iklan banner

3 Cara Menggabungkan File Part (001, 002, Dst) Menjadi Satu

Cara menggabungkan file part menjadi satu 3 Cara Menggabungkan File Part (001, 002, dst) Menjadi Satu

Jika anda merupakan pengguna internet yang sering melaksanakan aktifitas d0wnl0ad, baik itu d0wnl0ad film, game atau software, maka niscaya pernah menemukan file yang terpisah. Kadang kala ditemukan link d0wnl0ad yang terpisah menjadi beberapa part atau bagian. Hasil d0wnl0ad yang diperoleh pun sama, yaitu file yang seharusnya hanya ada satu justru terpecah menjadi beberapa file. File-file tersebut akan terpisah menjadi beberapa pecahan dan mempunyai ekstensi .001, .002, .003, dan seterusnya.

Pada dasarnya hal ini dilakukan untuk memecah file yang mempunyai ukuran yang besar menjadi beberapa file terpisah. Biasanya, ini dilakukan sebab situs yang akan ditempati mengupload file tersebut membatasi ukuran file yang akan diupload. Sehingga, jikalau kapasitas file melebihi batas yang sudah ditetapkan, maka jalan satu-satunya yakni memecah file tersebut menjadi beberapa file. Setelah file yang mempunyai ukuran besar tersebut dipecah, maka akan terbentuk beberapa file yang mempunyai ekstensi .001, .002, dst. Dengan demikian, sehabis mengupload setiap part file tersebut, maka tentu pengguna juga harus d0wnl0ad setiap part.

Jika anda mengalami hal ini, maka sebelum sanggup memakai file yang sebelumnya did0wnl0ad, terlebih dahulu anda harus menggabungkan file part atau file 001, 002, dst menjadi satu file. Jika anda belum menggabungkan file yang terpisah tersebut, maka software apapun tidak akan sanggup dipakai untuk menjalankannya atau memainkannya. (Baca juga: Cara Menggabungkan File PDF)

3 Cara Menggabungkan File Part (001, 002, dst) Menjadi Satu

Untuk menggabungkan file yang terdiri dari beberapa part atau pecahan menjadi satu file, maka anda sanggup memakai beberapa cara. Cara-cara yang sanggup anda gunakan untuk menggabungkan file 001, 002, 003, dst sanggup memakai software kompresi ibarat WinRAR maupun software khusus ibarat HJsplit.

1. Menggabungkan File Part tanpa Software Menggunakan CMD

Cara pertama yang sanggup anda gunakan untuk menggabungkan beberapa part file menjadi satu file utuh yakni tanpa memakai software. Anda sanggup menggabungkan file 001, 002, 003, dst tanpa memakai software khusus. Alat yang dipakai untuk melaksanakan penggabungan yakni tool bawaan Windows yaitu Command Prompt (CMD).

Anda sanggup menggabungkan file yang terdiri dari beberapa part menjadi satu hanya dengan bermodalkan CMD. Artinya, anda tidak perlu repot mengunduh software khusus hanya untuk melaksanakan penggabungan satu file yang terpecah. Untuk menggabungkan file part menjadi satu memakai CMD, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah, silahkan pastikan bahwa semua pecahan file sudah berada pada folder yang sama. Jika belum berada pada folder yang sama, silahkan pindahkan file yang terpisah biar berada pada satu folder yang sama.

Selanjutnya, silahkan buka CMD di Laptop Windows yang anda gunakan. Kemudian, arahkan direktori CMD ke direktori atau folder kawasan file yang akan digabungkan tersimpan. Untuk mengatur direktori, silahkan ketikkan cd “nama direktori” pada jendela CMD. Pastikan anda memakai tanda petik jikalau nama direktori mengandung spasi. Misalnya, jikalau file-file yang akan anda gabungkan berada pada partisi D: dan di dalam folder New Folder, maka anda sanggup mengetikan cd “D:\New folder”.

Cara menggabungkan file part menjadi satu 3 Cara Menggabungkan File Part (001, 002, dst) Menjadi Satu

Jika anda menjalankan CMD sebagai administrator, sehabis anda mengubah direktori pada CMD maka anda perlu mengatur partisi yang diakses. Caranya sangatlah mudah, silahkan ketikkan path partisi kawasan file yang akan digabungkan berada. Misalnya, jikalau berada pada partisi D: silhakan ketikkan D: pada jendela CMD lalu tekan enter di keyboard.

Langkah inti yang harus anda lakukan untuk menggabungkan file part atau file yang terdiri dari 001, 002, dst menjadi satu file yakni dengan mengetikkan perintah copy /b nama_file_part.ekstensi.* nama_file_utuh.ekstensi. Silahkan ganti nama_file_part dan ekstensi sesuai dengan nama file dan ekstensi file part yang akan anda gabungkan. Misalnya, jikalau file-file part anda mempunyai nama aquaman.mkv.001, aquaman.mkv.002, aquaman.mkv.003, dst maka silahkan ketikan perintah copy /b aquaman.mkv.* aquaman.mkv pada jendela CMD. Setelah itu tekan enter di keyboard untuk memulai proses penggabungan file.

Cara menggabungkan file part menjadi satu 3 Cara Menggabungkan File Part (001, 002, dst) Menjadi Satu

Jika sudah selesai, maka anda akan menemukan satu file yang merupakan hasil penggabungan dari file-file part tadi.

2. Menggabungkan File Part Menggunakan WinRAR

Cara kedua yang sanggup anda gunakan untuk menggabungkan file part atau file yang terpisah menjadi 001, 002, dst yakni dengan memakai software WinRAR. Anda mungkin sudah tidak absurd lagi dengan software kompresi ibarat WinRAR. Hampir semua komputer Windows yang ada didunia ini memakai software yang satu ini sebagai salah satu software pengelolah RAR Archive.

Namun, mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa software WinRAR tidak hanya sanggup dipakai untuk melaksanakan kompress file. WinRAR juga sanggup dipakai untuk memecah satu file berukuran besar menjadi beberapa file. Dengan demikian, software WinRAR ini juga sanggup dipakai untuk menggabungkan file-file part hasil pecahan menjadi satu file utuh. Untuk melakukannya, silahkan anda mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama yang harus anda lakukan yakni memastikan semua part dari file yang hendak disatukan terdapat dalam satu folder yang sama. Jika ternyata ada satu atau beberapa file part yang berada pada folder terpisah, maka silahkan satukan terlebih dahulu. Selain itu, file part harus lengkap dan dihentikan kurang satupun. Misalnya, saat file tersebut harusnya terdiri dari 5 part, lalu yang anda miliki hanya 4 part, maka anda tidak akan sanggup menggabungkan file tersebut.

Selanjutnya, pastikan pada komputer anda sudah terinstall software WinRAR versi terbaru. Jika anda belum memilikinya, silahkan install software WinRAR terlebih dahulu.

Setelah itu, silahkan klik kanan pada file part pertama (file 001 yang mempunyai ikon RAR) dari file yang hendak digabungkan. Kemudian pada context hidangan yang muncul, silhakan pilih beberapa opsi ekstrak. Anda sanggup menentukan dengan cara klik Extract Here atau Extract to Nama_File untuk mengekstrak file tersebut.

Cara menggabungkan file part menjadi satu 3 Cara Menggabungkan File Part (001, 002, dst) Menjadi Satu

Setelah proses ekstraksi file selesai, maka anda akan menemukan satu file yang merupakan hasil adonan dari semua file part yang anda ekstrak tadi. Dengan demikian, anda sudah berhasil menggabungkan file part atau file 001, 002, dst menjadi satu file utuh.

3. Menggabungkan File Part Menggunakan HJ-Split

Cara ketiga yang sanggup anda lakukan untuk menggabungkan file part yakni dengan memakai software khusus yaitu HJ-Split. Software HJ-Split ini merupakan software khusus yang sanggup anda gunakan untuk memecah file, dan tentu saja sanggup juga dipakai untuk menggabungkan file. Untuk menggabungkan file part menjadi satu memakai software HJSplit, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah, sama ibarat kedua cara sebelumnya yaitu memastikan semua file part sudah berada pada satu folder yang sama. Kemudian, pastikan bahwa anda sudah mempunyai software HJ-Split pada penyimpanan komputer anda. Jika anda belum mempunyai software-nya, silahkan d0wnl0ad HJ-Split terlebih dahulu.

Selanjutnya silahkan jalankan software HJ-Split dengan cara double clik pada hjsplit.exe. Setelah itu, pada jendela HJ-Split, silahkan klik Join untuk menggabungkan file part atau file 001, 002, dst.

Cara menggabungkan file part menjadi satu 3 Cara Menggabungkan File Part (001, 002, dst) Menjadi Satu

Selanjutnya, pada jendela Join silahkan klik Input File untuk memasukkan file yang akan digabungkan. Maka akan terbuka jendela Select the first input file. Pada jendela ini silahkan cari dan pilih file pertama dari file-file yang akan anda gabungkan (file .001). Jika sudah anda temukan, silahkan klik file tersebut lalu klik Open. Setelah itu, silahkan klik Start untuk memulai proses penggabungan file part menjadi satu file.

Cara menggabungkan file part menjadi satu 3 Cara Menggabungkan File Part (001, 002, dst) Menjadi Satu

Silahkan tunggu sampai proses penggabungan file simpulan yan ditandai dengan munculnya jendela yang berisi informasi Joining Completed. Setelah itu, silahkan tutup software HJ-Split.

Setelah anda melaksanakan salah satu dari ketiga cara diatas, maka anda akan menemukan satu file hasil penggabungan file part. File tersebut akan mempunyai nama dan ekstensi yang sama dengan nama dan ekstensi file part yang anda gabungkan, bedanya yakni pada file hasil penggabungan tidak ada lagi ekstensi .001, .002., .003, dst. Silahkan anda gunakan file tersebut, lalu anda sanggup menghapus file part yang sudah tidak diharapkan lagi.

Cara menggabungkan file part menjadi satu 3 Cara Menggabungkan File Part (001, 002, dst) Menjadi Satu

Itulah 3 cara gampang menggabungkan file part atau file 001, 002 , 003, menjadi satu file. Cara ini sanggup anda gunakan jikalau mend0wnl0ad file yang mempunyai ukuran besar dan sudah dipecah-pecah. Dengan demikian anda sanggup d0wnl0ad setiap pecahan file lalu menggabungkannya sehabis simpulan di d0wnl0ad.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "3 Cara Menggabungkan File Part (001, 002, Dst) Menjadi Satu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel