iklan banner

Tips Jitu Cara Bikin Tanaman Hidroponik Tomat Tidak Basi Retak

Belajar cara bikin tumbuhan hidroponik buah Tomat supaya terhidar dari wangi dan retak dari praktisi hidroponik pribadi akan kami kupas secara lengkap pada pembahasan kali ini . Masih teringat betul dibenak Sapto Prayitno seorang petani hidroponik di Yogyakarta pada Agustus 2013. Pada ketika itu lagi demam isu hujan, langit selalu mendung dan intensitas sinar matahari rendah. Hasil panen buah tomat yang dihasilkan mengalami kegagalan sebesar 15% dari 1200 buah. Buah tersebut mengalami kebusukan pada belahan ujung buah alias blossom end rot (BER). Busuk ujung buah mengakibatkan kerusakan fisiologis buah pada ketika buah berukuran bola bekel.


Belajar cara bikin tumbuhan hidroponik buah Tomat supaya terhidar dari wangi dan retak dari p Tips Jitu Cara Bikin Tanaman Hidroponik Tomat Tidak Busuk  Retak
Tips cara bikin tumbuhan hidroponik tomat terhidar dari wangi dan retak

Pembusukan dan problem keretakan pada buah memang menjadi permasalahan serius bagi para petani hidroponik, bagaimana tidak, buah yang seharusnya sanggup menghasilkan laba ternyata tidak sanggup dijual sama sekali. Buah tomat yang mengalami kebusukan mempunyai tanda-tanda serangan berwarna hitam pada belahan bawah buah tomat, lambat laun buah mengalami kebusukan pada belahan ujung dan pertumbuhan tumbuhan berhenti, “tutur petani hidrponik dengan teknik nutrient film technique (NFT) semenjak 2005 itu”.


A. Cara Bikin Tanaman Hidroponik Tomat Agar Buah Tidak Busuk


Ir Yos Sutiyoso seorang pakar pupuk hidroponik di Jakarta menuturkan “pembusukan  terjadi disebabkan kekurangan asupan kalsium“. Asupan kalsium yang kurang, disebabkan oleh intensitas matahari sehingga Solanum Lycopersicum tidak maksimal menyerap kalsium.


Menurut Profesor Marry M Peet dari Departemen Hortikultura, North Carolina State University, kalsium berfungsi untuk pembentukan dinding sel ketika pembentukan buah. Seperti dinukil “Practical Hydroponics & greenhouse” peet mengungkapan ketika dinding sel lemah, buah tomat gampang terjangkit blossom end rot. “Kalsium menciptakan buah menjadi keras sehingga tak gampang terjangkit BER”. Tutur pakar pupuk dan hidroponik di Jakart, Ir Yos Sutiyoso.


Baca Juga : Tips Praktis Cara Menanam Hidroponik Di Rumah


Cara bikin tumbuhan hidroponik pada tomat supaya terhindar dari wangi ujung  buah, sangat disarankan untuk memperhatikan asupan pupuk mikro pada tanaman, tutur Yos. Anjuran pemakaian pupuk yang disarankan oleh Yos yakni dengan takaran pupuk kalsium paling rendah, yakni 130 ppm, sedangan yang ideal sebesar 160 ppm. Pada ketika demam isu hujan sebaiknya takaran pupuk adonan AB mencapai 160 ppm, kalium 300 ppm, magnesium 60-80 ppm dan fosfat 60 ppm. Sementara ammonium justru dikurangi lantaran menciptakan klorofil encer yang mengakibatkan kekuatan menyerap kalsium berkurang.


Belajar cara bikin tumbuhan hidroponik buah Tomat supaya terhidar dari wangi dan retak dari p Tips Jitu Cara Bikin Tanaman Hidroponik Tomat Tidak Busuk  Retak
Kekurangan kalsium menciptakan buah tomat busuk

Kekurangan kalsium juga sanggup disebabkan oleh transpirasi tinggi. Penguapan berlebih menimbulkan cadangan air di daun sedikit. Padahal, pengangkutan kalsium ke jaringan tumbuhan membutuhkan air. Untuk itu, cara bikin tumbuhan hidroponik pada tomat supaya tidak mengalami kebusukan pada ujung buah sebaiknya petani hidroponik selalu mencukupi kebutuhan air supaya tumbuhan tidak kekurangan kalsium. Menurut Peet kandungan kalsium yang ideal di daun Antara 2 – 4%.


Belajar dari pengalaman pahit itu jadinya pada demam isu tanam berikutnya Sapto memperhatikan secara detail asupan kalsium tumbuhan tomat hidroponiknya. Sapto menjaga kadar pH kalsium yaitu dengan kadar 5,5 – 6,5 atau pH standar. Menurut sapto pH yang terlalu tinggi atau rendah menyulitkan tumbuhan untuk menyerap kalsium. Selain itu, ia menjaga electro conductivity (EC) tak lebih dari 3 supaya proses perembesan pupuk lancar.


Selain itu cara bikin tumbuhan hidroponik pada tomat supaya tidak wangi dan patah yakni dengan menentukan benih dengan varietas yang lebih unggul, Sapto juga mengganti varietas tomat dengan yang lebih elok (tahan wangi ujung buah). Adapun varietas tomat yang tahan wangi yakni vernal, permata dan amara. Sejak ketika itu, tumbuhan tomat Sapto terhindar dari gangguan fisiologi wangi ujung buah dan tak pernah lagi menyambangi kebun hidropoinik miliknya.


B. Cara Bikin Tanaman Hidroponik Tomat Agar Buah Tidak Retak


Selain wangi ujung buah yang sering terjadi pada tumbuhan tomat yakni buah retak sebelum panen. Buah retak tidak akan laris terjual dipasaran. Buah retak hanya bisa dimanfaatkan untuk konsumsi pribadi. Buah tomat yang retak biasanya dijadikan untuk materi jus. Hal yang paling umum terjadi yakni keretakan buah tomat pada ketika sebelum dan pas panen. Angka rata-rata retak buah yang dialami petani hidroponik dengan angka rata-rata 10% dari hasil panen. Tentunya, angka ini cukup tinggi dan merugikan para petani hidroponik. Sebaiknya Anda harus mengetahui cara bikin tumbuhan hidroponik pada tomat supaya tidak retak ketika panen.


Kebanyakan para petani tidak mengetahui penyebab terjadinya keretakan buah tomat. Terus bagaimana cara bikin tumbuhan hidroponik pada tomat supaya tidak gampang retak? Berikut paparan yang disampaikan oleh hebat hidroponik. Menurut Yos sebagai hebat hidroponik, bersama-sama kuncinya sederhana, “kebutuhan air pada tumbuhan dihentikan berlebihan dan kekurangan, ucap Yos”. Pada ketika tumbuhan kekurangan air atau kehilangan cairan tubuh kemudian diberi air yang berlebihan, sementara kelembapan kalsium tumbuhan minim, maka kulit tomat gampang pecah. Saat itulah terjadi cracking atau retak.


Belajar cara bikin tumbuhan hidroponik buah Tomat supaya terhidar dari wangi dan retak dari p Tips Jitu Cara Bikin Tanaman Hidroponik Tomat Tidak Busuk  Retak
buah tomat dihentikan kelebihan atau kekurangan air supaya tidak retak

Cara bikin tumbuhan hidroponik pada tomat supaya buah tidak retak yakni dengan memperhatikan kekurangan air yang disebabkan oleh electro conductivity (EC) yang terlalu tinggi. EC yakni kemampuan untuk menghantarkan ion-ion listrik yang terkandung di dalam larutan nutrisi ke akar tanaman. “EC yang terlalu tinggi menciptakan larutan menjadi sangat kental sehingga perembesan air hanya sedikit”, ujar Yos. Untuk EC pada tomat, ia membatasi di angka 4,5.


Artikel Terkait Bisnis : Membangun Usaha Budidaya Tomat & Analisis Bisnis Lengkap


Selain itu, hal yang harus juga Anda perhatikan terkait cara bikin tumbuhan hidroponik supaya mendapat buah yang berkualitas, kelebaban lingkungan tumbuhan harus pula dijaga dengan baik. Angka kelembapan relative harian relative humidity (RH). Menurut Yos kelembapan yang sesuai yakni 50%. Kelembapan harus selalu dikontrol, kata Yos. Pada ketika RH sudah diangka 52% sebaiknya petani harus waspada. Untuk meningkatkan kelembapan petani harus menyiram lantai greenhouse. Dengan mengontrol air dan kondisi lingkungan buah retak sanggup diatasi dengan mudah.


Itu lah sedikit gosip cara bikin tumbuhan hidroponik pada buah tomat supaya tidak wangi ujung buah dan retak berdasarkan hebat pupuk dan hidroponik dan pelaku tumbuhan hidroponik. Anda sanggup mengaplikasikannya. Semoga gosip ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba, semoga sukses.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Tips Jitu Cara Bikin Tanaman Hidroponik Tomat Tidak Basi Retak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel