iklan banner

Soal Dan Pembahasan Science Expo Sma Unggul Del (*Matematika Smp Hots)

 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)
Tika.., selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong buatan mu ini, gimana kalu kita sambil membahas soal matematika, kata Ema dengan semangat.

Ide manis itu Ema.., apalagi dengan minum kopi lintong ini mungkin ide-ide kreatif kita akan bermunculan.. hahahaa... balas Tika. Soal matematika mana yang akan kita coba diskusikan...

Ini ada soal matematika SMP dari temannya Mat, oh iya Mat sedang perjalanan menuju kemari kita lanjut aja katanya duluan diskusi. Kata temannya Mat ini yakni soal Olmpiade matematika SMP yang dilaksanakan oleh sekolah favorit di wilayah Sumatera Utara yaitu SMA Unggul DEL. Untuk belum dewasa Sekolah Menengah Pertama yang tidak terbiasa dengan soal-soal menyerupai ini mungkin akan sedikit merasa kesulitan pada awalnya, tetapi sehabis dipahami secara matematis dan sedikit logika, maka soal niscaya pasti sanggup diselesaikan dan dipahami.

Baiklah mari kita coba, sambung Tika, sambil menunggu Mat tiba mudah-mudahan ada yang sanggup selesai kita diskusikan;
1. Max berlari menghindari kejaran zombie. Untuk melepaskan diri, beliau berlari $40$ meter dan kemudian putar arah halaun $90^{\circ}$ ke kanan atau ke kiri. Tepat sebelum putaran ke-4, jarak terjauh dari tempat semula adalah...
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)
$\begin{align}
(A)\ & 40 \sqrt{5}\ meter \\
(B)\ & 160\ meter \\
(C)\ & 80 \sqrt{10}\ meter \\
(D)\ & 80 \sqrt{2}\ meter
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Max berlari dan akan putar kiri atau kanan sehabis berlari sejauh $40$ meter.
Agar jarak tempuh dari tempat awal ke tempat tamat terjauh, sehabis berlari $40\ m$ Max putar kanan, kemudian berlari dan putar kiri, kemudian berlari dan putar kanan dan seterusnya.
Dengan kata lain Max setealh berlari harus berputar berlawanan arah putar dari arah sebelumnya, sebab kalau Max berputar dengan arah putar yang sama maka beliau akan kembali ke tempat semula atau jarak dari tempat semula akan minimum.

Ilustrasi lintasan yang ditempuh Max kalau beliau berlari arah putaran selalu sama.

 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)
Ilustrasi lintasan yang ditempuh Max kalau beliau berlari arah putaran selalu beda.

 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)
Dari lintasan yang ditempuh Max diatas kita peroleh jarak terjauh dari tempat semula yakni $AE$.
$\begin{align}
AC^{2} & = AB^{2}+BC^{2} \\
& = 40^{2} + 40^{2} \\
& = 1600 + 1600 \\
& = 3200 \\
AC & = \sqrt{3200}=40\sqrt{2}
\end{align}$

Karena jarak $AC=CE$, maka $AE=40\sqrt{2}+40\sqrt{2}=80\sqrt{2}$

$\therefore$ Jarak terjauh dari tempat semula yakni $(D)\ 80 \sqrt{2}\ meter$


2. Banyak persegi pada teladan gambar ke-(10) adalah
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)
$\begin{align}
(A)\ & 181 \\
(B)\ & 201 \\
(C)\ & 221 \\
(D)\ & 241
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dengan melihat gambar banyak persegi pada setiap teladan adalah

  • Pola 1: 5 Persegi
  • Pola 2: 13 Persegi
  • Pola 3: 25 Persegi
Selain teladan banyak anyak persegi, dari gambar juga memiliki teladan yaitu yang di tengah selalu tetap dan atas bawah berubah mengikti teladan sebagai beriktu;
  • Pola 1: $2 (2 \times 1) +1=5$
  • Pola 2: $2 (3 \times 2) +1=13$
  • Pola 3: $2 (4 \times 3) +1=25$
  • Jika kita teruskan polanya menjadi
  • Pola 4: $2 (5 \times 4) +1=41$
  • Pola 5: $2 (6 \times 5) +1=61$
  • Pola 10: $2 (11 \times 10) +1=221$
$\therefore$ Banyak persegi pada teladan gambar ke-10 ada $(C)\ 221$

3. Perhatikan gambar di bawah ini
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)
Berapa banyak persegi yang dibutuhkan semoga neraca tetap setimbang ketika dilepaskan adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 3 \\
(B)\ & 4 \\
(C)\ & 5 \\
(D)\ & 6
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari gambaran gambar kita peroleh informasi bahwa timbangan seimbang dikala 3 persegi ditambah 1 segitiga dengan 1 segitiga dan 1 lingkaran.
Secara simbol sanggup kita tuliskan $3P+1S\ \equiv\ 1S+1L$.
Dari informasi diatas sanggup juga kita simpulkan yaitu $3P\ \equiv\ 1L$.

Pada timbangan kedua ada $1L+2P$, semoga timbangan seimbang maka banyak persegi yang harus diisi yakni 5 persegi, sebab $3P\ \equiv\ 1L$.
$\begin{align}
1L+2P & \equiv\ 1L+2P \\
& \equiv\ 3P+2P \\
& \equiv\ 5P
\end{align}$

$\therefore$ Banyak persegi yang dibutuhkan semoga neraca tetap setimbang ketika dilepaskan yakni $(C)\ 5$

4. Bilangan $\frac{2016^{2}-2017^{2}}{2016+2017}$ merupakan bilangan...
$\begin{align}
(A)\ & \text{bilangan lingkaran postif} \\
(B)\ & \text{bilangan asli} \\
(C)\ & \text{bilangan lingkaran negatif} \\
(D)\ & \text{bilangan pecahan}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Sebagai catatan kita masih ingat sifat aljabar yaitu $a^{2}-b^{2}=(a+b)(a-b)$.
$\begin{align}
& \frac{2016^{2}-2017^{2}}{2016+2017} \\
& = \frac{(2016+2017)(2016-2017)}{2016+2017}\\
& = (2016-2017) \\
& = -1
\end{align}$

$\therefore$ Bilangan $\frac{2016^{2}-2017^{2}}{2016+2017}$ merupakan $(C). \text{bilangan lingkaran negatif}$

5. Arjuna menyalin catatan pelajaran menjumlahkan adiknya, namun ia mengganti angka-angka pada catatan tersebut menjadi aksara $D,\ E,\ \text{dan}\ L$. Jika yang dicatat Arjuna adalah
$\begin{align}
& E\ E\ E\ E \\
& D\ D\ D\ D \\
& L\ L\ L\ L \, \, (+)\\
\hline
D\ & E\ E\ E\ L
\end{align}$
maka nilai $L$ yang sempurna adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 5 \\
(B)\ & 6 \\
(C)\ & 7 \\
(D)\ & 8
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari melihat teladan penjumlahan bilangan, pertama yang sanggup kita simpulkan yakni $D,\ E,\ \text{dan}, L$ yakni bilangan asli.

Lalu kita coba cek penjumlahan dari satuan yaitu $E+D+L=L$ artinya $E+D=10$.
Lalu kita coba cek penjumlahan dari puluhan yaitu $1+E+D+L=E$ artinya $1+D+L=10$.
Lalu kita coba cek penjumlahan dari ratusan yaitu $1+E+D+L=E$ artinya $1+D+L=10$.
Lalu kita coba cek penjumlahan dari ribuan yaitu
$\begin{align}
1+E+D+L & = DE \\
1+10+L & = DE \\
11+L & = DE \\
\end{align}$
Sampai pada persamaan $11+L = DE$, nilai $L$ sudah sanggup kita tafsir sebab nilai $DE$ kurang dari $20$ dan $D+E=10$ maka nilai $L$ yang mungkin yakni $8$

$\therefore$ Nilai $L$ yang sempurna yakni $(D)\ 8$

6. Hari ini hari sabtu, 2017 hari yang akan tiba yakni hari...
$\begin{align}
(A)\ & \text{Jumat} \\
(B)\ & \text{Sabtu} \\
(C)\ & \text{Mingggu} \\
(D)\ & \text{Senin}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Hari yang ada yakni Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Artinya hari akan kembali berulang sehabis hari kedelapan.

Kita coba dengan memakai konsep sisa pembagian,
Misalnya kalau kini hari sabtu 9 hari lagi yakni hari senin, sebab 9 dibagi 7 sisa 2.
Kaprikornus 9 hari lagi sama dengan 2 hari lagi.

Untuk 2017 hari lagi, cukup dengan kita bagi 7, 2017 dibagi 7 sisa 1.
Kaprikornus 2017 hari lagi sama dengan 1 hari lagi.

$\therefore$ Hari ini hari sabtu, $2017$ hari yang akan tiba yakni hari $(C)\ \text{Minggu}$

Coba latih lagi soal ihwal menemukan hari lahir pada Matematika di Hari Paskah [Cara Menentukan Hari Lahir]

7. Jika $FPB(x,y)=12$ dan $KPK(x,y)=210$, maka $xy=\cdots$
$\begin{align}
(A)\ & 2010 \\
(B)\ & 2520 \\
(C)\ & 2250 \\
(D)\ & 2100
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

FPB: Faktor Persekutuan Terbesar;
KPK: Kelipatan Persekutuan Terkecil;

Jika $FPB(x,y)=m$ dan $KPK(x,y)=n$ maka $x \cdot y = m \cdot n$
Jika $FPB(x,y)=12$ dan $KPK(x,y)=210$, maka $xy= 12 \cdot 210=2250$

$\therefore$ Nilai $xy$ yakni $(C)\ 2250$

8. Pada gambar di bawah ini
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)
Nilai dari $a+b+c$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 75^{\circ} \\
(B)\ & 90^{\circ} \\
(C)\ & 115^{\circ} \\
(D)\ & 120^{\circ}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari gambar sanggup kita tentukan bahwa segitiga $AED$ yakni segitiga siku-siku sama kaki, sehingga sudut $\angle EAD= \angle ADE$.

 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)
Karena $\angle EAD=\angle ADE$ dan $\angle EAD + \angle ADE=90^{\circ}$ maka $\angle EAD=a=45^{\circ}$

Untuk sudut $b$ dan $c$, kita coba ilustrasikan menyerupai berikut;
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)
Jika sudah sanggup hanya dengan melihat gambar, kita sanggup tentukan bahwa $\bigtriangleup CDF$ yakni segitiga siku-siku sama kaki yang siku-siku di $\angle CFD$.

Tetapi kalau belum sanggup dengan melihat gambar, kita coba tentukan lewat panjang sisi-sisi segitiga, nilai $CF=\sqrt{2^{2}+1^{2}}=\sqrt{5}$, $DF=\sqrt{2^{2}+1^{2}}=\sqrt{5}$ dan $CD=\sqrt{3^{2}+1^{2}}=\sqrt{10}$.

Dari relasi nilai $CF=DF=\sqrt{5}$ dan $CD=\sqrt{10}$ berlaku $CD^{2}=DF^{2}+CD^{2}$ sehingga $\bigtriangleup CDF$ yakni segitiga siku-siku sama kaki yang siku-siku di $\angle CFD$.

Karena $\bigtriangleup CFD$ siku-siku sama kaki maka $\angle FCD = \angle FDC=45^{\circ}$ dan $\angle FCD =b+c=45^{\circ}$.

$\therefore$ Nilai dari $a+b+c=45^{\circ}+45^{\circ}$ yakni $(B)\ 90^{\circ}$

9. Jika luas segi enam beraturan di bawah ini $1$ satuan luas, maka luas kawasan yang diarsir adalah...
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)
$\begin{align}
(A)\ & \frac{1}{15} \\
(B)\ & \frac{1}{16} \\
(C)\ & \frac{1}{18} \\
(D)\ & \frac{1}{24}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Segi enam beraturan disusun oleh 6 segitiga samasisi, ilustrasinya kurang lebih menyerupai berikut ini;

 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)
Dari gambar di atas kita peroleh $\bigtriangleup OAB$ yakni segitiga samasisi, yang luasnya yakni $\frac{1}{6}$ dari luas segi enam beraturan yaitu $\frac{1}{6}$ satuan luas.

Dari gambar juga kita peroleh bahwa luas yang dirsir $OB'PA'$ yakni $\frac{1}{3}$ dari luas $\bigtriangleup OAB$ yaitu $\frac{1}{3} \times [OAB]=\frac{1}{3} \times \frac{1}{6}=\frac{1}{18}$.

$\therefore$ Luas kawasan yang diarsir yakni $(C)\ \frac{1}{18}$

10. Jika 4 alat masak membutuhkan waktu 4 jam untuk menciptakan 4 porsi masakan ringan manis ulang tahun, maka berapa waktu yang dibutuhkan menciptakan 8 porsi masakan ringan manis ulang tahun dengan memakai 8 alat masak adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 1\ \text{jam} \\
(B)\ & 2\ \text{jam} \\
(C)\ & 4\ \text{jam} \\
(D)\ & 8\ \text{jam}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Disampaikan bahwa untuk 4 alat masak membutuhkan waktu 4 jam untuk menciptakan 4 porsi masakan ringan manis ulang tahun.
Waktu untuk menciptakan 8 porsi masakan ringan manis ulang tahun dengan memakai 8 alat masak yakni 4 jam.
Karena ini sama dengan pernyataan awal bahwa menciptakan 4 porsi masakan ringan manis ulang tahun dengan 4 alat masak membutuhkan waktu 4 jam.

$\therefore$ Waktu yang dibutuhkan yakni $(C)\ 4\ \text{jam}$

11. Pada hari sabtu, tanggal 25 Februari 2017, Ima, Ami dan Mia bermain badminton di Gedung Serba Guna berturut-turut 5 hari sekali, 7 hari sekali dan 6 hari sekali. Pada hari apakah mereka akan bermain badminton bahu-membahu lagi adalah...
$\begin{align}
(A)\ & \text{Jumat} \\
(B)\ & \text{Sabtu} \\
(C)\ & \text{Minggu} \\
(D)\ & \text{Senin}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Pada hari sabtu, tanggal 25 Februari 2017, Ima, Ami dan Mia bermain bersama.
Ima bermain 5 hari sekali;
Ami bermain 7 hari sekali;
Mia bermain 6 hari sekali;

Untuk memilih kapan mereka bermain bersama lagi sanggup dengan memakai Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK).
KPK dari 5, 6, dan 7 yaitu $5 \times 6 \times 7=210$
Berarti mereka bermain bersama 210 hari sehabis hari sabtu, yaitu hari sabtu.
Cara mentukan harinya yakni dengan membagi $210$ dengan $7$ sisanya $0$, berarti $210$ hari lagi sama dengan $0$ hari lagi atau hari yang sama.

$\therefore$ Mereka akan bermain badminton bahu-membahu lagi pada hari $(B)\ \text{Sabtu}$

Coba latih lagi soal yang sama ihwal modulo pada Belajar Modulo Dengan Cara Sederhana


12. Perhatikan gambar di bawah ini.
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)
Koordinat titik $A,\ B,\ C,\ \text{dan}\ D$ sehabis dilakukan pencerminan terhadap garis $g$ dilanjutkan dengan pencerminan terhadap sumbu $X$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & A(5,3);\ B(4,1),\ C(2,1),\ D(1,3) \\
(B)\ & A(-5,-3);\ B(-4,-1),\ C(-2,-1),\ D(-1,-3) \\
(C)\ & A(3,-5);\ B(1,-4),\ C(1,-2),\ D(3,-1) \\
(D)\ & A(3,5);\ B(1,4),\ C(1,2),\ D(3,1)
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari titik yang diberikan pada gambar pertama di refleksikan terhadap garis $g:y=x$, perubahan titik adalah;

  • $A(-5,3) \rightarrow A'(3,-5)$
  • $B(-4,1) \rightarrow B'(1,-4)$
  • $C(-2,1) \rightarrow C'(1,-2)$
  • $D(-1,3) \rightarrow D'(3,-1)$
Lalu titik bayangan direfleksikan lagi terhadap sumbu-$X$.
  • $A'(3,-5) \rightarrow A''(3,5)$
  • $B'(1,-4) \rightarrow B''(1,4)$
  • $C'(1,-2) \rightarrow C''(1,2)$
  • $D'(3,-1) \rightarrow D'(3,1)$
$\therefore$ Koordinat bayangan titik yakni $(D)\ A(3,5);\ B(1,4),\ C(1,2)\ D(3,1)$


13. Sebuah botol kecil berkapasitas 495 mililiter dipakai untuk mengisikan cairan ke dalam botol besar berkapasitas 20 liter. Untuk menciptakan botol besar yang semula kosong menjadi penuh, maka dipakai botol kecil sebanyak...
$\begin{align}
(A)\ & 40 \\
(B)\ & 41 \\
(C)\ & 42 \\
(D)\ & 43
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk mengisi botol besar dengan kapasitas $20\ liter$ atau setara dengan $20.000\ mililiter$ dengan botol kecil berkapasitas $495\ mililiter$ maka akan dibutuhkan botol kecil sebanyak $41\ botol$ sebab $\frac{20.000}{495}=40,4...$ jadi untuk menciptakan penuh dibutuhkan $41\ botol$.

$\therefore$ Botol kecil dipakai sebanyak $(B)\ 41$

14. Jika kita menyusun persegi-persegi di bawah ini menjadi sebuah persegi yang besar, maka panjang sisi persegi yang dihasilkan adalah...
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)
$\begin{align}
(A)\ & 14 \\
(B)\ & 15 \\
(C)\ & 16 \\
(D)\ & \text{tidak mungkin}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk menyusun persegi-persegi diatas mejadi sebuah persegi yang besar, tahap awalnya kita uji dari mungkin atau tidaknya pertama dari banyak persegi yang ada.

Kita anggap saja semua yakni persegi $1 \times 1$, sehingga:

  • Persegi $6 \times 6$ ada 36 persegi $1 \times 1$
  • Persegi $5 \times 5$ ada 50 persegi $1 \times 1$
  • Persegi $4 \times 4$ ada 48 persegi $1 \times 1$
  • Persegi $3 \times 3$ ada 36 persegi $1 \times 1$
  • Persegi $2 \times 2$ ada 20 persegi $1 \times 1$
  • Persegi $1 \times 1$ ada 6 persegi $1 \times 1$
Total persegi $1 \times 1$ ada sebanyak $36+50+48+36+20+6=196$, sebab $196$ yakni bilangan kuadrat dari $14$ maka ada kemungkinan persegi yang disusun yakni persegi $14 \times 14$.

Setelah dari persegi-persegi yang kita anggap $1 \times 1$ sanggup disusun menjadi persegi besar, kemudian coba dirancang atau disusun dari persegi yang tersedia jadi persegi besar yang ukurannya $14 \times 14$.
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)
$\therefore$ Sisi persegi yang dihasilkan yakni $(A)\ 14$

15. Jari-jari sebuah tabung dua kali jari-jari sebuah kerucut. Jika tinggi kerucut dua kali tinggi tabung. Maka perbandingan volume tabung dengan kerucut adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 1:1 \\
(B)\ & 2:1 \\
(C)\ & 3:1 \\
(D)\ & 6:1
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Diketahui $r_{T}=2r_{K}$ dan $t_{K}=2t_{T}$ Perbandingan volume tabung dengan kerucut
$\begin{align}
V_{T}:V_{K} & = \pi \cdot r_{T}^{2} \cdot t_{T} : \frac{1}{3} \cdot \pi \cdot r_{K}^{2} \cdot t_{K} \\
& = r_{T}^{2} \cdot t_{T} : \frac{1}{3} \cdot r_{K}^{2} \cdot t_{K} \\
& = (2r_{K})^{2} \cdot t_{T} : \frac{1}{3} \cdot r_{K}^{2} \cdot 2t_{T} \\
& = 4r_{K}^{2} \cdot t_{T} : \frac{1}{3} \cdot r_{K}^{2} \cdot 2t_{T} \\
& = 4: \frac{2}{3} \\
& = 12: 2 \\
& = 6: 1
\end{align}$

$\therefore$ Perbandingan volume tabung dengan kerucut yakni $(D)\ 6:1$

16. Perhatikan gambar di bawah ini!
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)
Sebuah jairng-jaring kubus digambar pada kertas gambar, diberi arsiran salah satu muka, kemudian dipotong. Kubus yang terbentuk menurut jaring-jaring kubus adalah...
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)
Alternatif Pembahasan:

Pada kubus (A), (B) dan (C) ada satu warna untuk tiga persegi saling berdekatan, pada jaring-jaring kubus tampaknya tidak ada peluang untuk bertemu tiga persegi dengan warna sama.

$\therefore$ Kubus yang mungkin terbentuk yakni kubus$(D)$

17. Perhatikan diagram di bawah ini!
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)
Berdasarkan diagram tersebut maka jumlah seluruh uang yang diambil oleh Ajeng dalam $6$ bulan adalah...
$\begin{align}
(A)\ & Rp100.000,00 \\
(B)\ & Rp150.000,00 \\
(C)\ & Rp200.000,00 \\
(D)\ & Rp350.000,00
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Pada diagram tabel digambarkan uang tabungan Ajeng yang bertambah dan berkurang. Pada dikala uang tabungan berkurang maka pada dikala itu Ajeng mengambil uangnya.

Uang berkurang pada dikala bulan ke III berkurang $Rp150.000,00$.
Uang berkurang pada dikala bulan ke V berkurang $Rp100.000,00$.
Uang berkurang pada dikala bulan ke VI berkurang $Rp100.000,00$.

Total uang yang diambil Ajeng yakni $Rp350.000,00$.

$\therefore$ Jumlah seluruh uang yang diambil oleh Ajeng dalam $6$ bulan yakni $(D)\ Rp350.000,00$

18. Jika kertas lipat, dilipat menjadi 2 belahan yang sama besar, kemudian dilipat lagi menjadi 2 belahan yang sama besar dan dilipat lagi menjadi 2. Selanjutnya, sempurna di tengah-tengah, kertas tadi dilubangi dengan paku sebanyak 3 kali di tempat yang berbeda. Ketika kertas dibuka maka banyak lubang yang terdapat di kertas adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 6 \\
(B)\ & 12 \\
(C)\ & 24 \\
(D)\ & 48
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Percobaan kita lakukan mulai dari hal yang paling sederhana;

  • Kertas dilipat jadi dua belahan sama besar satu kali kemudian dilubangi di tiga tempat yang berbeda, jadinya ada 6 lubang.
  • Kertas dilipat jadi dua belahan sama besar dua kali kemudian dilubangi di tiga tempat yang berbeda, jadinya ada 12 lubang.
  • Kertas dilipat jadi dua belahan sama besar tiga kali kemudian dilubangi di tiga tempat yang berbeda, jadinya ada 24 lubang.
$\therefore$ Banyak lubang yang terdapat di kertas yakni $(C)\ 24$

19. Luas kawasan yang diarsir adalah...
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)
$\begin{align}
(A)\ & 28\ cm^{2} \\
(B)\ & 34\ cm^{2} \\
(C)\ & 35\ cm^{2} \\
(D)\ & 42\ cm^{2}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Pada gambar disampaikan bahwa ada kawasan setengah lingkaran yang beririsan, dan yang beririsan itu yakni tembereng lingkaran yang berimpit.

Untuk menghitung luas kawasan yang diarsir, kita cukup menghitung salah satu luas tembereng kemudian nanti dikalikan dengan 2 atau dijumlahkan;

 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)
Luas tembereng lingkaran $(L_{t})$ tersebut dengan $\pi=\frac{22}{7}$ adalah
$\begin{align}
L_{t} & = [\text{Juring}\ EAC]-[\triangle\ EAC] \\
& = \frac{1}{4} \times \pi r^{2} - \frac{1}{2} \times AE \times EC \\
& = \frac{1}{4} \times \frac{22}{7} \times 7^{2} - \frac{1}{2} \times 7 \times 7 \\
& = \frac{77}{2} - \frac{49}{2} \\
& = \frac{28}{2} = 14\\
\end{align}$

$\therefore$ Luas kawasan yang diarsir yakni $(A)\ 28$
Coba latih lagi soal ihwal Luas Lingkaran pada Perbandingan Luas Lingkaran dan Luas Persegi

20. Digit desimal ke-2017 dari $\frac{5}{54}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 0 \\
(B)\ & 2 \\
(C)\ & 5 \\
(D)\ & 9
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Pecahan $\frac{5}{54}=0,0925925925...$
Digit desimak ke-1 yakni 0;
Digit desimak ke-2 yakni 9;
Digit desimak ke-3 yakni 2;
Digit desimak ke-4 yakni 5;
Digit desimak ke-5 yakni 9;
dan seterusnya digit-digit desimal akan berulang untuk angka $925$, dan pengulangan terjadi untuk tiga kali.

Digit ke-1 yakni 0, digit-digit mengalami pengulangan mulai digit ke-2, jadi digit ke-2017 pada soal dan untuk kasus $925925925925 \cdots$ yang diminta yakni digit ke-2016.

Dengan memakai konsep sisa pembagian yaitu $\frac{2016}{3}= \cdots \text{sisa}\ 0$, sehingga digit ke-2016 yakni sama dengan digit ke-3 yaitu 5.

$\therefore$ Digit desimal ke-2017 dari $\frac{5}{54}$ yakni $(C)\ 5$

21. Seekor semut berada pada sebuah sentra koordinat bidang kartesius. Jika semut tersebut ingin mengambil gula yang di koordinat $(3,4)$. Jika semut hanya sanggup bergerak ke kanan atau atas, maka banyak cara berbeda semut melakukannya adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 7 \\
(B)\ & 12 \\
(C)\ & 20 \\
(D)\ & 35
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Semut berada pada sebuah sentra koordinat bidang kartesius yaitu $(0,0)$ banyak cara ke titik $(3,4)$

Untuk hingga ke titik $(1,1)$ ada dua cara
Untuk hingga ke titik $(1,2)$ ada tiga cara
dan seterusnya, coba perhatikan alurnya dari gambar berikut;

 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)
$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(D)\ 35$

22. Dua lilin yang sama panjang dinyalakan pada jam yang sama. Lilin pertama akan habis seluruhnya dalam $4$ jam sedangkan lilin kedua akan habis seluruhnya $40$ menit sehabis lilin pertama habis seluruhnya. Jika kedua lilin dinyalakan pada pukul 20.00, maka panjang salah satu lilin dua kali lilin yang lain terjadi pada pukul...
$\begin{align}
(A)\ & 22.30 \\
(B)\ & 23.00 \\
(C)\ & 23.30 \\
(D)\ & 23.45
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Tinggi kedua lilin yakni sama dan waktu dinyalakan juga sama tetapi waktu habisnya yang berbeda.
Misal:

  • $h=$ panjang lilin mula-mula,
  • $t=$ waktu pada dikala tinggi lilin $B$ yakni 2 kali tinggi lilin $A$.
  • $h_{a}=$ panjang lilin $A$ sehabis $t$ menit,
  • $h_{b}=$ panjang lilin $B$ sehabis $t$ menit

Dari rumus kecepatan kita peroleh;
$V_{a}=\dfrac{h}{240}$
$V_{b}=\dfrac{h}{280}$

Tinggi lilin sehabis $t$ menit yakni $h-h_{a}$ dan $h-h_{b}$ dan terjadi:
$\begin{align}
2(h-h_{a})\ & =h-h_{b} \\
2h-2h_{a}\ & =h-h_{b} \\
h & = 2h_{a}-h_{b}
\end{align}$

Waktu tempuh untuk mencapai ketinggian $h_{a}$ dan $h_{b}$ yakni sama yaitu $t$ dimana $t=\dfrac{h_{a}}{V_{a}}$ dan $t=\dfrac{h_{b}}{V_{b}}$, sehingga berlaku:
$\begin{align}
\dfrac{h_{a}}{V_{a}} & = \dfrac{h_{b}}{V_{b}}\ \text{atau}\ \dfrac{V_{b}}{V_{a}} = \dfrac{h_{b}}{h_{a}} \\
\dfrac{\frac{h}{280}}{\frac{h}{240}}\ & = \dfrac{h_{b}}{h_{a}}\ \text{atau}\ \dfrac{240}{280}\ = \dfrac{h_{b}}{h_{a}} \\
\dfrac{6}{7}\ & = \dfrac{h_{b}}{h_{a}} \\
h_{b} & = \dfrac{6}{7}\ h_{a}
\end{align}$

$\begin{align}
h\ & = 2h_{a}-h_{b} \\
& = 2h_{a}-\dfrac{6}{7}\ h_{a} \\
& = \dfrac{8}{7}\ h_{a}
\end{align}$

$\begin{align}
t\ & = \dfrac{h_{a}}{V_{a}} \\
& = \dfrac{h_{a}}{\dfrac{h}{240}} \\
& = h_{a} \times \dfrac{240}{h} \\
& = h_{a} \times \dfrac{240}{\dfrac{8}{7}\ h_{a}} \\
& = 240 \times \dfrac{7}{8} = 210
\end{align}$

Waktu yang dibutuhkan semoga panjang salah satu lilin dua kali lilin yang lain yakni $210$ menit atau $3,5$ jam.

$\therefore$ Panjang salah satu lilin dua kali lilin yang lain terjadi yakni pada pukul $(C)\ 23.30$



23. Perhatikan gambar berikut!
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)
Jika angka-angka pada gambar menawarkan keliling dari masing-masing bagian, maka keliling persegi panjang $ABCD$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 48\ \text{satuan panjang} \\
(B)\ & 46\ \text{satuan panjang} \\
(C)\ & 24\ \text{satuan panjang} \\
(D)\ & 23\ \text{satuan panjang}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari gambar sanggup kita peroleh beberapa informasi, antara lain belahan yang diketahui kelilingnya ada dua macam bagaian yaitu persegi dan persegi panjang.

  • Persegi: $k=8$ sehingga panjang sisinya $2$
  • Persegi panjang $k=11$ sehingga panjang sisinya $2$ dan $3,5$
  • Persegi panjang $k=12$ sehingga panjang sisinya $2$ dan $4$
  • Persegi panjang $k=20$ sehingga panjang sisinya $2$ dan $8$
  • Keliling $ABCD$ yakni $2 \times \left( [3,5+2+4] +[8+2+3,5] \right) $$=2 \times \left( 23 \right)=46$
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)

$\therefore$ keliling persegi panjang ABCD yakni $(B)\ 46\ \text{satuan panjang} $

24. Teacher ask to Sinta, "What time is it?"
Sinta says, "It is ten to eight, sir"
Then, the smallest angle when the watch show that time must be...
$\begin{align}
(A)\ & 60^{\circ} \\
(B)\ & 62,5^{\circ} \\
(C)\ & 65^{\circ} \\
(D)\ & 67,5^{\circ}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk menuntaskan soal di atas, kita coba translate percakapan kedalam Bahasa Indonesia. kurang lebih menyerupai berikut:
Guru bertanya kepada Sinta, "Pukul berapa sekarang?"
Sinta mengatakan, "Sekarang pukul 8 kurang 10, pak"
Sehingga, sudut terkecil yang dibuat jarum jam pada waktu yang disebutkan harus...

Jika kita ilustrasikan jarum jam yang menawarkan pukul 8 kurang 10, kurang lebih menyerupai berikut ini;

 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)
Satu putaran jarum jam membentuk sudut $360^{\circ}$, dari perputaran jarum sanggup kita simpulkan yaitu;
  • Jika jarum panjang bergerak $360^{\circ}$ maka jarum pendek akan bergerak $1$ jam sekitar $\dfrac{1}{12} \times 360^{\circ}=30^{\circ}$,
    misal Jika jarum panjang bergerak satu putaran maka jarum pendek dari sempurna pukul $2$ menjadi sempurna pukul $3$.
  • Jika jarum panjang bergerak $30^{\circ}$ maka jarum pendek akan bergerak sekitar $\dfrac{1}{12} \times 30^{\circ}=2,5^{\circ}$
Jika kita perhatikan gambar posisi jarum panjang sempurna berada pada pukul $10$ dan jarum pendek mendekati pukul $8$. Jarum pendek akan hingga pada pukul $8$ kalau jarum panjang bergerak $60^{\circ}$.

Sehingga besar sudut yang dibuat jarum pendek dan sempurna pukul $8$ yakni $\dfrac{1}{12} \times 60^{\circ}=5^{\circ}$. Sudut terkecil yang dibuat jarum panjang dan jarum pendek yakni $60^{\circ}+5^{\circ}=65^{\circ}$.

$\therefore$ The smallest angle when the watch show that time must be $(C)\ 65^{\circ}$

Selesai Tika, kita berhasil menyelesaikannya,... tapi hingga kini Mat belum juga datang... saya minta nambah kopi lintong lagi dong Ema, mumpung Mat belum tiba dan biar nunggunya tidak membosankan.

Baiklah, tunggu iya biar saya buatin kopinya... dan nanti kalau Mat sudah hingga kita kasih belahan untuk mengkoreksi hasil diskusi kita.

Jika ada masukan yang sifatnya membangun terkait duduk kasus alternatif penyelesaian Diskusi Matematika SMP, Soal Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL atau request pembahasan soal, silahkan disampaikan😊CMIIW

Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Video pilihan khusus untuk Anda 😊 Cara Pilar (Pintar Bernalar) Perkalian Dua Angka;
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Science Expo Sekolah Menengan Atas Unggul DEL (*Matematika Sekolah Menengah Pertama HOTS)

Sumber http://defantri.blogspot.com

0 Response to "Soal Dan Pembahasan Science Expo Sma Unggul Del (*Matematika Smp Hots)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel