iklan banner

5 Langkah Gampang Cara Tanam Cabai Hidroponik Bagi Pemula

Cara tanam cabai hidroponik – Belakangan ini harga cabai di Indonesia sangat tinggi, oleh alasannya ialah itu kebanyakan orang berlomba-lomba menanam cabai dengan banyak sekali teknik budidaya. Salah satu cara tanam cabai yang dibilang cukup efisien ialah memakai hidroponik. Namun, tidak semua orang yang menanam cabai dengan hidroponik bertujuan untuk menjualnya. Akan tetapi ada beberapa orang menanam tumbuhan cabai hidroponik dengan tujuan agar tidak perlu membeli cabai di pasar mengingat harga cabai yang melambung tinggi.


artikel hidroponik lainnya: Cara Bikin Tanaman Hidroponik Tomat Agar Tidak Rusak


Cara tanam cabai hidroponik cukup gampang untuk dipelajari dan dikerjakan. Terdapat beberapa langkah dalam cara tanam cabai hidroponik, diantaranya sebagai berikut.


Persiapan benih cabe


Benih tumbuhan cabai hidroponik sangat gampang didapat di toko-toko tumbuhan ataupun toko pertanian. Dalam cara tanam cabai hidroponik, cabai apa saja yang sanggup di hidroponikan dalam cara tanam cabai hidroponik? Cabe memang mempunyai banyak jenis menyerupai cabai rawit, cabai merah, cabai pelangi, cabai keriting dan sebagainya. Jenis cabai juga besar lengan berkuasa terhadap tingkat kepedasan dari buah cabai itu sendiri. Yang menarik dari cara tanam cabai hidroponik yaitu apapun jenis cabai yang Anda ditanam cara penanamannya tetap sama. Oleh lantaran itu Anda sanggup menentukan jenis cabai apapun sesuai selera Anda untuk ditanam dengan memakai hidroponik.


Penyemaian benih cabe


Penyemaian pada cara tanam cabai hidroponik serupa dengan penyemaian secara konvensional. Adapun langkah-langkah penyemaian benih cabai dalam cara tanam cabai hidroponik ialah sebagai berikut:



  • Rendam benih tumbuhan cabai hidroponik yang hendak disemaiakan, perendaman bertujuan agar sanggup mempercepat proses perkecambahan. Pilih benih yang karam dan buanglah benih yang mengambang.

  • Bungkus benih cabai dalam kain berair selama seharian, hal ini bertujuan agar benih cepat berkecambah. Apabila kecambah sudah mulai muncul segera lakukan penyemaian.

  • Penyemaian sanggup dilakukan pada tanah maupun media hidroponik menyerupai sekam bakar atau sabut kelapa.

  • Penyemaian sanggup Anda lakukan dengan cara ditaburkan kemudian disirami dengan sprayer agar tidak menenggelamkan benih cabai tersebut. Taburi benih dengan tanah halus atau media hidroponik lainnya hingga tertutupi.

  • Pastikan persemaian ini tidak menerima sinar matahari secara langsung. Anda sanggup menutupnya atau menyebarkan atap paranet diatas persemaian tersebut.

  • Lakukan penyiraman setiap pagi hari hingga bibit tumbuh dan siap dipindah tanamkan. Jangan terlalu banyak air ketika menyirami, alasannya ialah bibit yang gres tumbuh masih sangat rentan terjadi pembusukan apabila terlalu banyak menerima asupan air.


Transplanting atau pemindahan bibit cabe


Transplanting merupakan suatu proses cara tanam cabai hidroponik yaitu pemindahan bibit dari media penyemaian menuju media yang dipakai untuk pertumbuhan tanaman. Dalam cara tanam cabai hidroponik Anda harus menunggu daun semu hingga menjadi daun sejati barulah sanggup dipindahkan ke media tanam yang hidroponik. Hal ini dimaksudkan agar perakaran tumbuhan budidaya cabai hidroponik Anda sudah cukup kuat dan tumbuhan cabai tidak gampang layu.


 Belakangan ini harga cabai di Indonesia sangat tinggi 5 Langkah Praktis Cara Tanam Cabe Hidroponik Bagi Pemula
Proses pindah tanam cabai hidroponik

Media tanam cabe


Jika bibit sudah siap untuk dipindah tanamkan, maka persiapkan media tanam untuk pertumbuhan cabe. Siapkan wadah berupa pot atau polibag dan sebagainya. Kemudian isilah dengan memakai media yang porous. Misal, sekam bakar yang telah dicampur dengan hidroton, zeloit, cuilan kerikil, cuilan genting, atau hanya sekam saja juga sudah cukup. Sedangkan untuk cara tanam cabai hidroponik, Anda sanggup memakai sistem wick, deep water culture, polybag atau sistem pot yang penyiramannya dilakukan setiap hari.


Untuk penyemprotan pada budidaya cabai hidroponik sanggup Anda lakukan dengan memakai pupuk daun. Pupuk daun mempunyai kegunaan untuk memenuhi kebutuhan unsur hara mikro pada tumbuhan cabe. Penyemprotan sanggup dilakukan setiap seminggu sekali. Jika tumbuhan telah memasuki fase generatif, lakukan penyemprotan dengan memakai pupuk buah. Berikut beberapa pupuk buah yang sanggup Anda gunakan  contohnya gandasil A/B, baifolan, POC, growmore, supergrow atau nasa.


artikel hidroponik: Cara Menanam Hidroponik Sawi, Baca Di Sini


Pemberian nutrisi cabe


Faktor utama yang sangat besar lengan berkuasa dalam cara tanam cabai hidroponik ialah pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman. Nutrisi yang diharapkan oleh tumbuhan cabai hidroponik yaitu nutrisi berupa Nitrogen, Fosfor, Kalium (NPK). Akan tetapi kalau komposisinya kurang sempurna maka akan berdampak pada tanaman. Misal kalau kelebihan nitrogen maka tumbuhan sanggup mengalami kemandulan atau tidak berbuah. Namun kalau kekurang nitrogen, tumbuhan akan gampang layu dan ahirnya akan mati.


Bagi Anda yang belum terbiasa bertanam cabai atau kurang mengerti wacana ilmu pertanian, mungkin bertanam cabai hidroponik akan terasa sulit. Namun Anda tidak perlu khawatir, alasannya ialah ketika ini sudah ada nutrisi hidroponik untuk sayuran buah untuk banyak sekali tumbuhan buah menyerupai cabe, tomat, ketimun, semangka, melon dan sebagainya. Nutrisi hidroponik ini di desain khusus untuk tumbuhan buah sehingga tumbuhan cabai sanggup tumbuh dengan baik.


Lakukan pengecekan secara rutin pada masa pertumbuhan, hal ini dilakukan untuk menjaga kebutuhan nutrisi agar tetap terpenuhi. Selain itu pengecekan dilakukan agar tumbuhan cabai tetap terbebas dari serangan hama dan penyakit. Pastikan ketersediaan larutan nutrisi pada tumbuhan cabai tidak hingga habis atau mengering. Apabila nutrisi hidroponik sudah mulai menipis, segera lakukan pengisian kembali.


Kesehatan tumbuhan juga perlu diperhatikan agar terbebas dari banyak sekali hama dan penyakit. Hama dan Penyakit yang lazim menyerang tumbuhan cabai ialah tungau, amis daun, antraknosa, kutu daun, ulat dan sebagainya. apabila tumbuhan sudah mulai terjangkit cukup parah maka segera buang bab tumbuhan yang terjangkit agar tidak cepat menyebar.


 Belakangan ini harga cabai di Indonesia sangat tinggi 5 Langkah Praktis Cara Tanam Cabe Hidroponik Bagi Pemula
Sistem hidroponik sederhana – cara tanam cabai hidroponik

Dengan perawan yang baik maka pertumbuhan tumbuhan juga akan baik, dan kesudahannya pun akan baik. Tanaman budidaya cabai hidroponik Anda sanggup berbuah dan sanggup dipanen sehabis menginjak 2-3 bulan sehabis tanam.


Peluang perjuangan hidroponik: Wow, Peluang Usaha Hidroponik Raih Keuntungan 50 Juta / bulan


sumber gambar: kingbain, kampoengilmu




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "5 Langkah Gampang Cara Tanam Cabai Hidroponik Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel