iklan banner

Cara Menanam Kentang Di Polybag Dengan Gampang – Baca Di Sini

Cara menanam kentang di polybag – Siapa sih yang tidak mengenal tumbuhan kentang? Tanaman yang satu ini yaitu tumbuhan yang bisa dikatakan sangat menguntungkan para petani di Indonesia. Mengapa dikatakan demikian? Karena tumbuhan kentang ini yaitu salah satu tumbuhan ekspor andalan yang banyak dikirim ke banyak sekali negara di luar Indonesia. Kentang dikenal bisa bertahan usang dan tidak gampang anyir sesudah proses pemanenan. Kentang yaitu sumber protein, kalori dan vitamin yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan badan Anda.


 Siapa sih yang tidak mengenal tumbuhan kentang Cara Menanam Kentang Di Polybag Dengan Praktis – Baca Di sini
Tanaman kentang-cara menanam kentang di polybag-nimtoon

Bagi Anda yang ingin melaksanakan budidaya kentang, akan tetapi lahan yang tersedia tidaklah luas maka Anda bisa mencoba menanamnya di dalam polybag. Dengan menanam kentang dalam polybag Anda akan bisa menikmati hasil panen dengan keluarga tanpa harus membeli kentang di pasar atau toko – toko modern. Seperti apa proses cara menanam kentang di polybag? Anda sanggup membacanya diartikel kami berikut ini:


Syarat Tumbuh Tanaman Kentang


Cara menanam kentang di polybag hendaknya memperhatikan syarat tumbuh dari tumbuhan ini. Sehingga nantinya dibutuhkan Anda akan memperoleh pertumbuhan tumbuhan kentang yang maksimal. Tanaman kentang sangat cocok sekali di tanam pada dataran tinggi. Lakukan penanaman pada ketika demam isu penghujan. Hal ini alasannya tumbuhan kentang sangat membutuhkan air yang cukup dan intensitas cahaya yang cukup pula.


Pemilihan Lahan Tanaman Kentang


Gunakan tanah yang gembur untuk dipakai dalam menanam tumbuhan kentang. Selain itu usahakan dalam cara menanam kentang di polybag sumber air untuk menyiram bersahabat dengan tumbuhan biar Anda tidak kepayahan dalam melaksanakan perawatan tanaman. Sumber air yang bersahabat akan mempermudah Anda yang melaksanakan cara menanam kentang di polybag pada demam isu kemarau untuk memenuhi kebutuhan air bagi tumbuhan kentang .


Tips Menanam Kentang Di Rumah


Siapkanlah polybag dengan ukurang 50 x 80 cm. kemudian buatlah lubang sebanyak 3 – 4 buah pada belahan bawah di sekeliling polybag untuk akses drainase. Walaupun kentang membutuhkan kadar air yang tinggi untuk pertumbuhannya akan tetapi media tanam yang terlalu becek akan menciptakan umbi kentang menjadi gampang busuk.


Untuk media tanam, Anda sanggup memakai media tanah humus atau media yang telah dicampur dengan pupuk kompos. Isilah polybag dengan media tanam tersebut sebanyak 2/3 dari volume polybag. Kemudian sisa dari polybag sanggup Anda lipat sedikit keluar dengan rapi.


Siapkan bibit kentang yang akan Anda tanam. Untuk pembibitan Anda sanggup mengisi polybag dengan media setinggi 20 – 30 cm. Kemudian tanam benih kentang yang memiliki banyak mata. Letakkan di atas media tanam. Setelah tunas – tunas mulai bermunculan sepanjang kurang lebih 2 cm maka tunas sanggup Anda pilih yang tumbuhnya paling baik. sementara tunas lainnya bisa Anda potong.


Dalam satu polybag sanggup Anda tanami 3 – 4 bibit kentang. Tanam bibit dengan kedalaman 7 cm ke dalam media tanam. Siram tumbuhan setiap hari biar kelembaban tanah tetap terjaga. Selama melaksanakan penyiraman sebaiknya Anda sering – sering untuk mengecek drainase pada polybag. Sepuluh hari sesudah tanam biasanya pertumbuhan tumbuhan kentang akan merata.


Perawatan Tanaman Kentang


Cara menanam kentang di polybag selanjutnya yaitu melaksanakan perawatan. Ketika tumbuhan telah berumur satu bulan, maka tambahkan media tanam bertahap untuk mengikuti tinggi tanaman. Penambahan ini juga bertujuan untuk mencegah umbi terkena sinar matahari langsung. Jika umbi terpapar sinar matahari pribadi sanggup menyebakan umbi menjelma hijau dan beracun.


Tambahkan pupuk urea dan TSP dengan memakai perbandingan 1 : 1 sebanyak 16 gram atau dengan dosis 1 sendok makan pertanamannya. Pemberian pupuk dilakukan dengan cara diberikan pada kiri dan kanan tumbuhan kentang. Cara menanam kentang di polybag selanjutnya yaitu melaksanakan penyiraman sesudah selesai sumbangan pupuk. Hal ini dilakukan biar pupuk cepat larut dan sanggup segera diserap oleh tumbuhan kentang.  


Proses Pemanenan Tanaman Kentang


Cara menanam kentang di polybag yang terakhir yaitu melaksanakan panen. Tanaman kentang sanggup Anda panen pada ketika berumur 3 – 4 bulan. Panen kentang sebaiknya Anda lakukan satu ahad sesudah tumbuhan mati. Hal ini ditandai dengan ujung daun dan ujung batang yang kering serta kulit umbinya kuat.


Jika batang dan ujung daun belum kering dan mati maka kualitas umbi kentan akan rendah dan kulit kentang akan menjadi lebih gampang lecet. Proses pemanenan dalam cara menanam kentang di polybag sanggup Anda lakukan dengan cara menyobek plastik polybag. Penyobekan dimulai dari belahan atas hingga dengan belahan bawah dengan memakai pisau yang tajam. Lakukan penyobekan secara perlahan dan hati – hati biar umbi kentang tidak ikut tersobek atau terpotong.


 Siapa sih yang tidak mengenal tumbuhan kentang Cara Menanam Kentang Di Polybag Dengan Praktis – Baca Di sini
Kentang di polybag-indonesiabertanam

Demikian cara menanam kentang di polybag. Semoga bisa menunjukkan ide kepada Anda yang ingin memulai menanam kentang di pekarangan rumah. Tips cara menanam kentang hasil panen berlimpah, baca di sini




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Cara Menanam Kentang Di Polybag Dengan Gampang – Baca Di Sini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel