iklan banner

✔ Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Minyak Zaitun – Minyak zaitun  ialah merupakan minyak yang mempunyai sejuta manfaat, baik itu sebagai kesehatan, pengobatan maupun kecantikan. Kadar lemak yang rendah merupakan alasan utama kenapa minyak ini bisa lebih sehat lantaran tidak mempunyai resiko menjadikan adanya penyakit kolestrol yang biasanya dikaitkan dengan kebiasaan kita mengkonsumsi kuliner yang berminyak. Namun kalau kita mempertimbangkan banyaknya manfaat yang terkandung pada minyak zaitun bagi kesehatan, harusnya duduk kasus biaya tidak usah jadi masalah, lantaran kesehatan ialah investasi terbesar, bukan?


 Minyak zaitun  ialah merupakan minyak yang mempunyai sejuta manfaat ✔ Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Asal Muasal Minyak Zaitun


Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai manfaat minyak zaitun. Disini kami akan menjelaskan sedikit mengenai asal muasal minyak zaitun. Minyak zaitun ini telah berusia ribuan tahun. Katanya pohon ini pertama kali ditemukan di Yunani, teoatnya di kota Crete pada 5000 hingga 7000 tahun yang lalu. Pada masa itu, minyak zaitun digunakan untuk bermacam-macam keprluan mirip sebagai sumber makanan, obat, btang pohon di jadikan sebagai materi bakar selain itu di gunakan sebagai sumber simbol kebijakan dan perdamaian.


Pada masa itu pohon zaitun dikeramatkan dan diberikan perlakuan khusus. Tidak boleh sembarangan menebang pohon ini, eksekusi yang diberikan jikalau menebang sembarangan pohon ini ialah diasingkan. Karena pohon zaitun telah di anggap pohon yang suci. Pohon ini juga menyebar ke aneka macam pelosok tetangga mirip Amerika, Palestina, Italia, Spanyol, dan Syra.


Pohon zaitun ini mempunyai banyak kelebihan, bahkan dalam agama islam pohon zaitun disebutkan secara pribadi dalam kitab suci Alqur’an Dalam At_Tin 1-2 : Demi tin dari zaitun. Dan demi bukit sinai”. Dalam konteks ayat alquran yang lain ( QS An-Nur: 35) dam hadist Rasullilah Muhamad saw juga disebutkan bahwa minyak zaitun berasal dari pohon yang diberkati.


Jenis-Jenis Minyak Zaitun


Minyak zaitun sanggup digunakan sebagai minyak untuk menggoreng. Tetapi para pakar kesehatan, lebih menganjurkan minyak zaitun dikonsumsi secara pribadi semoga memperoleh khasiat dengan maksimal. Secara umum minyak zaitun dibagi menjadi beberapa jenis menurut kadar keasaman dan proses ekstarsinya :


1. Virgin Olive Oil


Jenis minyak zaitun ini merupakan minyak hasil dari perasan petama dari buah zaitun. yang membedakan dengan EVOO ialah tingkat kadar keasaman virgin olive lebih tinggi yaitu 4%.


2. Ekstra Virgin Olive ( EVOO)


Merupakan jenis minyak zaitun yang diekstrak pribadi dari buah zaitun yang merupakan jenis yang paling baik. Kadar keasamannya sangat rendah, yaitu hanya 1%.


3. Pure Olive Oil


Merupakan jenis minyak zaitun hasil dari pencampuran EVOO dengan Virgin Olive Oil yang telah diproses sebelumnya.


4. Fino Olive Oil


Merupakan jenis minyak zaitun hasil pencampuran antara Virgin Olive Oil dan EVOO


5. Merupakan jenis minyak zaitun yang sudah melalui proses penyaringan sebelumnya. Minyak zaitun jenis ini pada umumnya berbeda jikalau diamati dari warnanya, yaitu sedikit lebih jernih jikalau dibandingkan dengan minyak zaitun lainnya.


Manfaat Minyak Zaitun


Berikut ini akan dipaparkan manfaat minyak zaitun. Baik kesehatan maupun kecantikan. Mari pribadi saja simak manfaat minyak zaitun berikut ini:


1. Manfaat Minyak Zaitu Untuk Menurunkan Angka Kematian


Minyak zaitun sanggup di percaya bisa menurunkan angka kematian. Hal ini terbukti dari sebuah hasil studi yang dilakukan di selesai tahun 1999 di Albania, Negara muslim di Eropa. studi ini ingin mengungkapkan rendahna angka kematian di Albania. Angka kematian yang tercatat ketika itu ialah 41/100.000 jiwa. Setelah studi selesai dilakuan diperoleh kesimpulan salah satu penyebab rendahnya angka kematian ialah mereka mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur. Makara jikalau mereka ingin berumur panjang, mereka mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin.


2. Manfaat Minyak Zaitun Untuk Menurunkan Kadar Kolestrol


Makanan yang berminyak niscaya mempunyai kadar kolestrol yang tinggi. Yang beresiko menjadikan penyakit jantung dan penyakit lainnya. tetapi itu semua tidak berlaku pada mintak zaitun.


Pada setiap 100 gram minyak zaitun terkandung 100 gram kadar lemak, sangat banyak ya?. Tetapi jangan khawatir meskipun terlihst banyak pada kenyataanya hanya 14% saja yang jenisnya lemak tak jenuh yang sangat kondusif untuk dikonsumsi. Minyak zaitun juga terdapat kandungan vitamin E dan vitamin K yang berfungsi sebagai antioksidan yang dipercaya untuk menurunkan kadar kolelstrol jahat dalam tubuh.


3. Manfaat Minyak Zaitun = ASI


ASI ialah kuliner terbaik yang diciptakan untuk insan dengan segala keajaiban kandungan zat gizi di dalamnya. Ada sebuah studi menarik yang dilakukan untuk mwngetahui jenis lemak yang tedapat di dalam minyak zaitun dan ASI. Di kumpulkan sebanyak 41 sampel ASI dari ibu menyusui. Dari hasil penelitian di temukan bahwa ternyata ASI mengandung lemak berantai tunggal. Dan lemak ini pula yang terdapat pada minyak zaitun. Makara kesimpulannya ialah minyak zaitun mengandung jenis lemak terbaik yang baik dikonsumsi oleh manusia.


4. Manfaat Minyak Zaitun Untuk Mencegah Penyakit Jantung


Salah satu organ penting yang memerankan kiprah vital dalam badan ialah jantung. Tumpukan kolestrol yang terdapat pada jalan masuk pembuluh darah menciptakan sistem kerja jantung menjadi berat. Tak jarang sumbatan kolestrol ini menjadi plak yang bisa menyumbat peredaran darah ke seluruh tubuh. Cara terbaik mencegah penyakit jantuk salah satunya ialah mengonsumsi minyak zaitun secara rutin.


5. Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Lambung


 Minyak zaitun  ialah merupakan minyak yang mempunyai sejuta manfaat ✔ Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Minyak zaitun dipercaya sebagai mengurangi resiko terjadinya peradangan lambung (sakit maag), kanker lambung, dan tukak lambung. Kadar polifenol yang tinggi yang terdapat pada minyak zaitun menjadi salah satu penyebab terjaganya penyakit lambung ketika kita rutin mengkonsumsinya. Polifenol ini mempunyai sifat antibakteri yang bisa menangkal nanah basil yang mengakibatkan peradangan pada lambung. Bagi yang gampang terkena masuk angin, minyak zaitun sangat cocok sebagai obat pijat yang dioleskan diatas perut.


6. Manfaat Minyak Zaitun Untuk Mengurangi Resiko Penyumbatan Pembuluh Darah


Minyak zaitun kaya akan nutrisi yang sanggup menangkal lemak jahat yang terdapat di dalam makanan. Lemak jahat ini jikalau dibiarkan akan menyumbat di jalan masuk pembuluh darah. SUmbatan ini akan memperberat kerja jantung dan timbulnya bermacam-macam penyakit mirip hipertensi, stroke, dan jantung.


7. Manfaat Minyak Zaitun Untuk Mencegah Kanker Colon


Penyakit kanker colon ialah kanker yang menyerang kepingan usus besar dan rectum. Kanker ini kanker mematikan kedua yang mematikan sehabis kanker paru.


Fenol dalam minyak zaitun extra virgin telah terbukti mampumenghambat perkembangkan sel-sel kanker usus besar. Diyakini para hebat bahwa extra virgin yang terdapat dalam minyak zaitun diyakini sebagai anti-karsinogenik tang asalnya dari kanker usus besar, zat ini asalnya dari susunan kimia yang mirip 17 B-estradio (bentu utama daripada estrigen manusia), zat ini bisa melindungi usus besar manusi dari ancaman kanker.


8. Manfaat Minyak Zaitun Untuk Mengobati Kanker Kulit


Dalam majalah Dermatdogg Times pada edisi Agustus tahun 2000 bahwa hasil studi memperlihatkan bahwa penggunaan minyak zaitun sehabis melaksanakan aktifitas renang sebagai krim kulit dan sehabis itu berjemur, maka bisa mencegah terjadinya penyakit kanker kulit ( melanoma ).


Pada zaman yunani kuno minyak zaitun sudah di manfaatkan sebagai perawatan kulit. Pada zaman modern mirip kini sehabis dilakukan penelitian, terdapat beberapa manfaat minyak zaitun untuk kulit yaiyu aebagai antioksidan menetralisiri radikal bebas, mencegah timbulnya kanker kulit meskipun sudah terkena paparan sinar UV, isa di oleskan maupun di minum.


Baca juga: Manfaat Lidah Buaya Untuk Mengobati Segala Macam Penyakit


9. Manfaat Minyak Zaitun Untuk Mengobati Tukak Lambung


 Minyak zaitun  ialah merupakan minyak yang mempunyai sejuta manfaat ✔ Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Dalam hasil studi di kongres organisasi penyakit sistem pencernaan Amerika ppada bulan Oktober tahun 2000, Dr Samut dari Harvard University Amerika, mengumumkan bahwa kandungan di dalam minyak zaitun mempunayi imbas positif dalam melindungi badan dari penyakit kanker lambung dan mengurangi resiko timbulnya penyakit tukak lambung.


10. Mengurangi Peradangan Sendi


Majalah AMJ Clin NUTR yang terbit pada bulan november tahun 1999, telah merilis hasil penelitian terhadap 145 pasien yang mengidap sakit persendian mirip arhritis di Yunani Utara. Para pasien tersebut di korelasikan dengan 110 orang yang sehat. Dalam penelitian itu terlihat bahwa yang mengkonsumsi minyak zaitun terlindungi dari penyakit peradangan persendian.


11. Mampu Menghilangkan Kutu Kepala


Beberapa hasil dari penelitian yang dilakukan di beberapa Universitas dan forum pendidikan kesehatan di Negara Amerika, memperlihatkan bahwa kutu di kepala sanggup di hilangkan hanya dalam hitungan jam saja dengan menggunakan minyak rambut minyak zaitun.


12. Mengobati Diabetes


Diabetes ini ialah merupakan salah satu duduk kasus kesehatan yang sangat serius terjadi di dunia. Penyebab penyakit diabetes ialah ketika pancreas sudah tidak bisa lagi menciptakan insulin cukup guna memenuhi kebutuhan dalam tubuh.


Dari hasil penelitian memperlihatkan bahwa penyakit diabetes bisa di cegah dengan melaksanakan diet minyak zaitun, lantaran minyak zaitun bisa mengurangi kadar glikosa, kolestrol LDL ( jahat) dan triglieda dalam darah. imbas positif yang lainnya ialah bisa mencegah penyakit yang muncul jawaban diabetes mirip penyakit kardiovaskuler dan aterokksklerosis.


13. Mengurangi Gangguan Kontipasi


Taukah kau apa itu kontipasi ?. kontipasi ialah penyakit sembelit dimana keadaan seseorang akan mengalami kesusahan dalam buang air besar baik dengan ukuran sangat besar ataupun sangat kecil. Banyak hal yang mengakibatkan gangguan kontipasi mirip contoh minum dan makan yang tidak teratur dan beberapa macam obat yang mengakibatkan memicu munculnya kontipasi atau sembelit.


Konsumsilah satu sendok minyak zaitun satu sendok dan jus jeruk nipis hangat maupun dingin. Ambilah satu sendok tes jus jeruk nipis, kemudian tambahkan satu sendok makan minyak zaitun. mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur bisa mengatasi sembelit. Waktu mengkonsumsinya lebih baik dilakukan pada pagi hari sebelum melaksanakan sarapan. Karena kandungan minyak zaitun lebih efektif bila di konsummsi dalam keadaan perut kosong.


14. Mengobati Kanker Rahim


Para perempuan yang terkena penyakit kanker rahim sebaiknya rutin mengkonsumsi minyak zaitun ini. Karena kandungan zat yang terdapat di dalamnya sangat baik bagi penderita kanker rahim.


Pada bulan mei 1995 sebuah majalah kanker Britania mempublikasian sebuah studi yang menguji 146 perempuan penderita kanker rahim banyak mengkonsumsi minyak zaitun. Alhasil, Para perempuan yang mengkonsumsi minyak zaitun lebih sedikit terjangkit kanker rahim dan resiko terkena kanker rahim menurun hingga 26%.


15. Untuk Melembabkan Kulit


 Minyak zaitun  ialah merupakan minyak yang mempunyai sejuta manfaat ✔ Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Sejak dahulu minyak zaitun di akui sebagai materi alami untuk melembabkan kulit. Selain digunakan sebagai materi makanan, juga sebagai materi dasar untuk adonan pembuatan kosmetik.


Partikel yang terdapat pada minyak zaitun lebih halus dibandungkan minyak sawit (minyak goremg). Minyak zaitun bisa diserap dengan baik oleh kulit, sehingga bisa mengatasi kulit kering,kasar, dan keriput. Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun secara rutin sebanyak 2 kali sehari dibagian kulit yang terlihat kering. dalam waktu 3 ahad kulit akan terlihat akhirnya lebih lembut dan halus.


16. Bahan Penghalus Kulit


Minyak zaitun mengandung vitamin E yang sangat melimpah, sehingga sangat cocok dijadikan untuk menghaluskan kulit. Untuk urusan kulit berangasan dan kering bisa dihilangkan dengan menggunakan minyak zaitun secara teratur, caranya yaitu dengan mengoleskan pada kepingan yang berangasan mirip telapak tangan 2 hingga 3 kali sehari. lihat akhirnya dalam waktu 3 hari. Kulit akan terlihat lebih halus dan lembut.


17. Pemutih Kulit Alami


Indonesia memang sangat populer dengan perempuan berkulit sawo matang. Jenis kulit ini sebetulnya sangat elok jikalau dirawat dengan baik dan bersih.


Kabar gembiranya ialah minyak zaitun berguna memutihkan kulit dengan alami. Karena minyak zaitun kaya akan kandungan vitamin C nya. semoga mencapai hasil yang maksimal, campurkan jeruk nipis dan madu di dalamnya. SEselai diaduk dengan rata, aplikasikan ke semua kepingan wajah sebagai masker. Diamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat dan air dingin. kalau ingin akhirnya lebih baik sebainya perawatan di lakukan seminggu sekali.


18. Mengobati Kulit Kaki Pecah-Pecah


Akibat dari kelembaban kulit yang tidak terjaga, Minyak zaitun bisa menjadi pilihan yang alami untuk mengatasi penyakit kulit pecah-pecah. Caranya yaitu dengan mengoleskan minyak zaiitun secara rutin pada siang hari dan malam hari sebelum tidur. Bila pemakaian rutin dilakukan maka seminggu kemudian kulit kaki akan terlihat sehat dan pecah-pecah di kaki akan berkurang dan hilang.


19. Menghambat Penuaan Dini Dan Mengencangkan kulit


 Minyak zaitun  ialah merupakan minyak yang mempunyai sejuta manfaat ✔ Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Penyebat kulit keriput ialah lantaran faktor usia yang semakin bertambah. Hal ini biasanya ditandai dengan munculnya garis-garis halus di sekitar tempat pipi dan mata. Untuk mengatasi hal ini kau sanggup menggunakan krim malam. Oleskan olive Oil sebelum tidur, dan biarkan kandungan manfat dalam minyak zaitun bekerja dengan baik selama kau tidur. Bila dilakukan selama 3-4 kali dalam seminggu, maka akhirnya akan terlihat jelas.


20. Menghilangkan Mata Panda


Mata panda disebabkan beberapa hal, yaitu kurang tidur, terlalu usang di depan komputer, dehidrasi, menangis, dan juga factor keturunan.


Untuk menghilangkan mata panda sangat mudah, kau cukup mengoleskan minyak zaitun di sekitar bawah kelopak mata secara perlahan sambil di pijit lembut supaya meregangkan otot-otot yang kaku dan untuk mengurangi pembekakkan ringan di tempat tersebut, Kalau dirasa sudah cukup bilaslah dengan air bersih, Lakukan secara rutin 2 kali seminggu.


21. Mengatasi Wajah Berminyak


Bagi kebanyakan orang yang memperhatikan penampilan, wajah berminyak menjadi duduk kasus serius. Oleh lantaran itu sangat penting di cari solusinya.


Tahap pertama ialah kau perlu mencoba masker yang telah dicampur dengan minyak zaitun dan abu cendana. Gunakan ini kalau wajah kelihatan sangat lelah. Gunakan masker selama 15 menit. Kalau dirasa sudah cukup, angkat masker dengan air dingin, kemudian keirngkan wajah menggunakan tisu dengan tangan. Gunakan secara rutin selama 3 hingga 4 kali dalam seminggu. Dalam beberapa hari akan tampak hasilnya.


22. Mengangkat Kotoran Wajah


Bila kau sering bepergian keluar rumah atau biasa bermain di lapangan, pastikan kau menawarkan perhatian lebih terhadap kesehatan, terutama kulit.


Selesai melaksanakan aktifitas diluar ruangan , sebaiknya gunakan minyak zaiitun. Pertama cuci muka hingga higienis menggunakan air hangat lantaran ini bewrtujuan untuk membersihkan pori-pori di wajah. Lalu gunakanlah minyak zaitun pada kulit wajah secara merata. Diamkan selama 6 menit. Kalau dirasa sudah cukup bersihkan wajah menggunakan air hangat, langkah yang terakhir bilas lagi menggunakan air hambar supaya kotoran yang sudah keluar tidak sanggup masuk ke dalam pori-pori lagi.


23. Memanjangkan Rambut


 Minyak zaitun  ialah merupakan minyak yang mempunyai sejuta manfaat ✔ Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Minyak zaitun sangat sempurna digunakan bagi kau yang ingin mempunyai rambut panjang, lantaran minyak zaitun ini terbukti bisa membantu anda untuk bisa segera mempunyai rambut panjang yang sangat indah.


Cara menciptakan ramuannya ialah cukup sediakan biji lada, lemon, dan monyak zaitun. Setelah ramuan di buat basuhkan adonan tadi keatas kulit kepala secara menyeluruh, diamkan selama 25 menit, kemudian bilas hingga bersih.


24. Mencegah Osteoporosis


Minyak zaitun berperan sanggup membantu perembesan kalsium oleh tubuh. Kalaukalsium diserap dengan optimal oleh badan maka masa tulang menjadi lebih padat dan juga bisa mencegah osteporosis di usia lanjut. Minyak zaitun sangat baik dikonsumsi oleh anak, lantaran sanggup membantu badan anak menadi lebih tinggi.


25. Menjaga Kesehatan Hati


Penelitian yang dilakukan di Universitas Monastir, Tunisia dan universitas king saudi, Arab Saudi mendapat hasil bahwa Ekstra Virgin Olive Oil (EVOO) sanggup menawarkan pemberian organ hati dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan molekul berbahaya lainnya yang terdapat dalam tubuh.


Itulah manfaat yang terkandung pada minyak zitun yang bisa kita dapatkan jikalau diminum secara rutin. Semoga artikel ini sanggup membantu menambah wawasan dan menawarkan banyak manfaat bagi kita ya.. Selamat mencoba.




Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com



Sumber https://organicvolunteers.com

0 Response to "✔ Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel