iklan banner

Penggunaan Dan Manfaat Fungisida Mankozeb

Fungisida Mankozeb – Dalam dunia pertanian banyak sekali ditemukan dilema yang berkaitan dengan hama yang menyerang tanaman. Selain itu, terdapat pula jamur yang sanggup mengakibatkan penyakit. Salah satu cara untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh jamur yaitu dengan dilakukannya fungisida atau pembasmian jamur.


Fungisida sendiri merupakan sejenis pestisida yang pembuatannya dikhususkan untuk mengendalikan, membunuh, serta menghambat ataupun mencegah jamur dan cendawan patogen penyebab penyakit pada tanaman. Bentuk dari pestisida ini bermacam-macam, ada yang bentuknya tepung, ada yang cair, gas, bahkan ada juga berupa butiran. Lazimnya, fungisida yang berbentuk tepung dan cair lah yang menjadi fungisida paling banyak digunakan oleh para petani.


Penggunaan fungisida dilakukan dengan cara melaksanakan penyemprotan eksklusif ke tanaman. Bisa juga dengan injeksi batang, pengocoran pada akar, ataupun dengan cara perendaman benih dan pengasapan.


Dari semua jenis fungisida, materi aktif yang paling digunakan oleh petani untuk mengendalikan penyakit jamur pada tumbuhan yaitu Mankozeb. Lalu apa itu Mankozeb dan mengapa keuntungannya begitu besar? Penasaran? Yuk, eksklusif saja simak ulasan wacana fungisida Mankozeb berikut ini!


Apa itu Mankozeb?


Bahan aktif mankozeb pertama kali dikenalkan pada tahun 1961 oleh Rohm, Hass dan Du Pont dengan nama dagang Mancozeb dan Manzate. Dalam penggolongan FRAC alias Fungicide Resistance Action Committee, materi ini masuk dalam kategori golongan M3.


Golongan M3 merupakan kategori Ditio-Karbamat, yakni kelompok yang bereaksi dan menginaktivasi kelompok sullfihidril asam amino dan enzim sel jamur. Kegunaannya terang untuk mengganggu metabolisme lipid, respirasi, dan produksi dari kelompok adenosin trifosfat.


Mancozeb merupakan adonan antara Maneb dan Zink yang mempunyai keunggulan masing-masing sehingga bisa membasmi banyak sekali jamur patogen. Bahan aktif dari Mankozeb yaitu terdiri dari Mangan 16%, Zink 2%, dan 62% ethylenebisdithio carbamat/mangan, ethylenebisdithio carbamat plus non zink.


Fungisida dengan materi aktif mankozeb ini berbentuk tepung dan berwarna kuning dan tidak sanggup digunakan secara eksklusif untuk mengendalikan penyakit tanaman. Mankozeb harus dilarutkan dengan air terlebih dahulu biar membentuk suspensi sehingga sanggup bekerja sesuai dengan fungsinya.


Mankozeb sendiri sejatinya tidak sanggup larut dalam air, melainkan hanya tercampur saja oleh alasannya yaitu itu ketika penyemprotannya tangki sprayer harus sering diaduk atau digoyang-goyang. Bisa juga dengan menambahkan perekat biar penggunaannya lebih efektif mengendalikan hama sasaran.


Mankozeb biasanya dianggap sebagai kelompok fungisida dengan resiko rendah tanpa adanya gejala resistensi. Mankozeb sanggup juga digunakan untuk mengendalikan banyak sekali jenis penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh jamur lantaran mankozeb bekerja secara kontak pada banyak sekali target.


Bahan aktif mankozeb ini juga manis digunakan pada proses perbanyakan tumbuhan dengan metode stek yang mengendalikan penyakit  jamur sehingga sanggup menghindari tumbuhan menjadi amis dan meningkatkan keberhasilan perbanyakan tanaman.


Banyak sekali nama merek dagang fungisida materi aktif mankozeb yang ada di Indonesia, baik yang berbahan aktif tunggal maupun ganda.


 banyak sekali ditemukan dilema yang berkaitan dengan hama yang menyerang tumbuhan Penggunaan dan Manfaat Fungisida Mankozeb
Merk Dagang Fungisida Mankozeb

Merk Dagang Fungisida Mankozeb


Fungisida berbahan aktif mankozeb biasanya diproduksi dalam bentuk tepung dengan formulasai Water Powder atau WP. Ingin tahu apa saja brand dagang fungisida satu ini? yuk, mari kita simak beberapa brand dagang fungisida Mankozeb berikut ini!























































































































































No


Merk Dagang

Produsen


1ACTOZEB 80 WPPT Agro Mulia Sahabat Sejahtera
2AMCOZEB 80 WPPT Adil Makmur Fajar
3ANTRAZEB 80 WPPT Tani Agro Sejahtera
4BIG-ZEB 82 WPPT Persada Agro Sukses
5BRILLIANT 72 WPPT Agricon
6BUZZETE 8/64 WPPT Inti Everspring Indonesia
7CADILAC 80 WPPT Biotis Agrindo
8DACOZEB 80 WPPT Surat Tani
9DKSTARZEB 80 WPPT Danken Indonesia
10ENVOY 80 WPPT Nufarm Indonesia
11GRANDZEB 80 WPPT Mekar Warna Sari
12HI-ZEB 80 WPPT Persada Agro Sukses
13MANTEAU 80 WPPT Mio Life Sciences Indonesia
14METAZEB 80 WPPT Petrokimia Kayaku
15MILOR 72 WPPT Rotam Indonesia
16POLITHANE 80 WPPT Duta Polykem Indo
17POLYZEB 80 WPPT Putrisari Kimianusa
18QIUTANE 80 WPPT Agromanna Jaya Lestari
19RABAN 80 WPPT Remaja Bangun Kencana Chemicals
20ROTAZEB 80 WPPT Rotam Indonesia
17POLYZEB 80 WPPT Putrisari Kimianusa
18QIUTANE 80 WPPT Agromanna Jaya Lestari
19RABAN 80 WPPT Remaja Bangun Kencana Chemicals
20ROTAZEB 80 WPPT Rotam Indonesia
21TAFT 75 WPCV Saprotan Utama
22TRIDEX 80 WPPT UPL Indonesia
23VICTAR 80 WPPT Tanindo Intertraco
24VICTORY 75 WPPT Multi Sarana Indotani

Baca juga: Cara Mencampur Pestisida yang Benar Berdasarkan Jenisnya


Apa Saja Kegunaan Fungisida Mankozeb?


Fungisida materi aktif mankozeb bekerja dengan cara kontak yaitu hanya bekerja pada pecahan yang terkena semprotan saja atau pada pecahan yang kontak eksklusif dengan larutan fungisida saja. Fungisida kontak tidak bisa menembus jaringan tumbuhan dan tidak bisa didistribusikan di dalam jaringan tanaman.


Fungisida ini sanggup digunakan pada banyak sasaran sehingga fungisida ini sanggup digunakan untuk memberantas banyak sekali jenis penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh jamur.


Beberapa penyakit yang diksebabkan oleh jamur yang sanggup dikendalikan oleh mankozeb diantaranya yaitu amis daun, amis buah, cacar daun, gugur daun, bercak daun, bercak ungu, mopog, karat daun, dan amis batang.


Berikut ini beberapa kegunaan dan manfaat fungisida mankozeb, yaitu



  • Mengendalikan penyakit patek/busuk kering pada buah cabe yang terjangkit penyakit Antraknosa yang disebabkan oleh  jamur Colletotrichum capsici,

  • Mengendalikan penyakit amis daun teh yang disebabkan oleh Cylindrocladium scoparium Hawley,

  • Mengendalikan penyakit antraknosa pada bawang merah,

  • Mengendalikan penyakit amis daun tomat akhir jamur Phytophtora infestans

  • Mengendalikan penyakit amis pada kubis lantaran serangan jamur Erwinia corotovora.


Artikel terkait: Cara Pengendalian Antraknosa pada Cabai yang Benar


Mankozeb banyak digunakan oleh petani terutama ketika ekspresi dominan penghujan, lantaran jamur berkembang pesat ketika ekspresi dominan penghujan. Oleh lantaran itu, pemilihan materi aktif yang sempurna perlu dilakukan untuk pengendalian hama atau penyakit tanaman.


 banyak sekali ditemukan dilema yang berkaitan dengan hama yang menyerang tumbuhan Penggunaan dan Manfaat Fungisida Mankozeb
Penyakit Tanaman

Penyakit Sasaran Fungisida Mankozeb


Namun perlu diperhatikan juga bahwa penggunaan materi aktif yang salah sanggup berdampak jelek bagi tumbuhan dan bahkan terhadap lingkungan. Berikut ada beberapa daftar penyakit sasaran dari materi aktif mankozeb. Check this out!






























































































Tanaman



Hama Sasaran


KrisanPenyakit amis pangkal batan, penyakit karat
ManggaPenyakit antraknosa
PadiPenyakit bercak daun, Penyakit amis pelepah, Penyakit bercak coklat
RoselaPenyakit amis kaki
KinaPenyakit Busuk/mopog
Cabai MerahPenyakit bercak daun, Penyakit antraknosa buah
Bawang PutihPenyakit bercak ungu
Bawang DaunPenyakit bercak ungu
Bawang MerahPenyakit bercak ungu
ApelPenyakit embun tepung, Penyakit bercak daun
KopiPenyakit karat daun, penyakit bercak daun
AnggrekPenyakit barcak daun, Penyakit amis hitam
KentangPenyakit amis daun
AnggurPenyakit embun tepung
JerukPenyakit tepung
CengkehPenyakit cacar daun
TembakauPenyakit rebah batang, Penyakit amis pelepah
TomatPenyakit amis daun
Kacang PanjangPenyakit karat
Kelapa SawitPenyakit bercak daun coklat
KubisPenyakit rebah/mati bibit, Penyakit bercak daun

Demikianlah beberapa isu mengenai fungisida Mankozeb. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan dan selamat mencoba!


Artikel terkait: Cara Pencegahan dan Pengendalian Antraknosa Pepaya



Sumber https://sentrabudidaya.com

0 Response to "Penggunaan Dan Manfaat Fungisida Mankozeb"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel