iklan banner

✔ Pola Surat Resmi Beserta Pengertian, Jenis, Cara Membuat

Contoh Surat Resmi – Hallo, Berjumpa lagi dengan kami, pada kesempatan kali ini kami akan mengupas tuntas wacana surat resmi. Mulai dari pengertian, cara menciptakan hingga misalnya lengkap. Mulai contoh surat resmi perusahaan, contoh surat resmi sekolah, contoh surat resmi permohonan, contoh surat resmi dinas, contoh surat resmi osis, contoh surat resmi panggilan kerja, contoh surat resmi dalam bahasa inggris, dan contoh surat resmi yang lainnya.


Pada artikel yang sebelumnya kita sudah membahas wacana banyak surat yang sanggup dijadikan sebagai acuan, mulai dari surat izin, surat pengunduran diri, surat lamaran kerja, dan sebagainya.


Sebelum kita masuk ke contoh surat resmi, sebaiknya anda perlu untuk menyimak terlebih dahulu wacana pengertian surat resmi. Kenapa demikian ? Ini biar anda tidak salah mengartikan antara surat resmi dengan surat yang lainnya. Mari pribadi saja kita simak bahu-membahu pembahasan di bawah ini.


Pengertian Surat Resmi


Surat resmi ialah surat yang dikeluarkan oleh perseorangan, organisasi, ataupun instansi tertentu, yang bersifat formal dan berkepentingan resmi.


Sebenarnya apa ya yang membedakan antara surat resmi dengan surat biasa? Surat resmi ini memang berbeda dengan surat tidak resmi, mulai dari cara penulisannya hingga bahasa yang dipakai. Kalau kita menulis surat dengan menggunakan bahasa sehari-hari maka itu di disebut surat tidak resmi atau surat biasa, contohnys saja surat pribadi.


Cara Membuat Surat Resmi


 pada kesempatan kali ini kami akan mengupas tuntas wacana surat resmi ✔ Contoh Surat Resmi Beserta Pengertian, Jenis, Cara Membuat
https://br.freepik.com

Mengetahui cara menciptakan surat resmi memang hal yang diharuskan, ini bertujuan biar anda tidak salah dalam membuatnya. Surat resmi ialah surat yang penting dan harus menggunakan bahasa yang benar, oleh alasannya itu harus mengetahui cara untuk membuatnya. Mari simak uraian di bawah ini cara menciptakan surat resmi yang baik dan benar:



  1. Surat resmi yang baik di buka dan di tutup menggunakan salam yang umumnya digunakan oleh kebanyakan orang.

  2. Memakai banyak sekali macam bahasa resmi yang berlaku di negara tersebut.

  3. Di dalam surat resmi harus terdapat lampiran, nomor surat, dan perihal dibuatnya surat tersebut.

  4. Surat resmi yang baik kalau dikeluarkan oleh suatu organisasi umumnya menggunakan kop surat.

  5. Salah satu pertimbangan diakui atau tidak diakuinya surat resmi ialah adanya cap atau stempel dari forum yang mengeluarkan surat itu. Jika tidak terdapat cap, maka surat resmi itu akan diragukan keasliannya.


Bagian-Bagian Surat Resmi


Inilah yang membedakan antara surat resmi dengan surat yang lainnya. Surat resmi lebih berstruktur dan ada ketentuan-ketentuan di dalam penulisannya. Salah satunya yakni bagian-bagian surat. Bagian surat ialah komponen yang wajib dipenuhi di dalam surat resmi. Inilah bagian-bagian surat reesmi yang harus anda ketahui:


1. Kepala Surat


Di dalam menciptakan surat resmi, kop surat harus disertakan. Ini lantaran kop surat merupakan identitas forum organisasi yang terdiri atas:



  • Logo atau lambang forum instansi (kalau ada)

  • Alamat instansi

  • Nama instansi

  • Nomor telepon, emai, atau faximile


Adanya pemberikan kop surat ini bukan tanpa tujuan. Khusus untuk surat perusahaan sanggup di tambahkan macam usaha, nomor izin usaha, bidang kegiatan.


Fungsi Kepala surat adalah:



  • Sebagai alat promosi

  • Untuk mengetahui alamat dan nama instansi

  • Untuk memperlihatkan informasi wacana jenis acara dan bidang usaha.


2. Nomor Surat


Di dalam surat resmi niscaya anda menemukan nomor surat. Penulisan nomor surat ini bahwasanya tidak ada ketentuan. Tetapi umumnya ditulis menggunakan aba-aba biar tidak terlalu panjang dan memudahkan bagi penerima.


Biasanya nomor surat ini berisi nomor urut, bulan, juga tahun pembuatan surat. Sering kita temui nomor surat dengan angka romawi, tetapi hal itu tidak menjadi problem kalau penulisan nomor menggunakan angka arab atau menggunakan yang lainnya, itu tergantung dari kebijakan dari instansi tersebut. Letak nomor surat ini umumnya ditulis setelah kop surat di sebelah kiri. Lalu di usul oleh lampiran dan perihal


3. Tanggal Penulisan Surat


Apakah kalian pernah menerima seruan namun sudah tidak udpdate lagi? tujuan dari penulisan tanggal ini biar akseptor sanggup mengetahui kapan surat tersebut di buat serta mengetahui masa berlakunya surat itu. Oleh alasannya itu tanggal penulisan surat ialah komponen yang sangat penting didalam surat resmi.


4. Lampiran yang Disertakan


Lampiran dalam surat resmi berfungsi untuk memperlihatkan kalau ada kodumen yang disertakan pada surat itu.


Contoh:


No        : –


Lamp    : 2 Lembar


Perihal  : –


Hal ini memperlihatkan juka surat itu menyertakakan 2 lembar dokumen di dalamnya.


5. Perihal


Fungsi dari perihal ini ialah untuk memperlihatkan kepada akseptor wacana pokok isi surat, dengan demikian akseptor segera mengetahui tujuan surat itu.


6. Alamat Tujuan


Hal yang sangat penting di dalam penulisan dalam penulisam surat ialah kepada siapa surat itu ditujukan. Oleh alasannya itu alamat surat menjadi hal yang sangat penting dan dihentikan dilupakan.


Penulisan alamat ini sendiri sanggup dilakukan sebanyak dua kali, alamat yang pertama pada amplop surat dan alamat yang kedua pada isi surat itu sendiri. Tetapi alamat mengantisipasi kesalahan pada ketika pengiriman.


Sementara untuk isi surat alamat tidak harus lengkap lantaran telah di tulis di dalam amplop.



  • Pemakaian “Kepada” tidak usah di tulis, lantaran mengandung kemubadziran.

  • Penulisan “Yang terormat” atau yang lebih sering disingkat “Yth” mempunyai fungsi untuk memperlihatkan penghormatan kepada akseptor surat menyerupai atasan, teman, atau kekerabatan kerja.

  • Sebutan “Bapak”, “Ibu”, atau “Sdr” ini hanya berlaku pada nama orang dan tidak digunakan pada nama instansi ataupun jabatan tertentu.


Contoh:


Yth. Manager PT Barokah


Jalan Koppo indah


Kota Bandung


Yth. Ibu H Sri Ayu Ningsih, S.H.


Jalan Raya Ngampel – Jakarta KM 3


Kota Jakarta



  • Pemakaian titik hanya digunakan setelah abreviasi tidak perlu disetiap simpulan baris.

  • Kode pos harus dianjurkan untuk di tulis alasannya akan membantu petugas pos di dalam mengirimkan surat itu (Terutama kalau dikirimkan melalui
    Perum Pos dan Giro).


7. Salam Pembuka


Di dalam penulisan surat resmi, salam pembuka ialah komponen yang wajib ada. Tujuannya ialah membuka pembicaraan di dalam surat itu. Tetapi di dalam keadaan tertu tidak menggunakan salam pembuka, menyerupai surat-surat yang berisi wacana berita.


8. Isi Surat


Isi surat merupakan komponen utama dari surat itu sendiri, yang mana pokok-pokok yang sedang dibahas tertuang di dalam isi surat. Di dalam surat ini ada bagian-bagian menyerupai pada karangan yang lainnya, yakni bab pembuka, bab inti, dan bab penutup.



  • Pembuka : Di dalam isi surat, tujuan dari bab pemuka ini ialah untuk pengantar pembaca sebelum mengetahui inti surat. Di dalam pembuka juga berisi wacana inti problem yang akan disampaikan kepada akseptor yang dimaksud.

  • Inti : Komponen pokok isi surat ada pada inti isi surat. Bagian itu berisi bab utama yang akan disampaikan kepada pengirim.

  • penutup : Bagian epilog ini berisi wacana penegasan, simpulan, ucapan terima kasih. Dengan begitu, bab epilog menandai kalau uraian pokok yang akan disampaikan melalui surat sudah berakhir. penulisan pentutup ini sebaiknya singkat namun tegas.

  • Salam Penutup : Salam penututup ini berisi kata-kata epilog yang umumnya digunakan untuk menambahkan kesantunan di dalam berkomunikasi. wawalaupun salam epilog ini baik dipakai, namun bukan berarti semua surat wajib menggunakan salam penutup. Salam epilog hanya digunakan dalam surat-surat berita.

  • tanda Tangan dan Nama Penanggung Jawab : Pasti anda pernah membubuhkan tanda tangan di dalam hal tertentu, menyerupai ketidakhadiran ataupun yang lainnya. Begitu pula dalam surat resmi yang mana salah satu komponen yang disertakan yakni nama penanggung jawab dan tanda tangan. Nama penanggung jawab ialah penanda kalau nama itu yang bertanggung jawab atau isi surat dan dikuatkan dengan tanda tangan. penanda tangannya ialah nama orang yang tercantum pada surat tersebut.

  • Tembusan: Tembusan digunakan kalau terdapat pihak yang di anggap perlu mengetahui isi surat itu.


Ciri-ciri Surat Resmi


 pada kesempatan kali ini kami akan mengupas tuntas wacana surat resmi ✔ Contoh Surat Resmi Beserta Pengertian, Jenis, Cara Membuat
http://keajaibanmenulis.com

Di Samping bahasa, surat resmi mempunyai karakteristik berbeda dengan surat biasa atau surat tidak resmi. Surat resmi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut ini:


1. Memakai Kop Surat (Kalau Dikeluarkan Oleh Lembaga)


Kop surat atau kepala surat ialah identitas dari instansi (organisasi atau perusahaan dari pengirim surat biar akseptor mengetahui pengirim surat kop surat ini letaknya dibagian atas surat.


2. Memakai Nomor Surat, Lampiran, dan Perihal



  • Nomor surat


Yang membedakan surat resmi dengan surat yang lainnya yakni adanya nomor surat, lampiran, dan perihal. Nomor surat ini mempunyai fungsi:



  1. Untuk memperganpang pencarian kalau surat dibutuhkan

  2. Untuk mempergampang penyimpanan administratif

  3. Untuk mempergampang pengontrolan frekuensi pengiriman surat

  4. Untuk membagi penggolongan atau pengelompokan surat sesuai dengan jenis isi surat tersebut.


Adapun pada ketika pembuatan nomor surat, hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah:



  1. Bulan dan tahun pembuatan

  2. Kode tujuan surat, contoh SPK (Surat Perintah Kerja)

  3. Kode kedudukan surat, contoh KEI = Surat Keluar

  4. Nomor surat dikeluarkan sesuai dengan urutan surat, dihitung mulai nomor simpulan pembuatan surat


Contoh:


Nomor : 017/SPK/II2016


017      : Menunjukkan surat ke -17


SPK      : Surat Perintah Kerja


II          : Dibuat pada bulan ke-3 (Maret)


2-16     : Dibuat pada tahun 2016



  • Lampiran


Lampiran ini disertakan kalau ada, tetapi kalau tidak ada cukup diberi tanda (-)


3. Memakai Salam Pembuka dan Penutup Resmi


Salam pembuka dan epilog seperti; Hormat saya, Hormat kami, dan assalamu’alaikum.


4. Memakai Bahasa yang Baku


Bahasa baku ialah ragam yang sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia dengan mengacu pada Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) serta Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).


5. Membubuhkan Cap atau Stempel


cap atau stempel ialah penguat dari tanda tangan suatu instansi tertentu ataupun perseorangan. Di bubuhkan di atas tanda tangan pengirim.


6. Memakai Format Tulisan Tertentu (Tidak Bebas)


Format goresan pena sudah ditentukan di bagian-bagian surat resmi, jadi tidak asal menulis surat. Surat resmi ialah surat yang terstruktur dengan format tertentu.


Fungsi Surat Resmi


Fungsi dari surat resmi ini memperlihatkan fasilitas kepada akseptor ataupun pengirimnya, ini dikarenakan surat resmi mempunyai banyak manfaat. Adapun surat resmi di buat lantaran mempunyai fungsi sebagai berikut ini:


1. Sebagai Dokumen Tertulis


Di dalam sebuah instansi umumnya memerlukan dokumen tertulis untuk menjadii bukti di dalam administrasi. Surat menjadi penting lantaran merupakan bukti tertulis yang sanggup dipakai.


2. Sarana Berkomunikasi


Sebelum teknologi maju dan bekembang menyerupai yang kita rasakan pada ketika ini, surat sudah digunakan sebagai alat komunikasi dari jarak jauh, tetapi hingga ketika ini surat masih digunakan untuk kepentingan formal, menyerupai surat resmi.


Baca: Contoh Surat Keterangan, Kerja, Domisili, Umum


Jenis-jenis Surat Resmi


 pada kesempatan kali ini kami akan mengupas tuntas wacana surat resmi ✔ Contoh Surat Resmi Beserta Pengertian, Jenis, Cara Membuat
https://medium.com

Agar tidak salah dalam menulis surat resmi, sebaiknya kita juga mengetahui jenis-jenis surat resmi. Adapun jenis surat resmi menurut isinya. Ada 8 jenis, diantaranya ialah:


1. Surat Kuasa : Surat kuasa merupakan surat yang berisi wacana sumbangan wewenang dari instansi atau perseorangan di dalam program tertentu. Misalnya surat kuasa pengambilan uang di Bank.


2. Surat Perintah : Surat perintah ialah surat resmi yang berisi wacana perintah tertentu, dari suatu instansi untuk instansi yang lain. Misalnya yakni surat perintah lembur.


3. Surat Niaga : Surat niaga ialah surat yang digunakan untuk transaksi antara penjual dan pembeli dalam jumlah yang tinggi. Misalnya surat pembelian rumah, surat pembelian tanah.


4. Surat Perjanjian Kontrak Kerja : Surat ini pada umumnya dibentuk oleh suatu perusahaan yang dibentuk untuk perjanjian kepada calon karyawan. Berisi wacana perjanjian dan hak serta kewajiban antara perusahanaan dengan karyawan.


5. Surat Keputusan : Surat keputusan ialah surat yang dikeluarkan oleh instansi yang berisi wacana keputusan tertentu kepada anggota instansi. Misalnya Surat keputusan Pengangkutan Pengurus, Surat Keputusan Pengangkutan Karyawan Surat ini umumnya di singkat dengan sebutan (SK).


6. Surat Edaran : Surat edaran ialah surat yang dikeluarkan oleh suatu instansi tertentu yang berisi tentng informasi untuk kalangan tertentu juga. Msalnya surat edaran pengumuman libur sekolah.


7. Surat Undangan : Pada umumnya surat seruan ini yang sering kita jumpai. Surat seruan ialah surat yang bertujuan untuk mengundang seseorang atau instansi untuk kepentingan tertentu. Misalnya Undangan pernikahan, seruan rapat, dan surat seruan program yang lainnya.


8. Surat Panggilan : Surat ini mempunyai fungsi untuk memanggil seseorang atau instansi untuk instansi yang lain untuk kepentingan tertentu. Misalnya, surat panggilan kerja, surat panggilan interview dsb. Surat Lamaran kerja termasuk surat resmi.


Mari pribadi saja simak banyak sekali macam surat resmi yang sudah kami sajikan untuk anda.


 Contoh Surat Resmi Perusahaan


BERKAH MANDIRI


Perumahan Permai Indah Blok K No. 02 Jl Raya Imam Bonjol Km. 2 Surabaya 60112


Telp 022 223888 Fax 022443477 Mobile : 085775432765


Website: www.berkahmandiri.com Email: Berkahmandiri@gmail.com


 


Nomor : 022/UR/V/2018


Hal : Undangan Rapat


Lampiran :


 


Yth.


Bapak Arifin Nurcahyo


Manager Marketing


PT. BERKAH MANDIRI


Di Tempat


Dengan Hormat


Sehubungan dengan akan diadakannya program persesmian perusahaan, maka bersama dengan ini kami mengundang seluruh Manager PT. BERKAH MANDIRI untuk hadir dalam program rapat persiapan yang akan dilaksanakan pada :


Hari/Tanggal : Sabtu 26 Maret 2018


Waktu : 09.00 – 11.30 WIB.


Tempat : Ruang Pertemuan


Demikian seruan ini kami sampaikan, mengingat program tersebut maka dimohon kehadirannya sempurna pada waktunya. Atas perhatiannya, kami ucapkan banyak terima kasih.


Surabaya, 22 Maret 2018


Hormat kami


Manager Jaringan Kerja


PT. Berkah Mandiri


 


Dedi Prasetyo


Contoh Surat Resmi Sekolah


Instansi sekolah memang sangat sering menciptakan surat resmi banyak sekali jenis. Bagi anda yang mungkin gres pertama kalinya bekerja di TU, berikut ini kami sajikan contoh surat resmu sekolah yang menggunakan kop surat dinas pendidikan.


PEMERINTAHAN PROPINSI JAWA TIMUR


DINAS PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 10


Jl. Raya Widowati Kota Surabaya


Telp (022) 335-13453 Email : smkn10surabaya@gmail.com


 


Nomor          : 01/SMKN10/XI2016


lampiran       : –


Perihal          : Reuni Akbar X SMKN 10


 


Yth.


Alumni angkatan 2009-2016


SMK Negeri 10


Surabaya


Salam Sejahtera


Dalam rangka memperingati ulang tahun Sekolah Menengah kejuruan Negeri 10 Surabaya ke-10, kami selaku pengurus OSIS akan mengagendakan program “Reuni Akbar X” Oleh alasannya itu kami mohon kehadirannya pada


Hari/tanggal         : Selasa, 16 November 2016


Waktu                   : 09.00 – 13.00


Tempat                 : Gedung Serbaguna Sekolah Menengah kejuruan Negeri 10


Mengingat pentingnya program tersebut, sangat dibutuhkan kehadirannya sempurna pada waktunya. Demikian seruan ini, atas pengertiannya kami mengucapkan banyak terima kasih.


 


Mengetahui :


Kepala Sekolah Sekolah Menengah kejuruan Negeri 10 Surabaya                                           Ketua  Osis Sekolah Menengah kejuruan Negeri 10 Surabaya


 


Puji Sambodo                                                                                      Andik Yogantara


Nip : 256879652554252


 


Contoh Surat Resmi Permohonan


 pada kesempatan kali ini kami akan mengupas tuntas wacana surat resmi ✔ Contoh Surat Resmi Beserta Pengertian, Jenis, Cara Membuat
https://sharingkali.com

 


Contoh Surat resmi Dinas


PEMERINTAHAN KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR


DINAS KESEHATAN


PUSKESMAS LANGGENG


Jalan Raya Pring Apus No. 21 Tlp. (0243) 66564 E-Mail : puskesmaslanggeng@yahoo.co.id


 


Sampit, 8 Desember 2017


Nomor      : 450 / 6151 / KD. D


Lampiran  : –


Perihal      : Pemberitahuan Pelayanan Kesehatan


Kepada Yth. Pimpinan Puskesmas


Se-Kabupaten


Kotawaringin Timur


Sehubungan dengan ditetapkannya Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Kalimantan Tengah pada tanggal 9 November 2017 sebagai hari libur nasional, bersama ini kami beritahukan kepada seluruh Saudara Pimpinan Puskesmas biar tetap memperlihatkan peyananan kesehatan terhadap masyarakat. Untuk penjadwalan piket tenaga kesehatan diadaptasi dengan situasi dan kondisi setempat.


Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan banyak terima kasih.


 KEPALA DINAS KESEHATAN


KABUPATEN KOTKAWARINGIN BARAT


 


drg. KOMARI SUBAGYO.M.Kes


NIP. 29986547 299875 1 008


 


Tembusan :


1. Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur di Sampit


2. Inspektur Kabupaten Kotawaringin Timur di Sampit


3. Pertinggal.


 


Contoh Surat Resmi Osis


 pada kesempatan kali ini kami akan mengupas tuntas wacana surat resmi ✔ Contoh Surat Resmi Beserta Pengertian, Jenis, Cara Membuat
https://sharingkali.com

 


 Contoh Surat Resmi Panggilan Kerja


 pada kesempatan kali ini kami akan mengupas tuntas wacana surat resmi ✔ Contoh Surat Resmi Beserta Pengertian, Jenis, Cara Membuat
https://www.hipwee.com

Sesudah calon karyawan gres lolos dari seleksi administrasi, pada umumnya pihak perusahaan akan melayangkan surat panggilan kerja untuk calon karyawan. Surat panggilan resmi juga merupakan salah satu contoh surat resmi.


 pada kesempatan kali ini kami akan mengupas tuntas wacana surat resmi ✔ Contoh Surat Resmi Beserta Pengertian, Jenis, Cara Membuat
https://www.kumpulan.net

Contoh Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris


 pada kesempatan kali ini kami akan mengupas tuntas wacana surat resmi ✔ Contoh Surat Resmi Beserta Pengertian, Jenis, Cara Membuat
https://sharingkali.com

Itulah sedikit ulasan mengenai contoh surat resmi. Bukan hanya menyajikan wacana misalnya saja namun juga menyajikan wacana pengertian, cara membuat,ciri-ciri dan yang lainnya. semoga bermanfaat dan menambah ilmu anda. Terima Kasih



Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com



Sumber https://organicvolunteers.com

0 Response to "✔ Pola Surat Resmi Beserta Pengertian, Jenis, Cara Membuat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel