iklan banner

√ Serba-Serbi Tokek Terbesar Di Dunia, Benar Atau Hoax?

Tokek sering dinilai sebagai cecak dengan ukuran yang lebih besar. Baik tokek maupun cecak memang masih sama-sama satu familia. Hanya saja, binatang yang juga berjulukan “Gecko” ini dihargai dengan nominal yang sangat mahal. Kontras sekali dengan cecak yang dianggap sebagai binatang pengganggu yang bahkan tak ada nilainya.


Mengingat tokek yaitu binatang yang harganya bernilai tinggi, tentu saja banyak orang yang memburu binatang ini. Tokek dengan jenis tertentu bahkan harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah, lho. Nah, selagi membahas tokek, Bacaterus ingin mengajakmu mengenal tokek terbesar di dunia nih! Benarkah salah satu tokek berukuran tak lazim pernah ditemukan di Indonesia?


Mengapa Tokek Dihargai Mahal?


Tokek sering dinilai sebagai cecak dengan ukuran yang lebih besar √ Serba-serbi Tokek Terbesar di Dunia, Benar atau Hoax?

* sumber: news.nationalgeographic.com


Tokek kan ibarat cecak, kok harganya bisa mahal banget?


Pernahkah pertanyaan sejenis ini muncul dalam benakmu? Walaupun tokek ibarat dengan cecak, tapi tokek dinilai sebagai binatang yang dihargai cukup mahal. Jadi, tak heran kalau segelintir orang menekuni profesi sebagai pencari tokek untuk bisa mendapat uang.


Tokek dihargai mahal alasannya konon bab pengecap dan darahnya bisa digunakan sebagai ramuan untuk mengobati HIV/AIDS. Selama ini kita tahu bahwa HIV/AIDS belum ditemukan obatnya. Oleh alasannya itu, banyak orang berusaha menemukan pengobatan alternatif untuk mengobati pasien HIV/AIDS, salah satunya dengan memakai ramuan dari pengecap dan darah tokek.


Selain untuk HIV/AIDS, empedu tokek konon mengandung zat anti-kanker dan anti-tumor. Bahkan, daging tokek secara keseluruhan dianggap sebagai obat mujarab untuk mengatasi gatal-gatal di sekujur tubuh.


Apakah pengobatan alternatif dengan memakai tokek ini berhasil? Sampai dikala ini informasi mengenai ini memang masih menjadi buah perbincangan semata. Belum ada pihak medis yang membenarkan bahwa tokek bisa menjadi obat untuk bermacam-macam penyakit yang disebutkan.


Karena khasiat-khasiat yang ditawarkan inilah, tokek menjadi binatang yang dijual dengan harga mahal. Harga 2 ons tokek bisa mencapai 5 juta rupiah di salah satu pasar yang ada di Jakarta.


Mengenal Spesies Tokek Terbesar


Tokek sering dinilai sebagai cecak dengan ukuran yang lebih besar √ Serba-serbi Tokek Terbesar di Dunia, Benar atau Hoax?

* sumber: nationalzoo.si.edu


Mungkin kau pernah melihat foto-foto dengan tokek ukuran raksasa. Namun, percayalah bahwa foto tersebut yaitu bab rekayasa saja. Sebenarnya, adakah tokek terbesar di dunia?


Perlu kau ketahui bahwa ada spesies tokek terbesar di dunia, namanya yaitu New Caledonian Giant Gecko. Tokek yang mempunyai nama ilmiah  Rhacodactylus leachianus ssp. ini merupakan jenis tokek terbesar yang paling dicari. Jenis tokek yang satu ini berasal dari Kaledonia Baru.


Ukuran tokek ini memang terbilang lebih “gemuk” dibanding spesies tokek lainnya. Tubuhnya terlihat obesitas dan jauh dari kata ramping. Warna kulit tokek ini yaitu abu-abu gelap dengan sedikit corak putih. Jika berada di atas batang pohon, warna tokek ini akan nampak menyatu dengan warna batang pohon tersebut.


New Caledonian Giant Gecko termasuk jenis tokek yang sangat langka. Meskipun sudah berhasil dikembangbiakkan di penangkaran, tapi pengembang biakkan tokek ini sangat sulit. Setiap tahun, penangkaran di Kaledonia Baru hanya bisa menetaskan dua dari lima telur tokek ini. Alhasil, tokek yang sangat diburu di pasaran ini sudah tidak lagi diekspor keluar Kaledonia Baru.


Ukuran tokek terbesar ini bisa mencapai panjang 14-17 inci termasuk ekornya dan bobot sekitar 212-279 gram. Sementara usia dari tokek Kaledonia Baru ini sangat panjang. Dengan perawatan yang baik, tokek ini bisa bertahan hidup sampai usia 20 tahun.


Dewasa ini, sangat sulit untuk menemukan spesies tokek ini. Apalagi New Caledonian Giant Gecko adalah tokek terbesar di dunia yang tergolong cukup langka. Jadi, kau tidak bisa memilikinya sebagai peliharaan.


Tokek Terbesar di Indonesia, Benar atau Hoax?


Tokek sering dinilai sebagai cecak dengan ukuran yang lebih besar √ Serba-serbi Tokek Terbesar di Dunia, Benar atau Hoax?


Beberapa waktu kemudian pernah beredar video tokek raksasa yang panjangnya mencapai 1,5 meter. Video tersebut sudah ditonton ratusan ribu kali. Konon, ada yang menyebutkan bahwa tokek berukuran tak masuk akal tersebut ditemukan di Indonesia, tepatnya di Kalimantan. Tak tanggung-tanggung, bobot tokek tersebut katanya mencapai 64 kilogram.


Berdasarkan penelusuran Bacaterus, info mengenai tokek berukuran super jumbo yang ditemukan di Indonesia itu yaitu hoax. Sampai dikala ini tidak ada tokek yang ukurannya bisa mencapai ukuran buaya tersebut.


Video yang menampilkan foto tokek berukuran besar itu yaitu rekayasa semata. Itu merupakan jenis tokek biasa yang fotonya diedit sampai berukuran sangat besar. Kemudian, gambar tokek tersebut diletakkan di bawah kaki insan yang sedang duduk sehingga terlihat berukuran raksasa.


Jadi, apabila kau membaca iklan orang berjualan tokek dengan bobot lebih dari 1 kilogram, maka sebaiknya jangan pribadi mempercayainya. Lebih baik kunjungi pribadi kawasan si penjual supaya kau sanggup menimbang pribadi bobot tokek tersebut. Bobot normal tokek umumnya tidak akan lebih dari 500 gram, sebesar apapun ukuran tokeknya.


Goanna, Familia Tokek Terbesar


Tokek sering dinilai sebagai cecak dengan ukuran yang lebih besar √ Serba-serbi Tokek Terbesar di Dunia, Benar atau Hoax?

* sumber: depositphotos.com


Masih bertanya-tanya seputar tokek terbesar yang ada di dunia? Jika ingin memakai ilmu “cocoklogi”, bergotong-royong Goanna bisa dikatakan sebagai “tokek” terbesar di dunia. Tokek sendiri masih masuk dalam familia cecak dan kadal. Sementara itu, goanna sendiri merupakan kadal monitor dari Australia.


Jika dilihat sepintas, goanna sangat ibarat dengan komodo. Hanya saja, goanna ini mempunyai kulit yang lebih hitam pekat dengan garis-garis putih. Goanna bisa tumbuh sampai mencapai ukuran 2,5 meter, lho.


Ukuran yang besar tidak menciptakan goanna mager alias malas gerak. Hewan ini bisa bergerak dengan sangat cepat ibarat komodo. Bahkan, goanna cukup cekatan dalam merambat di batang pohon maupun dinding rumah.


Apakah goanna yaitu jenis binatang berbahaya? Tentu saja. Sama ibarat komodo, goanna bukan binatang yang ramah. Jadi, meskipun kau mempunyai kesempatan untuk memelihara binatang ini, ketahuilah bahwa goanna bukan binatang yang semanis tokek alias gecko. Hewan buas ini mustahil bermanja-manja di tanganmu layaknya tokek peliharaan pada umumnya.


Nah, itulah aneka macam dongeng dan informasi mengenai tokek terbesar yang bisa Bacaterus bagikan kepadamu. Kini, kau pun sudah tahu bahwa tokek dengan bobot 64 kilogram yaitu sebuah hoax. Faktanya, sebesar apapun ukuran tokeknya mustahil mencapai bobot lebih dari 1 kilogram. Jadi, kalau kau berminat memelihara gecko alias tokek, sebaiknya jangan tergiur dengan promosi yang berlebihan, ya!


Kunjungi artikel mitos tokek paling terkenal ini untuk mengetahui lebih lanjut seputar cerita-cerita perihal tokek yang menjadi buah bibir di kalangan masyarakat.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ Serba-Serbi Tokek Terbesar Di Dunia, Benar Atau Hoax?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel