iklan banner

Panduan Singkat Cara Menanam Melon

Asal mula tumbuhan melon yaitu dari lembah Persia tepatnya di kawasan Medeterania perbatasan Panduan Singkat Cara Menanam Melon
gambar melon cucumis melo l

Melon Cucumis melo L adalah jenis tumbuhan semusim, yang masih keluarga Cucurbitae. Tanaman melon mempunyai ciri-ciri  batang menjalar, berdaun lebar,  dan berkulit buah keras, serta mempunyai aroma harum.


Asal mula tumbuhan melon yaitu dari lembah Persia tepatnya di kawasan Medeterania perbatasan antara Asia bab barat dengan Amerika. Di Indonesia tumbuhan melon berkembang semenjak tahun 1980an, pertama kali dikembangbiakan di kawasan jawa barat sebelum jadinya tersebar diberbagai kawasan di Indonesia.


Melon mempunyai buah dengan rasa anggun dan segar, buah melon juga kaya akan kandungan vitamin C, jadi sangat baik bila Anda sering mengkonsumsi buah ini. Untuk menikmati kelezatan buah melon, Abda bisa menyantapnya secara eksklusif ataupun di olah menjadi jus, es buah, puding, dll.


Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak Anda untuk membuatkan pengetahuan perihal cara menanam melon. Perlu Anda tahu disini, melon yaitu buah dengan nilai komesil cukup tinggi, sehingga bila Anda sanggup membudidayakan melon maka sanggup menjadi peluang perjuangan yang cukup mengiurkan bagi Anda.


Cara menanam melon yang tepat, tentu tidak mudah. Anda membutuhkan ketrampilan dan pengetahuan bagaimana cara budidaya melon dengan baik, yang tujuanya untuk memperoleh hasil optimal. Berbagai isu dari para pelaku perjuangan pembudidaya melon telah kami rangkum disini, Anda sanggup baca selengkapnya dibawah ini.


Asal mula tumbuhan melon yaitu dari lembah Persia tepatnya di kawasan Medeterania perbatasan Panduan Singkat Cara Menanam Melon
gambar cara menanam melon

Podoman Cara menanam Melon :


 


1. Menentukan lokasi menanam melon



  • Syarat ketinggian lokasi yaitu 300 – 900 Dpl. Jika ketinggian lebih dari itu, tumbuhan tetap sanggup tumbuh namun tidak sanggup berproduksi dengan baik.

  • Suhu yang diharapkan untuk pertumbuhan yaitu 25- 30 derajat C. (Lokasi menanam meloh dilarang kurang dari 18 derajat C).

  • Lokasi yang cocok untuk menamam melon pada lahan terbuka, alasannya yaitu tumbuhan melon membutuhkan penyinaran secara penuh untuk pertumbuhanya.

  • Jenis tanah yang sempurna yaitu jenis tanah liat berpasir, dengan PH ideal pada tanah 5,8-7,2 sangat sempurna untuk pertumbuhan melon.

  • Pastikan lokasi penamanan bersahabat  dengan irigasi air.


 


2. Langkah penyemaian bibit melon


Untuk mendapat produksi yang baik, pastikan bibit melon yang Anda gunakan harus mempunyai kualitas yang baik pula. Sebaiknya benih yang anda pakai yaitu varietas unggul (benih asli) F1 hibrid. Tahapan penyemain benih melon sanggup dilihat dibawah ini:



  • Langkah pertama rendam benih dengan larutan furadan, ± 2 jam, ini bertujuan untuk menjaga kekebalan benih dan mengsortir benih yang akan digunakan.

  • Siapkan media semai, terdiri dari gabungan tanah, pasir dan pupuk sangkar (5:1:1), sanggup juga ditambahkan NPK dengan insektisida karbofuran biar menghasilkan bibit yang kekar.

  • Tancapkan benih dengan tegak dengan posisi ujung perakaran di posisi bawah, untuk merangsang perakaran. Tutup persemaian dengan kain atau daun biar kecambah berakan cepat tumbuh.

  • Pada hari ke 3-5 buka penutup, apabila perkencambahan benih sudah tumbuh, epilog sebaiknya dibuka saja yang penting berada di tempat yang tidak tercemar dengan matahari langsung.

  • Bibit melon yang sudah siap sanggup dipindahkan ke lahan, yaitu dengan ciri mempunyai 4-5 helai daun ( usia 10-12 hari).


3. Pengolahan lahan penanaman melon


Hal-hal penting dalam mempersiapkan lahan, untuk tanam melon:



  • Gunakan lahan yang memperoleh sinar matahari secara penuh. (bekas lahan sawah, atau pekarangan)

  • Lakukan pengolahan tanah dengan pembajakan atau cangkul, tujuanya yaitu untuk menciptakan tanah menjadi gembur, serta menghilangkan senyawa-senyawa beracun dalam tanah.

  • Setelah tanah dibajak atau dicangkul diamkan tanah sampai 4-5 hari, biar tanah menjadi semakin gembur dan gampang untuk dibuat bedengan.

  • buat bedengan dengan ukuran panjang 12-15 m, tinggi 30 cm, lebar 100-110 cm.

  • Buat parit atau jarak antar bedengan dengan ukuran 55-65 cm, biar memudahkan kita dalam merawat tanaman.

  • Pemasangan mulsa palstik, untuk menjaga tumbuhan dari penyakit trips atau serangan serangga lainya.

  • Setelah pemasangan mulsa, membisu selama 3-5 hari biar tanah terurai dengan baik, sehabis itu gres diberi lubang untuk penanaman.


4. Cara menanam melon



  • Pindahkan bibit dari polibek kecil ke lahan, yaitu dengan menyobek polibag, upayakan tanah masih mengupal biar perakaran tidak ada yang rusak.

  • Cara penanaman bibit melon harus hati-hati, alasannya yaitu bibit rentan patah, biar kondusif pegang pada bab gumpalan tanah.

  • Masukan bibit pada lubang yang sudah disediakan, tanam bibit melon dengan tegak, tekan tanah biar tumbuhan tegap dan tidak gampang roboh.

  • Pola tanam dilakukan secara homogeny, atau monokultur. Pemasangan  ajir atau tongkat yang berupa bilahan bambu. Berfungsi sebagai tiang penyangga dan media rambat taman melon


Asal mula tumbuhan melon yaitu dari lembah Persia tepatnya di kawasan Medeterania perbatasan Panduan Singkat Cara Menanam Melon
gambar cara menanam melon

5. Pemeliharaan tumbuhan melon


Memelihara tumbuhan melon sampai berbuah dan siap dipetik membutuhkan waktu dan perawatan yang intensif, untuk itu Anda perlu simak cara pemeliharan tanaman melon dibawah ini:



  • Lakukan penyulaman segera pada bibit melon yang mati atau layu. Penyumalan dengan cara mencabut dan digantikan dengan bibit yang baru, sehingga tidak mengurangi angka produktifitas lahan.

  • Penyiangan, untuk membersihkan gulma atau tumbuhan pengganggu yang tumbuh disekitaran tumbuhan melon. Pada sistem mulsa pencucian dilakukan pada parit dan lubang tumbuh tanaman.

  • Pemupupukan dilakukan yaitu tiga kali dalam periode tanam. Adapun waktu dukungan pupuk sebagai berikut:




  1. Pemberian pupuk pertama yaitu pupuk dasar yang terdiri dari pupuk sangkar atau pupuk kompos.

  2. Kemudian pupuk yang  kedua pada usia tumbuhan 20 hari susulan contohnya dengan dukungan pupuk urea, NPK.

  3. Pemupukan ketiga dilakukan pada usia tumbuhan usia 60 hari jenis pupuk yang diberikan yaitu TSP dan KCl sesuai dengan kebutuhan tanaman.



  • Pemangkasan pada tanaman, dengan menghilangkan tunas air tumbuh pada batang utama. Ini mempunyai kegunaan biar batang utama dapt tumbuh dengan baik, sehingga produktifitas tidak terhambat.

  • Penyiraman dan pengarian pada tumbuhan melon dilakukan dari mulai tumbuhan ditanam sampai buah mulai dipetik, hal ini alasannya yaitu tumbuhan melon sangat membutuhkan banyak air.

  • Pengarin pada lahan biasanya dilakukan ketika hari tidak hujan, namun waktu penyiraman dan pengarin yaitu sama dilakukan pada pagi sekali atau malam hari.

  • Penyemproton pestisida, hal ini dilakukan untuk menjaga taman dari serangan penyakit atau serangga (kutu aphids, thirps,lalat buah maupun jamur atau basil yang menyerang tanaman)

  • Jenis obat yang dipakai Fungisida Derasol 500 SC (carbendazim), bakterisida Agrimycin Agrept (streptomycin sulfate), dan pestisida lainya.


6. Pemanen buah Melon


Proses pemanenan buah melon umumnya dilakukan pada ketika tumbuhan berusia 3-4 bulan, caranya yaitu dengan memotong batang buah dengan memakai pisau maupun gunting, supaya buah tidak gampang busuk. Proses pemanenan sebaiknya Anda lakukan pada pagi hari, selain menghindari terik matahari, tumbuhan biar tidak layu akhir pemetikan.


Berikut ini ciri-ciri buah melon yang sudah masak. Ciri fisik ini bisa Anda gunakan sebagai aliran menentukan buah melon dipasar juga, simak  kulasan dibawah ini:


Asal mula tumbuhan melon yaitu dari lembah Persia tepatnya di kawasan Medeterania perbatasan Panduan Singkat Cara Menanam Melon
gambar ciri melon sudah masak


  • Lihat warna buah, buah yang masak berwarna kekuningan.

  • Warna serat atau jala keliatan terang kasap/kasar

  • Aroma buah wangi/harum

  • Pakal batang buah biasanya mulai menguning

  • Jangan menentukan buah dengan pangkal batang yang membusuk.


selamat mencoba..


Jika ada yang belum lengkap dalam kami menyajikan artikel tetang cara menanam melon, Anda sanggup berikan pendapat pada kolom komentar dibawah, thanks




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Panduan Singkat Cara Menanam Melon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel