iklan banner

Analisis Can Slim Saham Jsmr (Jasa Marga Tbk)

PT Jasa Marga (Persero) Tbk merupakan pemain utama dalam hal konstruksi jalan tol di Indonesia.

Analisa CAN SLIM saham JSMR

Huruf C & A : Current quarter earning & Annual earning increase

Laba kuartal terakhir, keuntungan tahunan meningkat

Berikut ringkasan kinerja keuangan Jasa Marga Tbk

  2009   (A) 2010   (A) 2011   (A) 2012 (Q3)
1. Peningkatan        
  a. EPS (Earning Per Shares) +41% +20% +12% +38%
  b. Penjualan (pendapatan) +10% +19% +13% +38%
  c. Laba operasi (laba usaha) +10% +31% +15% +30%
2. ROE (Return On Equity) 14% 15% 14% 18%
3. DER (Dept to Equity Ratio) 1,25 1,45 1,32 1,13

Catatan: ROE 2012 sudah disetahunkan (annualize).  A=Annualize ; Q3 = 3rd quarter

Huruf C : Current quarter earning

Laba kuartal terakhir

Laporan keuangan kini (terakhir) yang gres saja dilaporkan ialah kuartal 3 tahun 2012. EPS meningkat 38% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2011. Penjualan juga meningkat 38%. Laba perjuangan meningkat 30%.  Dari sini sanggup disimpulkan bahwa keuntungan secara mayoritas diperoleh dari hasil operasi perusahaan (perbedaan peningkatan keuntungan perjuangan dengan peningkatan EPS tidak terlalu jauh).

Dibandingkan dengan modal (equity), keuntungan yang diperoleh cukup tinggi dimana ROE mencapai 18%. Namun ini masih dibawah nilai patokan yang digunakan Saham OK (Saham OK mematok ROE minimal 25%).  Namun ROE ini masih jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan suku bunga bank maupun return dari obligasi.

Rasio hutang terhadap modal (Dept to Equity Ratio) sebesar 1,13 kali dari modal yang dimiliki.  Rasio hutang ini termasuk besar.  Sebagai pembanding, Unilever (UNVR) mempunyai DER dibawah 0,5 kali.  Tapi aku belum pernah tahu bahwa Jasa Marga pernah wanprestasi dalam membayar hutang.  Jadi kita bisa simpulkan bahwa meskipun DER Jasa Marga cukup tinggi, namun masuk kategori lancar alias Jasa Marga sanggup membayar hutang-hutangnya.

Huruf A : Annual earning increase

Laba tahunan meningkat

Dari indikator EPS, pendapatan dan keuntungan operasi, Jasa Marga selalu berhasil menawarkan peningkatan dari tahun ke tahun. Perusahaan yang berkembang yang mempunyai pasar berkesinambungan niscaya EPS, pendapatan dan keuntungan operasinya selalu naik.

Huruf N : New management, new product, new high

Manajemen baru, produk baru, harga saham tertinggi baru

Harga saham Jasa Marga gres saja mencapai harga tertingginya diharga 6000 pada tanggal 27 Agustus 2012.

Manajemen puncak Jasa Marga gres saja diganti di simpulan Januari 2012.  Penggantian administrasi ini tentu tidak lain bertujuan untuk semakin meningkatkan kinerja perusahaan Jasa Marga.

Produk gres yang diperlukan dari Jasa Marga tentunya terbangunnya beberapa ruas jalan tol baru.  Ditahun-tahun mendatang ada beberapa ruas jalan tol yang akan digarap oleh Jasa Marga , diantaranya :

(anda bisa cari sendiri berita-berita perihal jalan tol gres yang akan digarap Jasa Marga melalui Googling)

Huruf S : Supply and demand

Permintaan dan penawaran

Sama halnya dengan perdagangan di sektor ril, harga barang naik apabila undangan jauh melebihi penawaran (persediaan barang). Harga saham pun dipengaruhi oleh aturan undangan dan penawaran.  Cermati bila ada undangan yang makin meningkat di saham JSMR.  Ini bisa diketahui dengan melihat volume transaksi harian melalui grafik.

Huruf L : Leader or laggard

Pemimpin atau pecundang

Jasa Marga berada satu sub sektor dengan Cipta Marga Nusaphala Persada (CMNP).  Jasa Marga ialah pemimpinnya (leader).

Huruf I : Institutional sponsorship

Institusi sponsor 

Institusi mana saja yang mengendalikan (berinvestasi) di saham Jasa Marga?. Salah satunya ialah PT Jamsostek (Persero) yang mempunyai (berinvestasi) di saham JSMR sebesar 1,49%. Beberapa institusi lain tentunya bisa bank, perusahaan asuransi atau perusahaan investasi lainnya. Saya agak kesulitan untuk bisa mendapat informasi perihal institusi apa saja selain Jamsostek yang sedang mempunyai saham JSMR.   Tetapi pada dasarnya adalah, saham akan bergerak naik apabila intitusi pengendali ialah yang bertipe longterm investment. Sehingga tidak akan terjadi penjualan besar-besaran dalam waktu singkat.  Dan Jamsostek ialah tipikal yang long term investment (gak mungkin lah Jamsostek berinvestasi di saham gorengan :D).

Huruf M : Market direction

Arah pasar

Bursa Indonesia mempunyai tren yang sedang naik. Fluktuasi kecil-kecilan dari indeks menawarkan tingkat gambling di bursa menurun.  Bursa terkeret naik oleh saham-saham yang memang mempunyai kinerja anggun (setelah laporan keuangan kuartal 3 keluar).  Potensi koreksi tentu saja selalu ada. Dalam tren naik tentu ada dikala turunnya.

Berikut ringkasan kinerja keuangan Jasa Marga Tbk Analisis CAN SLIM saham JSMR (Jasa Marga tbk)

Grafik IHSG per 30 Oktober 2012

 Dari grafik harga saham JSMR berikut, terlihat sebuah contoh yang mendatar (lebih dikenal juga dengan istilah Flat Base Pattern).

Berikut ringkasan kinerja keuangan Jasa Marga Tbk Analisis CAN SLIM saham JSMR (Jasa Marga tbk)

Grafik harga saham JSMR : contoh datar (flat base pattern)

Pola pergerakan harga mulai mendatar semenjak 20 Juli 2012.  Tren mendatar sudah berlangsung selama lebih kurang 16 minggu. Pada perdagangan kemaren (30 Oktober 2012) saham JSMR mulai sedikit naik namun volume transaksi masih tipis (demand masih kecil). Dengan keluarnya laporan dari kuartal 3 yang cukup baik, memungkinkan saham JSMR kembali bisa breakout (menembus) harga resistennya di 6000.

Cermati perdagangan harga saham JSMR.  Jika dikala diperdagangkan diharga resisten atau buy point yaitu 6000, dan kalau volume perdagangan cukup ramai, boleh siap-siap untuk membeli.  Sebagaimana normalnya, saham-saham dengan mendasar anggun dan breakout dari sebuah contoh grafik akan cendrung makin naik mencapai 20% (atau lebih) dalam beberapa ahad (kadang hanya dalam beberapa hari).

Anda berminat? Sama dooong…. 😀

 

 


Sumber https://www.sahamok.com

0 Response to "Analisis Can Slim Saham Jsmr (Jasa Marga Tbk)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel