iklan banner

√ 7 Jenis Jagung Yang Paling Banyak Dikonsumsi Di Dunia

Selama ini kita mungkin hanya mengenal dua jenis jagung saja, yaitu jagung bagus dan popcorn. Jagung bagus sangat kita kenal sebab kuliner ini bisa didapatkan dengan gampang di banyak toko, mulai dari warung sayuran kecil hingga pasar yang besar. Jagung bagus juga sanggup dibilang sudah bersatu dalam masakan kita, menyerupai sayur asem dan bakwan jagung.


Jagung popcorn juga terkenal di masyarakat sebab sering dijadikan camilan ketika bersantai di rumah bersama keluarga, nonton film di bioskop, hingga jalan-jalan di sentra keramaian. Dari sini mungkin pengetahuan kita wacana jenis-jenis jagung berhenti, padahal di dunia terdapat beberapa jenis jagung lainnya yang dipakai di banyak sekali macam industri terutama industri makanan.


Beberapa sumber menyebutkan bahwa terdapat enam jenis jagung yang paling umum di dunia, yaitu jagung manis, jagung popcorn, jagung gigi kuda, jagung mutiara, jagung tepung, dan jagung ketan. Tapi jenis ketujuh, yaitu jagung pod, mungkin juga digolongkan dengan endosperma keenam jagung tadi. Bahasan selengkapnya mengenai jenis-jenis jagung ini kami paparkan di bawah ini.


1. Jagung Manis/Sweet Corn


Selama ini kita mungkin hanya mengenal dua jenis jagung saja √ 7 Jenis Jagung yang Paling Banyak Dikonsumsi di Dunia

* sumber: pixabay.com


Jagung bagus ialah salah satu jenis jagung yang paling umum ditemukan dalam kuliner, menyerupai jagung bakar, sayur asem, hingga bakwan jagung. Jagung bagus mempunyai kandungan gula (terutama sukrosa) yang tinggi sehingga rasanya manis. Selain dibakar, jagung bagus juga sanggup direbus dan dijadikan bubur.


Tidak menyerupai jagung ladang yang dipanen ketika biji sudah kering dan matang, jagung bagus dipetik ketika masih muda (tahap susu) dan diolah serta dimakan sebagai sayuran, bukan biji-bijian. Jagung bagus biasanya dijual dalam keadaan segar sehingga kualitasnya tetap terjaga. Selain itu rasa bagus pada jagung ini tidak bisa bertahan usang (satu hingga empat hari saja).


Karena proses pematangan melibatkan pengubahan gula menjadi pati, maka jagung bagus harus diolah dan dikonsumsi ketika masih segar. Hal itu sebab biji jagung bagus akan mengeras dan bertepung bila dibiarkan terlalu lama. Selain makanan-makanan di atas, jagung bagus juga sanggup disajikan sebagai baby corn dalam beberapa hidangan.


2. Jagung Berondong/Popcorn


Selama ini kita mungkin hanya mengenal dua jenis jagung saja √ 7 Jenis Jagung yang Paling Banyak Dikonsumsi di Dunia

* sumber: www.pexels.com


Kamu niscaya sudah mengenal jenis jagung yang ini. Popcorn atau jagung berondong ialah sejenis jagung yang bercirikan kernel yang kecil dan keras bahkan hingga endospermanya yang bertepung. Kelembaban endosperma jagung berondong yang berkisar 14-20% akan menjelma uap ketika kernel dipanaskan dan mengembang menjadi berondong dengan ukuran 10-30 kali lebih besar dari ukuran awal.


Kualitas popcorn tergantung pada sejumlah faktor. Umumnya, semakin mengembang biji popcorn sehabis dipanaskan, semakin baik kualitasnya, sebab volume yang lebih besar menghasilkan tekstur yang lebih baik. Sebagian besar varietas komersial akan mengembang 30-40 kali dari volume asalnya.


Pengembangan juga dipengaruhi oleh kadar air, mekanisme pengeringan, dan jumlah kerusakan pada pericarp dan endosperma. Faktor-faktor lain yang mempengaruhi kualitas popcorn ialah rasa, kelembutan, tidak adanya sekam, warna, hingga bentuk.


Popcorn (yang sudah matang) biasanya dijual di bioskop-bioskop sebagai camilan bagi para penonton. Biji popcorn juga sanggup dibeli dengan gampang di pasar-pasar dengan harga yang cukup terjangkau. Popcorn sanggup dimasak dengan mentega atau minyak, baik memakai peralatan dapur atau mesin popcorn khusus. Rasa popcorn sanggup dibentuk berbeda tergantung selera, asin, gurih atau manis.


3. Jagung Gigi Kuda / Dent Corn


Selama ini kita mungkin hanya mengenal dua jenis jagung saja √ 7 Jenis Jagung yang Paling Banyak Dikonsumsi di Dunia

* sumber: pixnio.com


Jagung gigi kuda ialah sejenis jagung ladang dengan kandungan pati lunak yang tinggi. Dinamakan demikian sebab jagung ini mempunyai lekukan kecil di mahkota setiap kernel pada pendengaran jagung yang matang. Jagung jenis ini umumnya ditemukan di negara Amerika Serikat.


Jagung gigi kuda ialah materi dasar pembuatan tepung jagung (untuk menciptakan roti jagung), keripik jagung, dan kuliner lainnya. Pati jagung gigi kuda yang tinggi diolah menjadi plastik dan fruktosanya dipakai sebagai perhiasan dalam banyak olahan kuliner dan minuman ringan.


Terdapat dua kategori bibit unggul jagung gigi kuda yang digolongkan menurut warna kernel, yaitu kuning atau putih. Jagung gigi kuda kuning utamanya diproduksi untuk pakan ternak dan keperluan industri, sedangkan jagung gigi kuda putih  diproduksi untuk konsumsi insan dan lain-lain.


4. Jagung Mutiara/Flint Corn


Selama ini kita mungkin hanya mengenal dua jenis jagung saja √ 7 Jenis Jagung yang Paling Banyak Dikonsumsi di Dunia

* sumber: www.publicdomainpictures.net


Jagung mutiara yang dikenal juga dengan sebutan jagung India ialah sejenis jagung yang mempunyai lapisan luar yang keras untuk melindungi endosperma lunak di dalamnya. Bentuk kernel jagung mutiara terlihat agak lingkaran dengan ukuran yang lebih kecil dari kernel jagung gigi kuda.


Kernel jagung mutiara mempunyai warna yang berbeda-beda menyerupai putih, kuning, dan merah. Biji yang berwarna-warni tersebut biasanya dikeringkan dan dipakai untuk keperluan hias atau dekorasi (seperti di program Thanksgiving). Varietas jagung ini juga sanggup dikonsumsi dalam bentuk popcorn.


5. Jagung Tepung/Flour Corn


Selama ini kita mungkin hanya mengenal dua jenis jagung saja √ 7 Jenis Jagung yang Paling Banyak Dikonsumsi di Dunia

Contoh tepung jagung sumber: pixabay.com


Jagung tepung ialah jenis jagung lainnya yang dimanfaatkan untuk menciptakan tepung jagung atau tepung maizena. Endosperma jagung tepung terbuat dari pati yang lembut dan pericarp yang tipis. Sebagian besar jagung tepung terdiri dari pati yang lembut, mempunyai kernel yang lunak, bertepung, dan gampang ditumbuk. Tepung jagung atau tepung maizena sanggup dengan gampang dibeli di pasar-pasar dengan harga yang cukup terjangkau.


6. Jagung Ketan/Waxy Corn


Selama ini kita mungkin hanya mengenal dua jenis jagung saja √ 7 Jenis Jagung yang Paling Banyak Dikonsumsi di Dunia


Jagung ketan atau jagung lilin ialah sejenis jagung ladang yang mempunyai tekstur lengket ketika dimasak. Hal itu terjadi sebab jagung ketan mempunyai kandungan amilopektin yang tinggi. Saat ini amilopektin atau tepung lilin utamanya dipakai dalam produk makanan. Akan tetapi, hal itu juga dipakai dalam banyak sekali industri menyerupai tekstil, perekat, dan kertas. Jagung ketan rebus ialah salah satu kuliner dari jagung ini yang terkenal di Tiongkok dan negara-negara Asia Tenggara.


7. Jagung Pod/Pod Corn


Selama ini kita mungkin hanya mengenal dua jenis jagung saja √ 7 Jenis Jagung yang Paling Banyak Dikonsumsi di Dunia

* sumber: commons.wikimedia.org


Jagung pod ialah varietas jagung lainnya yang disebut juga sebagai jagung liar. Ini merupakan salah satu dari enam jenis utama jagung yang dibahas di sini. Jagung pod mempunyai kernel yang diselubungi oleh kelobot atau kulit jagung. Hal yang sama terjadi pada tongkol jagung tersebut.


Jagung pod pernah dianggap sebagai nenek moyang jagung yang dibudidayakan dan mempunyai daerah dalam budaya pra-Kolombia sebab suatu alasan tertentu. Masing-masing kernel jagung pod tertutup dalam glume atau sekam. Jenis ini mempunyai nilai komersial yang kecil kecuali sebagai ornamen.


Itulah tujuh jenis jagung yang umum ditemukan di dunia. Tiga jenis jagung di atas yang banyak dibudidayakan di Indonesia ialah jagung manis, jagung mutiara, dan jagung gigi kuda. Sedangkan di antara ketiganya jagung bagus ialah jagung yang paling terkenal dan gampang ditemui.


Salah satu produk turunan jagung, yaitu tepung jagung, kini bisa didapatkan dengan mudah, baik secara online maupun offline. Jika kau ingin membeli tepung jagung dengan harga yang kompetitif secara online, kami menyarankan untuk membelinya di Bukalapak melalui link ini. Yuk, beli tepung jagung kini juga di sana.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ 7 Jenis Jagung Yang Paling Banyak Dikonsumsi Di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel