iklan banner

Manfaat Pupuk Npk Mutiara Dan Cara Menggunakan

Pupuk NPK Mutiara – Banyaknya jenis pupuk yang hadir di pasaran seakan bisa melengkapi kebutuhan para petani. Berbagai macam manfaat yang di hadirkan oleh setiap pupuk ini memang bisa menarik minat para petani untuk membelinya.


Dulunya banyak petani yang masih memanfaatkan pupuk organik untuk tumbuhan mereka. Selain bisa menghemat biaya pengeluaran ternyata pupuk tersebut juga bisa dengan gampang anda buat sendiri. Bahannya saja gampang anda temukan di sekitar anda lantaran berasal dari banyak sekali macam limbah yang ada di sekitar anda.


Kini para petani pun mulai beralih dengan pupuk anorganik yang ketika ini telah hadir dengan banyak sekali macam pilihannya. Salah satunya yakni pupuk NPK Mutiara.


Pupuk yang satu ini merupakan salah satu jenis pupuk majemuk yang mana mempunyai kandungan sedikitnya 5 unsur hara makro maupun mikro  yang penting untuk pertumbuhan tanaman. Sebetulnya pupuk NPK Mutiara ini telah hadir dalam bentuk butiran granul dengan warna biru agak pudar bahkan biasanya di kemas dalam plastik.


 Banyaknya jenis pupuk yang hadir di pasaran seakan bisa melengkapi kebutuhan para petani Manfaat Pupuk NPK Mutiara dan Cara Menggunakan
Pupuk NPK Mutiara

Proses Pembuatan Pupuk NPK Mutiara


Proses pembuatan pupuk NPK Mutiara ini biasanya memakai proses Odda yakni pelarutan sebuah batuan fosfat dengan memakai asam nitrat. Bahkan hingga ketika ini pupuk tersebut masih saja diimpor dari negara Norwegia lantaran dari segi harganya maish tergolong mahal yakni Rp 25.000 rupiah untuk per 900 gramnya.


Meskipun harganya mahal namun pupuk ini masih saja terbilang laku di pasaran di karenakan keuntungannya memang sangat manis untuk pertumbuhan tanaman. Sampai ketika ini pupuk NPK Mutiara ini masih aja menjadi primadona di kalangan para petani. Terlebih untuk mereka yang memelihara tumbuhan holtikultura sayur-sayuran maupun buah sekalipun.


Simak juga yuk: Pupuk ZA: Kandungan, Manfaat dan Cara Penggunaan


Pupuk tersebut di nilai manis untuk menunjang pertumbuhan tumbuhan supaya bisa menghasilkan buah dalam waktu yang lebih cepat bahkan untuk tumbuhan sayuran bisa menciptakan daunnya terlihat lebih segar lagi. Bahkan dari batangnya juga lebih hijau dengan perakaran yang kokoh sehingga buah maupun bunganya nanti tidak bakalan gampang rontok.


Jenis pupuk NPK Mutiara ini ternyata sudah di komersialkan untuk mereka para petani yang ada di Indonesia. Hanya saja untuk penggunaannya tentu saja harus di sesuaikan dengan mekanisme yang tepat. Jangan hingga tunjangan pupuk NPK Mutiara ini melebihi dosisnya.


Penggunaan pupuk NPK Mutiara ini biasanya bisa anda lakukan dengan dua cara yakni dengan di tebarkan secara pribadi pada pusat tumbuh tumbuhan tanpa perlu anda encerkan. Bahkan bisa juga dengan mengencerkan terlebih dahulu gres kemudian anda berikan pada tanaman. Supaya anda tidak merasa resah lagi dengan penggunaan pupuk NPK Mutiara dalam bentuk padat maupun cair, sebaiknya anda perhatikan bermacam-macam informasinya di bawah ini.


Kandungan Nutrisi di dalam Pupuk NPK Mutiara


Para petani menjadi pupuk NPK Mutiara sebagai pilihan bukan tanpa alasan. Pupuk anorganik yang bersifat beragam (mengandung lebih dari satu unsur) ini mempunyai bentuk atau kenampakan berupa granul (butiran) dan berwarna biru.


Adapun kandungan nutrisi di dalamnya berupa 16 % N (Nitrogen), 16 % P2O5 (Phospate), 16 % K2O (Kalium), 0,5 % MgO (Magnesium), 6 % CaO (Kalsium) dan kerena banyak kandungan unsur dalam jenis pupuk ini populer dengan istilah pupuk NPK 16-16-16.


Penggunaan Pupuk NPK Mutiara Cair


Ketika anda memutuskan untuk memakai pupuk NPK Mutiara dalam bentuk cair. Alangkah baiknya anda mengetahui banyak sekali macam tahapan pembuatannya sekaligus cara mengaplikasikannya pada tanaman. Cara penggunaan pupuk tersebut yakni dengan mengencerkan 2 liter larutan pupuk cair yang telah di buat.


Caranya dengan memasukkan dua liter NPK Cair ke dalam 8 liter air. Kemudian aduklah hingga merata gres kemudian anda bisa menyiramkan sempurna pada bab akar tanaman. Sedangkan untuk takaran takaran pertanaman bisa anda berikan 200 ml pupuk cair.


Penggunaan PNPK Mutiara Padat


Ternyata untuk pupuk NPK Mutiara yang hadir dalam bentuk padat ini bisa anda sebarkan secara pribadi pada tumbuhan sayur maupun buah yang anda miliki. Khusus untuk tumbuhan buah yang berbatang pendek ibarat halnya jagung, mentimun, tomat, semangka perlu di beri pupuk dengan takaran sekitar 0,1 kg saja.


Pemberian pupuk pun bisa anda lakukan ketika tanamannya berusia di atas rata-rata sekitar satu bulan keatas. Sedangkan untuk tumbuhan buah yang berkayu ibarat jeruk manis, durian, mangga maupun alpukat tunjangan pupuknya bisa dengan memakai takaran sekitar 1 kg untuk setiap tanamannya. Pemberian pupuk pun bisa anda lakukan dalam waktu 2 bulan sekali.


Dosis penggunaan pupuk NPK Mutiara yang ada pada tumbuhan sayur mayur bias dengan takaran 2 genggam kemudian di sebarkan secara acak di semua penjuru tanah di mana tumbuhan tersebut tumbuh. Dengan memperhatikan takaran maupun takaran tunjangan pupuk yang sempurna tentunya tumbuhan yang anda kelola bisa tumbuh dengan subur bahkan bisa menunjukkan hasil panen yang melimpah.


Meskipun dari segi harganya tergolong mahal namun para petani percaya bahwa pupuk tersebut bisa menciptakan tumbuhan mereka lebih berkualitas. Pemberian pupuk dengan takaran takaran yang sempurna pun bisa menciptakan tumbuhan semakin subur. Kaprikornus sebaiknya anda perhatikan takaran tunjangan pupuk NPK Mutiara ini yang sempurna untuk tumbuhan anda.


Artikel terkait: Jenis Pupuk Kompos dan Cara Panduan Membuatnya


Kelebihan Pupuk NPK Mutiara


Kandungan dari pupuk NPK Mutiara ini bergotong-royong terdiri dari 16% Phospate, 16% Nitrogen, 6% kalsium, 16% Kalium bahkan juga 0,5% Magnesium. Dengan banyak sekali macam kandungannya ini, masuk akal saja jikalau pupuk tersebut sangat manis untuk pertumbuhan tanaman.


Dengan tunjangan pupuk sesuai dengan takaran takaran yang sempurna maka pertumbuhan tumbuhan pun juga bakalan semakin cepat. Itulah mengapa hingga ketika ini banyak sekali petani yang menentukan memakai pupuk NPK Mutiara ini. Dari segi keuntungannya juga banyak sekali untuk tanaman.


Kini ada banyak sekali keunggulan yang di miliki oleh Pupuk NPK Mutiara ini hingga bisa di jadikan pilihan banyak petani. Inilah bermacam-macam keunggulan yang perlu anda ketahui, di antaranya:



  • Mempunyai kandungan unsur hara mikro CaO maupun MgO yang penting sekali untuk pertumbuhan tanaman.

  • Proses pembuatannya melalui proses Odda sehingga lebih cepat bereaksi pada tanaman.

  • Mampu menjaga suatu keseimbangan unsur hara mikro maupun makro pada tanah.

  • Dengan proses pengaplikasiannya cukup gampang sehingga biaya pemupukan juga terbilang lebih kecil.


Dengan bermacam-macam keunggulannya ini, masuk akal saja jikalau pupuk tersebut masih menjadi idola bagi para petani. Mereka beranggapan bahwa pupuk tersebut memang manis sekali untuk pertumbuhan tumbuhan entah itu sayur-mayur maupun buah.


Sebetulnya penggunaan dari pupuk NPK mutiara ini bukan hanya terbatas pada tumbuhan pangan, holtikultura maupun perkebunan melainkan juga bisa di aplikasikan pada tumbuhan yang lainnya. Biasanya untuk tumbuhan perkebunan bisa anda aplikasikan dengan cara menaburkan sebanyak satu sendok teh saja pada tanah sekitar akar tanaman.


Sedangkan untuk tumbuhan holtikultura tentu saja bisa anda lakukan dengan mengencerkan terlebih dahulu gres kemudian anda kocorkan pada tumbuhan anda.


Memang proses penggunaan pupuk NPK Mutiara ini gampang sekali untuk di pahami. Terlebih bagi anda yang sudah usang berprofesi sebagai petani tentu saja sudah paham akan hal tersebut. Meskipun dari segi harganya tergolong mahal namun para petani masih saja mencari pupuk NPK Mutiara ini.


Baca juga yuk: Jenis Pupuk Hantu dan Cara Pemakaiannya Pada Tanaman


Manfaat Pupuk NPK Mutiara untuk Tanaman


Kira-kira apa saja manfaat pupuk NPK Mutiara ini? Berikut ini beberapa diantaranya:



  • Pupuk NPK Mutiara ini bermanfaat untuk mempercepat, memperbanyak, memperkuat, serta memperpanjang akar tanaman. Jadi, akar bisa dengan gampang menyerap hara pada tanah.

  • Manfaat pupuk NPK Mutiara yang kedua ialah sanggup mencegah tumbuhan semoga tidak kerdil.

  • Selanjutnya, pupuk ini juga sanggup mempercepat pertumbuhan tunas pada tanaman.

  • Berikutnya, pupuk ini juga sanggup memperkecil kemungkinan tumbuhan mengalami kerontokan bunga dan juga buah, sehingga sanggup meningkatkan hasil pertanian.

  • Pupuk ini juga bisa meningkatkan proses fotosintesis tumbuhan sehingga pembentukan zat gula, tepung dan protein lebih meningkat.

  • Terakhir, pupuk NPK Mutiara juga sanggup meningkatkan produksi buah.


****


Jadi tidak heran kenapa banyak petani masih memakai pupuk ini sebagai pilihan, lantaran memang banyak manfaat yang akan dirasakan secara pribadi oleh tumbuhan jikalau kitam mengaplikasikannya.


Demikianlah sedikit ulasan mengenai pupuk NPK Mutiara dari kami. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi rujukan untuk anda yang ingin mencari pupuk terbaik untuk tumbuhan anda. Jangan lewatkan juga: Cara Membuat & Takaran Menggunakan Pupuk Organik Cair



Sumber https://sentrabudidaya.com

0 Response to "Manfaat Pupuk Npk Mutiara Dan Cara Menggunakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel