iklan banner

Makanan Burung Merpati Biar Sehat Dan Berstamina

Makanan Burung Merpati – Burung merpati tergolong burung yang banyak dipelihara baik oleh pecinta burung di pedesaan ataupun perkotaan. Burung ini juga dikenal telah usang mempunyai ingatan dan navigasi yang baik alasannya dulu sempat dilatih untuk menjalankan kiprah menyerupai memberikan surat, misalnya merpati pos.


Mereka cenderung hidup berkelompok dan gampang dilatih, jadi tak heran banyak merpati yang dipelihara secara lepas atau di luar kandang.


Selain itu, merpati juga tak pilih-pilih soal makanan. Makara anda tak harus direpotkan dengan pemilihan kuliner burung Merpati alasannya mereka hampir menyukai bermacam-macam jenis biji-bijian yang diberikan.


 Burung merpati tergolong burung yang banyak dipelihara baik oleh  Makanan Burung Merpati Agar Sehat dan Berstamina
Makanan Burung Merpati via Merdeka.com

Jenis Makanan Burung Merpati


Nah, untuk mengetahui lebih lagi terhadap pakan jenis biji-bijian yang disukai oleh burung ini serta memuat pertumbuhannya menjadi sehat, berikut beberapa jenis kombinasi biji yang bisa diberikan sebagai kuliner burung Merpati.


Jagung


Jenis bijian pertama yang jadi favorit dan hampir setiap pemelihara merpati berikan ialah biji jagung. Hampir semua jenis biji jagung disukai oleh burung ini, namun untuk mendapat hasil yang maksimal dan pas dengan ukuran lisan merpati, sumbangan jagung Madura sangat dianjurkan.


Jagung jenis ini sepintas memang tak berbeda dengan jagung kebanyakan, namun jikalau dilihat dengan secama akan terlihat jikalau buliran biji yang dimiliki lebih kecil. Ukuran kecil inilah yang menciptakan burung akan lebih gampang mengonsumsinya.


Untuk jumlah sumbangan pakannya sendiri, burung merpati remaja memerlukan pakan hingga mencapai 37 gram per ekornya, sedangkan untuk merpati muda sebanayak 25 gram dan anakan hanya 5 hingga 10 gram saja. waktu sumbangan yang sempurna yakni 2 kali dalam sehari yakni pagi sekitar jam 7 pagi sore harinya sekitar  jam 4 sore.


Kacang Hijau


Selain jagung, kombinasi pakan dengan penambahan kacang hijau juga akan menunjang pertumbuhan burung dengan baik.


Bijian ini mempunyai aneka macam kandungan bermanfaat menyerupai protein, serat, mineral, dan juga omega. Karena kandungan yang lebih baik tersebut, tak heran jikalau kacang hijau mempunyai harga lebih mahal. Makara anda cukup gunakan pakan jenis ini sebagai selingan saja yang diberikan setiap dua hari sekali atau semampu anda.


Kacang Kedelai


Sama baiknya dengan kacang hijau, jenis bijan ini juga mempunyai bermacam-macam nutrisi yang baik untuk burung merpati mulai dari protein yang cukup, vitamin C, vitamin A, Vitamin E, dan aneka macam jenis vitamin lainnya.


Pemberian kedelai sebagai kuliner burung Merpati juga berperan sebagai pelengkap dan tak harus menjadi kuliner pokok utamanya untuk asupan harian.


Kacang Tanah


Untuk asupan selanjutnya yang pas untuk diberikan pada Merpati ialah kacang tanah. Karena ukurannya yang cenderung lebih besar dari bijian lainnya, sebaiknya dipecahkan terlebih dahulu menjadi potongan lebih kecil sehingga tak hanya gampang dimakan namun juga menjadi lebih babar.


Banyak kandungan bermanfaat yang dimiliki oleh kacang tanah, menyerupai halnya protein, lemak, zat besi, serta beberapa kandungan vitamin lainnya. Karena kandungan lemak padan kacang tanah ini tidak mengecewakan tinggi, sumbangan yang berlebihan akan memicu burung kegemukan. Jika anda mempunyai merpati balap, sebaiknya batasi dengan cermat sumbangan kacang tanah.


Beras Merah


Pakan terakhir yang tidak mengecewakan banyak direkomendasikan ialah beras merah. Pakan ini memang cukup terkenal di kalangan pecinta burung alasannya mempunyai harga terjangkau dan kandungan yang pas sehingga jarang menciptakan burung menjadi kegemukan.


Pemberian kuliner burung Merpati dengan beras merah ini akan meningkatkan stamina burung dan juga memperkuat organ tubuhnya biar tak cepat mengalami kelelahan. Makara jikalau merpati anda termasuk merpati balap, pakan ini sangat pas diberikan.


Trik Mengatur Makanan Burung Merpati


Berikut ini beberapa catatan untuk anda mengenai trik untuk mengatur kuliner burung merpati:



  1. Buatkan kawasan tempat yang besar jikalau burung dalam 1 kandang, jikalau terpisah bisa dibuatkan kawasan pakan yang agak kecil

  2. Selalu sediakan air minum setiap saat, dan pastikan bersih.

  3. Pakan hanya disediakan pada ketika yang sudah ditentukan, jadi jangan sediakan terus.

  4. Berikan jenis kuliner yang bervariasi.

  5. Jika ada burung yang buat keributan ketika makan, pisahkan dengan yang lainnya.

  6. Jika anda burung yang lambat sehingga ketika makan tidak kebagian, berikan khusus.

  7. Pastikan sesudah makan, burung minum

  8. Tips selanjutnya ialah dengan menawarkan serbuk grit atau kulit telur yang telah kering dan dihancurkan minimal sebesar diameter  jagung terkecil secara terencana seminggu sekali atau 2 ahad sekali.


***


Demikianlah ulasan mengenai jenis kuliner burung merpati dan tips pemberiannya yang bisa kami ulas untuk anda. Semoga bermanfaat ya. Artikel terkait: Makanan Burung Anis yang Disukai biar Cepat Gacor



Sumber https://sentrabudidaya.com

0 Response to "Makanan Burung Merpati Biar Sehat Dan Berstamina"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel