iklan banner

Fungsi Vlookup Dan Hlookup Pada Ms Excel, Pembahasan Dan Pola Soalnya

Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel

Vlookup dan Hlookup pada ms.excel dipakai untuk mencari data pada table sumber. Perbedaan dari Vlookup dan Hlookup terletak pada sumber dari table tersebut. Contoh perkara paling sering terjadi pada penggunaan rumus ini yaitu saat kita ingin mencari nama suatu barang atau data yang banyak dan kita sudah memiliki instruksi barang tersebut kita tinggal menciptakan table sumbernya . perhatikan gambaran Penggunaan nya menyerupai pada table dibawah ini.

Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel  Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel, pembahasan dan referensi soalnya
Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel

Kasus Penggunaan VLookup dan Hlookup yang sering terjadi

Pada table diatasi kita akan mengisi Kolom jurusan dengan ketentuan pengisian berdasarkan instruksi berikut
Kode AK = AKuntansi
Kode Taman Kanak-kanak = Teknik Komputer
Kode TKIN = Teknik kima
Kode TT = Tata Boga

Nah kita tidak mungkian kan mengisi data pada kolom jurusan secara manual sehingga mau tidak mau harus mengisi atau menciptakan table kedua sebagia sumber referensi nah inilah biasanya kegunaan dari Fungsi Vlookup atau Hlookup.

RUMUS VLOOKUP dan HLOOKUP pada MS.excel


=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)

Lookup Value = yaitu nilai dari data yang akan kita ambil, contohnya pada kolom tersebut sumber dari data yaitu “ AK” yang nanti akan jadi sebagai AKutansi

Table array = yaitu sebuah table sumber yang dipakai untuk mencari sumber dari data tersebut.

Col_ Index = indeks sumber dari data yang kita ambil.

Penyelesaian Rumus VLookup

Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel  Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel, pembahasan dan referensi soalnya
RUMUS VLOOKUP dan HLOOKUP pada MS.excel

Kita selesaikan perkara diatas dengan mencari isi pada Kolom D1 dengan cara menulis pada kolom D1 rumus berikut ini.

=VLOOKUP(C4,$G$4:$H$8,2,)

Setelah itu drag kebawah sehingga hasilnya akan Nampak menyerupai pada gambar dibawah ini.

Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel  Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel, pembahasan dan referensi soalnya
Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel

Sama persis dengan apa yang kita harapkan dengan memakai Vlookup atau Hlookup perkara tersebut terselesaikan dengan sangat mudah. Nah berikut ini ada beberapa hal yang harus kau ketahui wacana Rumus Vlookup dan Hlookup yaitu perbedaan antara False(Aprocimate) dan True (exact value) pada Lookup.

False = data yang diambil harus sesuai dengan yang ada pada pada sumbernya kalau tidak sesuai maka akan menawarkan N/A atau noanwser

True= data ini akan mengambil nilai yang paling menyerupai dengan data yang dimaksud.

Perbedaan VLookup dan Hlookup.

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang mencolok antara Vlookup dan Hlookup pada Ms.excel yang membedakan hanya yaitu table sumbernya. Dalam VLookup data berupa Vertikal, sedangkan pada Hlookup datanya berupa horizontal.perhatikan gambar dibawah ini untuk mencari perbedaan yang jelas.

Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel  Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel, pembahasan dan referensi soalnya
Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel

HLOOKUP pada Ms.Excel

Mari kita selesaikan perkara pada table diatas dengan memakai Fungsi Hlookup, kita sudah berhasil menuntaskan dengan VLookup. Sebenarnya kita tinggal mengganti Hlookup saja dan mengganti sumber tablenya. Isikan pada Kolom D4 rumus menyerupai dibawah ini lalu Drag kebawah dan hasilnya akan menyerupai pada table dibawah ini.

=HLOOKUP(C4,$G$12:$K$13,2,)

Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel  Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel, pembahasan dan referensi soalnya
Hlookup pada MS Excel

Penting: Kalau memakai Rumus Vlookup atau Hlookup harus untuk urusan table sumber harus memakai fungsi Absolute, sebab kalau tidak memakai absolute sewaktu mendrag ke bawah sumber table juga akan bergeser kebawah. Berikut ilustrasinya. Kalau tidak memakai tanda absolute atau “$” dollar pada shett.

Hasilnya akan berbeda dengan tanda absolute “$” kalau tanpa absolute hasilnya menyerupai pada gambar dibawah ini.

Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel  Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel, pembahasan dan referensi soalnya
Hlookup pada Ms.excel

Cara menciptakan Table Absolute yaitu dengan sesudah menentukan table tekan F4 sehingga nanti semua nama table akan disi oleh tanda $,

Tanpa absolute =VLOOKUP(C4,G4:H8,2,0)

Dengan Absolute = VLOOKUP(C4,$G$4:$H$8,2,0)

Soal dan pembahasan Vlookup dan Hlookup pada Ms.Excel

Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel  Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel, pembahasan dan referensi soalnya
Soal dan pembahasan Vlookup dan Hlookup pada Ms.Excel 

Isilah Kolom Jadwal Tambahan, Guru dan Biaya pada table diatas berdasarkan data pada dua table dibawah. Pembahasan: kita dapat saja mengisi kolom kolom tersebut secara manual. Akan tetapi ini akan memawakan waktu yang cukup lama, bayangkan jikalau kita mengisi table tersebut jumlahnya lebih dari satu dan harus dikumpulkan besok pagi. Mari kita gunakan rumus Vlookup dan Hlookup untuk mengisi table tersebut. Dan untuk kolom Jadwal perhiasan serta Guru kita gunakan Fungsi Vlookup, sedangkan pada Biaya kita gunakan fungsi Hlookup.

Pada Cell D4 tulislah rumus menyerupai dibawah ini.

=VLOOKUP(B4,$C$19:$D$22,2,0)

Pada Cell E4 tulislah rumus menyerupai pada gambar dibawah ini.

=VLOOKUP(B4,$C$19:$E$22,3,0)

Pada Cell F4 tulislah rumus menyerupai pada gambar dibawah ini.

=HLOOKUP(B4,$B$25:$F$26,2,0)

Setelah itu drag kebawah sehingga hasil risikonya menyerupai pada gambar dibawah ini.

Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel  Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel, pembahasan dan referensi soalnya
Soal dan pembahasan Vlookup dan Hlookup pada Ms.Excel 

Penggunaan VLOOKUP dan HLOOKUP pada ms.excel yang bersumber beda sheet.

Kadang kita memakai fungsi Vlookup dan Hlookup dalam Microsoft excel dan dalam suatu bencana antara table dan sumber referensinya berbeda sheet satu sama lain, nah untuk perkara menyerupai ini bagaimana solusinya. Seumpama saja ada dua sheet yaitu sheet yang berjulukan “ sumber” sebagai sumber nya dan sheet table sebagai tablenya. Seperti pada gambar dibawah ini.

Tabel kita akan mengisi Kolom Jadwal Tambahan, Guru dan Biaya dibawah ini.

Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel  Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel, pembahasan dan referensi soalnya
Vlookup dan Hlookup pada ms.excel beda sheet2

Dengan sumber dibawah ini.

Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel  Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel, pembahasan dan referensi soalnya
Vlookup dan Hlookup pada ms.excel beda sheet

Cara mengatasi persoalan tersebut yaitu sama walaupun kita memakai sheet yang berbeda tetap saja cara biasa dapat dilakukan. Mari kita isi table pertama diatas dengan sheet “sumber”

1. Tulis pada Sheet Table Cell D4 rumus dibawah ini.

=VLOOKUP(B4,'Sumber '!$B$2:$D$6,2,0)

Caranya walaupun berbeda sheet tetap saja memakai rumus sumber vlookup yang sama.

2. Pada sheet table Cell E4 tulis rumus dibawah ini.

=VLOOKUP(B4,'Sumber '!$B$3:$D$6,3,0)

3. Pada kolom Biaya Cell F4 tulislah rumus menyerupai ini.

=HLOOKUP(B4,'Sumber '!$A$9:$E$10,2,0)

4. Drag ke bawah untuk tiap kolomnya sehingga hasilnya menyerupai pada gambar dibawah ini.






Sumber http://lihaimsoffice.blogspot.com

0 Response to "Fungsi Vlookup Dan Hlookup Pada Ms Excel, Pembahasan Dan Pola Soalnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel