iklan banner

Inilah Beberapa Tips Cara Menciptakan Aquaponik Sederhana

Melanjutkan dari artikel sebelumnya yaitu model-model sistem aquaponik. Pada artikel kali ini Anda akan memdapatkan pengetahuan tentang cara menciptakan aquaponik yang sanggup di gunakan untuk menanam sayuran. Sistem ini dalam dunia pertanian dikenal dengan istilah Vertiminaponik.


Tahukah Anda menyerupai apa itu sistem aquaponik bertingkat atau Vertiminaponik itu?. Mungkin Anda sering mendengar istilah hidroponik atau istilah aquaponik dan mungkin Anda juga pernah mendengar atau tahu perihal sistem vertikultur. Sistem Vertiminaponik merupakan perpaduan dari semua sistem tersebut, yaitu Hidroponik + Aquaponik + vertikultur = Vertimiaponik.


Melanjutkan dari artikel sebelumnya yaitu  Inilah Beberapa Tips Cara Membuat Aquaponik Sederhana
Cara menciptakan aquaponik-Sistem sederhana vertiminaponik

Sistem aquaponik bertingkat atau Vertiminaponik merupakan suatu terobosan gres di dunia pertanian modern. Sistem ini sanggup memanfaat lahan yang sempit, sanggup menanam tumbuhan tanpa tanah dan juga tanpa nutrisi A, B mix (nutrisi buatan) dan sekaligus multifungsi, yaitu Anda sanggup memelihara ikan pula. Bagaima cara menciptakan aquaponik, berikut kami akan mengupas selengkapnya untuk Anda ketahui.


Tips Cara Membuat Aquaponik


Cara menciptakan aquaponik bergotong-royong tidaklah begitu sulit, alasannya pada prinsipnya cara membuat aquaponik yaitu mengatur sirkulasi nutrisi dari bak menuju media yang dipakai untuk menanam sayuran.


Langkah pertama cara menciptakan aquaponik yaitu Anda harus mempunyai bak ikan. Untuk ukuran sanggup disesuaikan, yang terpenting bisa dialirkan pada media tanam. Setelah itu buatlah instalasi dengan memakai pipa paralon untuk mengalirkan air dari dasar bak menuju media tanam. Tentunya Anda juga membutuhkan yang namanya mesin pompa aquarium untuk mendorong air bisa mengalir.


Untuk lebih detailnya berikut ini cara menciptakan aquaponik sederhana dengan memakai sistem pengaliran Deep Flow Technique (DFT). Sebagai contoh cara menciptakan aquaponik model DFT dengan ukuran bak 1 x 2 meter yang sanggup Anda buat:



  • Pada bab instalasi paling atas terdapat 10 pipa paralon dengan diameter 2,5 inci, dengan lubang tanam sebanyak 12 lubang per pipa paralon.

  • Pada bab tengah juga sama yaitu 10 pipa paralon dengan diameter 2,5 inci dan lubang tanam juga 12 lubang per pipa paralon

  • Jarak dari instalasi bab atas dengan bab tengah yaitu kurang lebih 60 cm, dengan tujuan supaya tumbuhan kecukupan sinar matahari.

  • Pada bab bibir bak sanggup diberi pot yang terhubung dengan pipa pembuangan dari instalasi tengah dengan sistem fatwa atas


Sistem fatwa air pada instalasi sederhana sebagai berikut:



  • Air dari bak di pompa menuju instalasi DFT pada bab atas

  • Kemudian dialirkan menuju ke instalasi pada bab tengah

  • Kemudian di salurkan ke pot pada bibir bak dengan sistem fatwa atas

  • Terakhir dari pot tersebut di buang kembali kekolam penampungan yang berisi ikan.


Untuk perhitungan biaya ketika memakai instalasi aquaponik dengan model instalasi bertingkat yaitu sebagai berikut:



  • Dengan ukuran 1 x 2 meter sanggup menanam sayuran sebanyak 240 sampai 260 lubang tanam dibandingkan dengan instalasi aquaponik model lain yang hanya bisa menanam maksimal 120 lubang tanam jikalau dengan ukuran bak yang sama.

  • Dengan ukuran 1 x 2 meter sanggup menampung ikan sebanyak 500 ekor ikan sehingga sanggup menunjukkan laba komplemen selain laba dari tanaman.

  • Biaya yang di butuhkan untuk pembuatan instalasi ini memang relatif lebih mahal dibandingkan dengan instalasi aquaponik model lainnya. Instalasi aquaponik bertingkat membutuhkan biaya pembuatan sekitar Rp 9 sampai 10 juta namun mempunyai umur ekonomi sampai 10 tahun.


Pada model aquaponik bertingkat Anda sanggup menambahkan satu sistem instalasi lagi yaitu rakit apung. Pada sistem rakit apung mempunyai cara kerja yang cukup unik yaitu penanaman sayuran di atas permukaan air pada kolam. Pada sistem ini akar pada tumbuhan atau sayuran akan terapung ataupun terendam pada bak penampungan.


Untuk jumlah populasi tumbuhan pada sistem ini maksimal 80% luasnya dari keseluruhan luas permukaan bak penampungan. Mengapa demikian?, hal ini dikarenakan akar tumbuhan juga membutuhkan oksigen dan apabila ditutup semua permukaan airnya maka udara tidak sanggup masuk kedalam bak dan satu hal lagi bak tersebut juga dipakai untuk memelihara ikan, jikalau di tutup secara keseluruhan maka ikan di dalam bak akan kehabisan oksigen dan alhasil akan mati. Misal bak ikan yang Anda punyai yaitu bak lele, bagaimana cara menciptakan sistem aquaponiknya? baca tips dan cara menciptakan aquaponik lele lengkap di sini.


Dengan ukuran bak 1 x 2 meter maka anda cukup dengan memakai styrofoam yang tebalnya 3 cm untuk media pengapungnya. Ukuran 1 x 1 meter dengan lubang tanam sebanyak 25 lubang tanam. Dengan ini menandakan bahwa tumbuhan yang sanggup ditanam pada instalai aquaponik bertingkat mencapai angka 265 sampai 285 lubang tanam untuk ukuran bak 1 x 2 meter. Bagaimana jikalau anda memakai sistem ini untuk berbisnis?.


Melanjutkan dari artikel sebelumnya yaitu  Inilah Beberapa Tips Cara Membuat Aquaponik Sederhana
Cara menciptakan aquaponik- sistem rakit apung

Bagi Anda yang mempunyai lahan yang luas maka Anda sanggup memakai model sistem instalasi aquaponik bertingkat. Apa lagi bagi anda yang mempunyai niat untuk berbisnis budidaya tumbuhan organik, sistem instalasi aquaponik bertingkat yaitu solusi terbaik. Karena selain anda sanggup laba dari tumbuhan organik yang di tanam pada sistem ini, Anda juga sanggup laba dari memelihara ikan didalam bak penampungan air yang ada di dalam sistem tersebut.


Demikianlah artikel cara menciptakan aquaponik ini dibentuk untuk menambah wawasan Anda dalam dunia pertanian modern dan agar menunjukkan ilham – ilham dalam membuka peluang perjuangan di dunia pertanian di masa globalisasi menyerupai ketika ini. 


sumber gambar: gogreen,ayobertanammandiri,mamanabe




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Inilah Beberapa Tips Cara Menciptakan Aquaponik Sederhana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel