iklan banner

Tips Membaca Cepat

Membaca merupakan hal yang sangat menybalkan alasannya ialah alurnya yang berliku liku, tapi alasannya ialah tuntutan yang menjadi sebuah keharusan untuk memahami isi bacaan.  
Nah, 3 model cara membaca dengan cepat dan gampang paham ini ialah serangkaian tips dan trik membaca cepat dengan waktu yang singkat namun tetap memahami dan mengerti isi suatu bacaan itu. Membaca mirip membuka cakrawala keilmuan kita, membaca bagaikan membuka jendela dunia. Orang akan bertambah pengetahuannya dan menjadi berilmu lewat membaca. Itulah mengapa membaca sangat penting untuk kita lakukan. Orang yang rajin membaca akan mempunyai banyak pengetahuan serta gosip yang ia dapat. Membaca berasal dari kata dasar baca yang artinya memahami arti tulisan. Sekarang ini hampir setiap orang bisa membaca. Namun, tidak setiap orang yang bisa membaca bisa memahami bacaan yang dibacanya, apalagi kalau bacaanya ialah buku pelajaran. Hehe.! Gambar tips dan trik membaca cepat dengan waktu yang singkat Bagi sebagian orang membaca harus dilakukan dengan konsentrasi yang tinggi. dengan berkonsentrasi kita bisa meningkatkan pemahaman kita dalam membaca. Tapi, bagaimana bisa berkonsentrasi kalau waktu yang tersedia hanya sedikit dan tidak cukup, sedangkan bacaan yang harus dibaca masih banyak?! Maka solusinya yaitu kita harus membaca dengan cepat. Lalu, Bagaimana cara membaca dengan cepat?. Jika ingin tahu caranya silahkan lanjtkan membaca alasannya ialah ada 3 model cara membaca dengan cepat dan gampang paham isinya yang berguru kreatif bagikan dibawah ini. Ada 3 model yang biasa dipakai para pakar untuk membaca dengan cepat. Ketiga model itu adalah, membaca dengan model line by line, membaca melingkar, dan membaca model spiral. Membaca dengan model line by line Dilakukan dengan membaca secara berurutan dari baris pertama hingga baris terahir. Ini biasa dipakai bagi mereka yang membaca bacaan yang bersifat padat, banyak terdapat istilah asing, atau untuk bacaan yang terbilang masih berupa bacaan gres bagi pembaca. Ini sering kita alami saat masih SD atau SLTP, alasannya ialah siswa yang gres mengenal materi bacaan gres niscaya merasa khawatir kalau-kalau ada bacaan atau gosip yang terlewat bila membaca dengan cepat-cepat. Membaca dengan model melingkar Model ini dilakukan dengan mencari kata kunci. Kita sanggup membaca dengan acak untuk menemukan kata kunci dalam sebuah bacaan, semoga bisa mengerti inti dari bacaan. Selebihnya memakai kebijaksanaan pikiran dan kebijaksanaan untuk menghubungkanya. Ini biasanya dipakai untuk membaca bacaan ringan mirip Koran, majalah, dan sebagainya. Membaca dengan model spiral Metode spiral ini dilakukan dengan tidak membaca seluruh bacaan yang ada, namun dengan membaca zig-zag mirip spiral. Kalimat yang terbaca memang tidak tersambung dengan sempurna, namun itu ialah proses kreatif pembaca untuk mencari kata penghubung sesuai dengan rasio dan pemikiran kita. Ini akan menciptakan kita menyimpulkan sendiri gosip yang didapat. Pola membaca cepat yang baik Sebelum membaca sebaiknya kita menyiapkan segala sesuatu yang mendukung supaya program membaca jadi menyenangkan, kemudian bagaimana caranya? 
1. Pertama: cari waktu yang tepat untuk membaca. Waktu dimana kau tidak akan terganggu dengan     aktivitas yang penuh konsentrasi ini.
2. pilihlah kawasan yang suasananya mendukung. Kalian tentu lebih mengenali kawasan favorit untuk         membaca, khususnya kawasan yang terang, sejuk, bersih, rapi, dan tenang. Namun boleh juga jika         lebih suka membaca dengan diiringi music. Ketika membaca posisi badanmu juga tidak boleh             membungkuk. Duduklah dengan posisi tubuh tegak dan pastikan jarak antara buku dengan mata        berkisar kurang lebih 30 centimeter. Dan satu hal yang dilarang dilupakan yaitu berdo’a sebelum   mebaca. 
3. Ketiga: semoga sanggup membaca dengan cepat dan banyak gosip yang sanggup kita terima, kita harus     membiasakan diri kita untuk jangan membaca per kata dan seleksilah bacaan kita saat membaca.     

Sumber http://maulanaeo14.blogspot.com

0 Response to "Tips Membaca Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel