iklan banner

Pengertian, Jenis-Jenis Flora, Dan Persebaran Tanaman Di Dunia Terlengkap


Pengertian, Jenis-Jenis Flora, dan Persebaran Flora di Dunia – Setiap Zona dan subzona pada biosfer mempunyai tumbuhan dan fauna yang berbeda. Perbedaan tersebut disebabkan oleh faktor-fakotor linkungan yang menghipnotis kehidupan tumbuhan dan fauna sehingga persebarannya dipermukaan bumi berbeda-beda. disini kita akan mempelajari wacana persebaran tumbuhan didunia dan jenis-jenis nya.




Pengertian Flora


Kata Flora berasal dari bahasa latin ialah Flora, yang mana sanggup diartikan sebagai alam tumbuhan atau nabatah yang mana menyangkut semua aspek mengenai macam jenis tumbuhan dan tanaman. Biasanya dalam penggunaanya akan selalu di beri imbuhan dengan naman geografis, contohnya saja nabatah Jawa, nabatah Asia atau nabatah Eropa. kesimpulan nya berarti Flora merupakan sebagai alam tumbuhan atau nabatah yang mana menyangkut semua aspek mengenai macam jenis tumbuhan dan tanaman.



Persebaran dan Jenis-Jenis Flora di Dunia


Secara garis besar, kehidupan organisme baik tumbuhan maupun fauna dipermukaan bumi terdapat pada dua biossiklus, ialah daratan dan perairan.



1. Biosiklus Daratan 

 secara umum terdiri dari bioma hutan, sabana, steppa, dan gurun.

– Bioma Hutan

Hutan, (forest), merupakan bentang lahan yang sangat luas yang ditumbuhi beraneka ragam pohon-pohonan. Jenis-jenis hutan dibagi menjadi lima macam, ialah sebagai berikut :


  • Hutan Hujan Tropis, Hutan hujan tropis merupakan hutan yang terletak pada lintang 23,5 derajat LU-23,5 derajat LS. jenis tumbuhan di hutan hujan tropis ini antara lain mernati dan damar. Wilayah penyebaran nya meliputi, wilayah Amerika Tengah, Afrika, pecahan Tengah, Madagaskar, Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Daerah-daerah di Asia Tenggara lainnya.

  • Hutan Musim Daerah Iklim Tropis, ialah jenis hutan yang terdapat didaerah yang mempunyai contoh animo hujan dan kemarau yang jelas. ciri khas dari hutan ini antara lain terdiri atas satu atau dua spesies pohon berkayu dengan ketinggian sekitar 25 meter. Jenis tumbuhan ini anatara lain pohon jati. Wilayah persebarannya antara lain, disebagian didaerah Indonesia, Thailand, Kamboja, dan Myanmar.

  •  Hutan Mangrove (Hutan bakau), merupakan jenis hutan didaerah tropis yang ditumbuhi aneka macam jenis vegetasi khas rawa-rawa pantai yang dipengaruhi oleh pasang surut air laut. ciri-ciri hutan mangrove ditandai dengan sistem perakaran vegetasi yang sebagian berada diatas permukaan air. Wilayah penyebaran nya meliputi, wilayah Amerika Serikat pecahan Timur, Selandia Baru, sebagian besar Eropa Tengah, Australia pecahan Timur, Cina, Korea, Jepang, dan Argentina.

  • Hutan Berdaun Jarum (Conifer). ialah jenis hutan yang banyak terdapat didaerah iklim sedang hingga dingin. ciri-ciri hutan ini vegetasinya berdaun jarum (conifer), jenis nya antara lain. larix yang menggugurkan daunnya pada animo dingin, dan 2. sequoia. Wilayah penyebaran nya antara lain, di Eropa pecahan Siberia, dan Di wilayah Amerika Serikat di California.

  • Hutan Taiga, ialah jenis hutan yang terdapat didaerah iklim cuek dibelahan bumi utara dan dipegunungan tinggi. Jenis-jenis nya antara lain, Tusam (Pinus) merkusi, dan pinus cemara. wilayah penyebarannya dibelahan bumi utara, dan dipegunungan tinggi.


– Bioma Sabana

Sabana merupakan suatu wilayah vegetasi, didaerah tropis atau subtropis yang terdiri atas pohon-pohon yang tumbuh dengan jarang, dan diselingi oleh semak belukar serta rumput-rumputan. Jenis  tumbuhan nya antara lain ekaliptus. Wilayah penyebarannya yaitu, Australia, Afrika Timur, Brazilia, dan Indonesia terutama dikepulauan Nusa Tenggara.



– Bioma Padang Rumput

Padang rumput terdiri dari stepa dan prairi. Stepa merupakan suatu wilayah yang ditumbuhi oleh rumput-rumputan pendek.  Jenis rumput nya antara lain rumput Indian Grasses. Wilayah penyebarannya nya antara lain didaerah tropis terdapat di Afrika, Amerika Selatan, dan Australia Utara. Adapun didaerah iklim sedang terdapat dibagian barat Amerka Utara, Argentian, Australia, dan Eropa. Gurun terdiri atas 2 perwujudan, ialah gurun panas kering, dan gurun dingin.



2. Biosiklus Perairan

Selain pada biosiklus didaratan, Flora sanggup hidup pada biosiklus perairan. Biosiklus perairan terdiri atas 2 bagian, ialah :


  • Biosiklus Air Asin, Lautan meruapakan cekungan yang berukuran relatif sangat luas yang terisi oleh massa air asin. didalam nya terdapat aneka macam makhluk hidup berupa jenis tumbuhan maupun binatang yang telah mengikuti keadaan dengan kondisi perairan air laut. Tumbuhan maritim hanya tersebar dan terdapat ditempat-tempat yang terkena penyinaran matahari. jenis tumbuhan nya antara lain, Pitoplankton, merupakan organisme kecil yang hidup terapung-apung dipermukaan atau akrab permukaan laut. 

  • Biosiklus Air Tawar, air tawar yang ada dipermukaan bumi diklasifiksikan dalam bentuk sungai, danau, kolam, dan rawa. Jenis tumbuhan yang ada di air tawar antara lain eceng gondok dan teratai. jenis jenis tumbuhan ini banyak terdapat di wialayah Indonesia.


Itulah ulasan wacana Pengertian, Jenis-Jenis Flora, dan Persebaran Flora di Dunia, agar bermanfaat bagi pembaca, sekian dan terimakasih.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "Pengertian, Jenis-Jenis Flora, Dan Persebaran Tanaman Di Dunia Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel