iklan banner

Mengurangi Beban Hp Dengan Menghapus Cache Aplikasi

Ngeblogo - Mengurangi Beban HP Dengan Menghapus Cache Aplikasi. Dengan berkembangnya teknologi pembuatan aplikasi android/smartphone yang setiap hari terus bertambah, tentu para pengguna Handphone smartphone/android akan semakin dimanjakan dengan banyak sekali pilihan aplikasi. Mulai dari aplikasi yang mempunyai kegunaan digunakan untuk menunjang kehidupan nyata, maupun aplikasi yang dinikmati sekedar untuk senang-senang ibarat aplikasi-aplikasi game. Ngeblogo yakin banyak sekali aplikasi yang dipasang atau diinstall di handphone para pembaca. Mulai dari aplikasi bawaan dikala membeli HP baru, hingga bermacam-macam aplikasi yang diinstall sendiri lewat Google Playstore misalnya.

Nah, dengan banyaknya aplikasi yang yang terpasang dan sering dibuka alias aktif digunakan, tentu akan menyisakan cache yang banyak juga. Sehingga akan banyak menggunakan memori HP yang gede. Jika memori HPnya besar mungkin tidak akan terlalu bermasalah. Tapi jikalau memori HP kecil, tentu akan menambah si HP "sesak nafas" sebab kinerjanya terhambat dengan cache-cache aplikasi yang banyak diinstall tersebut. Maka untuk mengurangi beban HP, sebaiknya anda hapus cache-cache yang ada pada aplikasi tersebut. Terus bagaimana caranya menghapus cache-cache tersebut?

Sebelumnya sekedar isu untuk anda ketahui, cache yaitu data yang tersimpan pada sistem penyimpanan HP/ android/smartphone yang sifatnya sementara. Data cache ini menyimpan semua aktifitas anda dikala menggunakan aplikasi. Semakin aktif anda membuka dan mengunakan aplikasi, akan semakin besar cache yang tersimpan. Cache sebetulnya mempunyai kegunaan untuk membantu mempercepat kinerja HP anda dikala membuka aplikasi yang sama tanpa harus "mulai lagi dari nol" sebab data-data yang ada sudah tersimpan. Akan tetapi ya ibarat tadi diatas, jikalau sering digunakan, maka kapasitas cache-nya jadi semakin besar. Apalagi jikalau yang digunakan yaitu aplikasi yang berkaitan dengan video. Saya contohkan YouTube. Semakin sering anda online membuka dan menggunakan YouTube, maka cache aplikasi ini akan semakin besar.

Oke, mari kita masuk ke tahap-tahap dari cara menghapus cache aplikasi. Sebelumnya perlu anda ketahui, bahwa yang Ngeblogo gunakan untuk praktik pada tutorial ini yaitu HP Smartfren Android A. Jika yang anda gunakan HPnya sama, tinggal eksklusif praktikkan saja. Jika berbeda, silahkan coba disesuaikan.

Pertama, silahkan buka HP Anda kemudian masuk ke hidangan PENGATURAN HP/SETTING (Pencet/Klik PENGATURAN). Contohnya di Smartfren Android A ibarat ini penampakannya:

Kedua, anda akan diarahkan ke beberapa menu, scroll ke bawah cari hidangan APLIKASI. Pencet/Klik hidangan tersebut. Nanti anda akan diarahkan menuju beberapa Aplikasi yang sudah Terunduh/Terinstall pada HP.

Ketiga, sesudah anda masuk ke Aplikasi Terunduh/Terinstall pada HP, tunggu hingga muncul kapasitas ruang/memori yang digunakan oleh setiap aplikasi. Biasanya muncul di bawahnya. Misal YouTube 82,45 MB. 

Keempat, nah ini yang akan masuk menuju tahap final pembatalan cache-nya. Tinggal anda scoroll naik-turun layar HP anda, pilih Aplikasi mana yang akan dihapus cache-nya. Di sini aku contohkan akan menghapus cache YouTube. Setelah digunakan online untuk menonton video YouTube, ternyata cache menghabiskan ruang sebesar 68,25 MB. Jika HP sedang penuh memorinya, dihapus tidak mengecewakan kan buat menambah "nafas" HP. Ruang atau kapasitas memori HP akan agak longgar. Jika sudah ok, sudah fiks yang akan dihapus yaitu cache aplikasi YouTube, tinggal anda pencet HAPUS Cache. 

Setelah cache terhapus anda sanggup melihat eksklusif perubahannya. Seperti gambar yang Ngeblogo buat contoh.

Demikian tutorial wacana cara Mengurangi Beban HP Dengan Menghapus Cache Aplikasi. Cara ini yaitu cara menghapus satu persatu. Jika anda ingin menghapus secara cepat, bukan satu persatu, sanggup anda install aplikasi pembersih cache di Google Playstore. Namun jikalau hanya beberapa aplikasi saja yang operasi penggunaanya tinggi alias sering digunakan, Ngeblogo sarankan ya dihapus secara manual saja. Setidaknya mengurangi beban HP anda dengan aplikasi gres lagi. Jika anda ingin menginstallnya, ya suka-suka anda saja. Silahkan. Jika ada yang kurang jelas, sanggup disampaikan lewat kolom komentar. Jika yang lihat pertanyaan nanti ingin menjawab, silahkan. Semoga bermanfaat, terimakasih and Happy blogging always.


Sumber http://ngeblogo.blogspot.com

0 Response to "Mengurangi Beban Hp Dengan Menghapus Cache Aplikasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel