iklan banner

Facebook Dituding Berbuat Culas Biar Layar Pintarnya Laku

Foto: ReutersFoto: Reuters

Jakarta - Belum usang ini, Facebook meluncurkan dua varian layar pintar yang diberi nama Portal dan Portal Plus. Nah, muncul tudingan raksasa jejaring sosial itu hingga berbuat culas semoga produknya itu dilirik banyak orang, mengingat ketatnya persaingan di sektor itu dengan adanya Google dan Amazon.

Tudingan tersebut pada awalnya lahir dari adanya terindikasi kekompakan beberapa karyawan Facebook, yang ternyata memperlihatkan evaluasi bintang lima untuk Portal dalam laman belanja Amazon. Hal itu terendus Kevin Roose, kolumnis New York Times.

"Berbicara soal sikap palsu yang terkoordinasi, seberapa besar kemungkinan seluruh pengulas Facebook Portal yang memperlihatkan evaluasi lima bintang ini mempunyai nama yang sama dengan karyawan Facebook?" cuit Roose melalui akun Twitter pribadinya.




Dalam kicauannya tersebut, ia membagikan screenshot yang memperlihatkan tiga nama pengulas Facebook Portal yang merupakan pegawai dari perusahaan itu sendiri. Ketiganya yaitu Javier Cubria (Event Marketer), Tim Chappell (Head of Supply-Chain & Strategic Sourcing AR/VR Products), dan Oren Hafif (Security Engineering Manager).

Lebih lanjut, Roose juga menulis bahwa perbuatan tiga pegawai Facebook itu menyalahi aturan. Regulasi yang dimaksudnya yaitu hukum dari Amazon terkait dengan memperlihatkan review terhadap barang milik perusahaan yang mempekerjakan pengulas bersangkutan.


"Memberikan ulasan terhadap produk milik perusahaan yang mempekerjakan dirimu tidak sesuai dengan hukum Amazon. Ini juga sudah niscaya tidak menjadi indikator dalam melihat seberapa baik mereka menjualnya secara organik," tulis Roose.

Kicauan tersebut pun eksklusif ditanggapi oleh pihak Facebook. Adalah Andrew Bosworth, VP AR/VR Facebook yang memperlihatkan tanggapan.

"(Penilaian yang diberikan tiga orang itu) tidak dikoordinir maupun diarahkan oleh perusahaan (Facebook)," cuit Bosworth.



Masih dalam kicauan yang sama, ia juga membagikan memo internal ketika peluncuran Portal terkait dengan hal tersebut. Begini bunyinya. "Kami, dengan tegas, tidak ingin pegawai Facebook untuk melaksanakan evaluasi terhadap produk yang kita jual di Amazon."

Menutup tweet tersebut, Bosworth menyampaikan pihaknya akan memberi isyarat ke tiga sosok tersebut untuk menarik ulasannya. Tapi yang masih tak yakin ketiga karyawan Facebook itu bertindak dengan inisiatif sendiri mungkin bakal bergumam sinis, "Dagangan memang harus laris sih, tapi enggak begitu juga cara mainnya."




Simak juga video '6 Program Facebook untuk Tangkal Hoax di Pemilu 2019':

[Gambas:Video 20detik]


Sumber detik.com

0 Response to "Facebook Dituding Berbuat Culas Biar Layar Pintarnya Laku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel