iklan banner

Cara Menghapus Virus Trojan Di Android

Cara Menghapus Virus Trojan di Android - Perangkat OS Android ibarat smartphone juga rentan terhadap virus. Virus sanggup tiba dari mana saja, dan paling sering penyebarannya dilakukan via internet.

Untuk itu kita harus berusaha mencegah semoga virus tidak menyerang perangkat yang kita miliki dan mencuri data kerusakan perangkat.

Virus Trojan
Trojans sering disebut virus, namun bergotong-royong Trojan yakni cuilan terpisah dari malware; Sama ibarat virus yang juga cuilan dari malware.

 Perangkat OS Android ibarat smartphone juga rentan terhadap virus Cara Menghapus Virus Trojan di Android
Cara Menghapus Virus Trojan di Android

Perangkat lunak jahat yakni jadwal jahat, ibarat merusak dan menyusun file, memata-matai untuk mencuri data dari perangkat yang diserangnya. Anda sanggup membaca jenis malware sebagai gosip tambahan.

Perangkat lunak perusak terdiri dari tiga kelompok. Kelompok pertama bertujuan untuk menginfeksi, contohnya virus dan worm. Kelompok kedua bertujuan untuk memata-matai mencuri data, contohnya spyware.

Dan kelompok ketiga, yakni jadwal yang 'menyembunyikan' dalam arti sebuah jadwal yang terlihat penting dan bermanfaat, namun bergotong-royong mengandung virus atau malware jahat lainnya; contohnya Trojan.

Trojan di Android
Trojan juga dikenal sebagai 'trojan horse', namanya mengacu pada cerita perang di Yunani kuno. Pada waktu itu tentara elit Yunani berpikir untuk mengalah dalam perang, bersembunyi di patung seekor kuda trojan yang megah.

Lawan mengambil patung kuda trojan sebagai rampasan perang dan memasukkannya ke dalam benteng. Dengan cara itu elit Yunani sanggup dengan gampang masuk benteng, kemudian keluar dari daerah persembunyian di malam hari dan menyerang.

Bagaimana Trojan bekerja ibarat seni administrasi Trojan horse. Trojans sepertinya merupakan perangkat lunak atau aplikasi yang berguna, sedangkan jadwal berbahaya ibarat virus atau malware lainnya tidak hanya sanggup merusak perangkat namun juga mencatat data penggunaan perangkat untuk mencuri data penting Anda, ibarat pin atau kata sandi. Trojans juga sangat piawai bersembunyi hingga sulit dilacak oleh antivirus biasa.

Cara Hapus
Jika Trojan sudah terkena dan menyerang smartphone Anda, maka sesegera mungkin Anda harus melaksanakan penghapusan, sebelum smartphone Anda semakin parah. Berikut yakni beberapa cara untuk menghapus trojan dari smarphone anda.

1. Kosongkan cache
Cache yakni file penyimpanan data sementara untuk aplikasi atau browser yang sedang berjalan. Dengan memanfaatkan data yang tersimpan di cahce, ibarat data website yang pernah kita kunjungi, akan menciptakan proses loading menjadi lebih cepat sebab browser tidak perlu lagi mend0wnl0ad data dari website.

Sayangnya cache sering menajadi daerah virus nesting. Untuk itu cache harus dibersihkan semoga bibit virus juga dihapus. Jika virus belum menginfeksi OS Anda, itu sanggup bekerja. Untuk menghapus cache Anda sanggup melaksanakan langkah-langkah berikut:

Bersihkan semua aplikasi
Buka sajian Settings> Storage & USB
Jika Anda juga memakai SDCard, maka akan muncul dua pilihan penyimpanan, pilih Internal Storage
Kemudian klik pada opsi Cached Data
Data tembolok popup yang terperinci untuk semua aplikasi akan muncul Ok untuk menghapus cache
Membersihkan cache pada satu aplikasi saja

Buka sajian Setelan> Aplikasi
Klik Aplikasi untuk membersihkan cachenya Anda, ibarat Chrome
Jendela aplikasi APP Info Chrome akan muncul. Klik pada sajian Storage
Klik tombol Clear Cache yang terletak di bawah cache.

2. Scanning with Stubborn Trojan Killer
Jika Trojan sudah mulai menginfeksi perangkat Anda apalagi telah masuk ke sistem dan mengendalikan smartphone Anda, ibarat menciptakan smartphone tiba-tiba mati sendiri dikala tidak digunakan; Menghapus cache saja tidak akan banyak berguna.

Menscannya dengan antivirus biasa juga tidak sanggup menghapus Trojan sama sekali, sebab sifat Trojan yang sangat terpelajar bersembunyi menjadi sulit dideteksi oleh antivirus biasa.

Stubborn Trojan Killer yakni aplikasi khusus yang dibentuk untuk menghapus Trojans yang menginfeksi perangkat smartphone. Aplikasi ini cukup tangguh untuk sanggup mendeteksi Trojan dan menghapusnya sepenuhnya, bahkan di ponsel yang telah diserang oleh sistem sekalipun.

Baca juga:
Cara Menghilangkan Virus Shortcut
Cara Menghapus Virus Sality
Cara Menghapus Virus Autorun
Ciri Ciri Komputer Terkena Virus
Cara Menghapus Virus Ransomeware

Cara Menggunakan Pembunuh Trojan yang Stubborn

Download Pembunuh Trojan Stubborn dari Google Play Store
Instal dan jalankan aplikasi
Tekan tombol Pindai untuk memindai
Tunggu hingga Stubborn Trojan Killer final scanning
Klik tombol Bunuh untuk menghapus semua virus yang terdeteksi
Aktifkan kontribusi Pembunuh Trojan yang Stubborn, untuk mencegah serangan balik Trojan.

3. Pabrik Reset
Jika Anda tidak sanggup memindai perangkat dengan aplikasi Pembunuh Trojan yang Stubborn, contohnya sebab tidak sanggup menginstal; Anda sanggup mencoba factory reset atau mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik. Tapi semua data Anda di perangkat juga akan terhapus, sebab pertama-tama harus menciptakan cadangan semua data penting Anda (baca juga: browser terbaik).

Bagi pengguna smartphone android 5 ke atas, pastikan Anda mengingat akun google yang Anda gunakan sebelum mereset, sebab ponsel akan meminta Anda masuk ke akun google semoga sanggup mengaktifkan perangkat. Jika Anda lupa, perangkat tidak akan bekerja.

Ada dua cara untuk melaksanakan factory reset, yaitu dikala perangkat berada pada posisi light / soft reset dan melalui save mode, yaitu hard reset. Langkah-langkah berikut untuk melaksanakan factory reset pada perangkat android anda:

Melakukan Soft reset
Buka sajian Settings> Backup and Reset> Factory data reset
Klik Reset Phone untuk menjalankan factory reset
Ponsel akan restart, tunggu hingga proses selesai
Saat telepon dinyalakan lagi, telepon Anda akan kembali ibarat dikala Anda membelinya.

Melakukan hard reset
Matikan Smartphone
Tekan power + volume up
Pilih bahasa yang anda kuasai, tekan tombol power untuk melanjutkan
Anda akan masuk ke sajian Recovery
Pilih opsi Wipe Cahce / Factory Reset. Untuk mengarahkan ulang gunakan tombol volume atas / bawah, untuk menentukan tekan tombol daya.
Pilih Ya - menghapus semua data pengguna
Tunggu hingga proses peniadaan selesai
Reboot

4. Instal ulang OS
Instal ulang sistem operasi android pada perangkat Anda perlu dilakukan, jikalau Trojan menginfeksi perangkat lunak default ponsel dan menghancurkannya. Untuk ini Anda harus melaksanakan flashing, baik melalui komputer atau eksklusif pada perangkat Anda.

Tapi untuk melaksanakan kilatan ini harus diserahkan kepada para ahli, jikalau Anda tidak yakin sanggup melakukannya sendiri. Untuk menghindari kesalahan berkedip yang bahkan sanggup menciptakan telepon tidak sanggup digunakan.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Cara Menghapus Virus Trojan Di Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel