iklan banner

✔ Seni Rupa Terapan, Pengertian, Jenis, Contoh, Fungsi

Seni Rupa Terapan – Kali ini saya akan memperlihatkan ulasan mengenai seni rupa terapan. Namun sebelum kita masuk ke jenis, contoh, dan fungsinya sebaiknya simak dahulu pengertian seni rupa terapan. Tidak usah panjang lebar, mari eksklusif saja simak klarifikasi mengenai pengertian seni rupa terapan di bawah ini.


Pengertian Seni Rupa Terapan


Disini kami akan memperlihatkan sedikit pengertian dari seni rupa dahulu sebelum kita masuk ke seni rupa terapan. Seni rupa ialah sebuah cabang dari seni yang menghasilkan sesuatu yang sangat elok atau indah dengan lisan dan kualtias yang sanggup dilihat secara eksklusif oleh indra penglihatan dan indra peraba.


Nah, yang dimaksud seni rupa terapan adalah sebuah anggota dari seni rupa yang mana di dalam karya seni ini mempunyai dua unsur yakni estetika dan fungsi atau praktis. Namun di dalam pemakaian seni rupa ini sendiri lebih megutamakan fungsi guna atau simpel dibandingan dengan fungsi estetika.


Kalau di dalam bahasa inggris, yang namanya seni rupa terapan ini lebih dikenal dengan sebutan applied arts, yang artinya seni yang diaplikasikan. Jika kita melihat dari segi pengertiannya kita niscaya sudah mengetahui jikalau seni terapan ini sering digunakan di dalam kehidupan sehari-hari oleh manusia. Yang tak lain alasannya ialah lantaran mempunyai sifat simpel dan sifat guna bagi manusia.


Namun banyak orang yang mengartikan jikalau seni rupa terapan tidak memandang segi keindahan atau segi estetika. Sebagian orang mengungkapkan pendapatnya jikalau karya seni terapan hanya meninggikan nilai simpel dalam bentuk seninya.


Namun jangan hingga anda salah dalam hal ini, lantaran bergotong-royong di dalam penerapan sehari-hari seni terapan ini berdasarkan beberapa orang karya seni terapan tetap mempunyai unsur seni yang sangat indah dan menarik.


Oleh lantaran itu kesimpulannya beberapa ialah karya seni rupa terapan ialah sebuah karya seni yang mempunyai fungsi simpel dalam pemakaian sehari-hari. Juga fungsi estetis yang mana karya seni itu dinikmati bentuk dan keindahannya.


Sejarah Seni Rupa Terapan


Kali ini saya akan memperlihatkan ulasan mengenai seni rupa terapan ✔ Seni Rupa Terapan, Pengertian, Jenis, Contoh, Fungsi
https://masfikr.com

Perlu untuk anda ketahui bahwasannya di Indonesia karya seni rupa terapan sudah ada semenjak zaman prasejarah dahulu dan sudah mulai berkembang. Sudah dari zaman nenek moyang kita sudah menggunakan kapak yang terbuat dari kerikil dan tulang untuk digunakan dalam berburu. Hal tersebut merupakan salah satu penerapan di dalam pemakaian sebuah karya seni terapan.


Setelah menuju pada zaman yang sedikit modern perkembangan karya seni sangat pesat terutama pada karya seni terapan. Kalau zaman dahulu para leluhur menggunakan sebuah kerikil untuk menciptakan suatu alat. Maka hal itu berbeda pada dikala menuju ke zaman yang sedikit modern lantaran pada zaman yang lebih sedikit modern itu para nenek moyang telah menggunakan logam.


Logam tersebut dileburkan untuk menciptakan sebuah perhiasan dan juga peralatan yang lainnya menyerupai neraca, bejana, dan alat dapur yang lain.


Kegunaan Seni Rupa Terapan


Seni rupa terapan mempunyai tujuh kegunaan, diantaranya ialah:


1. Pemenuhan Sandang


Kita niscaya sudah mengetahui jikalau sandang yaitu kebutuhan dasar umat insan kan? Pakaian atau sandang yang dirancang oleh para desainer niscaya selalu mengedepankan nilai dan unsur-unsur seni rupa. Agar yang menggunakan busana yang dibuatnya sanggup terlihat lebih indah dan menarik. Hal tersebut juga berlaku untuk seni rupa terapan nusantara, yang mana pakaian-pakaian tradisional yang ada di Indonesia ini begitu unik dan menarik di pandang mata.


2. Pemenuhan Kebutuhan Tempat Tinggal


Fungsi yang kedua yaitu pemenuhan kebutuhan daerah tinggal yang sanggup kita temukan eksklusif di dalam seni arsitektur dan bangunan. Beragam rumah budbahasa yang ada di nusantara sanggup menunjukan jikalau rumah yang dijadikan daerah tinggal oleh nenek moyang Indonesia pada zaman dahulu bukan hanya terpaut dalam kekokohan bangunannya saja. Namun nuansa estetis juga dipertahankan untuk tetap ada sehingga kenyamanan hunian sanggup terjaga dengan baik.


Saat ini seni rupa modern arsirtekturnya juga tidak berbeda. Arsitek-arsitek muda dikala ini sudah merancang bangunan yang besar lengan berkuasa juga tidak mengesampingkan nilai-nilai seni dari bangunan yang dibuat oleh mereka.


3. Pemenuhan Kebutuhan Akan Rasa Aman


Fungsi selanjutnya kebutuhan akan rasa kondusif yang mana merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap umat insan di dalam kehidupan yang kondusif dan bahagia. Kebutuhan rasa kondusif ini sanggup juga dipenuhi oleh hasil karya seni terapan, contohnya ialah adanya banyak sekali senjata tradisional yang diciptakan oleh para pendahulu kita. Hal ini menjadi fungsi seni rupa terapan yang jarang kita ketahui


4. Kenyamanan Transportasi


Fungsi seni rupa terapan juga berbuhungan dengan mobilitas masyarakat di dalam bertransportasi. Alat transportasi atau kendaraan tradisional menunjukan betapa seni rupa terapan yang sangat penting di dalam menunjang kehidupan manusia.


5. Pemenuhan Kebutuhan Pangan


Terdapatnya banyak sekali perabotan baik yang berupa gerabah yang berbahan dari tanah liat, yang berbahan batu, atau yang berbahan logam hasil dari kerajinan seni kriya juga merupakan bukti betapa seni sudah mendarah daging di dalam kehidupan umat insan semenjak zaman dahulu. Tanpa adanya peralatan-peralatan itu, pengolahan pangan dipastikan akan sulit.


6. Sarana Aktualisasi Diri


Fungsi selanjutnya ialah sebagai sarana aktualisasi diri yang merupakan kebutuhan tertinggi umat manusia, yang mana mereka umumnya menginginkan legalisasi dari masyarakat. Pernik aksesoris, perhiasan yang mana menjadi sarana kelengkapan penampilan ialah hasil karya agung seni rupa yang tidak sanggup dilupakan begitu saja.


7. Kenyamanan Di Dalam Beribadah


Bangunan daerah ibadah, kaligrafi, patung, hiasan yang ada pada sajadah ialah beberapa karya seni rupa yang membantu di dalam proses peribadatan, Kekhusyuan ibadah sanggup lebih baik pada dikala seni rupa juga masuk dan membaur di dalam urusan agama.


Seni Rupa Terapan


Kali ini saya akan memperlihatkan ulasan mengenai seni rupa terapan ✔ Seni Rupa Terapan, Pengertian, Jenis, Contoh, Fungsi
https://foramazingindonesia.blogspot.com

Di dalam bidang karya seni terapan ini sanggup dikategorikan berdasarkan masanya, fungsinya, dan wujudnya. Di bawah ini klarifikasi lengkap dari kategori-kategori yang rerdapat di dalam karya seni rupa terapan


1. Seni Rupa terapan Berdasarkan Fungsi


Di dalam sebuah karya seni terutama dalam seni terapan ada beberapa fungsi yang terkandung di dalamnya, di dalam karya seni terapan ada dua fungsi yang sanggup dikategorikan. Di bawah ini penjelasannya.


1. Fungsi Guna atau Fungsi Praktis


Di dalam karya seni terapan ini mempunyai beberapa fungsi atau kegunaan yang mana karya seni ini sangat membantu serta menunjang acara sehati-hari, sangat banyak teladan yang sanggup kita lihat menyerupai meja. kursi, lemari, perabot rumah tangga, dan masih banyak lagi benda yang kita gunakan lainnya.


Senuanya itu termasuk dikategorikan benda seni, mungkin sebagian orang tidak begitu mengerti mengenai sebuah fungsi guna atau simpel dalam seni.


2. Fungsi Estetis atau Keindahan Pada Seni


Seperti yang sudah kita ketahui jikalau karya seni niscaya mempunyai sebuah unsur keindahan. Unsur keindahan inilah yang menyebabkan orang sanggup menikmati sebuah karya seni. Di dalam seni rupa terapan sendiri unsur estetis atau keindahan ini sangatlah penting.


Di dalam hal ini banyak sekali teladan dari karya seni terapan yang bukan hanya menggunakan fungsi simpel namun juga menggunakan fungsi estetis. Misalnya lemari kayu yang di ukir, bangku kayu yang di ukir, meja kayu yang di ukir, dan masih banyak lagi teladan yang lainnya.


Di samping contoh-contoh itu masih banyak lagi teladan nyata, di dalam kehidupan sehari-hari kita layaknya kain batik, kain tenun, dan hasil karya seni yang digunakan sebagai hiasan yang lainnya.


2. Seni Rupa Terapan Berdasarkan Bentuknya


Kali ini saya akan memperlihatkan ulasan mengenai seni rupa terapan ✔ Seni Rupa Terapan, Pengertian, Jenis, Contoh, Fungsi
https://hamparan.net

Untuk pembagian yang berikutnya seni rupa terapan ini masih di bagi atau dikategorikan berdasarkan bentuknya. Di dalam pembagian ini seni rupa dijadikan dua lagi yakni seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi. Berikut ini klarifikasi lengkap mengenai seni rupa terapan berdasarkan dengan bentuknya.


1. Seni Rupa 2 Dimensi


Karya seni rupa dua dimensi atau dwiimatra, karya seni dua dimensi ini ialah salah satu hasil karya seni yang mempunyai dua unsur saja yakni panjang dan lebar.


Di dalam karya seni ini untuk menikmatinya hanya sanggup dilakukan dari arah tertentu saja tergantung dari mana karya seni itu ditujukan untuk menikmatinya baik itu dari depan, dari samping, atau dari atas tetap satu arah saja untuk sanggup menikmatinya.


Misalnya: Seni ilustrasi, seni batik, seni lukis, wayang kulit, sketsa, dan masih banyak yang lainnya.


2. Seni rupa 3 dimensi


Karya seni rupa tiga dimensi atau sanggup juga disebut trimarta ialah salah satu cabang dari karya seni yang sudah umum bagi kalangan masyarakat. Pengertian dari karya seni rupa tiga dimensi ini ialah sebuah karya seni yang mempunyai tiga unsur yang terkandung yakni lebar, panjang, tinggi.


Kalau dilihat dari ketiga unsur itu menyebabkan seni rupa tiga dimensi ini mempunyai sebuah volume atau isi yang mana menyebabkan karya seni ini sanggup dilihat dari mana saja atau sanggup dilihat dari segala arah.


Sangat benyak teladan yang sanggup kita lihat dari seni tiga dimensi ini di dalam kehidupan sehari-hari menyerupai seni pahat, seni kriya, seni patung, dan semua bentuk karya seni yang sanggup di lihat dari mana saja atau dari segala arah.


3. Seni Rupa Terapan Berdasarkan Wujudnya


Yang ketiga ialah seni rupa terapan berdasarkan wujudnya, kalau diamati di negara kita tercinta negara Indonesia sangat banyak penerapan karya seni rupa terapan bedasarkan wujudnya baik itu dari seni tradisional ataupun dari seni modern.


Contoh penerapannya menyerupai senjata tradisional, rumah adat, trasportasi tradisional, dan juga seni kriya.


Unsur-Unsur Seni Rupa Terapan


Unsur-unsur seni rupa ialah unsur-unsur yng mewujudkan atau mencipatan suatu karya seni rupa. unsur-unsur karya seni rupa ada delapan, yaitu:


1. Titik


Titik ialah unsur dasar di dalam seni rupa. Di antara unsur-unsur seni rupa yan lainnya, unsur ini ialah unsur yang ukurannya paling kecil. Seluruh wujud karya seni rupa, diawali oleh titik walau sederhana, titik juga sanggup menjadi perhatian pusat, terutama kalau berkumpul dan dipadukan dengan unsur seni rupa yang lainnya.


Read: Seni Lukis Beserta Pengertian, Teknik, Unsur, Contoh Lengkap


2. Garis


Garis ialah ukiran berbatas dengan dimensi memanjang dan mempunyai suatu arah tertentu. Unsur seni rupa yang satu ini mempunyai beberapa sifat, diantaranya ialah panjang, pendek, vertikal, horizontal, miring, lurus, tebal, tipis, halus, berombak, melengkung, patah-patah, dan yang lainnya. Garis di dalam seni rupa digunakan untuk mendapat kesan tertentu, contohnya menciptakan kesan mewah, simpel, kekar, kuat, atau agung.


3. Bidang


Bidang ialah unsur seni rupa yang dibuat oleh hubungan beberapa garis. Bidang mempunyai dimensi panjang dan lebar. Berdasarkan dengan jenisnya, bidang ini dibedakan menjadi beberapa macam, yakni bidang biomorfosis (organis), bidang geometris, bidang tidak beraturan, dan bidang bersudut. Adapun berdasarkan dengan bentuknya, unsur-unsur seni rupa ini dibedakan menjadi segitiga, bidang segiempat, lingkaran, trapesium, oval, dan yang lainnya.


4. Bangun atau bentuk


Bentuk ialah unsur seni rupa yang mempunyai panjang, tinggi, dan lebar sanggup menyatakan sifat dari sebuah karya seni rupa, contohnya bundar, ornamental, kotak, atau tak beraturan (absurd), adapun bentuk yang mempunyai unsur nilai (value) disebut bentuk plastis (form) contohnya menyerupai lemari, kutsi, meja, dan yang lainnya.


5. Tekstur


Terkstur ialah unsur seni rupa yang menjadi sifat permukaan dari sebuah benda. Tekstur ini menyatakan kesan kusam, halus, kasar, mengkilap, licin, berpori, dan yang lainnya. Tekstur sanggup diketahui melalui indera penglihatan dan rabaan. Penglihatan menyatakan tekstur semu atau maya sedangkan rabaan menyatakan tekstur nyata.


6. Warna


Warna ialah unsur seni rupa yang mempunyai sprektrum tertentu di dalam sebuah cahaya tepat (berwarna putih) suatu warna sanggup diketahui identitasnya melalui panjang gelombang cahaya. Warna seringkali menjadi unsur utama yang digunakan untuk karya seni rupa. Berdasarkan dengan sprektrumnya, warna dibedakan menjadi lima jenis, yakni warna primer, warna tersier, warna anagolus, warna sekunder, dan warna komplemeter.


7. Gelap dan Terang


Gelap dan terang atau cahaya juga merupakan unsur-unsur seni rupa yang sanggup mempengaruhi keindahan suatu seni rupa. Cahaya ini bermanfaat untuk menggambarkan benda tampak menjadi tiga dimensi, memberi perbedaan kontras, dan menyatakan kesan kedalaman. Cahaya gelap dan terang sanggup dibuat melalui daya pancar atau pencampuran hitam dan putih.


8. Ruang atau Kedalaman


Ruang ini menjadi salah satu unsur seni rupa tiga dimensi. Ruang sanggup dilihat di dalam seni arsitektur rumah, gedung, atau bangunan yang lainnya. Sedangkan di dalam seni rupa dua dimensi, unsur seni rupa yang satu ini banyak bersifat semu. Ruang di dalam seni rupa dua dimensi sanggup kita temukan melalui penggambaran pipih, menjorok, cembung, datar, cekung, dekat, jauh, dan yang lainnya.


Macam-macam Seni Rupa Terapan


Terdapat banyak teladan dari seni rupa terapan, bahkan saking banyaknya akan sulit untuk dihitung lantaran jumlahnya memang sangat banyak. Di dalam hal ini kami akan memperlihatkan ulasan garis besar dari sebuah acara atau karya seni masuk di dalam seni rupa terapan ini.


1. Seni Arsitektur


Kali ini saya akan memperlihatkan ulasan mengenai seni rupa terapan ✔ Seni Rupa Terapan, Pengertian, Jenis, Contoh, Fungsi
https://www.ndtv.com

Contoh seni rupa terapan yang pertama ialah seni arsitektur. Seni arsitektur ialah sebuah seni yang mana para seniman menciptakan sebuah rancangan bangunan. Di dalam hal ini seni arsitektur sangat diharapkan untuk membangun sebuah bangunan yang besar terutama menyerupai sebuah menara, gedung pencakar langit, ataupun sebuah rumah.


Dari seni arsitektur tersebut menyebabkan segala sesuatu di dalam membangun lebih struktural dan juga lebih indah lagi pastinya. Sangat banyak teladan bangunan yang menggunakan seni arsitektur yang hingga dikala ini masih terkenal lantaran keidahannya seperti, Taj Mahal di India, Menara Eiffel di Paris, Candi Borobudur di Indonesia, dan masih banyak yang lainnya teladan dari hasil pengaplikasian seni arsitektur ini.


2. Seni Kriya


Kali ini saya akan memperlihatkan ulasan mengenai seni rupa terapan ✔ Seni Rupa Terapan, Pengertian, Jenis, Contoh, Fungsi
http://ahmadefendi1.blogspot.com

Seni kriya ialah sebuah karya seni yang dibuat menggunakan ketrampilan atau skill (hand skill). Karya seni kriya ini disamping menggunakan kecekatan dan keluesan tangan juga memerlukan kreativitas supaya hasil jadi dari karya ini tetap memperlihatkan aspek fungsional dan juga keindahan dari karya seni itu.


Contoh dari seni kriya ini seperti: seni topeng, seni ukir kayu, kriya loham, seni keramik, seni tekstil, seni anyaman dan masih banyak uang lainnya.


3. Seni Dekorasi


Kali ini saya akan memperlihatkan ulasan mengenai seni rupa terapan ✔ Seni Rupa Terapan, Pengertian, Jenis, Contoh, Fungsi
http://www.popeti.com

Seni dekorasi ialah sebuah bab dari karya seni rupa terapan, seni dekorasi ialah sebuah tatanan terkait perabot dan perangkap pelengkap untuk menyebabkan sebuah ruangan atau bangunan menjadi indah untuk di pandang


Seni dekorasi sanggup juga diartikan sebagai menghias atau memperindah sesuatu bangunan, benda, ataupun objek yang lain supaya menyerupai impian menyerupai yang kita inginkan.


Sangat banyak teladan dari seni dekorasi ini menyerupai menghias ruangan, dekorasi pernikahan, dan yang lainnya.


4. Seni Grafis


Kali ini saya akan memperlihatkan ulasan mengenai seni rupa terapan ✔ Seni Rupa Terapan, Pengertian, Jenis, Contoh, Fungsi
https://roemahmm.wordpress.com

Grafis ialah sebuah karya seni yang mana pembuatannya dengan menggunakan proses cetak untuk membentuk sebuah karya seninya. Media yang digunakan untuk seni grafis ini umumnya menggunakan kertas. Percetakan ini menggunakan materi cat atau yang lainnya.


Contohnya menyerupai pembuatan banner, pensablonan baju, dan media cetak yang lain.


5. Seni Ilustrasi


Kali ini saya akan memperlihatkan ulasan mengenai seni rupa terapan ✔ Seni Rupa Terapan, Pengertian, Jenis, Contoh, Fungsi
https://www.youtube.com

Ilustrasi yaitu salah satu jenis karya seni yang berupa sebuah gambar ataupun  foto. terdapat beberapa pendapat yang menerangkan terkai pengertian dari seni gambaran sendiri yang menyampaikan jikalau seni gambaran yaitu sebuah gambar atau kegunaan yang menerangkan sebuah insiden ataupun peristiwa.


Pemakaian dari seni gambaran ini pada umumnya di manfaatkan untuk mengabadikan sebuah momen dan juga untuk membantu memecahkan sebuah kasus kriminalisasi dengan menggambarkan insiden ataupun pelakunya.


Contoh Seni Rupa Terapan


Sesudah menyimak mengenai macam-macam seni rupa terapan, sekarang yang akan anda simak selanjutnya ialah teladan seni rupa terapan. Di bawah ini teladan dari seni rupa terapan yang sudah kami sajikan untuk anda:


1. Seni Batik


Kali ini saya akan memperlihatkan ulasan mengenai seni rupa terapan ✔ Seni Rupa Terapan, Pengertian, Jenis, Contoh, Fungsi
http://batikdan.blogspot.com

Siapa ya yang tidak tahu batik? Salah satu hasil dari karya seni rupa yang berasal dari Indonesia yang telah diakui oleh tubuh Internasional UNESCO sebagai salah satu warisan budaya leluhur.


Batik ialah salah satu jenis seni grafis tradisional yang mana menggunakan media kain sebagai dasar dan zat pewarna yang diperoleh dari alam untuk mempercantik dari unsur batik tersebut.


2. Seni Keramik


Kali ini saya akan memperlihatkan ulasan mengenai seni rupa terapan ✔ Seni Rupa Terapan, Pengertian, Jenis, Contoh, Fungsi
https://hamparan.net

Keramik ialah salah satu seni rupa terapan yang telah ada dari zaman dahulu. Pemakaian seni keramik ini sendiri disamping untuk dinikmati keindahannya, dikala ini juga digunakan di dalam kehidupan sehari-hari.


Pembuatannya berawal dari sebuah tanah liat yang dibuat sedemikian rupa dengan bentuk yang menarik dan indah, bahkan bernilai fungsional kemudian dilakukan pembakaran untuk mengeraskan unsur tanah lliat tadi.


Contoh dari seni keramik ini ialah porselin, kerabah, genteng, guci, dan yang lainnya.


3. Anyaman


Kali ini saya akan memperlihatkan ulasan mengenai seni rupa terapan ✔ Seni Rupa Terapan, Pengertian, Jenis, Contoh, Fungsi
http://erwinmakalah.blogspot.com

Seni anyaman ini juga termasuk hasil dari seni kriya, seni anyaman berasal dari serat tumbuhan namun juga ada yang beral dari serat sintetis. Dari serat itu di anyam hingga membentuk benda yang mempunyai nilai guna dan nilai estetika yang bernilai tinggi.


Contoh dari anyaman ini contohnya seperti: bangku anyam rotan, keset, keranjang, dan yang lainnya.


4. Kerajinan Logam


Kali ini saya akan memperlihatkan ulasan mengenai seni rupa terapan ✔ Seni Rupa Terapan, Pengertian, Jenis, Contoh, Fungsi
https://kreasiofindo.blogspot.com

Logam ialah salah satu materi yang sanggup diolah menjadi sebuah seni yang indah. Logam ini sangat terkenal di Indonesia semenjak zaman dahulu, dilihat dari peninggalan-peninggalan nenek moyang sudah mulai menggunakan logam untuk kehidupan sehari-hari.


Di samping digunakan untuk membantu keseharian logam ini juga digunakan untuk dijadikan sebagai hiasan baik untuk hiasan ruangan ataupun insan itu sendiri.


5. Seni Ukir atau Seni Pahat


Seni ukir atau seni pahat ialah salah satu seni kuno yang hingga dikala ini masih banyak peminatnya. Media yang digunakan untuk utama untuk menciptakan seni pahat ini sanggup menggunakan kayu ataupun kayu sebagai materi utama pembuat seninya. Dengan menggunakan alat khusu serta kreativitas yang sangat tinggi untuk menyebabkan sebongkah materi menjadi hasil karya seni yang mempunyai nilai tinggi.


Sampai dikala ini sangat banyak pengrajin ukur atau pahat ini, bahkan di Indonesia sendiri terdapat salah satu wilayah yang mempunyai satu pusat industri kerajinan pahat dan ukir yang sudah terkenal dimana-mana.


Contoh seni ukir contohnya seperti: relief, patung, bangku ukiran kayu, meja ukiran kayu, lemari ukiran kayu, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Itulah sedikit klarifikasi mengenai pengertian seni rupa terapan, disini kami bukan hanya memperlihatkan pengertian saja, namun beserta fungsi, teladan dan yang lainnya. Semoga artikel ini menambah wawasan dan menambah ilmu anda. Terima Kasih.



Kunjungi artikel menarik lainnya disini: https://organicvolunteers.com



Sumber https://organicvolunteers.com

0 Response to "✔ Seni Rupa Terapan, Pengertian, Jenis, Contoh, Fungsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel