iklan banner

√ Ini Ia Cara Mengupas Kacang Tanah Dengan Gampang Dan Cepat

Kacang tanah ialah materi kuliner yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Kacang tanah ini bisa dipakai sebagai embel-embel kuliner lain, menyerupai dijadikan saus kacang atau diolah secara pribadi menjadi kacang goreng yang yummy dan gurih.


Menjelang lebaran, biasanya penjualan kacang tanah meningkat alasannya banyak ibu-ibu yang memburunya. Kacang-kacang ini ada yang sudah siap digoreng atau yang masih mentah. Yang pasti, pekerjaan mengupas kulit kacang tanah yang mentah sering dilakukan oleh anggota keluarga lainnya. Jadi, sembari menunggu buka puasa tiba, kita bisa membantu ibu menciptakan cemilan yang lezat.


Kacang tanah juga sangat terkenal untuk dijadikan saus banyak sekali macam kuliner menyerupai gado-gado dan ketoprak. Biasanya, pedagang makanan-makanan tersebut menciptakan saus kacangnya dengan cara diulek, sehingga menghasilkan tekstur saus yang tidak terlalu lembut dan sangat enak di lidah.


Sejarah Singkat Kacang Tanah


Kacang tanah ialah materi kuliner yang sering kita temui dalam kehidupan sehari √ Ini Dia Cara Mengupas Kacang Tanah dengan Praktis dan Cepat

* sumber: www.pexels.com


Kacang tanah ialah jenis tanaman polong-polongan yang berasal dari negara Brazil di Amerika Latin. Pecinta olahraga sepakbola niscaya tahu letak negara ini di mana. Tanaman ini tumbuh secara perdu dengan tinggi sekitar 30 cm sampai 50 cm.


Tanaman ini dibawa ke Indonesia kira-kira pada era ke 17 oleh para pedagang dari daratan Eropa (Spanyol dan Portugis) dan dari Tiongkok. Saat ini, kacang tanah sudah menyebar ke seluruh dunia dan dibudidayakan terutama di daerah tropis dan subtropis termasuk Indonesia.


Walaupun bukan tanaman orisinil negeri kita tercinta, namun dikala ini kacang tanah sudah bisa dibilang menyatu dengan masakan Indonesia. Bahkan, dikala lebaran tiba, kacang tanah goreng sering terlihat dalam toples-toples di banyak rumah warga.


Kandungan Nutrisi Kacang Tanah


Kacang tanah ialah materi kuliner yang sering kita temui dalam kehidupan sehari √ Ini Dia Cara Mengupas Kacang Tanah dengan Praktis dan Cepat

* sumber: www.flickr.com


Alam sudah menyediakan banyak sekali materi kuliner bagi insan dan makhluk lainnya. Salah satu cara kita mensyukuri nikmat Tuhan yang sangat besar ini ialah dengan menjaga dan merawat alam di sekitar kita. Salah satu hasil alam yang sangat bermanfaat itu ialah kacang tanah.


Kacang tanah ini ialah salah satu kuliner bergizi tinggi. Dalam 100 gram kacang tanah, kau sanggup menemukan banyak sekali kandungan protein, vitamin (vit C, vit E, dan lain-lain), dan mineral (seperti kalsium, magnesium, zinc, dan lain-lain). Selain itu, kacang tanah juga mengandung karbohidrat dan juga lemak.


Untuk melihat daftar lengkap kandungan nutrisi dalam kacang tanah, kau bisa melihatnya di situs Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA). Klik di sini untuk menuju situs tersebut.


Manfaat Kacang Tanah


Kacang tanah ialah materi kuliner yang sering kita temui dalam kehidupan sehari √ Ini Dia Cara Mengupas Kacang Tanah dengan Praktis dan Cepat

* sumber: pixabay.com


Kacang tanah ini ialah salah satu jenis kuliner yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, menyerupai vitamin E, magnesium, lemak tak jenuh tunggal, serat, dan lain-lainnya sanggup membantu mengurangi risiko penyakit jantung.


Bagi kau yang suka ngemil tapi ingin diet secara sehat, maka kau bisa mengkonsumsi kacang tanah. Hal itu alasannya kuliner ini mengandung serat dan lemak baik. Jadi, dibanding ngemil kuliner yang sanggup membahayakan kesehatanmu, lebih baik kau ngemil kacang tanah.


Ada banyak cara yang bisa kau lakukan untuk mengonsumsi kacang tanah ini. Namun, kacang tanah rebus ialah satu pilihan terbaikmu. Walaupun kaya akan manfaat, kau tetap harus menghindari konsumsi kuliner ini secara berlebih. Jadi, makanlah kacang tanah ini secukupnya ya.


Selain itu, bagi orang renta yang suka ngemil kacang tanah goreng, hati-hati dikala ingin memperlihatkan kuliner itu kepada anak-anaknya yang masih kecil. Kacang tanah ini bisa saja menciptakan mereka tersedak. Jadi, pastikan kuliner ini sudah layak makan dikala ingin diberikan kepada anak-anak.


Cara Mengupas Kacang Tanah


Kacang tanah ialah materi kuliner yang sering kita temui dalam kehidupan sehari √ Ini Dia Cara Mengupas Kacang Tanah dengan Praktis dan Cepat

* sumber: commons.wikimedia.org


Ini ialah bahasan utama dalam artikel Bacaterus ihwal kacang tanah ini, yaitu cara mengupas kulit ari kacang tanah. Penambahan bahasan singkat lain mengenai kacang tanah di sini ialah semoga pengetahuan kita ihwal tanaman ini bertambah.


Kacang tanah ini bentuknya kecil-kecil menyerupai butiran tasbih standar. Jika dulu kau pernah disuruh ibumu untuk mengupas kulit kacang tanah ini, niscaya kau tahu perjuangannya. Kamu harus duduk berjam-jam sampai tubuh pegal-pegal, kan? Tidak apa, semoga itu jadi pahala dikarenakan telah membantu orang tua.


Kacang tanah yang dijual di pasar-pasar bentuknya bermacam-macam. Ada yang masih menyatu dengan akarnya, adanya yang sudah dipilah, ada yang sudah berbentuk butiran kacang tanah tapi masih berkulit, dan ada juga yang sudah lepas kulitnya sehingga bisa pribadi digoreng. Lalu, bagaimana kalau kita ingin mengupas kulit kacang tanah di rumah? Apakah hal itu susah? Tidak juga. Berikut ialah tiga cara mengupas kacang tanah yang bisa kau lakukan sendiri.


1. Dengan Merendam


Kacang tanah ialah materi kuliner yang sering kita temui dalam kehidupan sehari √ Ini Dia Cara Mengupas Kacang Tanah dengan Praktis dan Cepat

* sumber: www.dapur.website


Cara yang pertama ialah dengan merebus kacang tanah dengan air panas. Dengan cara ini, kulit kacang tanah akan dengan gampang kau lepaskan. Berikut ialah langkah-langkah mengupas kulit kacang tanah dengan cara merebusnya dengan air panas.



  • Siapkan Kacang Tanah


Yang pertama kau harus menyiapkan kacang tanah yang ingin dikupas kulitnya. Kacang tanah yang masih berkulit ari biasanya sudah dijual dalam keadaan bersih. Jadi, kau tidak perlu mencucinya lagi di rumah. Simpan kacang tanah tersebut dalam sebuah bejana yang bisa menampung seluruh kacang tanah yang disiapkan.



  • Panaskan Air


Selanjutnya, kau harus memanaskan air yang bakal cukup dipakai untuk merendam kacang tanahnya. Lebihkan volumenya dan jangan terlalu pas. Panaskan air sampai mendidih.



  • Rendam Kacang Tanah


Lalu, kalau air panasnya sudah siap, masukan ke dalam bejana yang sudah diisi kacang tanah tersebut dan mulailah perendaman. Aduk sebentar semoga semua kacang terendam merata. Kemudian tutuplah semoga uap air panas tersebut tidak kabur. Tunggu airnya sampai dingin, ya.



  • Mulai Pengupasan


Saat air sudah hambar dan kulit ari kacang tanah sudah terlihat menggelembung dari bijinya, maka kacang tanah tersebut sudah siap untuk dikupas. Kamu bisa mengupasnya satu-satu semoga biji kacang tanah tidak terbelah dua (jika kacangnya banyak, maka waktu yang diharapkan akan sangat banyak dan melelahkan).


Kamu juga bisa mencoba menggesek-gesekan kacang tersebut di antara kedua telapak tanganmu. Dengan cara ini, kulit kacang tanah akan terlepas dengan sendirinya, atau kau bisa memakai santunan cobek. Namun, kau harus hati-hati dikala memakai cara ini. Jika terlalu berlebihan, biji kacang tanah bisa terbagi menjadi dua.



  • Cuci Hingga Bersih


Saat proses pengelupasan sudah selesai, kau harus mencuci biji kacang tanah tersebut sampai higienis dan terbebas dari kulit arinya. Jika sudah selesai, kau bisa pribadi menggorengnya.


2. Dengan Menjemur


Kacang tanah ialah materi kuliner yang sering kita temui dalam kehidupan sehari √ Ini Dia Cara Mengupas Kacang Tanah dengan Praktis dan Cepat


Cara ini bisa dilakukan dengan memakai tenaga panas matahari. Kacang tanah yang sudah direndam dengan air panas bisa kau tiriskan kemudian jemur di bawah terik sinar matahari. Jika kau punya pemanggang, kau juga bisa mencoba memakai alat itu.


Kamu bisa menjemur kacang tanah tersebut di atas nampan atau tampah lingkaran yang cukup besar (sebaiknya yang terbuat dari bambu). Setelah kacang kering, kau tinggal memijat-mijat atau menggesek-geseknya secara lembut dengan telapak tanganmu sampai kulit kacang yang mengering terpisah dari bijinya.


Jika semua kulit ari kacang tanahnya sudah tidak melekat lagi dengan bijinya, kau bisa meniupnya atau menapi-napi nampan tersebut semoga kulit kacang terbuang. Dibanding cara di atas, cara yang ini membutuhkan waktu yang lebih lama.


3. Menggunakan Mesin


Kacang tanah ialah materi kuliner yang sering kita temui dalam kehidupan sehari √ Ini Dia Cara Mengupas Kacang Tanah dengan Praktis dan Cepat


Jika kau ingin memulai usaha kacang goreng, kau bisa memakai mesin pengupas kacang tanah untuk memisahkan biji kacang dengan kulit arinya. Mesin ini bisa kau dapatkan secara online dan bisa mengupas kacang dalam jumlah banyak dalam waktu yang cepat. Namun, kalau jumlah kacangnya sedikit dan hanya untuk konsumsi pribadi, kau bisa memakai cara manual di atas.


Di mana bisa mendapat mesin pengupas kulit kacang ini? Kamu bisa mencoba membelinya secara online melalui Bukalapak, klik saja di sini.


Itulah cara-cara mengupas kulit kacang tanah yang bisa kau lakukan sendiri, baik secara manual atau memakai mesin khusus pengupas. Jika kau tidak ingin ribet dan ingin pribadi memasak biji kacang tanah yang sudah tidak berkulit, kau bisa pribadi membelinya di pasar atau secara online (harganya niscaya lebih mahal dibanding yang masih utuh).


Jika Anda ingin mengolah kacang yang gurih dan renyah, kami punya caranya di artikel Cara Membuat Kacang Telur Manis, Renyah, dan Gurih ini.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ Ini Ia Cara Mengupas Kacang Tanah Dengan Gampang Dan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel