iklan banner

Ini Ia Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Sebelum kami mengulas tetang manfaat temulawak Ini Dia Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan
gambar temulawak

Sebelum kami mengulas tetang manfaat temulawak, perlu Anda tahu terlebih dahulu tetang jenis tumbuhan ini. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza ROXB) yaitu jenis tumbuhan berakar semu yang sejenis dengan taman temu-temuan lainya menyerupai jahe (Zingiberaceae), temu hitam (Currcuma aeruginosa), kunyit (Curcuma domstica), lengkuas (Languas galaanga) dan lainya.


Pada umumnya tumbuhan ini sering dijumpai di tempat dataran sedang, hingga dataran tinggi. Biasa tumbuhan temulawak banyak dijumpai di lahan yang terlindung dari sinar matahari. Berikut ini penjabaran tumbuhan temulawak :


Species          : Curcuma xanthorhiza ROXB (temulawak)


Genus             : Curcuma


Ordo               : Zingiberales


Famili             : Zingiberaceae


Kelas              : Monocotyledonae


Divisi              : Spermatopyta


Sub Divisi      : Angiospermae


Secara morfologi tumbuhan temulawak mempunyai ciri menyerupai dibawah ini.



  • Tanaman sanggup tumbuh hingga 1 meter.

  • Memiliki batang berwarna hijau atau kecoklatan pada kulit batang.

  • Daun berbentuk bulat sedikit memanjang, dengan warna daun hijau kecoklatan atau hijau keunguan. Lebar 10-20 cm dan panjang 30-80 cm, biasanya pertumbuhan daun temulawak yaitu antara 2 hingga 9 helai dalam satu batang tanaman.

  • Tanaman temulawak mempunyai pembungaan lateral, berbentuk memanjang berwarna putih kemerahan pada ujung bunga.

  • Perakaran berbentuk rimpang tepat yang tersusun atas Induk rimpang dan rimpang cabang. Secara fisik kulit rimpang berwarna kuning kecoklatan atau coklat kemerahan, isi daging ripang berwana kuning jingga.


Sebelum kami mengulas tetang manfaat temulawak Ini Dia Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan
gambar tumbuhan temulawak

Dari sisi tingkat persebarannya tumbuhan temulawak mempunyai persebaran yang cukup luas, bukan hanya di Indonesia saja namun hampir di seluruh penjuru dunia tumbuhan ini sanggup berkembangbiak. Persebaran tumbuhan ini disebabkan adanya perdagangan rempah-rempah yang terjadi dari Negara-negara asia ke eropa.


Temulawak yaitu salah satu jenis tumbuhan obat yang kaya akan kandungan zat kimia alami. Perlu Anda tahu manfaat temulawak bagi tubuh sangatlah banyak, lantaran pada rimpang tumbuhan ini terkandung zat kimia menyerupai seolah-olah turmerol dan fellandrean atau sering disebut sebagai minyak atsiri.


Berdasarkan uji Balai Penelitian Tanaman berikut zat-zat yang terkandung dalam rimpang temulawak :



  • Air (19,98%)

  • Pati (41,45%)

  • Abu (4,62%)

  • Sari alkohol 9,48%

  • Sari air (10,96%)

  • Serat 12,62%,

  • Minyak Atsiri (3,81%),

  • Kurkumin (2,29%)


Selain kandungan diatas, ada zat lainya yang  terdapat pada rimpang temulawak menyerupai saponin, flavonoid, fenolik, triterpennoid, glikosida tannin, zingeberol, artmeron, isofuranogermakren, d-kamfer, sikloisoren, sineol, zingiberen, alkaloid, steroid, mirsen, metilkarbinol, falandren, tumerol, xanthorrhizol, germakron,p-toluil, metikarbinol dan atlantone.


Manfaat temulawak sebagai jamu yang mujarab sudah dari dulu dikenal oleh masyarakat  hingga dikala ini. Umumnya rimpang temulawak diolah terlebih dahulu dan kemudian barulah sanggup dimanfaatkan untuk mengatasi banyak sekali macam penyakit.


Adapun banyak sekali manfaat temulawak yang sanggup Anda peroleh menyerupai untuk mengatasi rematik, wasir, pengal linu, diare, jerawat, penyakit kuning, sembelit, radang tenggorokan, kurang darah, kurang napsu makan, kangker, disentri, nanah pencernaan, meringankan osteoporosis, dan juga kejang-kejang atau ayan.


Dari hasil kajian beberapa penelitian dari Badan Kesehatan, kandungan minyak atsiri yang terdapat pada rimpang temulawak sanggup berfungsi mencegah pertumbuhan kuman atau sejenis jamur Salmonella sp. Selain itu kandungan zat kimia flavonida juga berkahisat untuk menyembuhkan banyak sekali peradangan dalam tubuh.


Manfaat temulawak juga dibuktikan dari hasil penelitan yang dilakukan oleh beberapa univesitas. Hasilnya diperoleh rimpang tumbuhan ini berkasiat sebagai antioksidan,anti plak untuk menjaga daya tahan gigi, antistruke, antiplasmamodial yang sanggup mengatasi banyak sekali maslah pencernaan.


5 Manfaat Temulawak dan Cara Pengolahannya


Tentunya Anda sudah tahu tetang manfaat temulawak, namun untuk mengolahnya biar sanggup dikonsumsi belum tentu Anda bisa. Berikut ini kami akan berikan 5 tips sederhana cara mengolah temulawak biar sanggup dikonsumsi untuk mengobati penyakit :


1. Mengobati penyakit Asma


Langkah yang Anda harus lakukan yaitu siapkan materi berupa rimpang temulawak sebanyak 11/2 dan gula aren 1 potong. Langkah berikutnya bersihkan rimpang dari kotoran, basuh bersih, iris rimpang tipis-tipis kemudian jemur 2-3 hari hingga  kering.  Selanjutnya rebus rimpang  tambahkan gula aren.


Saat merebus gunakan dosis 5 gelas air, kemudian tunggu hingga air mendidih dan volume air berkurang menjadi 2-3 gelas. Setelah itu saring air rebusan, diamkan hingga cuek dan sanggup diminum. Sehari cukup 1 kali dengan dosis 1 gelas, untuk sanggup meringankan penyakit asma.


2. Mengobati sakit dikala haid


Siapkan materi berupa 1 temulawak, asam jawa 3 mata, garam secukupnya dan 1 potong gula aren. Untuk cara pembuatanya basuh rimpang temulawak kemudian parut, sesudah itu rebus dengan mencampurkan materi lainya.


Gunakan dosis air 4 gelas, sesudah itu tunggu hingga mendidih hingga air susut menjadi  2 gelas. Lakukan penyaring rebusan untuk memisahkan ampas dengan air jamu. Diminum sehari 2 kali pada pagi dan sore


3. Mengobati penyakit ginjal


Untuk mengolah temulawak menjadi jamu untuk mengobati penyakit ginjal maka ada beberapa materi pelengkap yang harus Anda gunakan bukan hanya rimpang temulawak saja. Yang mencakup rimpang temutemulawak 2 pangkal, daun kumis kucing satu gengam, dan daun kaca kaca satu gengam juga.


Proses pembuatannya iris rimpang secara tipis, jemur hingga benar-benar kering. Selanjutnya rebus bahan-bahan dengan 1 liter air, tunggu hingga mendiding dan air mulai surut. Setelah itu dinginkan dan barulah sanggup diminum. Cara mengunakanya yaitu diminum sehari 2 kali, hingga  3 hari berturut. Rasa sakit dalam ginjal anda akan mulai berkurang.


4. Meningkatkan daya tahan tubuh


Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh sanggup Anda dapatakan, ini ia cara yang harus dilakukan. Langkah pertama siapkan bahan-bahan yang diharapkan berupa rimpang temulawak dua jengkal, tambah seperempat potong lengkuas dan 10 helai daun meniran.


Cara pembuatanya biasa, yaitu sebelumnya materi dicuci higienis sesudah itu tumbuk rimpang dan juga rimpang lengkuas, tidak perlu hingga halus, sesudah itu rebus dengan air 3 gelas, tunggu hingga mendidih.  Sebelum diminum tuangkan kedalam gelas dengan disaring terlebih dahulu.  Untuk menjaga kesehatan sehari cukup dikonsumsi 2 kali pagi dan sore dengan dosis setegah gelas.


5. Mengobati sakit kepala dan masuk angin


Sakit kepala dan masuk angin niscaya sering Anda alami, namun perlu diketahui bahwa khasiat temulawak juga sanggup mengatasi sakit tersebut. Caranya cukup mudah, Anda siapkan rimpang temulawak yang sudah ditumbuk halus, biasanya sudah tersedia dipasar, kemudian rebus dengan air sekurang-kurangnya 4-5 gelas sesudah itu rebus.


Tunggu hingga air menyusut kurang lebih 3 gelas, kemudian Anda saring dan tuangkan dalam gelas. Untuk meminumnya Anda sanggup eksklusif minum saja, cukup satu gelas jangan banyak-banyak, stelah beberapa jam niscaya rasa sakit kepala Anda akan berkurang dan tubuh fit kembali. selamat mencoba.


Manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak, perlu anda ketahui dalam pembuatan jamu maupun ramuan obat lainya materi utama yang banyak dipakai yaitu temulawak. Semoga menu artikel kami sanggup menabah wawasan serta bermanfaat bagi  Anda.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Ini Ia Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel