iklan banner

Heuristik Dalam Sejarah

Heuristik dalam sejarah - Heuristik merupakan bab dari penelitian sejarah. Heuristik yaitu upaya penelitian yang mendalam untuk menghimpun jejak-jejak sejarah atau mengumpulkan dokumen-dokumen biar sanggup mengetahui segala bentuk insiden atau kejadian-kejadian bersejarah di masa lampau.

Jejak-jejak atau dokumen yang berhasil dihimpun itu merupakan data-data yang sangat berharga, sehingga sanggup dijadikan dasar untuk menelusuri peristiwa-peristiwa sejarah yang telah terjadi pada masa lampau.

Namun, untuk menemukan jejak-jejak sejarah atau dokumen-dokumen bersejarah itu tidaklah mudah. Para andal atau sejarawan memulai dengan mengumpulkan gosip sebanyak-banyaknya wacana insiden sejarah yang akan ditelitinya.

 Heuristik merupakan bab dari penelitian sejarah Heuristik dalam sejarah

Mencari jejak sejarah

Mencari jejak sejarah tidak jauh berbeda dengan mencari jejak hewan buruan. Seorang pemburu hendaknya telah mengetahui ke arah mana hewan buruannya berjalan, sehingga mereka sanggup melaksanakan penghadangan pada jalan-jalan yang sekiranya akan dilewati oleh hewan buruan tersebut.

Begitu pula di dalam mencari jejak sejarah. Seorang andal sejarah hendaknya telah mempunyai suatu gosip yang akurat wacana keberadaan dan kebenaran suatu insiden bersejarah.

Jejak-jejak sejarah biasanya sanggup ditemukan secara kebetulan oleh masyarakat. Banyak benda-benda budaya peninggalan masa kemudian ditemukan secara tidak sengaja. Jejak-jejak sejarah masa lampau yang berupa aneka macam bentuk perhiasan, peralatan rumah tangga, peralatan kerja, bahkan puing-puing bangunan kuno ibarat candi yang masih acak-acakan sering ditemukan secara kebetulan.

Dari gosip inovasi itulah kesudahannya para andal atau sejarawan melaksanakan penelitian lebih lanjut. Bahkan tanpa gosip yang berhasil diterima dari masyarakat, para andal atau sejarawan sangat sulit untuk menemukan jejak-jejak sejarah wacana masa lampau.

Baca juga :
Demikian Heuristik dalam sejarah, semoga memberi manfaat bagi pembelajaran sejarah.

Sumber http://sejarahnasionaldandunia.blogspot.com

0 Response to "Heuristik Dalam Sejarah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel