iklan banner

Perbedaan Antara Atom Dan Molekul Beserta Contohnya

Perbedaan antara Atom dan Molekul Beserta Contohnya - Selamat sore teman , bertemu lagi nih sesudah empat hari kita belum sempat update pembahasan bahan sebab ada acara lain. Baiklah kini kita akan membahas wacana Perbedaan antara Atom dan Molekul Beserta Contohnya. Mari simak pembahasan dibawah ini.
Perbedaan antara Atom dan Molekul Beserta Contohnya Perbedaan antara Atom dan Molekul Beserta Contohnya
Google Image - Perbedaan antara Atom dan Molekul Beserta Contohnya

Pada zaman dahulu, orang-orang memikirkan dan menciptakan pernyataan wacana partikel materi. Pendapat pertama dikemukakan oleh Leucippus dan Democritus (500 SM - 400 SM), yang menyatakan bahwa bahan sanggup dibagi menjadi potongan yang lebih kecil hingga didapatkan potongan terkecil yang tidak sanggup dibagi lagi (diskontinu). Pendapat kedua oleh Aristoteles (384 SM - 332 SM), menyatakan bahwa bahan sanggup dibagi secara terus menerus menjadi potongan yang lebih kecil (kontinu).

Atom dan Molekul

Pemikiran Leucippus dan Democritus menghasilkan suatu pengertian bahwa partikel maerupakan potongan terkecil yang tidak sanggup dibagi lagi. Bagian terkecil inilah yang dikenal dengan nama atom. Atom berasal dari bahasa Yunani atomos (a = tidak dan tomos = terbagi).

Untuk membuktikannya coba kita potong coklat menjadi dua, kemudian potong lagi menjadi 2 bagian, terus menerus setiap potongan coklat. Potongan tersebut nanti akan menjadi semakin kecil bukan? hingga kita sendiri akan sulit untuk memotongnya lagi. Itu merupakan perumpamaan dari atom tidak sanggup dibagi lagi. Tetapi bersama-sama atom mempunyai ukuran yang lebih kecil lagi hingga susah terlihat kecuali dengan sumbangan alat khusus.

Pemikiran Leucippus dan Democritus tidak banyak diterima, melainkan pemikiran Aristoteles yang besar lengan berkuasa sangat lama. Sampai pada tahun 1803, spesialis ilmu Kimia dan Fisika berjulukan John Dalton mengajukan suatu teori wacana atom. Teori ini dikenal dengan Teori Atom Dalton. Isi teori tersebut ialah sebagai berikut:
  1. Materi tersusun atas partikel-partikel terkecil yang disebut atom.
  2. Setiap atom dalam suatu unsur mempunyai sifat dan massa yang sama. Atom-atom dari unsur yang berbeda mempunyai sifat-sifat dan massa yang berbeda juga.
  3. Molekul merupakan penggabungan dua atom atau lebih melalui ikatan kimia antar atom dengan perbandingan jumlah atom tertentu.
  4. Atom tidak sanggup diciptakan atau dimusnahkan.
  5. Atom suatu zat tidak sanggup diubah menjadi atom zat lain.

Nah itulah kelima Teori Atom Dalton yang diberikan, kini partikel bahan suatu unsur ialah atom, sedangkan partikel bahan suatu senyawa ialah molekul. Dibawah ini akan kita berikan beberapa teladan atom beserta rumus kimianya dan molekul beserta rumus kimianya. Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel-tabel berikut ini:

Tabel 1. Beberapa Unsur dan Rumus Kimianya
No
Nama Unsur
Rumus Kimia
1
Besi
Fe
2
Emas
Au
3
Tembaga
Cu
4
Aluminium
Al
5
Karbon
C
6
Argon
Ar

Unsur-unsur dari tebel diatas hanya mempunyai satu atorm. Oleh sebab itu, unsur-unsur tersebut digolongkan ke dalam unsur monoatomik. Unsur yang mempunyai satu atom biasanya disebut dengan atom, sedangkan bila unsur lebih dari satu maka disebut dengan molekul. Untuk lebih jelasnya sanggup dilihat tabel dibawah ini.

Tabel 2. Beberapa Unsur dan Rumus Kimianya
No
Nama Senyawa
Rumus Kimia
1
Asam klorida
HCl
2
Oksigen
O2
3
Air
H2O
4
Urea
CO(NH2)2
5
Karbon dioksida
CO2

Gabungan dua unsur atau lebih diatas merupakan senyawa / molekul. Materi berbentu senyawa menyerupai asam klorida, gas oksigen, air, pupk urea, dan gas karbon dioksida ialah contoh-contoh yang sanggup ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Molekul air  dengan rumus kimia H₂O terdiri atas atom-atom H dan O.

Contoh 1.
Materi yang mempunyai partikel terkecil berupa atom ialah ...
a. CO                               c. H₂
b. Co                               d. KI
Jawab

Jawaban yang paling sempurna yaitu yang b. Co (Kobalt).
sebab CO, H₂, dan KI merupakan adonan dari dua unsur yang disebut molekul.
Dimana    CO (Karbon monoksida) → adonan unsur C dan O
                 H₂ (gas Hidrogen) → adonan unsur H dan H
                 KI (Kalium Iodida) → adonan unsur K dan I

Contoh 2.
Materi yang mempunyai partikel terkecil berupa molekul ialah ...
a. CO                               c. C
b. Co                               d. Cr
Jawab

Jawaban yang paling sempurna yaitu yang a. CO (Karbon monoksida).
sebab Co, C, dan Cr merupakan unsur yang terdiri dari satu unsur yang disebut atom.
Dimana    Co → unsur Co (Kobalt)
                 C → unsur C (Karbon)
                 Cr → unsur Cr (Krom)

Perbedaan antara Atom dan Molekul Beserta Contohnya - Mungkin itu dulu pembahasan singkat wacana Atom dan Molekul. Semoga pembahasan singkat diatas sanggup bermanfaat bagi teman setia . Jika ada yang mau ditanyakan sanggup tinggalkan di kolom komentar dibawah ya. Untuk pembahasan Partikel Ion dan Molekul Unsur dan Senyawa sanggup ikuti update artikel disini ya. Terimakasih atas perhatiannya, See You.

Sumber http://www.sainsseru.com/

0 Response to "Perbedaan Antara Atom Dan Molekul Beserta Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel