iklan banner

Faktor-Faktor Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Keputusan Pemilihan Media Pembelajaran

Beberapa faktor perlu dipertimbangkan, contohnya tujuan instruksional yang ingin dicapai, karakteristik siswa atau sasaran, jenis rangsangan mencar ilmu yang diinginkan (audio, visual, gerak, dan seterusnya), keadaan latar atau lingkungan, kondisi setempat dan luasnya jangkauan yang ingin dilayani. Faktor-faktor tersebut pada akibatnya harus diterjemahkan dalam keputusan pemilihan media.

Pada tingkat yang menyeluruh dan umum pemilihan media sanggup dilakukan dengan mempertimbangkan faktor-faktor berikut:

a. Hambatan pengembangan dan pembelajaran yang mencakup faktor-faktor dana, fasilitas dan peralatan yang telah tersedia, waktu yang tersedia (waktu mengajar dan pengembangan bahan dan media), sumber-sumber yang tersedia ( insan dan material).
b.   Persyaratan isi, tugas, dan jenis pembelajaran. Isi pembelajaran bermacam-macam dari sisi kiprah yang ingin dilakukan siswa, contohnya penghafalan, penerapan keterampilan, pengertian hubungan-hubungan, atau kebijaksanaan budi dan pemikiran tingkatan yang lebih tinggi. Setiap kategori pembelajaran itu menuntut sikap yang berbeda-beda dan dengan demikian akan memerlukan teknik dan media yang berbeda-beda pula.
c.   Hambatan dari sisi siswa dengan mempertimbangkan kemampuan dan keterampilan awal, menyerupai membaca, mengetik, dan memakai komputer, dan karakteristik siswa lainnya.
d.   Pertimbangan lainnya yaitu tingkat kesenangan dan keefektifan biaya.
e.   Pemilihan media sebaiknya mempertimbangkan pula:
1)   Kemampuan mengakomodasikan penyajian stimulus yang sempurna (visual dan / atau audio).
2)   Kemampuan mengakomodasikan respon siswa yang sempurna (tertulis, audio, dan / atau aktivitas fisik).
3)   Kemampuan mengakomodasikan umpan balik
4)   Pemilihan media utama dan media skunder untuk penyajian informasi dan stimulus.
f.    Media skunder harus menerima perhatian alasannya pembelajaran yang berhasil memakai media yang beragam. Dengan penggunaan media yang beragam, siswa mempunyai kesempatan untuk menghubungkan dan berinteraksi dengan media yang paling efektif sesuai dengan kebutuhan mencar ilmu mereka secara perorangan.



Sumber http://pintubelajarcerdas.blogspot.com

0 Response to "Faktor-Faktor Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Keputusan Pemilihan Media Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel