iklan banner

√ Jangan Salah Pakai Pisau, Kenali 8 Jenis Pisau Berikut Ini

Salah satu peralatan dapur yang paling dasar dan penting yakni pisau. Saat memakai pisau, apakah kau tahu jenis pisau tersebut dan apa fungsinya? Kebanyakan dari kita tidak menyadari bahwa dengan memakai pisau yang tepat sanggup meningkatkan persiapan masakan dan memasak dan salah pilihan pisau sanggup menjadikan kekacauan dan lebih jelek lagi, cedera.


Namun dengan banyaknya jenis pisau yang ada, kita malah jadi galau untuk tetapkan pisau mana yang kita perlukan di dapur. Jadi, apakah kau ingin tahu persis pisau apa yang kau butuhkan di dapurmu? Berikut ini Bacaterus akan memberi panduan mengenai jenis-jenis pisau beserta fungsinya. Yuk, simak penjelasannya.


Bagian-Bagian Pisau


Salah satu peralatan dapur yang paling dasar dan penting yakni pisau √ Jangan Salah Pakai Pisau, Kenali 8 Jenis Pisau Berikut Ini

* sumber: www.foodfirefriends.com


Sebelum kita memulai mengenal jenis-jenis pisau beserta fungsinya, kita kenali dulu anatomi pisau. Berikut ini nama-nama penggalan dari pisau.



  • Bolster umumnya ditemukan pada jenis pisau ditempa (forged), bentuknya tebal dan terletak di antara heel dan handle atau pegangan. Fungsinya yakni untuk membantu menyeimbangkan pisau, juga untuk mencegah pisau terlepas dari tangan pemegangnya.

  • Butt yakni penggalan paling ujung dari pegangan pisau.

  • Edge yakni penggalan bilah pisau yang diasah yang memanjang dari heel hingga tip. Sangatlah penting mempertahankan ujung pisau tetap tajam untuk keamanan pengguna pisau dan efektivitas penggunaan.

  • Handle atau pegangan, dikenal juga dengan istilah “scales”, menunjukkan permukaan pegangan untuk pisau.

  • Rivets biasanya dipasang pada pisau yang mempunyai dua lempengan handle atau pegangan. Fungsinya untuk menyatukan kedua penggalan dan menahan bilau pisau di erat tang.

  • Heel yakni penggalan belakang bilah pisau. Bagian ini sering dipakai untuk memotong produk yang tebal atau keras yang memerlukan kekuatan lebih banyak.

  • Point berfungsi sebagai alat penusuk.

  • Spine yakni penggalan atas dari bilah pisau yang letaknya berseberangan dengan edge.

  • Tang yakni penggalan bilah pisau yang memanjang hingga ke handle atau pegangan dan membantu menunjukkan keseimbangan. Pisau dengan tang penuh dianggap unggul dalam keseimbangan dan daya tahan. Pisau dengan tang setengah kurang tahan usang tetapi lebih ekonomis.

  • Tip yakni penggalan depan pisau yang melaksanakan aktivitas potong-memotong dan memisahkan. Ujung yang tajam sangat ideal untuk menusuk dan memotong kecil-kecil. Tip yang bundar cocok untuk memotong atau mengiris tipis.


Jenis-jenis Pisau yang Paling Banyak Digunakan


1. Chef’s Knife


Salah satu peralatan dapur yang paling dasar dan penting yakni pisau √ Jangan Salah Pakai Pisau, Kenali 8 Jenis Pisau Berikut Ini

* sumber: www.buckknives.com


Dikenal juga sebagai “cook’s knife” atau pisau masak, “Chef’s Knife” atau pisau Koki merupakan salah satu jenis pisau yang paling banyak dipakai dan barang paling penting dalam satu set pisau. Pisau koki sanggup dipakai untuk hampir semua kiprah dapur, dari mulai mengiris daging, memotong tomat atau tahu, dan mengiris steak. Itulah mengapa pisau koki menjadi barang yang wajib dimiliki


Pisau koki sanggup dijumpai dalam ukuran mulai dari 6 inci hingga 14 inci. Ukuran yang paling umum yakni 8 inci hingga 12 inci. Umumnya pisau koki merupakan pisau dengan bilah pisau yang lebar kemudian meruncing ke atas yang memungkinkan pisau mengayun ke belakang dan depan untuk mencincang dengan cepat.


Pisau yang mempunyai ukuran lebih panjang artinya sanggup mengiris dengan lebih cepat dan mudah. Namun kalau tangan kau kecil, pisau yang lebih pendek akan lebih gampang digunakan. Pisau koki sanggup berupa pisau dicetak (stamped) atau ditempa (forged). Tipikal pisau koki tidak bergerigi atau mempunyai gigi berlekuk. Namun ada juga beberapa brand yang menciptakan pisau koki yang bergerigi. Beli chef’s knife di Bukalapak melalui link ini.


2. Utility Knife


Salah satu peralatan dapur yang paling dasar dan penting yakni pisau √ Jangan Salah Pakai Pisau, Kenali 8 Jenis Pisau Berikut Ini

* sumber: www.coldsteel.com


Utility Knife atau pisau utilitas ukurannya lebih kecil dan ringan dari pisau koki, tetapi lebih besar dari paring knife atau pisau pengupas sehingga lebih serbaguna. Pisau ini dipakai untuk tugas-tugas memotong yang lebih ringan. Ukuran umum panjang pisau ini antara 4 dan 7 inci. Pisau utilitas cocok untuk kiprah sehari-hari ibarat memotong sayuran, mengiris daging, atau memotong keju.


Pisau utilitas sering dibentuk dengan tepian yang bergelombang semoga lebih fleksibel dikala memotong. Pisau ini ideal untuk memotong sayuran lunak dan keras. Pisau utilitas dengan ukuran 6 inci paling efisien untuk mengiris buah dan sayuran yang tidak terlalu keras,  di antaranya labu dan tomat.


Pisau dengan ukuran 6 inci juga cocok untuk memotong kepala selada menjadi irisan, menyiapkan kubis untuk diiris kecil-kecil, memotong jeruk jadi dua dan lain sebagainya. Pisau utilitas yang terbuat dari stainless steel lebih cocok untuk memotong buah yang asam. Utility knife bisa dibeli di Bukalapak lewat link ini.


3. Santoku Knife


Salah satu peralatan dapur yang paling dasar dan penting yakni pisau √ Jangan Salah Pakai Pisau, Kenali 8 Jenis Pisau Berikut Ini

* sumber: www.thespruceeats.com


Pisau Santoku yakni pisau koki barat dalam versi Jepang. Santoku sendiri artinya “tiga kebajikan”, yaitu menyayat, memotong dan mengiris. Menggabungkan fitur pisau koki dan pisau Cleaver menciptakan pisau santoku menjadi pisau yang sangat bagus. Pisau ini sangat ideal dipakai untuk memotong sayuran. Bilah pisaunya sanggup menyendok masakan yang diiris-iris di atas talenan kayu.


Pisau ini cocok dengan sebagian besar materi masakan dan pilihan yang ideal untuk orang dengan tangan lebih kecil. Terkadang pisau santoku dibentuk dengan tepi berongga, yang memungkinkan pisau ini untuk memotong daging dan materi lengket lainnya lebih cepat, dengan lebih presisi, dan dengan lebih sedikit robekan. Dapatkan pisau santoku dari banyak sekali brand di Bukalapak melalui link ini.


4. Boning Knife


Salah satu peralatan dapur yang paling dasar dan penting yakni pisau √ Jangan Salah Pakai Pisau, Kenali 8 Jenis Pisau Berikut Ini

* sumber: www.wusthof.com


Pisau boning didesain dengan bilah pisau yang runcing tipis dengan panjang sekitar 4.7 inci. Bilah dan terutama ujungnya harus sangat tajam. Bilahnya pisau ini sanggup kaku dan sanggup juga fleksibel. Beberapa pisau boning mempunyai mata pisau yang lurus. Ada juga pisau dengan bilahnya yang  mengarah ke atas.


Pisau Boning yakni jenis pisau daging lainnya. Fungsi pisau boning untuk memisahkan daging dari tulang, menciptakan ikan fillet, dan memotong daging. Pisau yang lebih besar lengan berkuasa akan lebih efektif untuk memotong daging sapi, sedangkan pisau yang lebih fleksibel akan lebih cocok untuk memotong ayam.


Pisau yang sangat fleksibel yang disebut pisau fillet lebih ideal untuk ikan yang gampang hancur. Kunjungi Bukalapak untuk beli pisau boning di link ini.


5. Bread Knife


Salah satu peralatan dapur yang paling dasar dan penting yakni pisau √ Jangan Salah Pakai Pisau, Kenali 8 Jenis Pisau Berikut Ini

* sumber: www.cutleryandmore.com


Pisau roti terlihat ibarat pisau utilitas dengan ukuran lebih panjang, versi pisau utilitas bergerigi banyak. Ujungnya yang bergerigi secara khusus didesain untuk mengiris roti tanpa menciptakan roti menjadi rusak. Tepinya yang bergerigi juga anggun untuk mencengkeram masakan dengan permukaan yang lunak atau licin ibarat semangka dan nanas.


Umumnya pisau ini mempunyai ukuran mulai dari 7 hingga 10 inci. Pisau roti, selain dipakai untuk memotong roti, sanggup juga dipakai untuk kue, dan terkadang unggas, daging, dan masakan laut. Mereka didesain  dengan cara yang memungkinkan orang untuk mengiris roti tanpa menekan atau  untuk mengiris roti tanpa menekan atau mencengkeramnya. Yuk, beli pisau roti di Bukalapak dengan klik link ini.


6. Cleaver Knife


Salah satu peralatan dapur yang paling dasar dan penting yakni pisau √ Jangan Salah Pakai Pisau, Kenali 8 Jenis Pisau Berikut Ini

* sumber: www.sabatier-shop.com


Pisau cleaver biasanya yakni pisau paling besar dan berat yang ada di dapur. Tipikal pisau cleaver mempunyai spine atau punggung pisau yang tebal. Pisau ini yakni pisau yang besar lengan berkuasa sehingga sanggup memotong tulang dan daging. Pisau cleaver juga sanggup dipakai memotong materi keras dan tebal ibarat labu atau labu kuning.


Walaupun pisau cleaver bukan penggalan dari pisau koki tradisional, tapi pisau ini sangat mempunyai kegunaan dan serbaguna. Pisau jenis ini telah menjadi penggalan dari tradisi Eropa. Pisau koki Portugis dan Spanyol yang pendek dan dalam mempunyai rujukan yang sangat ibarat dengan pisau ini, juga mempunyai bilah pisau yang melengkung, cocok untuk menghasilkan potongan yang halus. Beli pisau ini di Bukalapak lewat link ini.


7. Paring Knife


Salah satu peralatan dapur yang paling dasar dan penting yakni pisau √ Jangan Salah Pakai Pisau, Kenali 8 Jenis Pisau Berikut Ini

* sumber: www.almarknives.com


Pisau Paring atau pisau pengupas pisau ukurannya pendek antara 2 hingga 4 inci dan dipakai untuk mengupas dan memotong sayuran dan buah-buahan. Pisau kecil ini cocok untuk mengupas, mengiris buah-buahan kecil dan sayuran serta memangkas. Pisau ini sangat mempunyai kegunaan untuk memudahkan orang memotong dengan presisi.


Kegunaan lain dari pisau pengupas atau paring, selain untuk mengupas dan memotong, yakni untuk kerja kreatif ibarat mengukir sayuran dan buah-buahan. Jika kau perlu pisau yang untuk mencincang masakan yang mungkin terlalu kecil untuk pisau koki maka pisau paring yakni pilihan yang sempurna. Saatnya beli pisau pengupas di Bukalapak melalui link ini.


8. Fillet Knife


Salah satu peralatan dapur yang paling dasar dan penting yakni pisau √ Jangan Salah Pakai Pisau, Kenali 8 Jenis Pisau Berikut Ini

* sumber: www.rapala.com


Walaupun tampak ibarat dengan pisau boning, ada perbedaan tajam antara pisau fillet dengan pisau boning. Pisau boning cenderung lebih tebal dan mempunyai kekuatan yang lebih baik sebab pisau boning didesain untuk memisahkan daging dari tulang. Sementara itu, pisau fillet biasanya lebih tipis dan panjang, dan lebih fleksibel dan dibentuk untuk mengiris ikan tipis-tipis.


Pembuat pisau terkadang menggabungkan keduanya, sehingga munculnya pisau fillet boning. Jika pekerjaanmu berafiliasi dengan ikan dan masakan maritim maka mempunyai pisau ini yakni suatu keharusan. Pisau fillet terbaik sanggup diperoleh di Bukalapak lewat link ini.


Setelah membaca isu di atas, kira-kira pisau mana yang kau miliki di rumah? Untuk pekerjaan di dapur, manakah pisau yang lebih kau sukai, pisau koki atau santoku? Bagikan komentarmu di bawah ini. Bingung menentukan brand pisau? Kunjungi artikel merk pisau yang bagus untuk mencari referensi.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ Jangan Salah Pakai Pisau, Kenali 8 Jenis Pisau Berikut Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel