Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2 Embelajaran 3
| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 1 SRATI
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 2 : Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai aliran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan daerah bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.3 Menggali informasi dariseorang tokoh melaluiwawancara menggunakandaftar pertanyaan
4.3 Melaporkan hasil wawancaramenggunakan kosakata bakudan kalimat efektif dalambentuk teks tulis
Indikator:
3.3.1 Membuat daftar pertanyaanuntuk persiapan wawancara
4.3.1 Membuat pertanyaan tertulismenggunakan kosa kata bakudan kalimat efektif untukpersiapan wawancara.
IPA
3.1 Memahami hubungananatara bentuk dan fungsibagian tubuh binatang dantumbuhan
4.1 Menyajikan laporan hasilpengamatan perihal bentukdan fungsi bab tubuhhewan dan tumbuhan
Indikator:
3.8.4 Mengidentifikasi fungsihewan dalam pelestarianlingkungan
4.8.4 Membuat diagram vennfungsi binatang dalampelestarian lingkungan
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati, siswa bisa mengidentifikasi bagian-bagianhewan dan fungsinya dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa bisa menciptakan laporan perihal bagian-bagianhewan dalam bentuk diagram venn.
3. Dengan mengamati gambar, siswa bisa menciptakan daftar pertanyaanuntuk persiapan wawancara dengan tepat.
4. Dengan mengamati gambar, siswa bisa menciptakan pertanyaan tertulismenggunakan kosakata baku dan kalimat efektif untuk persiapanwawancara dengan benar.
v Karakter siswa yang dibutuhkan :
Ø Bahasa Indonesia dan IPA :Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan ialah tentang”Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. ¡ Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | § Siswadiingatkankembalipadapentingnyaperanhewansebagaisumberdayaalamhayati.Nasionalis § Guru membukakegiatandenganmemperlihatkanseekorburung Guru mengajukanpertanyaan: - Apa yang kamuketahuitentangfungsidarisetiapbagiantubuhburung? § Siswamembacasenyaptekssingkattentangseoranganak yang menolongseekorburung yang terluka. (Mengamati) Literasi § Siswakemudianmengidentifikasisetiapbagiandaritubuhburung, kemudianmenuliskannyabagian-bagiantersebutbesertafungsinya di tabel yang tersedia . (Mengumpulkan informasi) § Siswakemudianmengerjakansatusoalpemecahanmasalah, jikadihadapkanpadasituasi yang samadengantokoh yang adadalambuku, yaitumelihatburung yang terluka.Critical Thinking and Problem Solving § Siswamengamatibagiantubuhlaba-labadankumbang. § Siswakemudianmengidentifikasiperbedaandarilaba-labadankumbangbesertafungsinyadalampelestarianlingkungan.Creativity and Innovation § Siswakembalidimintamembuatpertanyaantentangfungsibagianhewan. (Menanya) § Siswamenuliskanpertanyantambahantersebutpadadaftarpertanyaanmerekadiawalkegiatan. | 35 Menit X 30 JP |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab perihal materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukan evaluasi hasil belajar ¡ Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri acara pembelajaran) Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ BukuPedoman Guru Tema :Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Laba-labadankumbanguntukkegiatan IPA
Mengetahui Kepala SDN 5 Rajamandala Wawan Setiawan, S.Pd. NIP. .................... | Rajamandala, 17 Juli 2017 Guru Kelas IV Nadya Nursalma, S.Pd. NIP. .................... |
Lampiran 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
§ Melakukanidentifikasi
§ Membuatpertanyaan
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Lampiran 2
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ................... | | | | | | | | | | | | |
2 | ................... | | | | | | | | | | | | |
3 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
4 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
5 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
Dst | …………….. | | | | | | | | | | | | |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. IPA
Laporanhasilpengamatan:
Kriteria | SangatBaik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Identifikasi | Mengidentifikasi semuabagian tubuhhewan | Mengidentifikasi sebagianbesar bagiantubuh hewan | Mengidentifikasi sebagian bagiantubuh hewan | Mengidentifikasi sebagiankecil bagiantubuh hewan |
Laporan | Menuliskanhasil pengamatannya dalambentuk diagram venn dengan detail, runtutdan sistematis | Memenuhi 2 dari 3 Criteria | Memenuhi 1 dari 3 kriteria | Belummemenuhi Criteria |
Kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. | Menunjukkan semangat yang tinggiselama kegiatanbelajar denganikut aktifdalam kegiatan yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan. | Cukup bersemangat selamakegiatan belajardancukup aktifdalam kegiatan yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan. | Kurang bersemangat selama kegiatanbelajar dankurang aktifdalam kegaiatan yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan. | Tidak bersemangat selamakegiatan belajardantidak aktifdalam kegiatan yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan. |
Catatan: evaluasi (penskoran) dapatdilihatcontohnyapadapembelajaran 1
2. Bahasa Indonesia
Daftarpertanyaansiswadinilaimenggunakan rubric
Kriteria | SangatBaik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Daftar Pertanyaan | Semua pertanyaan tepat. | Sebagianbesar pertanyaan tepat. | Hanyasebagian kecil pertanyaan tepat. | Belummampu membuat pertanyaandengan tepat. |
Kosa Kata Baku | Menggunakan kosa kata baku dalamsemua pertanyaan. | Menggunakan kosa kata bakudalam sebagianbesar pertanyaan. | Menggunakan kosa kata bakudalam sebagiankecil pertanyaan. | Belummampu menggunakankosa kata bakudalam pertanyaan. |
Kalimat Efektif | Menggunakan kalimatefektif dalamsemua pertanyaan. | Menggunakan kalimat efektifdalam sebagianbesar pertanyaan. | Menggunakan kalimat efektifdalam sebagiankecil pertanyaan. | Belummampu menggunakan kalimatefektif dalamsemua pertanyaan. |
Sikap: Mandiri | Tugas diselesaikan denganmandiri . | Sebagianbesar tugas diselesaikan dengan mandiri. | Tugas diselesaikan dengan motivasidan bimbingan guru. | Belumdapat menyelesaikan tugasmeskitelah diberikanmotivasi danbimbingan. |
Catatan: evaluasi (penskoran) dapatdilihatcontohnyapadapembelajaran 1
PENGAYAAN
• Apabila mempunyai waktu, siswa sanggup melaksanakan observasi tentangfungsi bab tubuh pada jenis-jenis binatang lainnya.
REMEDIAL
• Siswa yang belum memahami fungsi bab tubuh hewan, dapatdiberikan sumber bacaan yang dilengkapi gambar. Siswa dimotivasi untukmembaca dengan teliti. Siswa sanggup mengerjakan latihan tertulis (kuis,pertanyaan essay) terkait materi yang belum dipahami.
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2 Embelajaran 3"
Posting Komentar