iklan banner

Ini Ia Peluang Bisnis Nan Enak Dari Budidaya Patin

Bisnis budidaya ikan konsumsi sangatlah menjanjikan. Selama ini bisnis ikan konsumsi yang paling banyak diminati yaitu budidaya ikan nila, budidaya ikan gurame, budidaya lele dan budidaya ikan bawal. Prospek budidaya ikan – ikan tersebut sangatlah menjanjikan. Satu lagi budidaya ikan konsumsi yang sanggup Anda jadikan peluang perjuangan yaitu budidaya patin. Saat ini ikan patin sudah menjadi salah satu komoditas unggulan di bidang perikanan. Ikan air tawar dengan ciri warna putih keabu – abuan ini mempunyai cita rasa yang khas serta mengandung protein yang cukup tinggi. Selain itu ikan patin juga mempunyai kadar kolesterol yang sangat rendah, sehingga ikan patin banyak dijadikan pilihan untuk dikonsumsi sebab sangat kondusif bagi kesehatan. Sebelum melanjutkan membaca artikel ini, baca dulu perihal tips budidaya ikan patin ini. Sudah Anda baca? yuk, dilanjut lagi membaca artikel ini.


Konsumen Ikan Patin


Ikan patin sangat digemari oleh khalayak ramai. Hal ini dikarenakan tekstur dagingnya yang khas dan rasanya yang nikmat menimbulkan ikan ini digemari oleh masyarakat. Ikan patin ini biasanya dikonsumsi ketika masih segar atau pun sanggup juga diolah menjadi filet.


Info Bisnis Budidaya Ikan Patin


Pelaku bisnis banyak menentukan budidaya patin sebab masa peliharaan dari ikan jenis ini lebih cepat jikalau dibandingkan dengan budidaya ikan lainnya. Sehingga biaya produksinya tidak terlalu tinggi. Kebutuhan pakan pada budidaya ikan patin juga terbilang cukup mudah. Untuk burayak ikan patin Anda sanggup menunjukkan pakan artemia. Sedangkan untuk ikan dengan ukuran yang lebih besar pinjaman pakan sanggup memakai cacing sutera.


Bisnis budidaya ikan konsumsi sangatlah menjanjikan Ini Dia Peluang Bisnis Nan Lezat Dari Budidaya Patin
Kolam budidaya patin

Untuk meningkatkan gizi dari indukan ikan patin, Anda sanggup menambahkan pakan berupa daging keong yang dicampurkan dengan vitamin E dan sedikit minyak jagung.  Keong yaitu salah satu pakan alternatif bagi budidaya patin Anda, terutama pada bulan – bulan paceklik pakan. Campuran pakan diatas sanggup berfungsi untuk merangsang indukan ikan patin biar cepat bertelur.


Proses budidaya patin juga sanggup Anda lakukan dengan proses reproduksi buatan. Caranya yaitu dengan mencampur telur dari ikan patin betina dan sperma indukan ikan patin jantan. Adapun beberapa langkah mengenai gosip proses reproduksi buatan pada budidaya patin yaitu sebagai berikut:



  • Sebelum Anda memijahkan ikan patin, alangkah baiknya jikalau Anda mengetahui lebih dahulu masa subur dari ikan patin tersebut. Tanda – tanda subur dari ikan patin betina yaitu perutnya yang mulai membesar dan bila diraba akan terasa lembut dan empuk, anus ikan berwarna merah dan jikalau ditekan akan mengeluarkan butiran telur yang berwarna putih. Sedangkan untuk ikan patin jantan siap kawin cirinya berat badannya sudah mencapai seekitar 1,5 – 2 kg, alat kelaminnya berwarna merah renta dan jikalau diurut akan mengeluarkan sperma yang berwarna putih.

  • Awali langkah reproduksi buatan dengan mengeluarkan sperma dan telur ikan patin dengan cara perut ikan diurut.

  • Lalu langkah selanjutnya mencampur larutan sperma dan telur. Campur hingga merata.

  • Setelah itu adonan sperma dan telur disebar secara merata dalam aquarium inkubasi. Lengkapi aquarium inkubasi dengan heater dan jaga suhu air sekitar 2,75 hingga 28 derajat celcius.

  • Dalam 15 hari telur – telur akan menetas. Persentase telur yang menetas biasanya antara 90% hingga 100 %. Pada usia 1 – 2 ahad terjadi peroide kanibalisme dan persentase bibit yang akan bertahan hidup berkisar antara 70% hingga 75%.


Keuntungan Bisnis Budidaya Patin


Perawatan budidaya ikan patin lebih gampang dilakukan jikalau dibandingkan dengan budidaya ikan lele. Bahkan pakan yang dipakai untuk budidaya patin sanggup memakai atau memanfaatkan limbah rumah tangga yang tidak mengandung minyak. Keuntungan lainnya yaitu ikan patin sanggup berporduksi cukup tinggi. Satu ekor induk yang subur sanggup menghasilkan telur 200.000 butir setiap 6 bulan sekali.


Ikan patin kualitas lokal mempunyai keuntungan tersendiri dibandingkan dengan ikan patin impor dari Vietnam. Keunggulan ikan patin lokal yaitu kandungan airnya lebih rendah yaitu sekitar 10% sedangkan ikan patin Vietnam kandungan airnya hingga 40%. Sehingga jikalau telah diolah bobot ikan patin Vietnam akan mengalami penyusutan yang sangat drastis.


Kekurangan Bisnis Budidaya Patin


Dalam menjalankan bisnis budidaya patin yang kerap menjadi hambatan yaitu munculnya basil dan jamur yang sanggup menurunkan kualitas ikan patin. Untuk mencegah menyebarnya basil dan jamur biasanya para petani ikan menjaga sanitasi air dan mengurangi pinjaman pakan yang terlalu berlebihan. Suhu kolam yang terlalu hambar juga kuat jelek terhadap perkembangan telur ikan patin. Untuk mencegahnya Anda sanggup memakai heater atau menyimpan aquarium inkubasi di dalam ruangan dengan suhu yang stabil.


Kendala lainnya yaitu ketersediaan pakan bagi ikan yang sudah cukup besar. Pakan yang dimaksud disini yaitu cacing sutera. Ketersediaan cacing sutera biasanya menjadi hambatan yang cukup merisaukan, apalagi jikalau di tempat Anda masih jarang petani yang membudidaya jenis cacing ini. Sehingga Anda hanya menngandalkan pasokan cacing sutera dari alam saja yang kadang tidak mencukupi. Untuk mengatasinya adakala petani ikan patin menggantinya dengan pakan limbah peternakan yang berupa usus ayam.


Strategi Pemasaran Hasil Budidaya Patin


Strategi pemasarasan yang sanggup Anda lakukan dalam budidaya patin yaitu dengan membedakan sasaran pasarnya. Pemasaran ikan patin dilakukan dengan menjual ikan patin menurut umurnya. Misal umur ikan patin 20 hingga 50 hari sanggup Anda jual pada pemasok benih. Sedangkan untuk keperluan konsumsi umur ikan patin yang sanggup Anda jual berkisar 7 bulan dan untuk kebutuhan indukan maka umur ikan patin yang sanggup Anda jual sekitar 2 tahun. Dengan membedakan sasaran pasar masing – masing maka seni administrasi pasar yang Anda jalankan akan sangat efektif sebab sanggup menjangkau tiga kalangan sekaligus.


Promosi yang sanggup Anda jalankan sanggup melalui dari ekspresi – kemulut sehingga gosip mengenai bisnis budidaya patin Anda keberadaanya sanggup tersebar luas. Langkah untuk menjangkau konsumen ikan patin usia konsumsi yaitu Anda sanggup menjalin kerjasama dengan pedagang ikan segar di pasar dan pelaku bisnis kuliner.


Bisnis budidaya ikan konsumsi sangatlah menjanjikan Ini Dia Peluang Bisnis Nan Lezat Dari Budidaya Patin
Panen bisnis ikan patin

Kunci Sukes Budidaya Patin


Tips untuk para pemula di budidaya ikan patin ini yaitu sebaiknya Anda menentukan perjuangan penjualan ikan patin untuk kebutuhan bibit saja, sebab resiko kegagalan yang sanggup Anda alami lebih kecil dan biaya produksi sanggup lebih Anda tekan sekecil – kecilnya. Selain itu penjualan kebutuhan bibit ikan patin perputaran labanya lebih cepat jikalau dibandingkan dengan budidaya patin indukan maupun konsumsi. Untuk lebih memberi citra lagi perihal pembenihan pada budidaya patin Anda sanggup membacanya dengan klik di sini


sumber gambar: koombis,seputarpertanian


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Ini Ia Peluang Bisnis Nan Enak Dari Budidaya Patin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel