Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 1 Pembelajaran 6
| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 5 Rajamandala
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai anutan agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan kawasan bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.3 Menggali informasi dariseorang tokoh melaluiwawancara menggunakandaftar pertanyaan
4.3 Melaporkan hasil wawancaramenggunakan kosakata bakudan kalimat efektif dalambentuk teks tulis
Indikator:
3.1.4 Menjelaskan keterampilandalam melaksanakan wawancara
4.1.4 Menerapkan keterampilandalam melaksanakan wawancara
PPKN
1. Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya.
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Memahami hak dankewajiban sebagai wargamasyarakat dalam kehidupansehari-hari
4.2 Bekerja sama melaksanakanhak dan kewajiban sebagaiwarga masyarakat dalamkehidupan seharihari
Indikator:
3.4.1 Menjelaskan hak dankewajiban dalam kehidupansehari-hari
4.4.1 Mengomunikasikan hasilrefleksi wacana hak dankewajiban dalam kehidupanseharihari
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca, mencermati langkah-langkah, dan berlatih, siswamampu menjelaskan keterampilan dalam melaksanakan wawancara dengantepat.
2. Setelah membaca, mencermati langkah-langkah, dan berlatih, siswamampu menerapkan keterampilan dalam melaksanakan wawancara dengantepat.
3. Dengan melaksanakan refleksi, siswa bisa menjelaskan hak dankewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
4. Dengan melaksanakan refleksi, siswa bisa mengomunikasikan pentingnyamelaksanakan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari denganpercaya diri.
v Karakter siswa yang dibutuhkan :
Ø Bahasa Indonesia dan PPKn :Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan ialah tentang ”Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. ¡ Guru menyampaikan tahapan aktivitas yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | • Untukmengingatkankepadapembelajaransebelumnya, siswadimintamendiskusikankembalisecaraberkelompokciri-ciripertanyaan yang baikuntukwawancara.Collaboration • Siswamenuliskanhasildiskusimereka di bukusiswa. Siswadimintamelihatkembalipertanyaan yang telahmerekasortirpadapertemuansebelumnya. • Siswadimintamembacadanmencermatiketerampilandansikap yangbaikdalammelakukanwawancara.Literasi • Siswaberlatihmelakukanwawancara.Critical Thinking and Problem Solving • Siswadimintamelakukanrefleksitentangtanaman yang merekatanamsebelumnya. • Selainitu, siswajugadimintamembuatjadwaluntukmelakukanperawatan.Creativity and Innovation • Siswamelakukanrefleksitentangpertumbuhandanperawatantumbuhanterhadaptanamantersebut. • Siswamenuliskanpenjelasanapakahtanaman yang ditanamdapattumbuhdenganbaik. • Siswamenuliskanapasaja yang sudahmerekalakukandenganbaikselamamerawattanamantersebutbesertapenjelasan.Literasi • Siswamenuliskanapa yang belumdapatdilakukandenganbaikbesertapenjelasan. • Siswamenuliskanapa yang dipelajariterkaitdenganhakdankewajibandalamkegiatanmenanamdanmerawattumbuhan.Nasionalis • Siswamenuliskanakibatdarimelalaikankewajibandalammerawattanaman yang kitatanam.Gotong Royong • Siswamempresentasikanrefleksimerekadalamkelompok. | 35 Menit X 30 JP |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab wacana bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya wacana pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukan evaluasi hasil belajar ¡ Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran) Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ BukuPedoman Guru Tema :Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Bola kecil (2 buah)
Mengetahui Kepala SDN 5 Rajamandala Wawan Setiawan, S.Pd. NIP. .................... | Rajamandala, 17 Juli 2017 Guru Kelas IV Nadya Nursalma, S.Pd. NIP. .................... |
Lampiran 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
§ Melakukan simulasi wawancara
§ Mendiskusikan hak dan kewajiban
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
MATERI
Bahasa Indonesia
SebelumMelakukanWawancara
1. Buatjanjidanmintakesediaannarasumberuntukdiwawancarai.
2. Tunjukkankesan yang baik, misalnyadatangtepatwaktu.
3. Berpakaiandengansopan.
4. Berbicaradanbersikapsopan.
5. Menyiapkandaftarpertanyaan yang sesuaidenganpokokpermasalahan.
6. Pertanyaan yang baikmengandungunsur ADIK SIMBA (Apa, Di mana,Kapan, Siapa, Mengapa, danBagaimana).
7. Berlatih semoga tidakselalumembacapertanyaan yang telahdisusun.
KetikaSedangMelakukanWawancara
1. Perkenalkandirisebelumwawancara.
2. Sampaikantujuanwawancara.
3. Mulaiwawancaradenganpertanyaan yang ringan.
4. Cairkansuasanadenganmenanyakantentangkegemarantokoh.
5. Jikasuasanasudahcair, baruhubungkandenganpersoalan yangmenjaditopikwawancara.
6. Sebutkannamanarasumbersecaralengkap.
7. Bawabukucatatan, alattulis, ataualatperekamsaatmelakukanwawancara.
8. Dengarkanpendapatdaninformasidarinarasumbersecarasaksama.
9. Hindarimenyela semoga keterangantidakterputus.
10. Hindarimintapengulanganjawabandarinarasumber.
11. Hindaripertanyaan yang berbelit-belit.
12. Hormatipetunjuknarasumber.
13. Hindaripertanyaan yang menyinggungdanmenyudutkannarasumber.
14. Mampumengambilkesimpulandantidaksemuajawabandicatat.
Setelah Melakukan Wawancara
1. Mohon diri.
2. Ucapkan terima kasih.
3. Sampaikan permohonan maaf bila selama wawancara ada hal yangkurang berkenan.
LAMPIRAN 2
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ................... | | | | | | | | | | | | |
2 | ................... | | | | | | | | | | | | |
3 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
4 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
5 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
Dst | …………….. | | | | | | | | | | | | |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. Bahasa Indonesia
Latihan wawancara dinilai dengan catatan anekdot.
2. PPKn
Lembar refleksi dinilai dengan daftar periksa
No | Kriteria | Ya | Tidak | Catatan |
1 | Saya menuliskan hal yang sudah saya lakukan dengan baik selama merawat tanaman tersebut beserta penjelasan. | | | |
2 | Saya menuliskan apa yang belum dapat saya lakukan dengan baik beserta penjelasan. | | | |
3 | Saya menuliskan apa yang saya pelajari terkait dengan hak dan kewajiban dalam kegiatan menanam dan merawat tumbuhan. | | | |
4 | Saya menuliskan akhir dari melalaikan kewajiban dalam merawat tumbuhan yang saya tanam. | | | |
Pengayaan
Siswa bisa berlatih melaksanakan wawancarasecara berpasangan sampai dirasa terampil.
Remedial
Siswa yang belum bisa melakukanwawancara sesuai dengan panduan yang terdapat di dalam buku siswadapat berlatih dengan panduan guru.
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 1 Pembelajaran 6"
Posting Komentar