iklan banner

Tips Menentukan Franchise Yang Menguntungkan (Bag.1)

Bagaimana tips menentukan franchise yang menguntungkan Tips Memilih Franchise Yang Menguntungkan (Bag.1)Bagaimana tips menentukan franchise yang menguntungkan? Ketika Anda sudah merasa tertarik dengan salah satu bisnis franchise, maka segeralah lakukan beberapa langkah yang akan saya jelaskan dalam goresan pena ini.  Namun alasannya yaitu setiap langkah saya beri klarifikasi yang detail, maka goresan pena ini menjadi sedikit agak panjang. Agar Anda tidak bosan membaca goresan pena yang panjang, saya akan pecah goresan pena menjadi dua bagian. Sebelum lebih jauh menentukan franchise, sebaiknya Anda memahami pengertian franchise berdasarkan para ahli yang pernah saya tulis sebelumnya.


Langkah-langkah tersebut perlu Anda jalankan untuk menguji kelayakan, apakah franchise tersebut sanggup dikategorikan sebagai sebuah bisnis yang baik dan merupakan franchise yang menguntungkan, atau tidak. Tak jarang sebuah penawaran franchise terlihat sangat menggiurkan, namun sehabis kita bergabung sebagai franchisee, ternyata jauh dari apa yang terlihat semula. Alih-alih mendapat keuntungan dari bisnis franchise yang kita beli, justru kerugianlah yang kita derita. Mending menekuni sendiri cara bisnis kecil-kecilan yang menguntungkan.


Karenanya Anda harus teliti dalam menentukan franchisor, lakukan beberapa uji untuk memastikan franchisor tersebut memang layak untuk diajak kerjasama. Lho, apa ada franchisor yang tidak layak untuk dijadikan partner kerjasama? Tentu saja ada! Tidak semua franchisor layak diajak kerjasama. Ada beberapa “oknum” franchisor yang mem-franchise-kan bisnisnya hanya demi mendapat uang belakan. Tanpa mau memperlihatkan support pemasaran dan manajeman kepada franchisee-nya. Oknum franchisor ini seolah menyebabkan frachisee sebagai sapi perahan semata.


Sayangnya belang franchisor ini biasanya gres akan terbongkar sehabis perjanjian franchise sudah berjalan. Bagai nasi sudah menjadi bubur. Penyesalan selalu tiba belakangan jikalau Anda tidak jeli dalam melihat dan menilai sebuah penawaran franchise. Karena itu kali ini saya akan memperlihatkan tips menentukan franchise yang menguntungkan biar Anda tidak terperosok dalam bujuk rayu oknum franchisor. Sehingga sanggup memperoleh keuntungan dari bisnis franchise menyerupai yang Anda harapkan.


Tips Memilih Franchise Yang Menguntungkan



  1. Kunjungi Kantor Pusatnya.

    Kantor sentra tidak harus menempati sebuah gedung yang megah. Beberapa franchise di Indonesia menjadi rumah sebagai kantor pusatnya. Di kantor sentra ini Anda sanggup melihat aktifitas bisnis franchisor, dari situ Anda sanggup menilai apakah mereka menjalankan bisnis dengan baik atau tidak. Perlu juga Anda perhatikan, bagaimana franchisor memperlakukan Anda. Apakah mereka memperlakukan Anda sebagai konsumen atau sebagai kawan bisnis.

    Selanjutnya mintalah untuk diperkenalkan dengan key person (pejabat-pejabat penting) di perusahaan tersebut. Seperti; Direktur/Manajer Umum, Direktur/Manajer Keuangan, Direktur/Manajer Operasional, Direktur/Manajer SDM/HRD, Direktur/Manajer Training. Sebutan bagian-bagian tersebut niscaya akan berbeda-beda, beberapa diantaranya mungkin fungsinya dilebur jadi satu dan dijabat oleh satu orang. Anda sanggup menggali isu dan berdiskusi dengan mereka mengenai bisnis yang sedang mereka jalani.

    Paling tidak dengan tiba pribadi ke kantor pusat, bila suatu ketika nanti Anda mengalami kesulitan atau bahkan tertipu dengan franchisor, Anda sudah tahu alamat untuk dituju.

  2. Temui Owner/Penanggung Jawab Utama.

    Logis saja, jikalau Anda akan menginvestasikan puluhan juta hingga milyaran rupiah, Anda niscaya tidak akan menyerahkan begitu saja pada orang yang tidak Anda kenal atau tidak berhak. Dengan bertemu dengan owner atau penanggung jawab utama, Anda sanggup memperoleh balasan atas semua pertanyaan Anda. Staf marketing belum tentu sanggup menjawab semua pertanyaan Anda, apalagi pertanyaan yang sifatnya strategis. Selain itu dengan bertemu dengan owner atau penanggung jawab, Anda sanggup menghemat waktu. Sebab mereka yaitu decission maker, bukan staf dan marketing, sehingga sekali bertemu semua urusan sanggup selesai.

    Lantas, bagaimana jikalau owner atau penanggung jawab susah ditemui alasannya yaitu sibuk? Jika demikian yang Anda alami, sebaiknya segera urungkan niat Anda untuk bekerja sama dengan franchisor tersebut. Cari franchisor lain yang owner atau pucuk pimpinannya punya waktu dan mau bertemu dengan Anda.

  3. Analisis Laporan Keuangan.

    Franchisor yang baik niscaya tidak akan keberatan memperlihatkan laporan keuangan, baik itu laporan keuangan yang sudah diaudit akuntan publik maupun laporan keuangan yang masih tersimpan di komputer/laptop. Melalui laporan keuangan ini mereka sanggup menunjukan bahwa bisnisnya betul-betul sehat dan layak mendapat investasi dari Anda.

    Jika franchisor tidak mau memperlihatkan laporan keuangan atau cenderung berbelit-belit, segera pamit dan tinggalkan kantor franchisor tersebut. Karena jikalau keberatan memperlihatkan laporan keuangan, sanggup dipastikan “dapur”nya bermasalah, sehingga mereka merasa tidak pantas untuk dilihat orang lain.

    Untuk melihat laporan keuangan, Anda tidak harus kuliah atau lulusan fakultas ekonomi. Dalam laporan keuangan, hal yang harus dicermati yaitu laporan keuntungan rugi. Bandingkan perolehan keuntungan rugi untuk jangka waktu tertentu, contohnya selama 6 bulan berturut-turut, 12 bulan berturut-turut, 3 tahun berturut-turut, dan sebagainya. Pertumbuhan yang positif merupakan indikasi franchise yang menguntungkan.

  4. Demo Produk.

    Yang membedakan bisnis franchise dengan bisnis lain yaitu ciri khas, ciri khas atau kekuatan bisnis franchise sanggup didapat dari Produk dan atau Sistem Manajemen. Anda harus melihat sendiri demo produk hingga siap saji, atau demo administrasi (seperti cara melayani pelanggan atau cara mengelola pelanggan).

    Dalam melihat demo tersebut Anda harus sanggup melihat bahwa setiap orang menjalankan SOP (Standart Operating Procedure) dengan baik dan benar. Jika mereka tidak mempunyai SOP atau karyawannya tidak berpegang teguh pada SOP, tinggalkan franchisor tersebut. Karena itu tidak akan menguntungkan bagi Anda dalam jangka panjang.


Cukup panjang ya Sahabat PoBis… Nah, biar tidak bosan, menyerupai sudah saya sampaikan tadi, goresan pena mengenai tips memilih franchise yang menguntungkan ini dipecah menjadi dua bagian. Silakan manfaatkan kemudahan search di web ini ketikkan kata kunci: tips menentukan franchise.


sumber gambar franchise yang menguntungkan: entrepreneur.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "Tips Menentukan Franchise Yang Menguntungkan (Bag.1)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel