iklan banner

Tentang Merk Equity Untuk Merek Yang Berpengaruh Bagi Pengusaha Ukm

Banyak hal yang wajib diserap oleh pelaku usaha. Mulai dari ilmu wacana marketing, ilmu penjualan, dan ilmu administrasi dalam berbisnis. Selain itu, ilmu lain yang patut dipahami oleh seorang pebisnis yaitu brand equity. Seberapa besar sebuah bisnis sanggup membangun brand equity.


Tidak banyak pengusaha di Indonesia yang fokus dalam menerapkan brand equity. Mereka tidak begitu paham dan mengerti wacana brand equity. Konsep brand equity dipakai untuk mengetahui berapa berharga, terkenal, dan reputasi kesuksesan dari sebuah merek.


Merek yang sudah mempunyai nilai equity cukup tinggi, mereka akan mempunyai customer yang loyal. Bahkan loyalnya pelanggan akan membantu merek secara tidak pribadi untuk berpromosi. Namun belum banyak pengusaha UKM yang bisa menghasilkan dan membangun brand equity yang sempurna bagi mereknya.


Apa Brand Equity?


Mungkin Anda gres mendengar istilah Brand Equity, brand equity akan timbul atas persepsi konsumen dan pengalaman konsumen memakai produk dari merek yang kita miliki. Di perusahaan besar, brand equity sudah menjadi bab dari tim marketing.


Dalam brand equity akan memperlihatkan sebuah definisi mengenai identitas dari sebuah produk. Ketika brand sudah mempunyai brand equity yang jelas, si pemilik brand tidak perlu terus menerus menjelaskan mengenai apa itu brand.


Selain wacana identitas, brand equity akan menjadi sebuah pengendali pasar. Di Indonesia, dikala kita ingin makan ‘mi instan’ kita akan menyebut ‘Indomie’. Sebuah brand mie Instan yang sudah cukup populer dan mempunyai positioning yang jelas.


Banyak brand lain yang sudah mempunyai merk equity tersendiri di Indonesia. Kita bisa sebut Aqua, The Botol, dan sebagainya. Ketika brand equity sudah cukup jelas, maka potensi pasar pun akan sangat luas. Untuk mencapai brand equity cukuplah berat. Karena tidak semua merk berhasil masuk ke posisi tersebut.


Seorang andal marketing dari Universitas Dartmouth yakni Professor Kevin Keller pun menyebutkan wacana brand equity merupakan harapan dari seseorang untuk melanjutkan memakai suatu merk atau berhenti.


Pakar marketing asal Indonesia, Hermawan Kertajaya mendefinisikan brand equity sebagai aset membuat value bagi pelanggan dengan meningkatkan layanan kepuasan dan tetap menghargai kualitas.


Kenapa Brand Equity sangat Penting?


Banyak hal yang wajib diserap oleh pelaku perjuangan Tentang Brand Equity untuk Merek yang Kuat Bagi Pengusaha UKM


Anda niscaya bertanya, seberapa penting brand equity terhadap suatu brand, apa lagi bila merk itu masih sangat kecil dan belum banyak dikenal. Tentunya sangat penting. Karena dengan brand equity menjadi salah satu kemampuan pelanggan dalam mengintrepretasikan dan memproses informasi, sehingga meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk membeli brand Anda.


Bagaimana Membangun Brand Equity?


Brand equity tumbuh dan berkembang dari experience pelanggan dari penggunaan brand. Proses ini terkadang terjadi dengan organik, meskipun ada unsur-unsur marketing yang dibangun oleh brand untuk mengenalkannya kepada pelanggan.


Tahapan Brand Equity yang harus diketahui oleh pebisnis :


Awareness : Mengenalkan brand ke khalayak sebagai sasaran pasar. Dengan cara membangun awareness.


Recognition : Ketika sasaran konsumen sudah kenal, ini merupakan hasil dari iklan dan awareness yang dibangun.


Trial : Setelah mereka mengenalinya, mereka akan mencobanya brand yang Anda bangun.


Preference : Ketika konsumen menikmati brand dengan baik dan brand menjadi pilihan yang lebih disukai.


Loyalty : Setelah mereka mengenal, mencoba sampai dan merekomendasikan kepada orang lain dan mereka akan gunakan brand secara terus menerus.


Memahami kebutuhan dan harapan pelanggan yaitu salah satu inti dari marketing. Sehingga mengelola dan membuat brand equity tersebut harus berlandaskan faktor pelanggan tersebut. Hal ini dilakukan biar brand bisa mempunyai arti tersendiri bagi pelanggan.


Keberhasilan dari sebuah brand equity, konsumen bisa membedakan produk yang kita miliki dengan jelas. Serta konsumen selalu memperlihatkan kesan kasatmata terhadap brand yang kita miliki tersebut. Ini yaitu sebuah respon yang harus diketahui oleh pemilik brand.



Sumber http://solusiukm.com

0 Response to "Tentang Merk Equity Untuk Merek Yang Berpengaruh Bagi Pengusaha Ukm"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel