iklan banner

Cara Menciptakan Kerajinan Batik Tulis Tradisional Sederhana

Cara Membuat Kerajinan Batik Tulis Tradisional Sederhana Cara Membuat Kerajinan Batik Tulis Tradisional Sederhana

Cara Membuat Kerajinan Batik Tulis Tradisional

Cara Membuat Kerajinan Batik Tulis Tradisional Sederhana - Membicarakan sebuah kerajinan tentu kita telah mengenal Batik, alasannya batik ini ialah karya seni budaya bangsa indonesia yang telah diakui UNESCO sebagai warisan dunia. Jadi, kita sebagai warga indonesia dilarang hanya bangga, namun kita harus mereliasasikan rasa gembira ini dengan cara melestarikannya, kemudian bagaimana cara kita melastarikannya?

Kita sanggup memperkenalkan budaya batik ini kepada dunia yang belum mengenal (saya rasa seluruh dunia telah mengetahui apa itu batik). cara melestarikannya kita sanggup menciptakan kreasi untuk memperluas motif-motif gres yang lebih moder atau inofatif. Lalu bagaimana cara menciptakan bati? simak caranya dibawah ini:

Batik Tulis
Batik Tulis merupakan lukisan di atas kain yang dipakai sebagai materi dasar pembuatan pakaian. Pada awalnya, batik hanya dikenal oleh kalangan Keraton. Batik terdiri dari aneka macam motif dan setiap motif merupakan simbol bagai pemakainya, ibarat motif bendo dan motif kawung yang hanya boleh di kenakan oleh keluarga kerajaan. Pada perkembangannya, batik menyebar ke kalangan masyarakat umum.

Berikut saya akan memperlihatkan kepada sobat, bagaimanakah cara menciptakan kerajinan batik tulis. Untuk lebih jelasnya baca goresan pena saya di bawah ini. Ada beberapa alat dan langkah-langkah yang harus di perhatikan dan harus kita siapkan untuk menciptakan batik tulis secara tradisional. Dan berikut ulasannya :

Cara Membuat Kerajinan Batik Tulis Tradisional

I. Alat dan Bahan
  • Canting (alat corong dengan tangkai kayu yang dipakai untuk membatik)
  • Gawangan ( daerah yang dipakai untuk meletakkan kain yang akan dibentuk batik. Biasanya alat ini dibentuk dari bambu)
  • Wajan
  • Anglo atau Kompor kecil
  • Malam atau Lilin
  • Bahan pewarna (wedel atau tom)

II. Langkah Kerja
  1. Siapkan kain, buat motif di atas kain dengan memakai pensil atau lebih mudahnya gunakan kertas karbon
  2. Setelah motif selesai dibuat, sampirkan kain pada gawangan
  3. Nyalakan Kompor kecil atau Anglo. Letakkan lilin atau malam ke dalam wajan dan panaskan wajan dengan api yang kecil hingga malam tersebut mencair dengan tepat biarkan api tetap menyala kecil
  4. Mulailah membatik dengan cara mengambil sedikit malam cair dengan memakai canting, tiup-tiup sebentar semoga tidak terlalu panas, kemudian goreskan canting dengan mengikuti motif yang telah ada. Hati-hati jangan hingga malam cair menetes diatas permukaan kain alasannya akan menghipnotis hasil motif batik.
  5. Setelah semua motif tertutup malam, maka proses selanjutanya ialah melakukan proses pewarnaan.
  6. Siapkan materi pewarna yang telah anda siapkan kedalam ember, kemudian beri air yang secukupnya, kemudian celupkan kainnya ke dalam larutan pewarna dengan memakai kuas, ulangi hingga beberapa kali untuk hasil yang lebih baik
  7. Tahap selanjutnya ialah proses penghilangan lilin batik dengan cara pengerakan dan melarod (menghilangkan lilin secara keseluruhan dengan cara pendidihan di dalam air panas atau lebih tepatnya lagi air hangat, sehingga lilin meleleh dan terlepas dari kain).
  8. Tahap terakhir dari proses pembuatab batik ini ialah proses pembersihan dan penjemuran.
  9. Selesai, anda sudah mempunyai kerajinan batik karya anda sendiri.
Demikian, saya telah memperlihatkan kepada sahabat goresan pena saya di Tips Pelajar mangenai bagaimanakah Cara Membuat Kerajinan Batik Tulis Tradisional Sederhana. Semoga langkah-langkah yang saya berikan kepada sahabat ini gampang sahabat ketahui dan sahabat sanggup menciptakan Kerajinan Batik Tulis ini dengan baik, sehingga mendapat hasil yang memuaskan. Terima Kasih anda telah membaca Tulisan saya ini, semoga bermanfaat bagi anda dan apabila ada kesalahan dalam penulisan saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Sumber http://bagasajiharvian.blogspot.com/

0 Response to "Cara Menciptakan Kerajinan Batik Tulis Tradisional Sederhana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel