. Karena jiwa kepemimpinannya yang kuat, maka ia dikategorikan sebagai seseorang yang berani, mempunyai strategi, dinamis, dan aktif. Ia juga dianggap sanggup berkomunikasi baik dengan kawan tuturnya. Banyak visi dan misi kedepan yang dirancang olehnya. Serta bisa berdikari dan rasional dalam keadaan darurat sekalipun.

Kepribadian koleris juga banyak mempunyai kekurangan yang harus dihindari supaya tidak merugikan orang disekitarnya. Ia cenderung mempunyai perilaku tenggang rasa yang sangat minim. Disamping itu ia juga suka memanipulasi dan menuntut orang lain. Sifat jelek yang masih menempel dan sulit dihilangkan yaitu sulit mengakui kesalahan dan meminta maaf. Terkadang kepribadian koleris juga terlalu kaku dan ceroboh. Selain itu, ia juga simpel panik dan selalu menggampangkan segala urusan tanpa dipikir terlebih dahulu dampak jelek yang akan terjadi nantinya.

Nah, kalau anda mempunyai kepribadian koleris, anda harus lebih bijak dan memperbaiki kelemahan yang ada pada diri anda. Anda yaitu calon seorang pemimpin. Adakalanya, anda harus lebih bijak dan menata emosional anda supaya perilaku jelek anda tidak muncul ketika bersosialisasi dengan banyak orang. Sebab, kalau perilaku jelek tersebut tiba-tiba muncul ketika permasalahan terjadi, maka duduk kasus tersebut tidak akan terselesaikan dengan baik dan akan berbuah kehancuran. So, lebih berhati-hatilah dalam menyikapi sebuah permasalahan yang melibatkan perilaku buruk.

Nah, itulah beberapa ulasan perbedaan antara keempat teori kepribadian yang dikemukakan oleh Hipocrates. Memang begitulah manusia, selalu mempunyai sifat yang bermacam-macam bentuknya. Adakalanya kepribadian tersebut mempunyai banyak kelebihan namun adakalanya kepribadian tersebut juga mempunyai banyak kekurangan yang harus dikendalikan supaya tidak merugikan orang lain. Oleh lantaran itu, diantara keempat kepribadian tersebut tidak ada yang paling baik atau paling buruk. Semua kepribadian tersebut sama dan saling melengkapi satu sama lain.

Anda niscaya akan berpikir, kalau nantinya bertemu dengan seseorang yang mempunyai kepribadian yang berlawanan nantinya akan sulit untuk saling menyesuaikan diri dan bersosialisasi di masyarakat. Anda tidak perlu khawatir akan hal itu. Jika nantinya bertemu dengan seseorang yang mungkin berdasarkan anda bertentangan sikapnya dengan anda. Di bawah ini, terdapat beberapa ulasan cara dan perilaku dalam menghadapi seseorang yang sikapnya bertentangan dengan perilaku anda untuk menghindari konflik.

Berikut ulasan wacana cara menghadapi seseorang yang bertentangan sifat dengan anda:

  • Ubah kebiasaan diri

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengubah kebiasaan diri.  Mengubah kebiasaan diri ini sangat penting dilakukan untuk menghindari konflik dengan kawan tutur ketika berbicara. Pastinya kita juga mempunyai kepribadian yang jelek juga. Sebelum anda berhadapan dengan lawan bicara, sebaiknya anda harus mengkondisikan emosional anda supaya emosi jelek tidak keluar dari diri anda. Jika lawan bicara anda mengeluarkan perilaku buruknya kepada anda, bersikaplah lebih cukup umur dan jangan sekali-sekali anda juga mengeluarkan perilaku jelek anda lantaran terpancing emosi. Hal ini, sanggup menciptakan konflik tidak akan meredup lantaran satu sama lain masih mengandalkan ego masing-masing. Beradaptasilah dengan cara yang benar tanpa harus merugikan orang lain. Kunci utama yaitu mulai kini selalu ubah kebiasaan anda sebelum anda menyesuaikan diri di lingkungan sosial.

  • Jangan terpancing emosi

Terkadang kalau kita berhadapan dengan seseorang koleris yang mengeluarkan perilaku buruknya, kita tidak akan tahan dan ingin meluapkan amarah yang ada dalam diri kita. Namun anda lebih bijak lagi dalam memikirkan hal tersebut, seorang koleris yaitu seorang dengan kepribadian yang mempunyai jiwa kepemimpinan. Jika salah satu perilaku jelek mereka muncul secara tiba-tiba, hal yang harus anda lakukan yaitu selalu bersikap tenang dan tidak terpancing emosi. Biarkan amarahnya meredup, gres anda sanggup menuntaskan masalah. Karena kepribadian koleris kalau amarahnya memuncak mereka tidak akan sanggup berpikir dengan baik. Anda sebagai kawan tuturnya, harus bisa bersikap bijak dalam mengendalikan emosi yang ada dalam diri masing-masing.

  • Selalu menjadi pendengar yang baik

Sikap jelek sanguinis yaitu seorang yang rapuh. Terkadang mereka bersifat seolah-olah mereka bangga namun beberapa jam kemudian akan bersikap murung dan sangat menyedihkan. Untuk itu, anda harus bisa membangun jiwa sosial yang tinggi dengan cara menjadi pendengar yang baik bagi sanguinis ataupun kepribadian lainnya. Karena dengan menjadi pendengar yang baik, otomatis mereka juga akan menjadi pendengar yang baik untuk anda juga. Selalu bersikap terbuka dengan kawan tutur. Jika menasehati, gunakanlah kalimat yang tidak menyakiti hati mereka. Agar mereka nyaman bersosialisasi dengan anda.

  • Ajaklah melankolis bersosialisasi dengan baik

Salah satu sifat jelek melankolis yaitu tidak sanggup bersosialisasi dengan baik. Maka, hal yang wajib anda lakukan yaitu mengajak melankolis bisa bersosialisasi dengan baik dan benar. Hal ini untuk menghindari konflik dalam beradaptasi. Jangan pernah mencela seorang melankolis atau kepribadian lainnya. Nasehatilah kekurangannya dengan cara yang baik. Anda juga sanggup mengajari seorang melankolis bersosialisasi dengan lebih terbuka ketika bertemu banyak orang dalam lingkup masyarakat yang luas. Dengan begitu, anda tidak akan terhindar dari konflik dengan sesama.

  • Selalu terbuka dengan seorang plegmatis

Cara yang kelima ini, sanggup anda praktekkan dengan seorang yang berkepribadian plegmatis. Seorang plegmatis cenderung pendiam dan tertutup. Ia hanya tertarik dengan urusan langsung mereka. Bahkan, ia tergolong seseorang yang tidak mau mencampuri urusan orang lain. Ia juga simpel tertutup. Jika anda bertemu dengan seorang plegmatis, jangan pernah mencela akan perilaku jelek yang dimilikinya. Termasuk perilaku jelek mencela lantaran ia tergolong egois dan pendiam. Sebaiknya, ajaklah berbicara dan berbincang-bincang wacana hal apapun itu yang menciptakan seorang plegmatis sanggup nyaman berbicara dengan anda.

Jika seorang plegmatis nyaman dengan seseorang, maka ia akan tertarik untuk lebih bersikap terbuka dengan orang lain. Seorang plegmatis akan bisa berbicara banyak kalau lawan bicara nyaman untuk diajak komunikasi. Anda hanya perlu menjadi pendengar supaya seorang plegmatis nyaman dengan kehadiran anda. Dengan begitu, konflik tidak akan muncul lantaran anda bisa mengatasinya dengan cara yang bijak. Kebiasaan jelek usang kelamaan akan menghilang kalau anda bisa membiasakan bersikap bijak dalam memilih hal apapun.

  • Menjaga ucapan dengan lawan bicara sanguinis

Sanguinis cenderung mempunyai sifat yang suka membesar-besarkan duduk kasus dan pendengar yang buruk. Untuk menghindari konflik, anda perlu menjadi pendengar yang baik. Jangan sekali-kali mencoba berbicara yang menyakiti hati seorang sanguinis. Ini akan mengakibatkan konflik terjadi lantaran sanguinis yaitu seorang yang membesar-besarkan masalah. Bersikaplah selalu ramah dengan sanguinis. Dengan begitu, mereka tidak akan membesar-besarkan duduk kasus kalau terjadi sesuatu. Sebab, kepribadian ramah sanggup menyihir seseorang yang terlihat kaku, menjadi bisa melunak dalam bersosialisasi di lingkup masyarakat.

Nah, itulah ulasan taktik dan cara untuk anda jadikan rujukan suplemen kalau anda berhadapan dengan lawan bicara anda yang mempunyai kepribadian bertentangan. Selalu susun cara dan taktik terlebih dahulu kalau anda akan berhadapan dengan mereka. Jangan bersikap gegabah supaya tidak melukai hati kawan tutur anda. Jangan menilai seseorang dari sifat buruknya saja. Adakalanya anda juga bisa menjadi wadah bagi mereka merubah sisi buruknya untuk menjadi langsung yang lebih baik. Jadilah penutur yang baik supaya kawan tutur anda sanggup nyaman bersosialisasi dengan anda di lingkungan masyarakat yang luas.

Dengan adanya ulasan wacana perbedaan keempat perilaku kepribadian dan cara untuk menghadapi lawan bicara anda, anda sanggup menjadikan sebuah pengetahuan lebih. Anda tidak perlu lagi resah menyikapi seseorang yang mempunyai perilaku yang berlawanan dengan anda. So, jadilah langsung yang lebih baik untuk menutupi kekurangan yang anda miliki. Jadilah seseorang yang bijak untuk menjadi wadah orang lain dalam menutupi duduk kasus mereka.


Sumber https://carajadikaya.com

0 Response to "Mengenal 4 Abjad Insan ( Plegmatis, Sanguinis, Melankolis, Koleris)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel